Jawabanku
yg ke empat .
Ust .
Aqsith berkata:
riwayat
itu bukan hanya dari maimunah r.a tapi terdapat sahabat yg lainnya meriwayatkan
dari aisyah r.a, dari anas r.a dan dari ibn umar r.a.
ketiganya
pun meriwayatkan bhw rasul saw shalat diatas khumroh.
Komentarku
( Mahrus ali ) :
Riwayat
dari Anas sbb:
السنن الكبرى
للبيهقي (2/ 421)
عن انس بن مالك
ان النبي صلى الله عليه وسلم كان ياتي ام سليم فيقيل عندها وكان يصلى على نطع وكان
كثير العرق فتتبع العرق من النطع فتجعله في القوارير مع الطيب وكان يصلى على
الخمرة
غاية المقصد فى
زوائد المسند (1/ 199)
- حَدَّثَنَا عَفَّانُ، قَالَ: حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ، قَالَ:
حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنْ أَبِى قِلاَبَةَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنْ أُمِّ
سُلَيْمٍ، عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم، َكَانَ يُصَلِّى عَلَى الْخُمْرَةِ.
- Intinya : Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam menjalankan salat dg khumrah - sajadah kecil untuk wajah itu adalah salat sunat di rumah Ummu Sulaim. Bukan salat wajib di
masjid Nabi shallallahu alaihi wasallam
Hadis
itu sahih tp Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat sunat bukan salat wajib.
Bila
hadis itu di buat dalil untuk memperbolehkan melakukan salat wajib dg sajadah
jls tdk boleh. Sebab hadis Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam
menjalankan salat dg khumrah itu untuk salat sunat.
Bila
benar Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam menjalankan salat dg khumrah
dari Anas bukan di rumah Anas, mk kalimat salat di situ masih umum. Mungkin salat wajib mungkin salat
sunat. Jd masih blm bisa di gunakan untuk memperbolehkan menjalankan salat
wajib dengan sajadah dg hadis itu.
Hadis dari Aisyah
sbb.
(1) مجمع غاية المقصد فى زوائد المسند (1/ 199)
(2) 560 - حَدَّثَنَا أَسْوَدُ بْنُ عَامِرٍ، [قَالَ: حَدَّثَنَا
شَرِيكٌ] ، عَنْ أَبِى إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَهِىِّ، عَنْ عَائِشَةَ، أَوْ عَنِ
ابْنِ عُمَرَ، شَكَّ شَرِيكٌ، أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم سَجَدَ عَلَى
الْخُمْرَةِ.
(3) - حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، حَدَّثَنَا يُونُسُ، عَنِ الزُّهْرِىِّ،
عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ
يُصَلِّى عَلَى خُمْرَةٍ، فَقَالَ: "يَا عَائِشَةُ، ارْفَعِى حَصِيرَكِ
فَقَدْ خَشِيتُ أَنْ يكون يَفْتِنَ النَّاسَ.
Dari
Aisyah ra , sesungguhnya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat di khumrah , lalu berkata: Ambillah
tikarmu ini, sesungguhnya aku hawatir
memfitnah manusia .
Komentarku
( Mahrus ali ) :
Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam menjalankan
salat dengan khumrahnitu di rumah bukan di masjid untuk salat wajib. Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam bersabda:
(4) ارْفَعِى حَصِيرَكِ فَقَدْ خَشِيتُ أَنْ يكون يَفْتِنَ النَّاسَ.
Ambillah
tikarmu ini, sesungguhnya aku hawatir
memfitnah manusia
Kalimat
itu , layak sekali dikatakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam setelah Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam salat di khumrah itu, bukan
setelah jamaah lalu Aisyah di suruh mengambil tikar yg di buat salat oleh Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam di masjid .
Menurut
al albani hadis tsb yg popular adalah
dari Maimunah bukan dari Aisyah. Dan bila dari Maimunan mk jls salatnya
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
saat itu adalah salat sunat bukan
salat wajib di amsjid.
Hadis
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
menjalankan salat di khumrah itu
dari Aisyah atau Ibn Umar , masih ragu.
Ada
komentar sbb:
وهم الحافظ الهيثمي رحمه الله :
في الحديث الذي
أخرجه الإمام احمد ( 6/248) حدثنا عثمان بن عمر : ثنا يونس عن الزهري عن عروة عن
عائشة : أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يصلي على خمرة فقال : ( يا عائشة ! ارفعي
عنا حصيرك هذا فقد خشيت ان يكون يفتن الناس )
وأخرجه ابن
خزيمة في ( صحيحه ) ( 2/105/1011) والسراج *في ( مسنده ) ( ق103/1) من طرق أخرى عن
عثمان بن عمر به
قال الألباني
رحمه الله :
( إسناد صحيح على شرط الشيخين )
قال الهيثمي في
( المجمع ) ( 2/56) :
(( رواه أحمد ورجاله رجال الصحيح وهو عند مسلم وأصحاب السنن
مختصراً في صلاته على الخمرة ))
قال الألباني
رحمه الله :
- أنه يوهم أنه عندهم من حديث عائشة رضي الله عنها – وهذا
وهم من الحافظ الهيثمي رحمه الله – والواقع أنه عندهم من حديث ميمونة رضي الله
عنها
- أنه ليس عند البخاري وهو خطأ فقد أخرجه في آخر الحيض
واوائل الصلاة وهو مخرج في ( صحيح أبي داود ) ( 663) و ( الروض النضير ) (87)
والله اعلم .
Intinya
menurut Al albani , hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat di khumrah itu dr
Maimunah bukan dari Ainsyah dan ini
kekeliruan dari Al Hafidh al haitsami.
Hadis tsb blm bisa di gunakan dalil untuk
memperbolehkan salat wajib dengan khumrah.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan