Di tulis oleh H Mahrus ali
Berlindung kepada Rasulullah SAW
Dan bantahannya
Tim Penulis LBM NU cabang Jember berkata :
Saya ( Mahrus ali ) berkata :
Redaksi hadis tsb masih kacau . Menurut riwayat Tirmidzi tidak menyebut Rasulullah SAW , redaksinya sbb :
أَعُوْذُ بِاللهِ أَنْ أَكُوْنَ كَوَافِدِ عَادٍ
Dalam kitab al Ishobah juga di jelaskan sbb:
فَقَالَ الْعَبْدِي: أَعُوْذُ بِاللهِ أَنْ أَكُوْنَ كَوَافِدٍ عَادٍ
Maka Al albdi berkata : Aku berlindung kepada Allah jangan sampai menjadi seperti utusan kaum Ad . [2]
Untuk riwayat Ibnu majah , kalimat minta perlindungan kepada Rasulullah SAW juga tidak di sebutkan . Jadi masalahnya masih kabur sehingga hadis tentang minta perlindungan pada Rasulullah SAW itu masih tidak bisa di buat pegangan . Dan saya tidak berani memperbolehkan minta perlindungan kepada Rasulullah SAW , karena Tim Penulis LBM NU cabang Jember itu tidak mengetengahkan dalil kecuali hadis redaksinya yang masih berbeda itu .
Saya jumpai hadis tsb di Raudhotul muhadditsin 340/4 Fathul bari 579/4 Ad dho`ifah 227/3 , Ahmad 482/3 Mu`jam kabir 3325
Dalam salah satu riwayat Imam Ahmad terhadap hadis tsb sbb:
أَعُوْذُ بِاللهِ وَرَسُوْلِهِ أَنْ أَكُوْنَ كَوَافِدِ عَادٍ
عَاصِمُ بْنُ أَبِي النَّجُودِ قَالَ الدَّارَقُطْنِي فِى حِفْظِهِ شَيْئٌ
عَاصِمُ بْنُ أَبِي النَّجُودِ ذَكَرَهُ مُحَمَّدٌ بْنُ سَعْدٍ فِى الطَّبْقَةِ الثَّانِيَةِ مِنْ أَهْلِ اْلكُوْفَةِ ، قَالَ : وَ هُوَ مَوْلًى لِبَنِى جُذَيْمَةَ بْنِ مَالِكٍ بْنِ نَصْرٍ بْنِ قَعِيْنٍ بْنِ أَسَدٍ ، وَكَانَ ثِقَةً ، إِلاَّ أَنَّهُ كَانَ كَثِيْرَ الْخَطَأِ فِى
حَدِيْثِهِ . وَقَدْ تَكَلَّمَ فِيْهِ ابْنُ عَلِيَّةٍ . فَقَالَ : كَانَ كُلُّ مَنْ كَانَ اسْمُهُ عَاصِمٌ سَىِّءَ الْحِفْظِ .
وَ قَالَ ابْنُ خَرَّاشٍ : فِى حَدِيْثِهِ نُكْرَةٌ .
وَ قَالَ أَبُوْ جَعْفَرَ الْعُقَيْلِى : لَمْ يَكُنْ فِيْهِ إِلاَّ سُوْءُ الْحِفْظِ .
سَأَلْتُ يَحْيَى بْنَ مَعِيْنٍ عَنْ سَلاَمٍ أَبِى الْمُنْذِرِ
أَثِقَةٌ هُوَ ؟ قَالَ : لاَ .
Ada perawi bernama Ashim bin Abun Najud . Daroquthni berkata : Hapalannya kurang pas.
Muhammad bin Sa`d menyebutnya dlm tingkatan ke 2 dari penghuni kota Kufah . Dia maula banu Juzaimah bin Malik bin Nashr bin Qa`in bin Asad , dia perawi terpercaya , tapi banyak kelirunya . Sungguh Ibnu Aliyah telah memperbencangkannya , lalu berkata : Tiap orang yang namanya Ashim jelek hapalannya .
Ibnu Kharrasy menyatakan : Hadisnya ada keganjilan
Abu Ja`far al Uqaili berkata : Dia jelek hapalannya .
Ada perawi lagi bernama Sallam Abul Mundzir yang dikatakan oleh Ibnu main tidak bisa dipercaya .
Saya katakan : Hadis minta perlindungan kepada Rasulullah SAW itu termasuk kekeliruannya
Jadi pernyataan Tim Penulis LBM NU cabang Jember yang memperbolehkan minta perlindungan kepada Rasulullah SAW itu lucu sekali , itu seperti debu yang bertaburan di angkasa dan tidak perlu di perhatikan , mengotori pakaian yang putih sebagaimana ia bisa mengotori akidah , landasannya juga hadis lemah .
Artikel Terkait
Assalamualaikum...
BalasHapusUstadz, saya hendak bertanya, apakah yg diposting di web ini benar antum ?
http://agama.kompasiana.com/2010/12/16/membongkar-kebohongan-h-mahrus-ali-dan-rekayasa-busuk-wahabi/... Ataukah itu "Mahrus Ali" yg lain?? Jazakallah khair atas jawabnnya
Saya memang sering dihujat , di fitnah , di jelekin nama saya. Hal itu harus di hadapi dengan sabar penuh dan Allah akan membalas segala macam makar mereka dan mereka akan kalah . Ingat ! Bahwa ahli bid`ah dan syirik , awam atau orang pintarnya sulit sekali untuk bicara jujur , benar dan mau mengikuti ajaran quran dan hadis.Dan penulis blog ini adalah Mahrus ali Tambak sumur Waru Sidoarjo Jatim
BalasHapus