Jumat, Januari 06, 2012

Alat bantu bicara yang unik

Profesor Stephen Hawking dengan alat bicaranya
CAMBRIDGE | SURYA Online - Profesor Stephen Hawking mungkin akan kehilangan suara hasil komputer yang terkenal itu. Bagaimana tidak, otot-otot pipinya yang memberikan tenaga pada teknologi itu semakin melemah.
Fisikawan terkenal yang menderita penyakit motor neuron itu telah diberitahu untuk mengganti teknologi suara karena bicaranya mulai melambat, menjadi satu kata per menit.
Ilmuwan dari Cambridge University itu kehilangan fungsi saraf pada pipinya. Padahal bagian itulah yang membuatnya bisa berkomunikasi menggunakan komputer yang dihubungkan pada sensor yang ditanamkan dalam mulutnya.
Namun Hawking yang akan menyampaikan pidato ulang tahun ke-70 di hadapan kolega dan akademi terkemuka lainnya, pada Minggu (8/1/2012), itu tampaknya enggan melepaskan alat yang telah menyertainya selama 35 tahun itu.
Judith Croasdell, asisten pribadinya, mengatakan, “Bicaranya semakin lambat dan kalau pas buruk, dia hanya bisa mengucapkan satu kata dalam semenit.”
Ia menduga kondisi itu akibat memburuknya otot pipinya. “Kami sedang mencari cara untuk memperbaiki itu dan dia butuh mencoba teknologi yang baru,” katanya melanjutkan.
Hawking yang terkenal dengan bukunya A Brief History of Time menderita pneumonia pada 1985 sehingga ia kemudian menjalani trakeotomi yang akhirnya malam membuatnya tak bisa berbicara.
Kemudian, seorang ilmuwan di Cambridge menciptakan suatu alat yang membuatnya mampu mengendalikan layar komputer menggunakan pipinya untuk memasukkan data. Ia kemudian mendapatkan sebuah komputer yang bisa membunyikan apa saja yang ditulisnya.
Sumber: http://www.surya.co.id/2012/01/06/stephen-hawking-hanya-bisa-omong-satu-kata-semenit
Komentarku ( Mahrus ali ):
Begitu besarnya bukan kecilnya nikmat Allah kepada manusia dan binatang yang merasa bisa berbicara bukan yang bisu ketika tahu bahwa alat untuk membikin manusia bersuara berharga sangat mahal bukan sangat murah lagi bagi orang kaya apalagi bagi orang fakir.
وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِّلْعَالِمِينَ ﴿٢٢﴾
022. Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu ( berlainan lidahmu )dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui. Rum 22
      Maksud berlainan lidahmu adalah berlainan bahasa, juga berlainan suara antara kamu dan orang lain – suara manusia tiada yang sama  antara satu dan lainnya. Ini merupakan kehebatan bukan masalah kecil dari kekuasaan Allah bukan kekuasaan manusia atau jin.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan