Ibn Wahab berkata:
السلف يقولون
الجص محدث
وهكذا
Kaum
salaf berkata : Lepa adalah bid`ah , bgt juga seterusnya.
الذي يجري على أصول مالك ان احداث شيء
في المسجد امر مكروه
لماذا
لانه محدث
فسبب الكراهة اصلا انه محدث
Yg berlaku menurut dasar ajaran Imam Malik, bahwa membikin sesuatu yg baru dlm
masjid adalah makruh.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sepengetahuan sy kebid`ahan bila menghampari masjid dg tegel, karpet, tikar atau memberi lampu di
dalam masjid.
Tp Masalah lampu ini jangan di bhs dulu.
ابن وهب
فلو قال قائل
ان فرش المساجد محدث صدق
وكلمة محدث قد يطلق بدلا منها بدعة
وهذا موجود في كلام السلف
Ibn Wahab berkata:
Bila ada orang berkata:
Sesungguhnya menghampari masjid adalah
bid`ah, mk di benarkan.
Kalimat muhdas itu kadang di katakan sbg ganti bid`ah.
Ini sdh ada di perkataan ulama
salaf.
Kadang makruh itu
artinya haram.
المغني لابن قدامة - إحياء
التراث (1/ 58)
) مَسْأَلَةٌ: قَالَ: (وَيُكْرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ فِي آنِيَةِ
الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ)
فَإِنْ فَعَلَ كُرِهَ.
أَرَادَ بِالْكَرَاهَةِ التَّحْرِيمَ، وَلَا خِلَافَ بَيْنَ أَصْحَابِنَا فِي
أَنَّ اسْتِعْمَالَ آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ حَرَامٌ،
وقال أبو القاسم الخرقي فيما نقله عن
أبي عبد الله : ويكره أن يتوضأ في آنية الذهب والفضة ، ومذهبه أنه لا يجوز ،
Abul Qasim al khorqi mengutip dari
Abu Abdillah : Makruh berwudhu di bejana
emas dan perak. Pd hal menurut madzhabnya adalah tdk boleh.
المغني لابن قدامة - إحياء
التراث (1/ 58)
) مَسْأَلَةٌ: قَالَ: (وَيُكْرَهُ أَنْ يَتَوَضَّأَ فِي آنِيَةِ
الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ)
فَإِنْ فَعَلَ كُرِهَ.
أَرَادَ بِالْكَرَاهَةِ التَّحْرِيمَ، وَلَا خِلَافَ بَيْنَ أَصْحَابِنَا فِي
أَنَّ اسْتِعْمَالَ آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ حَرَامٌ،
Saranku ( Syamsuddin) :
Coba yai Mahrus tunjukan hadits2
mana saja yg menerangkan realita rasul salatbwajib di atas tanah selain dari yg
diatas. Mohon cantumkan referensinya. Jazakllh
Komentarku ( Mahrus ali ) :
maka aku lihat
Rasulullah saw bersujud di atas air dan tanah sampai aku lihat di dahi beliau
saw terdapat bekas tanah.” (Bukhari, 32, Kitab Fadlu Lailatul Qadr, 2, bab
mencari Lailatul Qadar pada malam tujuh terakhir di bulan Ramadhan).
Allu`lu` wal marjan 343/1 al albani berkata : Sahih
Lihat di kitab karyanya : Sahih wa dho`if sunan Abu Dawud 3
قَالَ فِي الرَّجُلِ يُسَوِّي التُّرَابَ
حَيْثُ يَسْجُدُ قَالَ إنْ كُنْت فَاعِلاً فَوَاحِدَةً
Rasulullah
saw, bersabda tentang seorang lelaki yang meratakan debu di tempat sujudnya .
Beliau bersabda : “Bila kamu harus melakukannya
cukup sekali “.
لَمَّا
ثَقُلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاشْتَدَّ بِهِ وَجَعُهُ
اسْتَأْذَنَ أَزْوَاجَهُ فِي أَنْ يُمَرَّضَ فِي بَيْتِي فَأَذِنَّ لَهُ فَخَرَجَ
النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ رَجُلَيْنِ تَخُطُّ رِجْلاَهُ
فِي اْلأَرْضِ بَيْنَ عَبَّاسٍ وَرَجُلٍ آخَرَ
Ketika
sakit parah,Nabi saw,
minta izin kepada istri-istri beliau
agar di rawat di rumah ku ,lalu mereka memberikan izin padanya . Beliau keluar bersandar diantara dua orang
,kedua kakinya menyeret ditanah ( tanah
masjid ) antara Abbas dan lelaki lain (
Ali bin Abu Tholib ) Bukhori
198
Khobbab
bin Al arat berkata :
شَكَوْنَا إلَى
رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم شِدَّةَ حَرِّ الرَّمْضَاءِ فِي جِبَاهِنَا .
وَأَكُفَّنَا فَلَمْ يَشْكُنَا
Kami mengadu kepada Rasulullah S.A.W.
panas yang sangat di dahi dan tapak tangan kami ,lalu beliau diam saja Muslim 619
وَعَنْ نَافِعٍ :
" أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ إذَا سَجَدَ وَعَلَيْهِ الْعِمَامَةُ يَرْفَعُهَا
حَتَّى يَضَعَ جَبْهَتَهُ بِالْأَرْضِ " رَوَاهُ البيهقي
Dari Nafi` ra berkata :”
Sesungguhnya Ibnu Umar bila
melakukan sujud sedang beliau mengenakan
sorban , maka sorbannya di angkat ,lalu
meletakkan dahinya di tanah HR Baihaqi
بَاب كَيْفَ يَعْتَمِدُ عَلَى الْأَرْضِ إِذَا قَامَ
مِنَ الرَّكْعَةِ *
Bab : Bagaimana bersandar ke
tanah ketika bangun dari satu rakaat
Sahih Bukhori
Bab ini anjuran salat diatas tanah.
وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ عَنِ السَّجْدَةِ الثَّانِيَةِ
جَلَسَ وَاعْتَمَدَ عَلَى الْأَرْضِ ثُمَّ قَامَ *
Amar bin Salmah bila mengangkat
kepalanya dari sujud yang kedua ,lalu duduk dan bersandar ke bumi ,lalu berdiri
HR Bukhori 824
Imam Nasai membikin bab :
بَاب الِاعْتِمَادِ عَلَى الْأَرْضِ عِنْدَ النُّهُوضِ *
Bab : Bersandar diatas bumi
ketika bangun Sunan Nasai
فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ السَّجْدَةِ الثَّانِيَةِ
فِي أَوَّلِ الرَّكْعَةِ اسْتَوَى قَاعِدًا ثُمَّ قَامَ فَاعْتَمَدَ عَلَى
الْأَرْضِ *
Bila bangun dari sujud ke dua pada rakaat pertama
, maka duduk dengan tegak,lalu berdiri
dengan bersandar diatas tanah ( bukan kramik , karpet , tikar dan
sajadah ) HR Nasai 1153
Imam Muslim membikin bab :
بَاب الِاعْتِدَالِ فِي السُّجُودِ وَوَضْعِ
الْكَفَّيْنِ عَلَى الْأَرْضِ وَرَفْعِ الْمِرْفَقَيْنِ عَنِ الْجَنْبَيْنِ
وَرَفْعِ الْبَطْنِ عَنِ الْفَخْذَيْنِ فِي السُّجُودِ *
Bab : Kesederhanaan waktu
sujud , meletakkan kedua tapak tangan di
tanah , menjauhkan kedua siku dari
lambungnya ,mengangkat perut dari kedua paha waktu sujud Sahih Muslim
Abu Hurairah dan Abu Said Al Khudri ra
berkata :
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى نُخَامَةً فِي
حَائِطِ الْمَسْجِدِ فَتَنَاوَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ حَصَاةً فَحَتَّهَا ثُمَّ قَالَ إِذَا تَنَخَّمَ أَحَدُكُمْ فَلَا
يَتَنَخَّمْ قِبَلَ وَجْهِهِ وَلَا عَنْ يَمِينِهِ وَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ
أَوْ تَحْتَ قَدَمِهِ الْيُسْرَى *
Sesungguhnya
Rasulullah S.A.W. melihat dahak didinding masjid ,lalu
mengambil kerikil ( didalam masjid ) ,lalu dikikis dan bersabda : “Bila
seseorang diantaramu berdahak,jangan berdahak di mukanya atau kanannya , tapi ke kiri atau dibawah
tapak kaki kiri Muttafaq alaih
,411
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila masjidnya
di karpet bagus, apakah boleh di ludahi.
حَدِيثُ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : كُنَّا نُصَلِّي مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شِدَّةِ الْحَرِّ فَإِذَا لَمْ يَسْتَطِعْ أَحَدُنَا أَنْ
يُمَكِّنَ جَبْهَتَهُ مِنَ الْأَرْضِ بَسَطَ ثَوْبَهُ فَسَجَدَ عَلَيْهِ *
Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a katanya:
Kami melakukan salat bersama Rasulullah
S.A.W. pada hari yang sangat
panas. Sehingga tiada seorang pun dari kami yang dapat sujud ke bumi karena
terlalu panas lalu dia meletakkan bajunya ke tanah dan sujud di atasnya
Muttafaq alaih , Bukhori 372
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan