Dodi ElHasyimi
menulis ; Imam Suyuthi di
dalam Al Jaami'uah Shaghiir memberi label hasan pada hadis riwayat Maimunah Ra
ini :
من لم يأت بيت المقدس يصلي فيه فليبعث بزيت يسرج فيه
Barangsiapa tidak pergi ke Baitul Muqaddas (Masjid Aqsha) untuk sholat di dalamnya maka hendaklah mengirimkan minyak untuk menerangi lampu di dalamnya
من لم يأت بيت المقدس يصلي فيه فليبعث بزيت يسرج فيه
Barangsiapa tidak pergi ke Baitul Muqaddas (Masjid Aqsha) untuk sholat di dalamnya maka hendaklah mengirimkan minyak untuk menerangi lampu di dalamnya
الجامع الصغير من
حديث البشير النذير (2/ 348)
-
من لم يأت بيت المقدس يصلي فيه، فليبعث بزيت يسرج فيه
-
( هب ) عن ميمونة
-
( ح )
Komentarku
( Mahrus ali ):
Imam Suyuthi menyatakan hadis tsb
hasan. Bila diikuti, kita akan
menyalahi tuntunan masjid Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam, juga menyalahi al quran yang menyatakan tidak boleh
menolong kemaksiatan di baitul makdis atau lainnya. Saat itu , baitul maqdis masih dikuasai
Romawi yang kristen. Otomatis ritual
disana adalah pemujaan kpd salib dan penuh kesyirikan. Bukan badah shalat atau
puasa dll.
Al albani melemahkannya , lihat keterangan
sbb:
ضعيف الجامع الصغير
للألباني (ص: 842)
- من لم يأت بيت المقدس يصلي فيه فليبعث
بزيت يسرج فيه
( هب ) عن ميمونة .
قال الشيخ الألباني :
( ضعيف ) انظر حديث رقم : 5835 في ضعيف الجامع
Secara ringkas saja.
Hadis tsb menurut al albani
adalah lemah, lihat hadis nomer 5835
dalam dhaif jami`.
Hadis tsb dengan berbagai macam
redaksi sudah di bicarakan dalam artikel sy yang lalu sbb:
سنن أبي داود (1/
125)
-
حَدَّثَنَا النُّفَيْلِيُّ، حَدَّثَنَا
مِسْكِينٌ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ زِيَادِ بْنِ أَبِي
سَوْدَةَ، عَنْ مَيْمُونَةَ، مَوْلَاةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ، أَنَّهَا قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفْتِنَا فِي بَيْتِ
الْمَقْدِسِ فَقَالَ: «ائْتُوهُ فَصَلُّوا فِيهِ» وَكَانَتِ الْبِلَادُ إِذْ ذَاكَ
حَرْبًا، «فَإِنْ لَمْ تَأْتُوهُ وَتُصَلُّوا فِيهِ، فَابْعَثُوا بِزَيْتٍ
يُسْرَجُ فِي قَنَادِيلِهِ»
سنن
أبي داود (1/ 125)
[حكم الألباني] : ضعيف
……………,
dari Maimunah budak yang dimerdekakan oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ,
sesungguhnya dia berkata: Wahai
Rasulullah , berilah fatwa kami tentang baitul maqdis .
Beliau bersabda: Datanglah dan lakukan shalat di sana.
(
saat itu negri itu masih harbi / dikuasai oleh Romawi ) . Bila kamu tidak bisa
datang ke sana
untuk menjalankan shalat disitu, maka kirimkan minyak untuk lampu – lampunya.
HR Abu
Dawud 125 /1
Al
bani menyatakan : Ia lemah.
Komentarku
( Mahrus ali ):
Kita
teliti sanadnya dlm beberapa kitab sbb:
سنن أبي داود ت
الأرنؤوط (1/ 343)
-
حدَّثنا النُّفَيليُّ، حدَّثنا مِسكين، عن سعيد بن عبد العزيز، عن زياد ابن أبي
سَوْدة
عن ميمونةَ مولاةِ
النبيَّ - صلى الله عليه وسلم
السنن الكبرى للبيهقي
(2/ 619)
-
أنبأ الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدٍ
الرُّوذْبَارِيُّ، أنبأ مُحَمَّدُ بْنُ بَكْرٍ، ثنا أَبُو دَاوُدَ، ثنا
النُّفَيْلِيُّ، ثنا مِسْكِينٌ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنِ ابْنِ
أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ مَيْمُونَةَ مَوْلَاةِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
-
مسند الشاميين للطبراني (1/ 197)
-
4 - حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ
بْنِ حَنْبَلٍ، ثنا الْهَيْثَمُ بْنُ خَارِجَةَ، ثنا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ،
ثنا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنِ ابْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ
مَيْمُونَةَ، مَوْلَاةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
-
شرح السنة للبغوي (2/ 342)
-
بَابُ الْمَسْجِدِ الأَقْصَى
-
456 - أَخْبَرَنَا عُمَرُ بْنُ عَبْدِ
الْعَزِيزِ، أَنَا الْقَاسِمُ بْنُ جَعْفَرٍ، أَنَا أَبُو عَلِيٍّ اللُّؤْلُئِيُّ،
نَا أَبُو دَاوُدَ، نَا النُّفَيْلِيُّ، نَا مِسْكِينٌ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ عَبْدِ
الْعَزِيزِ، عَنِ ابْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ مَيْمُونَةَ مَوْلاةِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
-
سنن البيهقى - دار الباز (2/ 441)
-
4114 - أنبأ الحسين بن محمد الروذباري أنبأ
محمد بن بكر ثنا أبو داود ثنا النفيلي ثنا مسكين عن سعيد بن عبد العزيز عن بن أبي
سودة عن ميمونة مولاه رسول الله صلى الله عليه و سلم
Komentarku
( Mahrus ali ):
Kalau
ditinjau dari segi sanad, maka hadis tsb hanya di riwayatkan oleh
Said bin Abd Aziz. Hadis itu gharib, tidak dikenal. Said bin Abd Aziz
adalah perawi tergolong tingkat 7 kibar
atba ut tabiin, wafat 167H. Jadi masa seratusan tahun setelah baginda Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam wafat, hadis itu
masih tidak populer dan masih
hanya Said bin Abd Aziz yang tahu,
lainnya tidak paham hadis itu sampai mati.
ــ سعيد بن عبد العزيز بن أبى يحيى
التنوخى ، أبو محمد ، و يقال أبو عبد العزيز ، الدمشقى ( فقيه أهل الشام و مفتيهم
بدمشق )
Said bin Abd Aziz bin Abu Yahya
al tanuhi – Abu Muhammad , juga di sebut
Abu Abd Aziz al Dimasyqi – ulama syam ,
mufti mereka di Damaskus. Mayoritas para sahabat, tabiin dan atbaut tabiin tidak kenal hadis itu sampai mati. Sebab ia di masa seratusan tahun hijriyah masih belum dikenal dan hanya satu orang yang tahu yaitu Said bin Abd Aziz. Dan ini termasuk afradus syamiyin yang membikin lemah hadis itu.
- حكم تفرد الراوي بالحديث:
1- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون
رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك
رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه
الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang
meriwayatkan hadis.( tafarrud )
1. Ulama hadis dahulu
tidak suka atau benci terhadap riwayat
gharib ( nyeleneh )
Ulama
hadis dahulu benci terhadap terhadap riwayat – riwayat yang gharib (
nyeleneh ) dan hadis yang
di riwayatkan oleh seorang perawi , lalu di anggap sebagai
hadis yang terjelek sebagaimana
di katakan oleh Imam Malik
rahimahullah: Ilmu terjelek adalah
yang gharib dan ilmu yang
terbaik adalah yang tampak yang
di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ). 1
وقال
سليمان الأعمش: »كانوا يكرهون غريبَ الحديث«2،
Sulaiman al a`masy berkata : Mereka tidak suka
dengan hadis yang gharib 2.
عبد الله بوراي
الحديث إلى هنا أغلب رواياته ضعيفة أو منكرة، أما الزيادة فلم أقف لها على أصل والله أعلم.
Sampai disini kebanyakan riwayat hadis memberi lampu ke
Baitul maqdis adalah lemah atau munkar . Untuk tambahan nya ( saat itu negri
itu termasuk harbi ………….) saya tidak menemukan asalnya ( refrensi kitab
hadis yang menerangkan hal itu ) ,
wallahu a`lam. Kata Abdulla Burai.
[حكم الألباني] : ضعيف سنن أبي داود (1/
125)
Menurut al bani , hadis tsb
lemah. Sunan Abu Dawud 125/1
Al arnauth menyatakan:
وضعفه عبد الحق في "الأحكام
الوسطى" 1/ 298، وابن القطان في "بيان الوهم والإيهام" 5/ 535،
وقال الحافظ في "الإصابة" 130/ 8 عن هذا الحديث: فيه نظر.
وكنا قد صححنا هذا الحديث في "شرح
مشكل الآثار"، وضعفناه في "مسند أحمد"، لكننا لم نُشِر إلى ذلك في
"المسند"، فيُستدرك من هنا.=
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (1/ 343)
Abd Hak dalam kitab al ahkam
al wustha 298 / Ibn Qatthan dalam kitab bayan al wahm wal iham 535 . Al hafidh
Ibn Hajar dlm kitab al Ishabah 8/130
hadis tsb masih perlu dikaji ulang .
Kami
telah mensahihkan hadis tsb dalam syarah Musykil atsar , dan kami
lemahkan di Musnad Ahmad > tapi
kami tidak memberikan isarat ke
sana dlm kitab al Musnad , lalu kami
komentar lagi disini.
Sunan Abu Dawud al arna uth 343/1
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan