Senin, Juni 29, 2015

Jawabanku untuk Gus Dodi EL Hasyimi ke 4




  Dodi ElHasyimi  menulis ;Al Haitsami di dalam Majma'uz Zawaaid mengatakan Rijalnya Tsiqot pada riwayat Abu Ya'la
مجمع الزوائد ومنبع الفوائد (4/ 11)
-وعن ميمونة قالت: يا رسول الله أفتنا في بيت المقدس؟ قال:
"أرض المحشر وأرض المنشر ائتوه فصلوا فيه فإن صلاة فيه كألف صلاة". قلنا: يا رسول الله فمن لم يستطع أن يتحمل إليه؟ قال: "من لم يستطع أن يأتيه فليهد إليه زيتاً يسرج فيه. فإن من أهدى إليه زيتاً كان كمن أتاه".
%قلت: روى أبو داود قطعة منه من حديث ميمونة مولاة النبي صلى الله عليه وسلم.
ورواه أبو يعلى بتمامه من حديث ميمونة زوج النبي صلى الله عليه وسلم والله أعلم ورجاله ثقات.

Komentarku ( Mahrus ali ):

Setahu saya dalam kaiah ahl hadis kalimat rijaluhu tsiqat atau perawi – perawinya terpercaya tidak menunjukkan hadis tsb sahih. Kadang lemah, karena redaksi hadis kacau, nentang al quran, atau hadis mutawatir dll.

Ini sanadnya  dalam  kitab aslinya  sbb:
                   `
مسند أبي يعلى الموصلي (12/ 523)
7088 - حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْهَرَوِيُّ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ زِيَادِ بْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ أَخِيهِ، عَنْ مَيْمُونَةَ قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفْتِنَا فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ قَالَ: «هُوَ أَرْضُ الْمَحْشَرِ وَأَرْضُ الْمَنْشَرِ ائْتُوهُ فَصَلُّوا فِيهِ، فَإِنَّ صَلَاةً فِيهِ كَأَلْفِ صَلَاةٍ»، قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ فَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يَتَحَمَّلَ إِلَيْهِ؟ قَالَ: «مَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يَأْتِيَهُ فَلْيُهْدِ إِلَيْهِ زَيْتًا يُسْرَجُ فِيهِ، فَإِنَّ مَنْ أَهْدَى إِلَيْهِ زَيْتًا كَانَ كَمَنْ قَدْ أَتَاهُ»
[حكم حسين سليم أسد] : إسناده صحيح
Komentarku ( Mahrus ali ):
Komentarku ( Mahrus ali ):
Sekalipun diktakan  sanadnya  sahih, kadang redaksi hadisnya yg  cacat.

الثمر المستطاب في فقه السنة والكتاب (2/ 542)
أما الذهبي فخالف حيث قال في ترجمة عثمان بن أبي سودة:
(وثقة مروان الطاهري - كذا ولعل الصواب: الطاطري - وابن حبان. قلت: في النفس شيء من الاحتجاج به)
Dalam kitab al tsamar al mustathob fi  fiqhis sunnah wal kitab 542/2
Adapun Imam Dzahabi maka punya pendapat yg berbeda , beliau berkata dlm rwayat hdup perawi bernama  Usman bin Abi Saudah ( perawi hadis memberi minyak untuk lampu di masjidil aqsha ) .
Perawi Usman  tsb  di nyatakan  terpercaya  oleh Marwan al thahiri . ( barang yang  benar adalah al thathiri ) dan Ibn Hibban.
Aku  ( Dzahabi ) berkata: Hatiku kurang sreg  untuk berhujjah  dengan perawi itu ).
Maksudnya : Imam Dzahabi  tdk enak hatinya  untuk membikin  Usman bin Abi  Saudah sebagai perawi hadis yang bisa dibuat pegangan, tapi lepaskan saja. Dan  hadis  riwayatnya kurang valid .

أبو البراء الفلسطيني
اليس انكار الشيخ الالباني قد يكون لغرابة متن هذا الحديث؟
وكذلك قول ابن رجب في حكمه على هذا الحديث "إسناده قوي لكن قد قيل إن إسناده منقطع، وفي متنه نكارة" (فضائل الشام لابن رجب 3/283).
Abul bara  al falistini berkata:
Bukankah Syaikh al bani telah ingkar kpd hadis tsb ( hadis mengirim minyak untuk lampu masjidil aqsha ) , mungkin juga karena redaksi hadisnya yang masih nyeleneh?
Begitu juga perkataan Ibn Rajab dlm memberikan nilai pada hadis itu: Sanadnya kuat, tapi  sungguh telah dikatakan sanadnya  adalah terputus, redaksi hadisnya  juga munkar ( Fadho ilus syam  karya Ibn  Rajab 283/3 )


أبو البراء الفلسطيني
فما هي علة هذا الحديث ###
الواقع أن هناك إعلالاً للسند من جهة الانقطاع ، ومن جهة الكلام في اثنين من رواته هما : زياد بن أبي سودة ، وأخوه عثمان بن أبي سودة 0
Lalu sekarang apa illat hadis ( cacat hadis ) ?
Imam Dzaabi menyatakan:
هذا حديث منكر جداً ؛ رواه سعيد بن عبد العزيز ، عن زياد ، عنها ؛ فهذا منقطع 0 ورواه ثور بن يزيد ، عن زياد متصلاً 0 قال عبد الحق : ليس هذا الحديث بقوي 0 وقال ابن القطان : زياد وعثمان ممن يجب التوقف عن روايتهما ) 0 ثم ذكر الذهبي لميمونة بنت سعد ، ويقال : بنت سعيد : أربعة أحاديث قال بأنها منكرة كلها ، وأحدها هذا الحديث 0
Ini hadis sangat munkar , ia diriwayatkan oleh Sai`d bin Abd aziz  dari Ziyad    dari Maimunah dan ini  sanad terputus .
Tsaur bin Yazid meriwayatkannya dari Ziyad  dalam keadaan muttashil .
Abd Haq berkata: Ini hadis tidak  kuat
Ibn Qatthan berkata: Ziyad dan Usman  termasuk  perawi yang harus di hentikan riwayatnya ( di teliti dulu, tidak boleh langsung diterima ).
Lalu Imam Dzahabi menyebutkan empat hadis  riwayat Maimunah bin Sa`d , ada yang mengatakan bintu sa`id ( bukan sa`d ) , lalu beliau menyatakan: Seluruhnya munkar . Salah  satunya  adalah hadis ( memberi minyak untuk lampu baitul maqdis )

أما ابن التركماني ، فقد أعله بالاختلاف في إسناده كما في ( الجوهر النقي ) بحاشية ( السنن الكبرى ) للبيهقي 2 / 441 0
قلت : نعم ؛ الاختلاف وجه من وجوه إعلال السند ؛ لأنه يدل على عدم ضبط الرواة له ، بل هناك اختلاف في متن الحديث أيضاً
Ibn Turkumani berkata: Hadis tersebut punya cacat karena sanadnya  yang  hilap sebagaimana dlm kitab al Jauharun naqi  di hasyiyah sunan kubra karya al baihaqi  441/2 .
Saya ( abul bara ) berkata : Ya , benar. Hilap adalah salah satu bentuk cacat sanad, sebab ia menunjukkan perawi = perawi yang  tidak hapal sanad> Bahkan  terdapat juga redaksi yang masih hilap.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Mari kita lihat redaksi hadis yang sangat berbeda itu sbb:
الجامع الصغير لجلال الدين السيوطي (4/ 143)
 من لم يأت بيت المقدس يصلي فيه ، فليبعث بزيت يسرج فيه (6) 9016
Barang siapa yang tidak bisa menjalankan shalat di baitul maqdis, maka kirimlah minyak untuk lampunya.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Redaksi itu beda sekali  dengan redaksi dari perawi yang sama  sbb:
السنن الكبرى للبيهقي (2/ 441)
قالت يا رسول الله افتنا في بيت المقدس قال ايتوه فصلوا فيه وكانت البلاد إذ ذاك حربا فان لم تأتوه وتصلوا فيه فابعثوا بزيت يسرج في قناديله *
Maimunah berkata: Wahai  Rasulullah ! berilah  fatwa kami tentang baitul maqdis .
Beliau bersabda: Datanglah ke sana, lalu lakukan shalat di dalamnya. Saat kota itu dalam keadaan harbi ( kota  yg dikuasai oleh musuh ).
Bila kamu tidak bisa datang kesana  atau melakukan shalat di dalamnya , maka kirimlah minyak untuk lampunya
Kedua  redaksi hadis  itu juga  berbeda dengan redaksi  hadis berikut  dari perawi yang sama sbb:
.
التبويب الموضوعي للأحاديث (ص: 4471)
* أنها قالت للنبي صلى الله عليه وسلم أفتنا في بيت المقدس فقال ائتوه فصلوا فيه فقالت كيف وبيننا وبينه الروم قال فابعثوا بزيت يسرج في قناديله
الطبراني في مسند الشاميين ج1/ص198 ح344
Sesungguhnya Maimunah berkata kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: Berilah fatwa kami tentang baitul maqdis , lalu beliau bersabda: Datanglah kesana, lalu lakukan shalat di sana.
Maimunah berkata: Bagaimana bisa kesana  antara kita dan baitul maqdis adalah Romawi.
Beliau bersabda: Kirimlah minyak untuk lampu – lampunya.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Di redaksi  terahir ini ada kalimat Romawi, ini tambahan yang dikurangi di riwayat lain.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan