Minggu, Mei 01, 2011

Perbedaan antara perayaan Maulid dan sepekan Syaikh Muhammad bin Abd Wahab

 Di tulis oleh H Mahrus ali

 
الْمُفْتِي: مُحَمَّدٌ بْنُ صَالِحٍ الْعُثَيْمِيْن
اْلاِجَابَةُ

اْلفَرْقُ بَيْنَهُمَا حَسْبَ عِلْمِنَا مِنْ وَجْهَيْنِ:

اْلأَوَّلُ: أَنَّ أُسْبُوْعَ الشَّيْخِ مُحَمَّدٍ بْنِ عَبْدِالْوَهَّابِ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى لَمْ يُتَّخَذْ تَقَرُّباً إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَإِنَّمَا يُقْصَدُ بِهِ إِزَالَةُ شُبْهَةٍ فِي نُفُوْسِ بَعْضِ النَّاسِ فِي هَذَا الرَّجُلِ وَيُبَيِّنُ مَا مَنَّ اللهُ بِهِ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ عَلَى يَدِ هَذَا الرَّجُلِ.
الثَّانِي: أُسْبُوْعُ الشَّيْخِ مُحَمَّدٍ بْنِ عَبْدِ الْوَهَّابِ رَحِمَهُ اللهُ لاَ يَتَكَرَّرُ وَيَعُوْدُ كَمَا تَعُوْدُ اْلأَعْيَادُ، بَلْ هُوَ أَمْرٌ بُيِّنَ لِلنَّاسِ وَكُتِبَ فِيْهِ مَا كُتِبَ، وَتُبُيِّنَ فِي حَقِّ هَذَا الرَّجُلِ مَا لَمْ يَكُنْ مَعْرُوْفاً مِنْ قَبْلُ لِكَثِيْرٍ مِنَ النَّاسِ ثُمَّ انْتَهَى أَمْرُهُ.

Fatwa Muhammad bin Shaleh al Utsaimin  .
Jawab  : Perbedaan antara maulid dan sepekan Muhammad bin Abd wahab sepengetahuan kami  dari dua segi .
1.    Usbu` Syaikh Muhammad bin Abd Wahab rahimahullah  tidak di jadikan untuk mendekatkan diri kepada Allah azza  wajal , tapi  bertujuan untuk menghilangkan kesamaran dalam hati sebagian orang tentang beliau  dan menerangkan tentang  karunia Allah kepada kaum muslimin atas  perjuangan Syaikh Muhammad bin Abd wahab.
2.    Sepekan Syaikh Muhammad bin Abd wahab rahimahullah  tidak terulang  sebagaimana  hari ulang tahun lainnya , tapi sekedar peristiwa antara manusia  lalu di tulis dan di terangkan tentang  beliau hal  yang tidak di ketahui sebelumnya oleh kebanyakan  orang , lalu selesai .

Komentar penulis buku :

Sepekan untuk syaikh Abd wahab tidak bisa di samakan dengan maulid , karena maulid di negara kita ini dengan di bacakan berzanji , diba` yang penuh dengan kesirikan dan  saya  sudah punya naskah yang saya bahas di dalamnya secara  husus untuk di ba` dan berzanji , ternyata  di dalamnya banyak hurofat , kesalahan fatal dan kesirikan .
Maulid di ulangi  tiap tahun dengan biaya yang begitu besar Sedang usbu` hanya sepekan  dan tidak di adakan tiap tahun.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan