Marilah kita kaji masalah kurban.
سنن الترمذي ت بشار (2/ 241)
905
- حَدَّثَنَا الحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ، وَغَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوا: حَدَّثَنَا
الفَضْلُ بْنُ مُوسَى، عَنْ حُسَيْنِ بْنِ وَاقِدٍ، عَنْ عِلْبَاءَ بْنِ أَحْمَرَ،
عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كُنَّا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ، فَحَضَرَ الأَضْحَى، فَاشْتَرَكْنَا فِي
البَقَرَةِ سَبْعَةً، وَفِي الجَزُورِ عَشَرَةً.
هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ، وَهُوَ
حَدِيثُ حُسَيْنِ بْنِ وَاقِدٍ.
………………,Ibnu
Abbas ra berkata :
كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ فَحَضَرَ
الْأَضْحَى فَاشْتَرَكْنَا فِي الْبَقَرَةِ سَبْعَةً وَفِي الْبَعِيرِ عَشَرَةً
Kami bersama
Rasulullah SAW dlm suatu perjalanan ,
lalu tibalah Idul adha, kami bergabung untuk tujuh orang dengan satu lembu dan
sepuluh orang dengan satu Unta [1]
Tirmidzi
menyatakan: Hasan ghorib. Riwayatnya
terdapat Al Fadhel bin Musa yang suka
menyampaikan hadis nyeleneh dan Husain bin Waqid yang suka yg suka berkata benar
yang banyak kebimbangan/ hayal .
إن هذا الحديث منسوخ بما تقدم
Sesungguhnya
hadis tsb mansukh dengan hadis yang dahulu , kata Syekh Hasan bin Husain in Assyek
سنن ابن ماجه ت الأرنؤوط (4/ 308)
) رجاله
ثقات، لكن الحسين بن واقد-وإن احتج به مسلم- عنده بعضُ ما ينكر، وقد تفرد برواية
حديث ابن عباس هذا. قال البيهقي 5/ 235: حديث عكرمة يتفرد به الحسين بن واقد عن
علباء بن أحمر، وحديث جابر أصح، يعني الحديث الآتي بعده.
Perawi – perawi hadis tsb terpercaya , tapi Al Husain bin
Waqid sekalipun Imam Muslim berhujjah
dengannya ( Dia di jadikan perawi Muslim ) . Dia meriwayatkan sebagaian hadis munkar. Dia scr sendirian meriwayatkan hadis
dari Ibnu Abbas ini.
Al Baihaqi berkata 235/ 5 : Hadis Ikirimah ( yg menyatakan sapi
untuk tujuh orang dan Unta untuk sepuluh orang ) hanya
Al Husain bin Waqid yg meriwayatkannya
dari Ilba` bin Ahmar . Dan hadis
Jabir ( yg menyatakan Unta untuk tujuh orang )
lebih sahih. Yaitu hadis Jabir yg akan di sebut mendatang.
وصححه الألباني في صحيح الترمذي (1214)
Imam Al bani menyatakan
hadis tsb sahih dlm sahih Tirmidzi 1214.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Imam
Tirmidzi sendiri yg
meriwayatkan hadis tsb menyatakan:
هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ، وَهُوَ
حَدِيثُ حُسَيْنِ بْنِ وَاقِدٍ.
Ini hadis hasan yg nyeleneh ( gharib ) . Ia hadis Husain bin
Waqid”.
Bila kita ikut al bani yg menyatakan
sahih hadis itu, maka kita akan
menyatakan unta untuk sepuluh orang, bukan tujuh orang. Lalu hadis yang menyatakan unta untuk tujuh orang akan dibuang. Pada hal
ia hadis sahih.
وقال أبو جعفر الطبري فيما نقله ابن عبد
البر في "التمهيد" 12/ 160: اجتمعت الحجة على أن البقرة والبدنة لا تجزئ
عن أكثر من سبعة. قال: وفي ذلك دليل على أن حديث ابن عباس وما كان مثله خطأ ووهم،
أو منسوخ، وكذلك رجح الطحاوي في "شرح معاني الآثار" 4/ 175 ما رواه جابر.
Abu Ja`far al Thabari berkata
sebagaimana yg dikutip oleh Ibnu Abd bar 160/12.: “Telah menjadi keputusan yg ijma` bahwa sapi
dan Unta tidak bisa digunakan untuk
orang lebih dari tujuh. Hal itu sebagai
dalil bahwa hadis Ibnu Abbas dan sesamanya adalah keliru, anggapan yg keliru/
hayal belaka atau mansukh” .Imam Thahawi
juga mentarjih hadis riwayat
Jabir ( yg menyatakan Unta untuk tujuh orang ).
Setahu sy hadis
Ibnu Abbas yg menyatakan Unta
untuk sepuluh orang itu tdk dikenal di kalangan para sahabat mines Ibnu Abbas,
tdk populer dikalangan tabiin >
Seluruh sahabat dan tabiin tidak
mengenal hadis itu sampai mati mines satu orang
– yaitu Ibnu Abbas di kalangan sahabat dan Ilba bin Ahmar dikalangan tabiin. Sampai di masa pengikut tabiin hadis itu masih di
anggap nyeleneh. Dan tidak ada yg tahu sampai mati pada masa seratus tahunan setelah Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam meninggal
dunia mines satu orang yg meriwayatkannya.
Al
fadhel bin Musa sendiri yg meriwayatkan hdis
tsb dikalangan pengikut
tabiin lahir pd tahun 115 H - wafat
192 H. Beliau termasuk Yunior
pengikut tabiin tingkat 9. Ibnu Hajar
menyatakan : Al Fadhel adalah perawi yg
terpercaya bagus hapalannya , kadang menyampaikan hal yg aneh.
Lihat
Mausuah ruwatil hadis. 5419. Ini inti
dari sumber arab sbb:
ــ
الفضل بن موسى السينانى ، أبو عبد الله المروزى ، مولى بنى قطيعة من بنى
زبيد من مذحج ( و سينان قرية من قرى مرو )
المولد
: 115 هـ
الطبقة : 9 : من صغار أتباع التابعين
الوفاة : 192 هـ
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت ، و ربما
أغرب
مرتبته عند الذهبـي : ثبت
5419
Ada keterangan lagi dlm kitab Mausuah
ruwatil hadis. 5419
و قال عبد الله أيضا : سألت أبى عن
الفضل و أبى تميلة ، فقدم أبا تميلة
و قال : روى الفضل مناكير . اهـ .
Abdullah
( putra Imam Ahmad ) berkata lagi : “Aku
bertanya kpd ayahku
tentang al Fadhel dan Abu
Tumailah , lalu beliau mendahulukan Abu Tumailah .
Bahkan
beliau berkata: Al Fadhel meriwayatkan beberapa hadis munkar “. Mausuah ruwatil
hadis. 5419.
و قال الساجى : فيه نظر ، و هو صدوق يهم
، قال أحمد : أحاديثه ما أدرى إيش هى .
اهـ .
Assaji berkata: “Dia orang yg selalu berkata benar yg kadang hayal/ keliru”.
Imam Ahmad menyatakan : “Hadis – hadisnya sy tidak mengerti hadis apa itu” .
Al Husain bin Waqid sebagai guru Al Fadhel memiliki murid yg meriwayatkan
hadis nya sepuluh orang tp mengapa hanya Al Fadhel yg
tahu hadis Unta untuk sepuluh orang. Lihat murid Al Husain bin Waqid sbb:
1358
قال المزى فى "تهذيب
الكمال" روى عنه :
1.
زيد بن الحباب ( م د ق )
2.
سليمان الأعمش ، و هو أكبر منه
3.
عبد الله بن المبارك
4.
عيس بن عقار المروزى
5.
على بن الحسن بن شقيق ( خ م د ت س ق )
6.
على بن الحسين بن واقد ( ابنه ) ( بخ د
ت س ق )
7.
العلاء بن الحسين بن واقد ( ابنه )
8.
الفضل بن موسى السينانى ( خت م د ت س ق
)
9.
معاذ بن خالد بن شقيق ( س )
10.
أبو تميلة يحيى بن واضح ( م س ) .
Mausuah ruwatil hadis.1358
Hadis yg menyatakan Unta untuk
sepuluh orang itu dikatakan sebagai
hadis yg gharib, hadis yg menyendiri, tidak banyak orang yg meriwayatkan, hanya
satu orang dari Murid Al Husain bin
Waqid yg sepuluh orang. Mengapa hanya al
Fadhel seorang yg meriwayatkannya. Apakah teman sejawatnya tidak mengetahuinya dan hanya dia sendiri yg tahu ?. Teman seangkatan
tdk paham hadis itu. Dan
hanya satu orang yg tahu .Hal sedemikian ini membikin lemah
hadis itu menurut sanad. Apalagi
redaksinya bertentangan dengan hadis lainnya.
Imam Abu Hanifah menyatakan sinyal kelemahan hadis adalah perawi
secara sendirian meriwayatkan hadis bukan sahabat yg lain .
3ـ
ألا يكون فيما تعم به البلوى العلمية أو العملية، أي أن المحدث
يتفرد بحديث في حين سائر الصحابة لا يعلمون مع أنه من الأمور العلمية
العامة
3.
Agar tidak termasuk musibah ilmiyah atau amaliyah yg umum – yaitu seorang perawi hadis menyampaikan hadis secara sendirian. Pada hal sahabat yg lain tidak mengetahui. Dan ia termasuk masalah
ilmiyah yg umum.
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
Abdul hay al luknowi berkata:
فكثيراً
ما يطلقون النكارة على مجرَّد التَّفرُّد،
Sering
kali mereka menyatakan hadis munkar
disebabkan tafarrud saja . ( satu perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga
).
د
. ماهر ياسين الفحل
ملاحظة1:
قال الشيخ الطريفي: إذا قال الإمام أحمد (حديث منكر) أي موضوع، وإذا قال (منكر)
بدون لفظة (حديث) فالمراد به ((الغرابة)) أو ((المخالفة)).
ملاحظة2:
قال الحافظ في قول الإمام (منكر الحديث) هذه اللفظة يطلقها أحمد على من يُغْرِبُ
(أي يتفرد وإن لم يخالف) على أقرانه بالحديث.
DR
Mahir Yasin al Fuhl menyatakan :
Perhatian
:
Syaikh Al Tharifi berkata: Bila Imam Ahmad berkata:
Hadis munkar – maksudnya palsu. Bila berkata
Munkar tanpa kalimat hadis,
maksudnya Gharib ( nyeleneh ) atau Mukhalafah - menyalahi
Perhatian
ke dua .
Al
Hafidh berkata tentang perkataan mam
: Hadis munkar > Kalimat ini di
katakan oleh Imam Ahmad untuk perawi yg menyampaikan hadis yg gharib /
nyeleneh - dia sendiri yg meriwayatkan sekalipun tidak menyalahi kpd teman
semasanya dlm meriwayatkan hadis.
Sumber:
المصدر
: محاضرات في علوم الحديث
د
. ماهر ياسين الفحل
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan