Maaf selingan
jawaban atas komentar member FMP.
Habib Jaser
menulis :
Afwan syuyukh ana
baru masuk lg tp.udh pake hawas begini, klw keingat masa2 dulu ngobrol di fb
ama yai jadi ga kuat iman ini 😂
Komentarku ( Mahrus
ali ) :
Santai sj dlm
dialog itu , tdk usah hawas, lenyapkan hal itu . Sbb dialog ini sama dengan
asatidz yg ingin cari kebenaran untuk tinggalkan kesalahan. Bukan maksud jelek lain tp insya
Allah untuk kebaikan bersama.
Beliau menyatakan
lg :
Memang ada juga yg menyamakan fihi dhafun dgn
dhaif, tp telah maklum bahwa setiap istilah dikembalikan lg kepada maksud
setiap pengucapnya. Dan ibn hajar termasuk yang membedakannya dilihat dari
manhaj beliau dalam tautsiq maupun tajrih.
Wallahu a'lam, cmiiw
Komentarku ( Mahrus
ali ) :
Kalau
istilah jarh fiihi dho`fun sama dengan dhoif , tdk beda . Ini sy yg tdk ngerti dari refrensi mana
anda mengambil pengertian tsb. Tlg di tunjukkan agar perkataan anda bisa
di buat pegangan. Tidak meragukan , dan bisa di yakini kebenarannya bila ada
refrensi arabnya.
Bila tdk ada refrensinya lalu di pegangi , wah hawatir
menyesatkan.
Kalau beda
antara fiihi dho`fun dan dhoif sjk dulu sy sdh ngerti. Cuman ketepatan sy
terjemahkan fiihi dho`fun dg lemah itu salah ketik sj dan tertinggal tdk
terkoreksi lg. Jdi mohon maaf atas
kekeliruan ini dan tks untuk Habib Jaser. Sekarang sy ulang tugas anda tinggal
menunjukkan refrensi pengertian yg sama
antara fiihi dho`fun dan dhoif.
Anda menyatakan:
Bbrp ulama
sendiri tidak menyamakan antara dhaif dan fihi dha'fun. Setiap lafazh jarh itu
ada tingkatan2nya, makanya jgn.ngomong agama klo.ginian aj blm khatam
Komentarku ( Mahrus
ali ) :
Sdh tahu setiap
lafadh jarh wat ta`dil itu ada tingkatannya.
Nah sekarang anda
bilang ini :
makanya jgn.ngomong
agama klo.ginian aj blm khatam
Komentarku ( Mahrus
ali ) :
Bila anda betul
paham tentang agama , tlg tunjukkan hadis
sahih yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah menjalankan salat wajib di atas tikar.
Silakan anda
menjadi member yg punya peran banyak dlm mengkritisi kewajiban salat fardhu di
atas tanah ini agar diskusi ini lebih
obyektif , tdk subyektif.
Lebih banyak
pengikutnya yg punya ilmu, mk sy lebih suka. Sy ingat ayat:
وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ
وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ(3)
dan nasehat menasehati supaya mentaati
kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. Surat al ashr
Dan kita
diperintahkan untuk kembali kepada al
Quran dan hadis sebagaimana ayat:
فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِى
شَىْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللهِ والرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللهِ
والْيَوْمِ اْلآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَاَحْسَنُ تَاْوِيْلاً.
"Jika kamu
saling berbantah-bantahan dalam sesuatu perkara, maka kembalikanlah ia kepada
Allah (al-Quran) dan Rasul (as-Sunah) jika kamu benar-benar beriman kepada
Allah dan Hari Kemudian, yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik
akibatnya". An-Nisa, 4:59.
Abu Aqsith
menulis :
penilaian yg
benar dari ibn hajar adalah ada di kitab taqrib.
صدوق
اختلط
penilaian itu
memang.lemah jika terbukti pikun,
Komentarku ( Mahrus
ali ) :
Setahu sy Shalih maula al tau amah itu tdk sampai
pikun tp masih kabur hapalannya sj. Jadi hrs di bedakan antara pikun dan kabur
hapalannya.
Anda menyatakan :
namun banyak pula imam yg menilai bhw sholih
baik.
dan atas
pernyataan ibn ady bhw khusus periwayatan ke ibn aby dzib maka riwayatnya
adalah terdahulu seblm pikun. dan ini artinya sholih riwayatnya diterima.
Anda menyatakan:
ust mahrus
mengutip penilaian imam sepotong sepotong... coba lengkapnya dibaca dlm kitab
tahdzib:
الاسم : صالح بن نبهان ،
أبو محمد المدنى ، و هو صالح بن أبى صالح ، مولى التوأمة بنت أمية بن خلف الجمى
الطبقة : 4 : طبقة
تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 125 أو 126 هـ
روى له : د ت ق (
أبو داود - الترمذي - ابن ماجه )
رتبته عند ابن حجر : صدوق اختلط ، قال ابن عدى : لا بأس برواية
القدماء عنه كابن أبى ذئب و ابن جريج
رتبته عند الذهبي : قال أبو حاتم : ليس بقوى ، و قال أحمد : صالح
الحديث ، و قال ابن معين : حجة قبل أن يختلط
Abu Aqsith
ini bukti ust
mahrus ngutip penilaian imam hadits pilih pilih..
Komentarku ( Mahrus
ali ):
Ingin lebih
lengkap lg bisa , sy tunjukkan:
قال عبد الله بن أحمد بن
حنبل ، قلت لأبي : إن عباسا العنبري حدثنا عن بشر بن عمر قال : سألت مالكا عن صالح
مولى التوأمة ، فقال : ليس بثقة ، فقال أبي : كان مالك قد أدركه وقد اختلط وهو
كبير ، من سمع منه قديما فذاك ، وقد روى عنه أكابر أهل المدينة ، وهو صالح الحد
نسائي
ضعيف . وفي موضع آخر : ليس
بثقة ، قاله مالك
شعبة بن الججاج
كان لا يَحدث عن صالح مولى
التوأمة ، وينهى عنه
ولى التوأمة ، وينهى عنه
مالك بن أنس
قال أبو بكر بن خلاد
الباهلي ، عن يحيى بن سعيد القطان : سألت مالكا عن صالح مولى التوأمة ، فقال : لم
يكن من القراء.
قال محمد بن المثنى وغيره ،
عن بشر بن عمر : سألت مالكا عن صالح مولى التوأمة ، فقال : ليس بثقة
يحيى بن سعيد القطان
لم يكن بثقة
يحيى بن معين
صالح مولى التوأمة ، ثقة
حجة ،
قال عباس الدوري عن يحيى بن
معين : ثقة وقد كان خرف قبل أن يموت ، فمن سمع منه قبل أن يختلط فهو ثبت .
Intinya : Yahya
bin Ma`in menyatakan bahwa Shalih maula al tau amah perawi yg terpercaya dan hujjah.
قال عبد الله بن أحمد : وسألت
يحيى بن معين عنه ، فقال : ليس بقوي في الحديث ، قلت : حدث عنه أبو بكر بن عياش ؟
قال : لا ، ذاك رجل آخر
Intinya : Di sisi
lain Yahya bin Main menyatakan bahwa
Shalih maula al tau amah sbg perawi yg
tdk kuat dlm menyampaikan hadis.
http://www.sonnaonline.com/DisplayRawiInfo.aspx?lnk=3898
مرتبته عند ابن حجر : صدوق
اختلط ،
مرتبته عند الذهبـي : قال
أبو حاتم : ليس بقوى ،
و قال أحمد : صالح الحديث ،
و قال ابن معين : حجة قبل أن يختلط
و قال أبو زرعة : ضعيف .
و قال أبو حاتم : ليس بقوى .
و قال النسائى : ضعيف .
Mausuah ruwatil
hadis. 2892
Keterangan di
bawah ini kutipan sy dr beberapa kitab tentang martabat Shalih maula al tau
amah yg tercantum dlm kitab – kitab
yg saya jumpai . Walaupun disini tdk
membahas tentang hadis Abu Hurairah
salat di atas atap masjid , tp hadis lain. Dan ketepatan hads tsb di riwayatkan
jg oleh Shalih maula al tau amah sbb:
شرح مشكل الوسيط (4/ 53)
قال: الألباني في الإرواء 8/
92: وصالح مولى التوأمة ضعيف
العزيز شرح الوجيز المعروف
بالشرح الكبير ط العلمية (1/ 131)
وفي إسناده صالح مولى التوأمة، وفيه مقال أبو حاتم وغيره ليس بالقوي، وقال
أحمد صالح الحديث. انظر التلخيص 1/ 94، وخلاصة البدر 1/ 39.
التنوير شرح الجامع الصغير (10/
294)
وقال ابن الجوزي: صالح مولى
التوأمة أحد رجاله كذبه مالك وقال ابن حبان: تغير فصار يأتي بأشياء تشبه الموضوعات.
:قال
أبو سليمان حمد بن محمد بن إبراهيم بن الخطاب البستي المعروف بالخطابي (المتوفى:
388هـ فى معالم السنن (1/ 312)
وصالح مولى التوأمة ضعفوه
الاستذكار (3/ 46)
ثُمَّ قَالَ رَوَاهُ
صَالِحٌ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ وَلَيْسَ بِشَيْءٍ فِيمَا انْفَرَدَ بِهِ
شرح النووي على مسلم (7/ 40)
تَفَرَّدَ بِهِ صَالِحٌ
مَوْلَى التَّوْأَمَةِ وَهُوَ ضَعِيفٌ
التوضيح لشرح الجامع الصحيح
(5/ 361)
وابن أبي شيبة رواه في "مصنفه"
عن وكيع، عن ابن أبي ذئب، عن صالح مولى التوأمة، وفيه مقال.
شرح أبي داود للعيني (3/ 428)
وصالح بن نبهان مولى
التوأمة قد تكلم فيه مالك، وغيره من الأئمة،
شرح أبي داود للعيني (4/ 434)
في سنده صالح مولى التوأمة اختلط في آخر عمره، وتكلموا فيه
شرح أبي داود للعيني (6/ 129)
أصبح مولى التوأمة مختلف في
عدالته، كان مالك بن أنس يجرحه، وقال النووي: أجيب عن هذا بأجوبة، أحدها: إنه
ضعيف، لا يصح الاحتجاج به. قال أحمد بن حنبل: هذا حديث ضعيف، تفرد به صالح مولى
التوأمة، وهو ضعيف.
نيل الأوطار (2/ 152)
وَفِيهِ صَالِحٌ مَوْلَى
التَّوْأَمَةِ وَهُوَ ضَعِيفٌ
عون المعبود وحاشية ابن
القيم (3/ 329)
وَرُوِيَ عَنْ أَبِي
هُرَيْرَةَ نَحْوُهُ وَلَا يَصِحُّ عَنْهُ لِأَنَّهُ مِنْ رِوَايَةِ صَالِحٍ
مَوْلَى التَّوْأَمَةِ عَنْهُ
عون المعبود وحاشية ابن
القيم (6/ 18)
قَالَ الْمُنْذِرِيُّ
صَالِحٌ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ لَا يُحْتَجُّ بِحَدِيثِهِ
عون المعبود وحاشية ابن
القيم (8/ 333)
قَالَ الْخَطَّابِيُّ
الْحَدِيثُ الْأَوَّلُ أَصَحُّ وصالح مولى التوأمة ضَعَّفُوهُ وَكَانَ قَدْ نَسِيَ
حَدِيثَهُ فِي آخِرِ أَمْرِهِ
تحفة الأحوذي (4/ 105)
قَالَ أَحْمَدُ بْنُ
حَنْبَلٍ هَذَا حَدِيثٌ ضَعِيفٌ تَفَرَّدَ بِهِ صَالِحُ مَوْلَى التَّوْأَمَةِ
وَهُوَ ضَعِيفٌ
عون المعبود (6/ 18)
قال المنذري: صالح مولى
التوأمة لا يحتج بحديثه
Komentarku ( Mahrus
ali ) :
Ternyata banyak
ulama yg melemahkan Shalih maula al tau
amah perawi atsar Abu Hurairah melakukan salat di atap masjid itu.
Setahu sy Yahya
bin Ma`in menta`dilnya namun di tempat lain , beliau juga menjarh pdnya.
Anda menyatakan:
dan atas
pernyataan ibn ady bhw khusus periwayatan ke ibn aby dzib maka riwayatnya
adalah terdahulu seblm pikun. dan ini artinya sholih riwayatnya diterima
Komentarku ( Mahrus
ali ) :
Itu masih dlm
rangka mengikuti pendapat Ibnu Ady bgt. Cobain ini pernyataan Imam Bukhari yg bertentangan
dengan pernyataan Ibnu Ady sbb:
و قال
الترمذى ، عن البخارى ، عن أحمد بن حنبل قال : سمع ابن أبى ذئب من صالح أخيرا ، و
روى عنه منكرا .
حكاه ابن القطان عن الترمذى
هكذا .
Mausuah ruwatil
hadis. 2892
Intinya : Ibn Abi
Dzi`bin mendengar hadis dari Shalih
maula al tau amah di ahir hayat – ya`ni
sdh kabur hapalannya dan meriwayatkan
hadis munkar dr beliau. Ibn Qatthan menceritakan hal itu dari Tirmiszi
jg .
ولذا
فقد ذهب عدد من المحدثين كأحمد في مسنده ، والنسائي في سننه وغيرهما إلى أنه لا
يترك حديث الرجل حتى يجمع الجميع على تركه
وصرح جمع من العلماء سيأتي ذكرهم إن شاء الله قريبا أن حديث المختلف فيه
يعد من الحسن وبتأمل أقوالهم في هذه المسألة نجد أنه لا يصار لهذا الحكم إلا بشروط
وهي:
1 - أن لا يكون هناك قرينة قوية ترجح أحد
الجانبين أي الجرح والتعديل على الآخر ، كأن يكون المعدلون أشهر أو أكثر عددا ، أو
أن يكون الجرح صادرا من غير عدل متيقظ ، أو أن يجرح بما لا يعد جارحا ، أو غير ذلك
من أسباب الطعن غير المعتبرة المتقدمة .
2 - أن لا يكون للراوي أحاديث تستنكر عليه ،
وهي التي طعن فيه بسببها فإن هذا يرجح القول بتضعيفه .
http://www.alifta.net/Fatawa/fatawaDetails.aspx?BookID=2&View=Page&PageNo=1&PageID=5795&languagename=
Intinya dm hal
ini, di dahulukan mn yg lebih banyak di
antara ulama ahli hadis yg menjarh atau
menta`dil.
Dlm kasus perawi
Shalih maula al tau amah ini banyak
ulama yg menjarhnya dr pd yg mentakdil. Bahkan yg mentakdil merevisi
perkataannya di tempat lain.
Dan suatu saat
akan sy tunjukkan riwayat munkar yg di lakukan oleh perawi Shalih maula al tau amah ini.
Jd atsar Abu Hurairah yg menyatakan salat di
atap masjid yg melalui road Shalih maula
al tau amah tdk bisa di buat pegangan, lepaskan
sj. Bila di buat pegangan untuk membolehkan
salat wajib di sajadah , kita menyalahi aturan di mn atsar lemah di buat
landasan dan hadis
nabi yg sahih yg memerintahkan salat wajib di tanah di tinggalkan. Perkataan
dan perbuatan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam di tinggalkan , lalu perbuatan Abu Hurairah di buat pegangan. Ini kekeliruan , tdk benar.
Kembalilah kpd
ayat:
فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِى
شَىْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللهِ والرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللهِ
والْيَوْمِ اْلآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَاَحْسَنُ تَاْوِيْلاً.
"Jika kamu
saling berbantah-bantahan dalam sesuatu perkara, maka kembalikanlah ia kepada
Allah (al-Quran) dan Rasul (as-Sunah) jika kamu benar-benar beriman kepada
Allah dan Hari Kemudian, yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik
akibatnya". An-Nisa, 4:59.
Sy hrs menerangkan hal itu , bila sy simpan , mk pembahasan tdk
obyektif dan kasihan para pembaca tdk
mendapatkan info ilmiyah ini bukan info pembodohan dan kita hrs
hindari kekeliruan kita ini sblm ajal menjemput.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan