Kamis, Oktober 20, 2016

Masalah niat ketika akan salat

Sahih Bukhari, 1, Kitab Bad-ul Wahyi, 1 bab Kaifa kaana Bad-ul wahyi ilaa Rasulillah saw.
الأول كِتَابُ بَدْءِ اْلوَحْيِ  1- كَيْفَ كَانَ بَدْءُ الْوَحْيِ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ
عَنْ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ  قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ  يَقُوْلُ إِنَّمَا اْلأَ عْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Umar ibnu Khatab ra menuturkan: “Aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya segala perbuatan terkait dengan niatnya masing-masing. Dan setiap manusia terkait dengan apa yang ia niatkan. Barangsiapa yang hijrahnya diniatkan untuk mencapai dunia atau untuk mencapai wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya akan mencapai kepada yang ia niatkan.”
Hadis tsb muttafaq alaih.



Hadis tsb sangat terkenal di era kini, tp di masa  sahabat dan tabiin , hadis itu di anggap nyeleneh. Tdk popular, ganjil  sekali bila  di katakan Sebab kisahnya  hanya  dari satu orang yaitu Yahya  bin  Said  wafat pd tahun 144 H. Lihat identitasnya  sbb:


  ــ  يحيى بن سعيد بن قيس الأنصارى النجارى ، أبو سعيد المدنى القاضى

ـ

المولد  :
الطبقة : 5  : من صغار التابعين
الوفاة : 144 هـ أو بعدها
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
مرتبته عند الذهبـي : الإمام ، حافظ فقيه حجة

7559
Pd masa  seratusan tahun hijriyah  , hadis  tsb masih diketahui  hanya satu orang , tiada orang lain yg tahu. Dr kalangan sahabat  juga tidak ada yg ngerti hadis itu kecuali Umar bin al Khatthab. Sampai mati ribuan sahabat lainnya tdk ngerti hadis itu. Mereka tdk kenal hadis itu sampai mati.
Sanadnya  sbb:
صحيح البخاري (1/ 6)
 - حَدَّثَنَا الحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الأَنْصَارِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ، أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ، يَقُولُ: سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَى المِنْبَرِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ،
 Intinya : Umar bin Al Khatthab menyampaikan hadis itu di atas mimbar. Mestinya banyak sahabat yg tahu. Realitanya  para sahabat  sampai mati tdk kenal hadis itu .
هكذا غريب في أربع طبقات ورواه عن يحيى بن سعيد الأنصاري خلق كثير بلغ إلى حد التواتر .
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=323763
Dlm website ahlul hadis  dijlskan bahwa hadis itu nyeleneh di empat tingkat .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Maksud empat tingkatan adalah
UMar bn Al Khattab – tingkatan pr sahabat. . Di kalangan pr sahabat hanya Umar yg meriwayatkan. Tiada  sahabat lain.
Al qamah bin Waqqash allaitsi . –  di tingkatan senior tabiin , hanya beliau yg meriwayatkan


  ــ  علقمة بن وقاص بن محصن الليثى العتوارى المدنى ، أبو يحيى ( و قيل غير ذلك فى كنيته )

المولد  :
الطبقة : 2  : من كبار التابعين
الوفاة : فى خلافة عبد الملك بـ المدينة
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت ، أخطأ من زعم أن له صحبة
مرتبته عند الذهبـي : ثقة

Muhammad bin Ibrahim bin Al Harits ……… tingkatan setelah pertengahan tabiin . Dan di tingkatan tsb hanya beliau yg meriwayatkan. Ibnu Hajar berkomentar: Dia perawi terpercaya yg punya riwayat –riwayat afrad yg beliau  sendiri yg meriwayatkan. Tiada perawi lainnya.
Bahkan Zhahabi menyatakan : Ulama menyatakan  dia perawi  terpercaya . Imam Ahmad menyatakan : Dia meriwayatkan hadis – hadis yg munkar.
Barang kali hadis amal perbuatan terserah niatnya ini termasuk hadis mungkarnya.

  ــ  محمد بن إبراهيم بن الحارث بن خالد القرشى التيمى ، أبو عبد الله المدنى

ـ

المولد  :
الطبقة : 4  : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 120 هـ على الصحيح
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة له أفراد
مرتبته عند الذهبـي : وثقوه ، و قال أحمد : روى مناكير

Yahya bin Said al anshari ………………. Tingkat ke 5  dari yunior tabiin

  ــ  يحيى بن سعيد بن قيس الأنصارى النجارى ، أبو سعيد المدنى القاضى

ـ

المولد  :
الطبقة : 5  : من صغار التابعين
الوفاة : 144 هـ أو بعدها
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
مرتبته عند الذهبـي : الإمام ، حافظ فقيه حجة

هنا في حديث : ( إنما الأعمال بالنيات ) إن كانت الغرابة وهي لليوم غرابة حقيقة ؛ لأن الحديث لم يأت بإسناد صحيح من غير هذا الطريق , لكن مع ذلك نحن نقول إن هذه الغرابة ...
http://alalbany.me/play.php?catsmktba=11199
Intinya : Al bani menyatakan hadis itu sampai sekarangpun di katakana nyeleneh / gharib. Sebab tiada hadis yg mendukung  dr hadis yg sahih.

Jadi di empat tingkatan , hadis tsb hanya di riwayatkan  oleh seorang perawi, bukan dua atau tiga. Mulai dr sahabat  sampai  yunior tabiin , hanya  seorang yg meriwayatkan. Artinya ribuan tabiin tidak tahu hadis itu sampai mati.
 Hadis ini di katakan gharib, jg tafarrud.
Di katakana gharib / nyeleneh karena tdk dikenal dikalangan  empat tingkatan perawi hadis. Realitanya bgt, tdk bisa di bantah lg.
Dan dikatakan tafarrud – seorang perawi sendirian yg meriwayatkan- karena realitanya  sampai empat tingkatan / generasi  ternyata  hanya  seorang yg meriwayatkan.
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.         Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).
Imam Abu Hanifah menyatakan  sinyal kelemahan hadis adalah perawi secara  sendirian meriwayatkan hadis  bukan sahabat yg lain .
3ـ ألا يكون فيما تعم به البلوى العلمية أو العملية، أي أن المحدث يتفرد بحديث في حين سائر الصحابة لا يعلمون مع أنه من الأمور العلمية العامة
2.         Agar tidak termasuk musibah ilmiyah atau amaliyah yg umum – yaitu  seorang perawi  hadis menyampaikan  hadis secara  sendirian. Pada  hal sahabat yg lain  tidak mengetahui. Dan ia termasuk masalah ilmiyah yg umum.
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
Hadis  tsb di sahihkan oleh siapapun hakikatnya  adalah tafarrud, gharib.
المسند الجامع (14/ 33)
عشرتهم (سُفْيان بن عُيَيْنَة، ويَزِيد بن هارون، ومالك، وسُفْيان الثَّوْرِي، وحَمَّاد بن زَيْد، وعَبْد الوَهَّاب، والليث بن سَعْد، وأبو خالد الأَحْمَر، وحفص بن غِيَاث، وعَبْد اللهِ بن المُبَارك) عن يَحيى بن سَعِيد الأَنْصَارِيّ، أخبرني مُحَمد بن إبراهيم بن الحارث التَّيْمِي، أنه سَمِعَ علقمة بن وَقَّاص اللَّيْثِي يقول، فذكره
Intinya hadis itu hanya  dari Yahya bin Said
Kita  ikut ulama ahli hadis dulu yg menyatakan lemah kpd hadis yg tafarrud ini.
Atas dasar hadis  lemah ini banyak orang yg salah kaprah dan keliru , membuat pegangan pdnya.
Lalu dia bilang ktika akan salat :

h
USHOLLII FARDLOLSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN (IMAAMAN/MA'MUUMAN) LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya :
Aku sengaja sholat fardlu shubuh dua raka'at menghadap qiblat (sebagai imam/sebagai makmum) karena Allah.
Ketika tayammum juga pakai niat :
 Lafadz niat Tayammum adalah : Nawaitut-tayammuma li istibaahatish-shaalati fardhal lillahi ta'aalaa
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mereka berbuat sedemikian ini karena hadis di atas. Niat spt itu karangan manusia biasa bukan tuntunan. Tinggalkanlah, jangan dijalankan sampai mati.

أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 143)
فأفاد كلام المناوي والحنبلي أن قصد الصلاة إلى القبر وعنده محرم، وأنه تشريع لم
يأذن به الله، ومع ذلك ترى كثيراً من الناس - حتى بعض المشايخ - يقصدون مقامات
الأولياء والصالحين للصلاة عندها، والتبرك بها، وإذا قيل لهم في ذلك؛ قالوا: إنما
الأعمال بالنيات، ونياتنا طيبة، وعقائدنا سليمة
Al bani jg menyatakan : Banyak orang yg ziarah kubur ulama, wali, shalihin untuk menjalankan salat disitu, mencari berkah.
Bila di ingatkan , mrk bilang : Innamal a`malu binniyat – yg penting niatnya , niat kita baik dan akidah kita jga salim.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Itu refleksi jelek hadis lemah itu.

أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 174)
1) قال النووي في " روضة الطالبين " (1/224) :
" والنية: هي القصد. فيُحضِر المصلي في ذهنه ذات الصلاة، وما يجب التعرض له
من صفاتها؛ كالظُّهرية والفرضية وغيرها، ثم يقصد هذه العلوم قصداً مقارناً لأول
التكبير ".
Intinya : Imam Nawawi jg menyatakan: Hendaklah orang mengingat salat dlm hatinya  ketika niat, lalu  sifat – sifat salat  spt zhuhur atau  Asar. Hal itu hrs tepat permulaan takbir.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Siapa yg nyuruh gt. Apakah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   menjalankan nya , mn hadisnya?
Apakah hati Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   ketika akan salat jg menjalankan spt itu.
Menurut  sy, niat  salat spt itu tdk perlu. Tuntunan dr Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   dan Allah tdk ada. Tdk perlu di ada – adakan. Kita cukup menjalankan apa adanya  dr  Allah dan RasulNya.
Bagi sy yg penting  adalah tujuan seseorang dlm salat ini  untuk mencari kanugrahan dan rida Allah bukan untuk simpatisan dr manusia dll.
Kita berpegangan kpd ayat:
مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ ۖ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا ۖ
Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, Al fateh 29.
مَن يَخْرُجْ مِن بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا
Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. NIsa` 100
تحريم آلات الطرب (ص: 177)
ما لي أذهب بالقراء بعيدا فهذا الشيخ الغزالي الذي اشتهر بأنه من الدعاة الإسلاميين وأعطي من أجل ذلك جائزة إسلامية عالمية كبرى يستبيح الغناء المذكور ولو من أم كلثوم وفيروز وحينما أنكر عليه أحد الطلبة استماعه لأغنية أم كلثوم فيما أظن:
أين ما يدعى ظلاما ... يا رفيق الليل أينا؟
أجاب بقوله: إنني أعني شيئا آخر "ص 75 " السنة يعني أن نيته حسنة!
وكان قبل ذلك ص 70 وضع حديث " إنما الأعمال بالنيات"
Intinya , al bani bercerita : Syaikh Ghazali yg terkenal sbg da`I Islam yg mendapat  hadiah penghargaan internasional  jg memperbolehkan lagu – lagu  sekalipun dr Ummu Kultsum  dan Fairuz . ketika di tegor oleh salah satu tholibul ilmi . Beliau menjawab: Sy punya maksud lain yaitu sunnah dg niat yg baik ………….. maksudnya   dg dalil  perbuatan itu terserah niatnya…………………
Jadi niat dg landasan hadis lemah itu malah di jadikan rukun salat, wudhu, puasa dll.
Sy katakan: Tdk usah niat untuk amalan tsb. Yg penting tujuannya  untuk mencari ridha Allah sesuai dengan ayat 29 al Fateh.
تنبيه!
بالرغم من شهرة هذا الحديث وذيوعه واتفاق الأئمة على صحته وكثرة من خرجه وذكره، إلا إن الإمام مالك-رحمه الله-
لم يذكره أو يخرجه في موطأهِ، والله أعلم.
قال الحافظ ابن حجر في الفتح[1/11]:( ثم إن هذا الحديث متفق على صحته أخرجه الأئمة المشهورون إلا
الموطأ ووهم من زعم أنه في الموطأ)ا.ه
هذا والله أعلم وصلى الله على نبينا آله وصحبه وسلم تسليماً كثيرا..

وكتبه/ محب أهل الحديث
أبو بكر الأثري
www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=323763
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=323763

Ibn Hajar berkata: Intinya; Hadis  ini sekalipun muttafaq alaih dan banyak  imam yg meriwayatkannya  kecuali  imam Malik dlm kitabMuwattha`nya . Dan keliru orang yg menyatakan hadis tsb ada dikitab muwattha`.
وهي في الحقيقة ليست بالأمر الصعب، فكل إنسان عاقل مختار بفعل فعلاً فإنه قد نواه، فلا تحتاج إلى تعب ولا إلى نطق فمحلها القلب: "إنما الأعمال بالنيات"، ولأن النبي صلى الله عليه وسلم لم ينطق بالنية، ولا أمر أمته بالنطق بها، ولا فعلها أحد من أصحابه فأقره على ذلك، فالنطق بالنية بدعة، هذا هو القول الراجح.
http://ar.islamway.net/fatwa/21791/%D8%A7%D9%84%D9%86%D9%8A%D8%A9-%D8%B4%D8%B1%D8%B7-%D9%85%D9%86-%D8%B4%D8%B1%D9%88%D8%B7-%D8%A7%D9%84%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9
Intinya : Syaikh Utsaimin menyatakan melafadhkan niat itu bid`ah .
Grup WA baru sy anggotanya sdh mencapai 172 orang dr asatidz dan ikhwan Judul nya “ Masa il diniyah “ / “ Koreksi ajaran Islam klasik “
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051

0812-4194-6733
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan