Minggu, Agustus 02, 2015

Berkurban harus Kambing tidak boleh Sapi - seri ke 3




Ada  hadis lagi sbb:
سنن ابن ماجه ت الأرنؤوط (4/ 309)
 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ
عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: نَحَرْنَا بِالْحُدَيْبِيَةِ، مَعَ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ، وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ (1).
سنن ابن ماجه ت الأرنؤوط (4/ 309)
…………………..,  Dari Jabir  berkata :  “Kami menyembelih di Hudaibiyah  bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  - Unta  untuk tujuh orang  dan lembu untuk  tujuh orang”.   HR  Ibn Majah. Hadis  sahih.
Al arna`uth berjata:
(1)                     إسناده صحيح. وقد صرح أبو الزبير -وهو محمَّد بن مسلم بن تدرُس- بالسماع عند أحمد (15047) فانتفت شبهة تدليسه.
Sanadnya  sahih, Abu Zubair  yg bernama  Muhammad  bin Muslim  bin Tadrus  telah menyatakan mendengar hadis itu menurut Imam Ahmad 15047
Imam – imam yg meriwayatkan hadis tsb sbb:

وأخرجه مسلم (1318)، وأبو داود (2809)، والترمذي (920) و (1579)، والنسائي في "الكبرى" (4108) من طريق أبي الزبير، به.
وهو في "مسند أحمد" (14127)، و"صحيح ابن حبان" (4004).
وأخرجه بنحوه مسلم (1318)، وأبو داود (2807) و (2808)، والنسائي في "الكبرى" (4106) و (4107) و (4467) من طريق عطاء بن أبي رباح، عن جابر.
وهو في "مسند أحمد" (14265)
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis Jabir tentang  lembu untuk tujuh orang itu di Hudaibiyah> Ketika itu , Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan para sahabat lagi menjalankan  Umrah lalu diblogade oleh kalangan kafirin. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam  dan para sahabatnya tidak diperkenankan melanjutkan umrahnya  pd waktu itu. Jadi perjalanan  Umrah harus   berhenti  disitu, tidak  boleh dilanjutkan. Lalu mereka membayar  dam  karena tidak bisa melanjutkan umarh itu. Sy ingat  ayat:
فَإِنْ أُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۖ 
Jika kamu terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) hadyu ( dam )  yang mudah didapat  Al Baqarah 196.



Boleh menjalankan  umrah untuk tahun depan atas kesepakatan bersama kaum Qurasy dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Jadi hadis  itu  tdak bisa di gunakan untuk dasar  kurban lembu  untuk tujuh orang. Sebab  bayar  dam haji atau Umrah  itu  beda dengan  kurban, tidak   boleh disamakan, harus  dibedakan. Dan selama hidupnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan para  sahabatnya tdk pernah kurban lembu atau Unta  untuk satu orang apalagi  untuk  tujuh orang. Beliau dan para  sahabatnya hanya berkurban kambing bukan sapi atau unta.
   Anehnya
Orang – orang sekarang berkurban lembu untuk tujuh orang tanpa landasan dalil. Tapi karena pemahaman yg keliru yaitu hadyu di samakan dengan kurban hari raya. Dan ini namanya qiyas. Dan tiada dalil yg memperbolehkan qiyas. Apalagi sdh ada dalil dan tuntunan tata cara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjalankan kurban. Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tdk pernah berkurban sapi  untuk beliau sendiri atau berserikat  dengan tujuh orang. Para sahabat berserikat lembu atau unta  untuk bayar dam . Bukan untuk kurban. Ini harus dicermati, jangan diabaikan.
 Kita sdh cukup dengan tuntunan itu dan  tidak buang tuntunan untuk mengambil qiyas. Qiyas itu pada  hakikatnya   adalah lari  dari tuntunan kurban  menuju kpd hadis   bayar dam  di Hudaibiyah . Dan hadis bayar dam ini  digunakan dasar untuk membolehkan berkurban dengan sapi dan sungguh keliru sangat. Tidak benar sama sekali.
Bila kita pakai qiyas, kita buang tuntunan kurban  dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yaitu kurban kambing Syaikh Izzud din bin Abd salam berkata:

سبل السلام (2/ 538)
(وَعَنْ جَابِرِ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ «نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ» . رَوَاهُ مُسْلِمٌ) دَلَّ الْحَدِيثُ عَلَى جَوَازِ الِاشْتِرَاكِ فِي الْبَدَنَةِ وَالْبَقَرَةِ وَأَنَّهُمَا يُجْزِيَانِ عَنْ سَبْعَةٍ وَهَذَا فِي الْهَدْيِ وَيُقَاسُ عَلَيْهِ الْأُضْحِيَّةُ
Dari Jabir  berkata :  kami menyembelih di Hudaibiyah  bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  - Unta  untuk tujuh orang  dan lembu untuk  tujuh orang.   HR  Ibn Majah.
Hadis itu menunjukkan  boleh bergabung   dengan Unta  atau lembu . dan keduanya cukup  untuk  tujuh orang dalm hadyu . Dan kurban dikiaskan kepadanya.

‏عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: خَرَجْنَا لاَ نَرَى إِلاَّ الْحَجَّ، فَلَمَّا كُنَّا بِسَرِفَ حِضْتُ، فَدَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   وَأَنَا أَبْكِي، قَالَ: مَا لَكِ، أَنُفِسْتِ قُلْتُ: نَعَمْ قَالَ: إِنَّ  هٰذَا  أَمْرٌ كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ فَاقْضِى مَا يَقْضِى الْحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوفِي بِالْبَيْتِ قَالَتْ: وَضَحَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   عَنْ نِسَائِهِ بِالْبَقَرِ
.Aisyah ra menuturkan: “Kami keluar dengan maksud untuk berhaji. Ketika kami tiba di Saraf, aku mengalami haid. Rasulullah saw menemuiku ketika aku sedang menangis. Tanya beliau saw: “Mengapa engkau menangis, apakah engkau sedang haid?”
Kataku: “Ya.”
Sabda beliau saw: “Masalah ini merupakan ketetapan Allah bagi setiap puteri Adam. Maka lakukan apa saja yang harus dilakukan oleh yang hendak melakukan ibadah haji. Hanya saja, janganlah engkau bertawaf di seputar Ka’bah.”
Kata Aisyah ra: “Rasulullah saw menyembelih seekor sapi untuk kurban isteri-isterinya.” [1]



Kita akan mengkaji hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkurban lembu untuk istrinya yg sembilan:
Kita kaji  dulu sanad hadisnya  sbb:

السنن الكبرى للبيهقي (4/ 353)
(حدثنا) أبو محمد عبد الله بن يوسف الاصبهاني أنبأ أبو سعيد أحمد بن محمد بن زياد البصري بمكة ثنا سعدان بن نصر ثنا سفيان بن عيينة عن عبد الرحمن بن القاسم بن محمد عن ابيه عن عائشة رضى الله عنها قالت ضحى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن نسائه بالبقر - اخرجاه من حديث ابن عيينة و
صحيح البخاري (الطبعة الهندية) (ص: 149)
 - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللهِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ الْقَاسِمِ قَالَ سَمِعْتُ الْقَاسِمَ
يَقُولُ سَمِعْتُ عَائِشَةَ تَقُولُ
سنن النسائى (1/ 476، بترقيم الشاملة آليا)
292 - أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ أَنْبَأَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ
صحيح مسلم (6/ 220)
 - حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَعَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ جَمِيعًا عَنْ ابْنِ عُيَيْنَةَ قَالَ عَمْرٌو حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ
صحيح ابن خزيمة (10/ 338، بترقيم الشاملة آليا)
ثنا عبد الجبار بن العلاء ، ثنا سفيان قال : سمعت يحيى بن سعيد يقول : سمعت عمرة ، تقول : سمعت عائشة رضي الله عنها تقول :
-        مسند الصحابة في الكتب التسعة (8/ 72)
 أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَعَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
السنن المأثورة للشافعي (1/ 467، بترقيم الشاملة آليا)
4 - عن سفيان بن عيينة ، عن عبد الرحمن بن القاسم ، قال : أخبرني أبي ، عن عائشة ، أنها قالت
مسند إسحاق بن راهويه (2/ 373)
7 - أخبرنا سفيان عن عبد الرحمن بن القاسم عن أبيه عن عائشة قالت
السنن المأثورة للشافعي (1/ 467، بترقيم الشاملة آليا)
4 - عن سفيان بن عيينة ، عن عبد الرحمن بن القاسم ، قال : أخبرني أبي ، عن عائشة ، أنها قالت
Komentarku ( Mahrus ali ):
Kita mengkaji  hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkurban lembu untuk istri – istrinya yg sembilan itu, maka pada pokoknya dari satu orang yaitu  Sufyan bin Uyainah bukan orang lain.
Sufyan lahir 107 H , tingkat 8 dari pertengahan pengikut tabiin , wafat pada tahun 198 H di Mekkah. Beliau  adalah Imam Hujjah, hanya  hapalannya berobah ketika  ahir hayat. Kadang melakukan tadlis tapi dari kalangan perawi terpercaya, kata ibnu Hajar. [2]
  Jadi hadis itu seratus tahun lebih setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam wafat hanya  Sufyan bin Uyainah saja yang tahu dikalangan pengikut  Tabiin. Dan dikalangan sahabat hanya Aisyah dan dikalangan tabiin pun hanya satu orang yg tahu  yaitu Abd Rahman bin Al qasim .
Beliau  termasuk  tingkat 6  dari kalangan generasi yg menjumpai  yunior tabiin . Wafat  pd tahun 126 H.

Menurut al Mizzi  dlm kitab “ Tahdzibul kamal “ Murid Abd Rahman bin Al Qasim  sebanyak 39.
Komentarku ( Mahrus ali ): Mengapa murid yg lain tdk paham hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkurban sapi untuk istrinya yg berjumlah  sembilan. Hanya  Sufyan sj yg tahu? Ini tanda kelemahan. Dn tidak bisa di katakan hadis sahih.



[1] Bukhari, 6, Kitabul Haid, 1, bab awal haid  , Allu`lu` wal marjan 360/1 Al albani berkata : sahih Lihat di kitab karyanya : Sahih wa dho`if  sunan Nasa`I 492/1

[2] Mausuah ruwatil hadis. 2451

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan