Ada hadis lagi sbb:
سنن ابن ماجه ت الأرنؤوط (4/ 309)
- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى، حَدَّثَنَا
عَبْدُ الرَّزَّاقِ، عَنْ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ
عَنْ جَابِرٍ، قَالَ: نَحَرْنَا
بِالْحُدَيْبِيَةِ، مَعَ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -
الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ، وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ (1).
سنن ابن ماجه ت الأرنؤوط (4/ 309)
………………….., Dari Jabir
berkata : “Kami menyembelih di
Hudaibiyah bersama Nabi shallallahu
'alaihi wasallam - Unta untuk tujuh orang dan lembu untuk tujuh orang”. HR
Ibn Majah. Hadis sahih.
Al arna`uth berjata:
(1)
إسناده صحيح. وقد صرح
أبو الزبير -وهو محمَّد بن مسلم بن تدرُس- بالسماع عند أحمد (15047) فانتفت شبهة
تدليسه.
Sanadnya sahih, Abu Zubair yg bernama
Muhammad bin Muslim bin Tadrus
telah menyatakan mendengar hadis itu menurut Imam Ahmad 15047
Imam –
imam yg meriwayatkan hadis tsb sbb:
وأخرجه مسلم (1318)، وأبو داود (2809)،
والترمذي (920) و (1579)، والنسائي في "الكبرى" (4108) من طريق أبي
الزبير، به.
وهو في "مسند أحمد" (14127)،
و"صحيح ابن حبان" (4004).
وأخرجه بنحوه مسلم (1318)، وأبو داود
(2807) و (2808)، والنسائي في "الكبرى" (4106) و (4107) و (4467) من
طريق عطاء بن أبي رباح، عن جابر.
وهو في "مسند أحمد" (14265)
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis Jabir tentang lembu untuk tujuh orang itu di Hudaibiyah>
Ketika itu , Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan para sahabat lagi
menjalankan Umrah lalu diblogade oleh
kalangan kafirin. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan para sahabatnya tidak diperkenankan
melanjutkan umrahnya pd waktu itu. Jadi
perjalanan Umrah harus berhenti
disitu, tidak boleh dilanjutkan.
Lalu mereka membayar dam karena tidak bisa melanjutkan umarh itu. Sy
ingat ayat:
فَإِنْ
أُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۖ
Jika kamu terkepung (terhalang oleh
musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) hadyu ( dam ) yang mudah didapat Al Baqarah 196.
Boleh menjalankan umrah untuk tahun depan atas kesepakatan bersama
kaum Qurasy dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Jadi hadis itu
tdak bisa di gunakan untuk dasar kurban lembu
untuk tujuh orang. Sebab
bayar dam haji atau Umrah itu
beda dengan kurban, tidak boleh disamakan, harus dibedakan. Dan selama hidupnya Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam dan para
sahabatnya tdk pernah kurban lembu atau Unta untuk satu orang apalagi untuk
tujuh orang. Beliau dan para
sahabatnya hanya berkurban kambing bukan sapi atau unta.
Anehnya
Orang – orang sekarang berkurban
lembu untuk tujuh orang tanpa landasan dalil. Tapi karena pemahaman yg keliru
yaitu hadyu di samakan dengan kurban hari raya. Dan ini namanya qiyas. Dan
tiada dalil yg memperbolehkan qiyas. Apalagi sdh ada dalil dan tuntunan tata cara
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjalankan kurban. Dan Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam tdk pernah berkurban sapi untuk beliau sendiri atau berserikat dengan tujuh orang. Para
sahabat berserikat lembu atau unta untuk
bayar dam . Bukan untuk kurban. Ini harus dicermati, jangan diabaikan.
Kita sdh cukup dengan tuntunan itu dan tidak buang tuntunan untuk mengambil qiyas.
Qiyas itu pada hakikatnya adalah lari
dari tuntunan kurban menuju kpd
hadis bayar dam di Hudaibiyah . Dan hadis bayar dam ini digunakan dasar untuk membolehkan berkurban
dengan sapi dan sungguh keliru sangat. Tidak benar sama sekali.
Bila kita pakai qiyas, kita buang
tuntunan kurban dari Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam yaitu kurban kambing Syaikh Izzud din bin Abd
salam berkata:
سبل
السلام (2/ 538)
(وَعَنْ جَابِرِ
بْنَ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ «نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ
وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ» . رَوَاهُ مُسْلِمٌ) دَلَّ الْحَدِيثُ عَلَى جَوَازِ
الِاشْتِرَاكِ فِي الْبَدَنَةِ وَالْبَقَرَةِ وَأَنَّهُمَا يُجْزِيَانِ عَنْ
سَبْعَةٍ وَهَذَا فِي الْهَدْيِ وَيُقَاسُ عَلَيْهِ الْأُضْحِيَّةُ
Dari Jabir berkata
: kami menyembelih di Hudaibiyah bersama Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam - Unta untuk tujuh orang dan lembu untuk tujuh orang.
HR Ibn Majah. Hadis itu menunjukkan boleh bergabung dengan Unta atau lembu . dan keduanya cukup untuk tujuh orang dalm hadyu . Dan kurban dikiaskan kepadanya.
عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: خَرَجْنَا لاَ نَرَى إِلاَّ الْحَجَّ،
فَلَمَّا كُنَّا بِسَرِفَ حِضْتُ، فَدَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا أَبْكِي،
قَالَ: مَا لَكِ، أَنُفِسْتِ قُلْتُ: نَعَمْ قَالَ: إِنَّ هٰذَا
أَمْرٌ كَتَبَهُ اللهُ عَلَى بَنَاتِ آدَمَ فَاقْضِى مَا يَقْضِى الْحَاجُّ
غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوفِي بِالْبَيْتِ قَالَتْ: وَضَحَّى رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ نِسَائِهِ
بِالْبَقَرِ
.Aisyah ra
menuturkan: “Kami keluar dengan maksud untuk berhaji. Ketika kami tiba di
Saraf, aku mengalami haid. Rasulullah saw menemuiku ketika aku sedang menangis.
Tanya beliau saw: “Mengapa engkau menangis, apakah engkau sedang haid?”
Kataku:
“Ya.”
Sabda
beliau saw: “Masalah ini merupakan ketetapan Allah bagi setiap puteri Adam.
Maka lakukan apa saja yang harus dilakukan oleh yang hendak melakukan ibadah
haji. Hanya saja, janganlah engkau bertawaf di seputar Ka’bah.”
Kata
Aisyah ra: “Rasulullah saw menyembelih seekor sapi untuk kurban
isteri-isterinya.” [1]
Kita akan mengkaji hadis Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam berkurban lembu untuk istrinya yg sembilan:
Kita kaji dulu sanad hadisnya sbb:
السنن الكبرى للبيهقي (4/ 353)
(حدثنا)
أبو محمد عبد الله بن يوسف الاصبهاني أنبأ أبو سعيد أحمد بن محمد بن زياد البصري
بمكة ثنا سعدان بن نصر ثنا سفيان بن عيينة عن عبد الرحمن بن القاسم بن محمد عن
ابيه عن عائشة رضى الله عنها قالت ضحى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن نسائه
بالبقر - اخرجاه من حديث ابن عيينة و
صحيح البخاري (الطبعة الهندية) (ص: 149)
- حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللهِ قَالَ
حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ الْقَاسِمِ قَالَ
سَمِعْتُ الْقَاسِمَ
يَقُولُ سَمِعْتُ عَائِشَةَ تَقُولُ
سنن النسائى (1/ 476، بترقيم الشاملة
آليا)
292
- أَخْبَرَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ أَنْبَأَنَا سُفْيَانُ عَنْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ
صحيح مسلم (6/ 220)
- حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ
وَعَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ جَمِيعًا عَنْ ابْنِ عُيَيْنَةَ
قَالَ عَمْرٌو حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ
الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ
صحيح ابن خزيمة (10/ 338، بترقيم
الشاملة آليا)
ثنا عبد الجبار بن العلاء ، ثنا سفيان
قال : سمعت يحيى بن سعيد يقول : سمعت عمرة ، تقول : سمعت عائشة رضي الله عنها تقول
:
-
مسند الصحابة في
الكتب التسعة (8/ 72)
أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَعَلِيُّ
بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ
الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
السنن المأثورة للشافعي (1/ 467، بترقيم
الشاملة آليا)
4
- عن سفيان بن عيينة ، عن عبد الرحمن بن القاسم ، قال : أخبرني أبي ، عن عائشة ،
أنها قالت
مسند إسحاق بن راهويه (2/ 373)
7
- أخبرنا سفيان عن عبد الرحمن بن القاسم عن أبيه عن عائشة قالت
السنن المأثورة للشافعي (1/ 467، بترقيم
الشاملة آليا)
4
- عن سفيان بن عيينة ، عن عبد الرحمن بن القاسم ، قال : أخبرني أبي ، عن عائشة ،
أنها قالت
Komentarku ( Mahrus ali ):
Kita mengkaji hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
berkurban lembu untuk istri – istrinya yg sembilan itu, maka pada pokoknya dari
satu orang yaitu Sufyan bin Uyainah
bukan orang lain.
Sufyan lahir 107 H , tingkat 8 dari
pertengahan pengikut tabiin , wafat pada tahun 198 H di Mekkah. Beliau adalah Imam Hujjah, hanya hapalannya berobah ketika ahir hayat. Kadang melakukan tadlis tapi dari
kalangan perawi terpercaya, kata ibnu Hajar. [2]
Jadi hadis itu seratus tahun lebih setelah Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam wafat hanya Sufyan bin
Uyainah saja yang tahu dikalangan pengikut
Tabiin. Dan dikalangan sahabat hanya Aisyah dan dikalangan tabiin pun
hanya satu orang yg tahu yaitu Abd
Rahman bin Al qasim .
Beliau termasuk
tingkat 6 dari kalangan generasi
yg menjumpai yunior tabiin . Wafat pd tahun 126 H.
Menurut al Mizzi dlm kitab “ Tahdzibul kamal “ Murid Abd
Rahman bin Al Qasim sebanyak 39.
Komentarku ( Mahrus ali ): Mengapa
murid yg lain tdk paham hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkurban
sapi untuk istrinya yg berjumlah
sembilan. Hanya Sufyan sj yg
tahu? Ini tanda kelemahan. Dn tidak bisa di katakan hadis sahih.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan