Selasa, Maret 12, 2013

Pertanyaan dari Semarang



Yai ana mau tanya tentang hadist dibawah ini, ini dibawakan oleh orang aswaja:
“Ummu Thufai, istri Ubay ibn Ka’ab berkata, ‘Aku mendengar
Rasulullah menyebut bahwa ia:

ﺭﺃﻯ ﺭﺑﻪ ﻋﺰ ﻭ ﺟﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﺎﻡ ﻓﻲ ﺃﺣﺴﻦ ﺻﻮﺭﺓ: ﺷﺎﺑﺎ
ﻣﻮﻓﺮﺍ،ﺭﺟﻼﻩ ﻓﻲ ﺧﻀﺮﺓ، ﻋﻠﻴﻪ ﻧﻌﻼﻥ ﻣﻦ ﺫﻫﺐ، ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻬﻪ
ﻓﺮﺍﺵ ﻣﻦ ﺫﻫﺐ .

menyaksikan Tuhannya dalam mimpi dalam bentuk seorang pemuda yang berambut lebat, kedua kakinya berada di Khadhrah dan ia memakai sepasng sandal terbuat dari emas, dan di wajahnya terdapat kupu-kupu dari emas. prawakannya.” (HR. ath Thabari daalam Mu’jam al kabir,25/143, al Baihaqi dalam Asmâ’ wa ash Shifât:446-447 dan Siyar A’lam an Nubalâ’10/113-114)
Tentang hadis di atas, “Pakar Hadis Wahhabiyah”; Syeikh Nâshirudin al Albani berkomentar:

ﺣﺪﻳﺚ ﺻﺤﻴﺢ ﺑﻤﺎ ﻗﺒﻠﻪ، ﻭ ﺇﺳﻨﺎﺩﻩ ﺿﻌﻴﻒ ﻣﻈﻠﻢ.

”Ini hadis shahih dengan bantuan hadis sebelumnya, dan anadnya
adalah dha’if gelap.”
Apakah benar shohih?mohon penjelasannya?
Syukron yai,Barakallaahu fiyk

Jawabku:


العلل المتناهية في الأحاديث الواهية - (ج 1 / ص 15)
 هذا حديث منكر وقال لا يعرف
Dalam kitab al ilal al mutanahiyah 15/1 karya Abd Rahman bin Ali Al jauzi,lahir 510 H, wafat 597 H, dikatakan:
Hadis tsb munkar, dan ia tidak dikenal.
مجمع الزوائد - (ج 7 / ص 179)
رواه الطبراني ، وقال ابن حبان إنه حديث منكر لان عمارة بن عامر بن حزم الانصاري لم يسمع من أم الطفيل ذكره في ترجمة عمارة في الثقات.

Dalam kitab Majma`uz zawaid 179/7 Karya  Ali bin Abu Bakar Al Haitami, wafat 807 H. 10 jilid Terbitan Dar Arrayyan   tahun 1407 H. dikatakan:
HR Thabrani. Ibn Hibban menyatakan : Ia hadis mungkar, sebab Imarah bin Amir bin Hazm al anshari tidak mendengar dari Ummut thufail – dia disebut  dalam riwayat hidup Imarah dlm kitab Tsiqat.
الموضوعات - (ج 1 / ص 125)
أما نعيم فقد وثقه قوم، وقال ابن عدى: كان يضع الحديث، وكان يحيى ابن معين يهجنه في روايته حديث أم الطفيل، وكان يقول: ما كان ينبغي له أن يحدث بمثل هذا، وليس نعيم بشئ في الحديث.
Dalam kitab al Maudhuat 125/1 dikatakan:
Untuk perawi bernama Nuaim dinyatakan tsiqah oleh suatu kaum . Ibn Ady berkata: Dia pemalsu hadis. Yahya bin Ma`in dalam kitab bahjahnya  tentang  riwayatnya kepada hadis Ummut Thufail berkata: Tak layak bagi dia untuk menyampaikan hadis ini. Dan Nuaim sendiri bukan – apa – apa  dalam meriwayatkan hadis.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Jadi hadis tsb lemah sekali, bukan hadis hasan sahih. Dan saya sendiri tidak menjumpai di kitab al albani yang mana yang menyatakan bahwa hadis tsb hasan sahih, Aneh lagi. Katanya al bani menyatakan hasan sahih, lalu disertai sanadnya dhaif gelap.
Mau nanya hubungi kami: 088803080803. 081935056529
blog ke tiga


Maaf, Lantas saya menjumpai dikitab Dhilalul jannah 237/1 karya al bani

ظلال الجنة - (ج 1 / ص 237)
 - حديث صحيح بما قبله وإسناده ضعيف مظلم عمارة بن عامر أورده ابن أبي حاتم من هذه الرواية ولم يذكر فيه جرحا ولا تعديلا
 ومروان بن عثمان هو ابن أبي سعيد بن المعلى الأنصاري الزرقي ضعيف كما في التقريب وذكر المزي في التهذيب أنه روى عن أم الطفيل امرأة أبي بن كعب فتعقبه تهذيبه بقوله
 وفيه نظر فإن روايته إنما هي عن عمارة بن عمرو بن حزم عن أم الطفيل امرأة ابي في الرؤية وهو متن منكر
 كذا قال ابن عمرو بن حزم وإنما هو ابن عامر كما تراه في الكتاب وكذلك هو عند ابن أبي حاتم كما سبقت الإشارة إليه
Al bani menyatakan hadis tsb sahih karena ada hadis sebelumnya, tapi sanadnya lemah. Imarah bin Amir disebutkan oleh Ibn Abi hatim dalam riwayat ini dan beliau tidak menyebut Jarh atau ta`dil.
Komentarku ( Mahrus ali): 

Maksud hadis sahih karena ada hadis sebelumnya  adalah hadis dimana  Rasulullah SAW bermimpi bertemu Tuhannya yang sangat bagus…………… tanpa ada tambahan  mengenakan dua sandal dan kupu – kupu emas di wajahNya.
Sudah jelas Imarah sendiri tidak menjumpai Ummut thufail, ber arti sanadnya terputus dan dikatakan hadis munqathi` yang lemah.
Selain itu juga ada perawi bernama Nuaim yang lemah, bahkan pemalsu hadis. Imam  Dzahabi sendiri menyatakan hadis tsb munkar.




Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan