-
Komentarku
( Mahrus ali ):
-
Dlm
hadis itu disebutkan tarawih sebelas rakaat, beda dengan atsar yg lalu dua puluh rakaat. Di hadis itu juga tidak ada keterangan tarawih tsb di masa Usman bin Affan sebagaimana atsar pertama tadi. Hanya disini
ada tambahan selesainya ketika permulaan fajar terbit. Jadi redaksinya antara keduanya tidak sama, beda sekali. Dan ini dikatakan
idhtirab – kacau redaksi, tidak singkron.
-
عون المعبود لمحمد
آبادي (9/ 214)
-
وأخرج محمد بن نصر في قيام
الليل حدثنا محمد بن إسحاق حدثني محمد بن يوسف عن جده السائب بن
يزيد قال كنا نصلي في زمن عمر في رمضان ثلاث عشرة
……….. ,
assa`ib bin Yazid berkata: Kami menjalankan shalat di bulan Ramadhan tiga belas rakaat ( bukan dua puluh atau
sebelas rakaat ).
Komentarku
( Mahrus ali ):
Tiga hadis
itu, dari segi sanadnya insya Allah sahih dan bersumber dari seorang sahabat bukan dua atau tiga.
Atsar itu sebetulnya dibuat pegangan
untuk jumlah rakaat tarawih. Tapi redaksinya kacau belau, tidak singkron satu sama
lainnya. Saling menyalahkan. Lalu
mana yang benar. Ada yg mengatakan 11 Rakaat, 20 rakaat , 13 rakaat.
Terus mana
yg di buat pegangan untuk jumlah tarawih. Bila di ambil salah satunya, maka yg
dua atsar itu harus di buang.
Bila
mengambil yang 11 rakaat, maka yg 20 atau 13 rakaat dibuang. Begitu juga
sebaliknya.
Ini mesti
ada perawi terpercaya yang dusta, entah siapa? Bila tdk begitu, mesti
redaksinya tidak kacau spt itu. Makanya
dlm ilmu musthalah hadis yang redaksinya kacau belau itu dikatakan lemah.
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ
مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ
اْلفَنِ
Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Jadi hadis
tsb lemah sekali, tidak boleh dibuat pegangan tapi lepaskan saja.
-
Hadis itu
bersumber dari …….
-
جامع الأحاديث
للسيوطي (25/ 409)
-
مالك ، وابن وهب ،
وعبد الرزاق ، والضياء ، والطحاوى ، وجعفر الفريابى فى السنن ، البيهقى) [كنز
العمال 23465]
-
أخرجه مالك (1/115 ،
رقم 251) ، وعبد الرزاق (4/260 ، رقم 7730) ، والطحاوى (1/293) ، والبيهقى (2/496
، رقم 4392)
Komentarku ( Mahrus ali ):
Anehnya tiada sahabat yang mengerti berapa jumlah tarawih
di bulan Ramadhan, baik khulafaur rasidin
atau istri – istri Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam. Aneh kita paham, mereka tidak ngerti tentang jumlah rakaat tarawih itu. Saya
tidak menemui hadis sahih tentang
hal itu. Lalu bagaimana mereka di
katakan menjalankan shalat tarawih ? Mana hadis yg sahih tentang hal itu ?
Ada atsar sbb:
قَالَ الطَّحَاوِيُّ: ثَنَا فَهْدٌ
ثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ ثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ
ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ كَانَ لَا يُصَلِّي خَلْفَ الْإِمَامِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ،
…………., dari Ibnu Umar , sesungguhnya
beliau tidak melakukan shalat di belakang imam di bulan Ramadhan.
الرواية
صحيحة الإسناد ولا شك في صحتها
Komentarku ( Mahrus ali ):
Pengertian atsar tsb masih umum,
mungkin shalat jamaah biasa atau shalat
tarawih. Tapi insya Allah mengarah shalat tarawih. Beliau tidak ikut tarawih.
Tarawih tsb tidak dijelaskan sewaktu
khulafaur rasyidin atau sesudahnya. Jadi belum jelas, masih kabur. Harus
ada atsar lain yang menjelaskan dan kita
belum mendapatkannya. Bila kita
menjalankan atas dasar atsar tsb. Kita
juga belum tahu berapa rakaatnya.
Setelah khulafaur rasyidin baru terjadi perobahan yaitu mulai di adakan salat tarawih. Entah
caranya berjamaah terfokus kpd satu imam dlm satu masjid atau
beberapa imam.
، كما في سنن البيهقي
رحمه الله عن قتادة عن الحسن قال: "أمّنا علي
بن أبي طالب في زمن عثمان بن عفان رضي الله عنه عشرين ليلة، ثم احتبس، فقال
بعضهم: قد تفرغ لنفسه، ثم أمهم أبو حليمة معاذ القارئ، فكان يقنت".
ضعيف
Sebagaimana dalam sunan Baihaqi rahimahullah
dari Qatadah dari al Hasan
berkata: Ali bin Abu Thalib di masa Usman bin Affan ra menjalankan tarawih dua puluh malam lalu
beliau tidak keluar.
Sebagian
mereka berkata: Beliau sibuk
untuk dirinya . lalu di Imami
oleh Abu Halimah – Mu adz al qari , lalu beliau melakukan qunut.
Atsar
tsb lemah.
Komentarku
( Mahrus ali ):
Karena
sanadnya kurang, sulit ditentukan apakah
atsar itu sahih, lemah atau hasan. Lalu
kita telusuri di kitab Sunan al Baihaqi
dan sy tdak menjumpainya di kitab
kutubut tis`ah karya ulama mashur ahli hadis . Sanadnya dlm sunan baihaqi sbb:
السنن
الكبرى للبيهقي (2/ 702)
-
وَأنبأ أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ،
وَأَبُو بَكْرِ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي قَالَا: ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ
بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا الْعَبَّاسُ الدُّورِيُّ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ بِشْرٍ، ثنا
الْحَكَمُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْحَسَنِ قَالَ: "
أَمَّنَا عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ فِي زَمَنِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُ عِشْرِينَ لَيْلَةً، ثُمَّ احْتَبَسَ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ: قَدْ
تَفَرَّغَ لِنَفْسِهِ، ثُمَّ أَمَّهُمْ أَبُو حَلِيمَةَ مُعَاذٌ الْقَارِيُّ
فَكَانَ يَقْنُتُ "
- Perawi bernama Al Hakam bin Abd Malik tingkat
7 dari kibarut tabiin
-
مرتبته عند ابن حجر : ضعيف
-
مرتبته عند الذهبـي : ضعف
Menurut Ibn Hajar, martabatnya :
Dia adalah lemah
Menurut Dzahabi martabatnya : Lemah. [1]
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan