Senin, Juni 29, 2015

Jawabanku untuk Gus Dodi ElHasyimi ke 3





Dodi ElHasyimi menulis ;   Imam Suyuthi di dalam Al Jaami'uah Shaghiir memberi label hasan pada hadis riwayat Maimunah Ra ini :

من لم يأت بيت المقدس يصلي فيه فليبعث بزيت يسرج فيه

Barangsiapa tidak pergi ke Baitul Muqaddas (Masjid Aqsha) untuk sholat di dalamnya maka hendaklah mengirimkan minyak untuk menerangi lampu di dalamnya

الجامع الصغير من حديث البشير النذير (2/ 348)
- من لم يأت بيت المقدس يصلي فيه، فليبعث بزيت يسرج فيه
- ( هب ) عن ميمونة
- ( ح )
Komentarku ( Mahrus ali ):

Imam  Suyuthi menyatakan  hadis tsb  hasan. Bila  diikuti, kita akan menyalahi  tuntunan masjid Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, juga menyalahi al quran yang menyatakan tidak boleh menolong kemaksiatan di baitul makdis atau lainnya.  Saat itu , baitul maqdis masih dikuasai Romawi yang  kristen. Otomatis ritual disana adalah pemujaan kpd salib dan penuh kesyirikan. Bukan badah shalat atau puasa dll.

Al  albani melemahkannya , lihat  keterangan  sbb:

ضعيف الجامع الصغير للألباني (ص: 842)
 - من لم يأت بيت المقدس يصلي فيه فليبعث بزيت يسرج فيه
( هب ) عن ميمونة .
قال الشيخ الألباني : ( ضعيف ) انظر حديث رقم : 5835 في ضعيف الجامع


Secara  ringkas saja.  Hadis  tsb menurut al albani adalah lemah, lihat hadis nomer 5835  dalam   dhaif jami`.
Hadis tsb dengan berbagai macam redaksi sudah di bicarakan dalam artikel sy yang lalu  sbb:
سنن أبي داود (1/ 125)
-      حَدَّثَنَا النُّفَيْلِيُّ، حَدَّثَنَا مِسْكِينٌ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ زِيَادِ بْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ مَيْمُونَةَ، مَوْلَاةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهَا قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفْتِنَا فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ فَقَالَ: «ائْتُوهُ فَصَلُّوا فِيهِ» وَكَانَتِ الْبِلَادُ إِذْ ذَاكَ حَرْبًا، «فَإِنْ لَمْ تَأْتُوهُ وَتُصَلُّوا فِيهِ، فَابْعَثُوا بِزَيْتٍ يُسْرَجُ فِي قَنَادِيلِهِ»
سنن أبي داود (1/ 125)
[حكم الألباني] : ضعيف
……………, dari Maimunah budak yang dimerdekakan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam , sesungguhnya dia berkata: Wahai  Rasulullah , berilah fatwa kami tentang baitul maqdis .
Beliau  bersabda: Datanglah dan lakukan shalat di sana.
( saat itu negri itu masih harbi / dikuasai oleh Romawi ) . Bila kamu tidak bisa datang ke sana untuk menjalankan shalat disitu, maka kirimkan minyak untuk lampu – lampunya. HR  Abu  Dawud 125 /1
Al bani menyatakan : Ia lemah.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Kita teliti sanadnya  dlm beberapa kitab sbb:

سنن أبي داود ت الأرنؤوط (1/ 343)
 - حدَّثنا النُّفَيليُّ، حدَّثنا مِسكين، عن سعيد بن عبد العزيز، عن زياد ابن أبي سَوْدة
عن ميمونةَ مولاةِ النبيَّ - صلى الله عليه وسلم
السنن الكبرى للبيهقي (2/ 619)
-      أنبأ الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ الرُّوذْبَارِيُّ، أنبأ مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ، ثنا أَبُو دَاوُدَ، ثنا النُّفَيْلِيُّ، ثنا مِسْكِينٌ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنِ ابْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ مَيْمُونَةَ مَوْلَاةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
-      مسند الشاميين للطبراني (1/ 197)
-      4 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، ثنا الْهَيْثَمُ بْنُ خَارِجَةَ، ثنا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، ثنا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنِ ابْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ مَيْمُونَةَ، مَوْلَاةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
-      شرح السنة للبغوي (2/ 342)
-      بَابُ الْمَسْجِدِ الأَقْصَى
-      456 - أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، أَنَا الْقَاسِمُ بْنُ جَعْفَرٍ، أَنَا أَبُو عَلِيٍّ اللُّؤْلُئِيُّ، نَا أَبُو دَاوُدَ، نَا النُّفَيْلِيُّ، نَا مِسْكِينٌ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنِ ابْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ مَيْمُونَةَ مَوْلاةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
-      سنن البيهقى - دار الباز (2/ 441)
-      4114 - أنبأ الحسين بن محمد الروذباري أنبأ محمد بن بكر ثنا أبو داود ثنا النفيلي ثنا مسكين عن سعيد بن عبد العزيز عن بن أبي سودة عن ميمونة مولاه رسول الله صلى الله عليه و سلم
Komentarku ( Mahrus ali ):
Kalau ditinjau dari  segi sanad, maka  hadis tsb hanya di riwayatkan  oleh  Said bin Abd Aziz. Hadis itu gharib, tidak dikenal. Said bin Abd Aziz adalah perawi tergolong tingkat 7 kibar  atba ut tabiin, wafat 167H. Jadi masa seratusan tahun   setelah baginda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam wafat, hadis itu  masih  tidak populer dan masih hanya Said bin Abd Aziz  yang tahu, lainnya tidak paham hadis itu sampai mati.
  ــ  سعيد بن عبد العزيز بن أبى يحيى التنوخى ، أبو محمد ، و يقال أبو عبد العزيز ، الدمشقى ( فقيه أهل الشام و مفتيهم بدمشق )
Said bin Abd Aziz bin Abu Yahya al tanuhi – Abu Muhammad  , juga di sebut Abu Abd Aziz al Dimasyqi – ulama  syam , mufti mereka di Damaskus.
Mayoritas para  sahabat, tabiin dan atbaut tabiin tidak kenal hadis itu sampai mati. Sebab  ia di masa seratusan tahun hijriyah masih belum dikenal dan hanya satu orang yang tahu yaitu Said bin Abd Aziz. Dan ini termasuk afradus syamiyin yang membikin lemah hadis itu.
- حكم تفرد الراوي بالحديث:
1- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.    Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ). 1
 وقال سليمان الأعمش: »كانوا يكرهون غريبَ الحديث«2،
Sulaiman  al a`masy berkata : Mereka  tidak suka  dengan  hadis yang gharib 2.

عبد الله بوراي


الحديث إلى هنا أغلب رواياته ضعيفة أو منكرة، أما الزيادة فلم أقف لها على أصل والله أعلم.
Sampai disini  kebanyakan riwayat hadis memberi lampu ke Baitul maqdis adalah lemah atau munkar . Untuk tambahan nya ( saat itu negri itu termasuk harbi ………….)   saya  tidak menemukan asalnya ( refrensi kitab hadis  yang menerangkan hal itu ) , wallahu a`lam. Kata  Abdulla Burai.
[حكم الألباني] : ضعيف  سنن أبي داود (1/ 125)

Menurut al bani , hadis tsb lemah.  Sunan Abu Dawud 125/1


Al arnauth  menyatakan:
وضعفه عبد الحق في "الأحكام الوسطى" 1/ 298، وابن القطان في "بيان الوهم والإيهام" 5/ 535، وقال الحافظ في "الإصابة" 130/ 8 عن هذا الحديث: فيه نظر.
وكنا قد صححنا هذا الحديث في "شرح مشكل الآثار"، وضعفناه في "مسند أحمد"، لكننا لم نُشِر إلى ذلك في "المسند"، فيُستدرك من هنا.=
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (1/ 343)
Abd Hak dalam kitab al ahkam al wustha 298 / Ibn Qatthan dalam kitab bayan al wahm wal iham 535 . Al hafidh Ibn Hajar  dlm kitab al Ishabah  8/130  hadis tsb masih perlu  dikaji  ulang .
Kami  telah mensahihkan  hadis tsb  dalam syarah Musykil atsar , dan kami lemahkan di Musnad Ahmad > tapi  kami  tidak memberikan isarat ke sana  dlm kitab al Musnad , lalu kami komentar lagi disini.
Sunan  Abu Dawud al arna uth 343/1 



Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL )  https://www.facebook.com/mahrusali.ali.50



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan