Dodi
ElHasyimi menulis ;Al Haitsami di dalam Majma'uz Zawaaid mengatakan Rijalnya
Tsiqot pada riwayat Abu Ya'la
مجمع الزوائد ومنبع الفوائد (4/ 11)
-وعن
ميمونة قالت: يا رسول الله أفتنا في بيت المقدس؟ قال:
"أرض
المحشر وأرض المنشر ائتوه فصلوا فيه فإن صلاة فيه كألف صلاة". قلنا: يا رسول
الله فمن لم يستطع أن يتحمل إليه؟ قال: "من لم يستطع أن يأتيه فليهد إليه
زيتاً يسرج فيه. فإن من أهدى إليه زيتاً كان كمن أتاه".
%قلت:
روى أبو داود قطعة منه من حديث ميمونة مولاة النبي صلى الله عليه وسلم.
ورواه أبو يعلى بتمامه من حديث ميمونة
زوج النبي صلى الله عليه وسلم والله أعلم ورجاله ثقات.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Setahu saya dalam kaiah ahl hadis
kalimat rijaluhu tsiqat atau perawi – perawinya terpercaya tidak menunjukkan
hadis tsb sahih. Kadang lemah, karena redaksi hadis kacau, nentang al quran,
atau hadis mutawatir dll.
Ini sanadnya dalam
kitab aslinya sbb:
`
مسند أبي يعلى الموصلي (12/ 523)
7088 - حَدَّثَنَا
أَبُو مُوسَى إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْهَرَوِيُّ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ
يُونُسَ، حَدَّثَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ زِيَادِ بْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ
أَخِيهِ، عَنْ مَيْمُونَةَ قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفْتِنَا فِي بَيْتِ
الْمَقْدِسِ قَالَ: «هُوَ أَرْضُ الْمَحْشَرِ وَأَرْضُ الْمَنْشَرِ ائْتُوهُ
فَصَلُّوا فِيهِ، فَإِنَّ صَلَاةً فِيهِ كَأَلْفِ صَلَاةٍ»، قُلْنَا: يَا رَسُولَ
اللَّهِ فَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يَتَحَمَّلَ إِلَيْهِ؟ قَالَ: «مَنْ لَمْ
يَسْتَطِعْ أَنْ يَأْتِيَهُ فَلْيُهْدِ إِلَيْهِ زَيْتًا يُسْرَجُ فِيهِ، فَإِنَّ
مَنْ أَهْدَى إِلَيْهِ زَيْتًا كَانَ كَمَنْ قَدْ أَتَاهُ»
[حكم
حسين سليم أسد] : إسناده صحيح
Komentarku ( Mahrus ali ):
Komentarku ( Mahrus ali ):
Sekalipun diktakan sanadnya
sahih, kadang redaksi hadisnya yg
cacat.
الثمر المستطاب في فقه السنة والكتاب
(2/ 542)
أما الذهبي فخالف حيث قال في ترجمة
عثمان بن أبي سودة:
(وثقة مروان الطاهري - كذا ولعل الصواب:
الطاطري - وابن حبان. قلت: في النفس شيء من الاحتجاج به)
Dalam kitab al tsamar al mustathob
fi fiqhis sunnah wal kitab 542/2
Adapun Imam Dzahabi maka punya
pendapat yg berbeda , beliau berkata dlm rwayat hdup perawi bernama Usman bin Abi Saudah ( perawi hadis memberi
minyak untuk lampu di masjidil aqsha ) .
Perawi Usman tsb di
nyatakan terpercaya oleh Marwan al thahiri . ( barang yang benar adalah al thathiri ) dan Ibn Hibban.
Aku
( Dzahabi ) berkata: Hatiku kurang sreg
untuk berhujjah dengan perawi itu
).
Maksudnya : Imam Dzahabi tdk enak hatinya untuk membikin Usman bin Abi
Saudah sebagai perawi hadis yang bisa dibuat pegangan, tapi lepaskan
saja. Dan hadis riwayatnya kurang valid .
أبو البراء الفلسطيني
اليس انكار الشيخ الالباني قد يكون
لغرابة متن هذا الحديث؟
وكذلك قول ابن رجب في حكمه على هذا الحديث "إسناده قوي لكن قد قيل إن إسناده منقطع، وفي متنه نكارة" (فضائل الشام لابن رجب 3/283).
وكذلك قول ابن رجب في حكمه على هذا الحديث "إسناده قوي لكن قد قيل إن إسناده منقطع، وفي متنه نكارة" (فضائل الشام لابن رجب 3/283).
Abul bara al falistini berkata:
Bukankah Syaikh al bani telah ingkar
kpd hadis tsb ( hadis mengirim minyak untuk lampu masjidil aqsha ) , mungkin
juga karena redaksi hadisnya yang masih nyeleneh?
Begitu juga perkataan Ibn Rajab dlm
memberikan nilai pada hadis itu: Sanadnya kuat, tapi sungguh telah dikatakan sanadnya adalah terputus, redaksi hadisnya juga munkar ( Fadho ilus syam karya Ibn
Rajab 283/3 )
أبو البراء الفلسطيني
فما هي علة هذا الحديث ###
الواقع أن هناك إعلالاً للسند من جهة الانقطاع ، ومن جهة الكلام في اثنين من رواته هما : زياد بن أبي سودة ، وأخوه عثمان بن أبي سودة 0
الواقع أن هناك إعلالاً للسند من جهة الانقطاع ، ومن جهة الكلام في اثنين من رواته هما : زياد بن أبي سودة ، وأخوه عثمان بن أبي سودة 0
Lalu sekarang apa illat hadis (
cacat hadis ) ?
Imam Dzaabi menyatakan:
هذا حديث منكر جداً ؛ رواه سعيد بن عبد
العزيز ، عن زياد ، عنها ؛ فهذا
منقطع 0 ورواه ثور بن يزيد ، عن زياد
متصلاً 0 قال عبد الحق : ليس هذا
الحديث بقوي 0 وقال ابن القطان : زياد
وعثمان ممن يجب التوقف عن روايتهما ) 0 ثم
ذكر الذهبي لميمونة بنت سعد ، ويقال : بنت سعيد : أربعة أحاديث قال بأنها منكرة كلها ،
وأحدها هذا الحديث 0
Ini hadis sangat munkar , ia
diriwayatkan oleh Sai`d bin Abd aziz
dari Ziyad dari Maimunah dan
ini sanad terputus .
Tsaur bin Yazid meriwayatkannya dari
Ziyad dalam keadaan muttashil .
Abd Haq berkata: Ini hadis
tidak kuat
Ibn Qatthan berkata: Ziyad dan
Usman termasuk perawi yang harus di hentikan riwayatnya ( di
teliti dulu, tidak boleh langsung diterima ).
Lalu Imam Dzahabi menyebutkan empat
hadis riwayat Maimunah bin Sa`d , ada
yang mengatakan bintu sa`id ( bukan sa`d ) , lalu beliau menyatakan: Seluruhnya
munkar . Salah satunya adalah hadis ( memberi minyak untuk lampu
baitul maqdis )
أما ابن التركماني ، فقد أعله بالاختلاف في إسناده كما في ( الجوهر النقي ) بحاشية ( السنن الكبرى ) للبيهقي 2 / 441 0
قلت : نعم ؛ الاختلاف وجه من وجوه إعلال السند ؛ لأنه يدل على عدم ضبط الرواة له ، بل هناك اختلاف في متن الحديث أيضاً
Ibn Turkumani berkata: Hadis
tersebut punya cacat karena sanadnya
yang hilap sebagaimana dlm kitab
al Jauharun naqi di hasyiyah sunan kubra
karya al baihaqi 441/2 .
Saya ( abul bara ) berkata : Ya ,
benar. Hilap adalah salah satu bentuk cacat sanad, sebab ia menunjukkan perawi
= perawi yang tidak hapal sanad>
Bahkan terdapat juga redaksi yang masih
hilap.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Mari kita lihat redaksi hadis yang
sangat berbeda itu sbb:
الجامع الصغير لجلال الدين السيوطي (4/
143)
من لم يأت بيت المقدس
يصلي فيه ، فليبعث بزيت يسرج فيه (6) 9016
Barang siapa yang tidak bisa
menjalankan shalat di baitul maqdis, maka kirimlah minyak untuk lampunya.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Redaksi itu beda sekali dengan redaksi dari perawi yang sama sbb:
السنن الكبرى للبيهقي (2/ 441)
قالت يا رسول الله افتنا في بيت المقدس
قال ايتوه فصلوا فيه وكانت البلاد إذ ذاك حربا فان لم تأتوه وتصلوا فيه فابعثوا
بزيت يسرج في قناديله *
Maimunah berkata: Wahai Rasulullah ! berilah fatwa kami tentang baitul maqdis .
Beliau bersabda: Datanglah ke sana, lalu lakukan shalat
di dalamnya. Saat kota itu dalam keadaan harbi (
kota yg dikuasai oleh musuh ).
Bila kamu tidak bisa datang
kesana atau melakukan shalat di dalamnya
, maka kirimlah minyak untuk lampunya
Kedua redaksi hadis
itu juga berbeda dengan
redaksi hadis berikut dari perawi yang sama sbb:
.
التبويب الموضوعي للأحاديث (ص: 4471)
* أنها قالت للنبي صلى الله عليه وسلم أفتنا
في بيت المقدس فقال ائتوه فصلوا فيه فقالت كيف وبيننا وبينه الروم قال فابعثوا
بزيت يسرج في قناديله
الطبراني في مسند الشاميين ج1/ص198 ح344
Sesungguhnya Maimunah berkata kepada
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam: Berilah fatwa kami tentang baitul maqdis ,
lalu beliau bersabda: Datanglah kesana, lalu lakukan shalat di sana.
Maimunah berkata: Bagaimana bisa
kesana antara kita dan baitul maqdis
adalah Romawi.
Beliau bersabda: Kirimlah minyak
untuk lampu – lampunya.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Di redaksi terahir ini ada kalimat Romawi, ini tambahan
yang dikurangi di riwayat lain.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan