Minggu, Mei 01, 2011

Musik tingkatkan IQ anak


Di tulis oleh H Mahrus ali
Dalam detik.com terdapat keterangan sbb :
Tak lama lagi, liburan sekolah tiba. Jika bingung merencanakan tempat liburan yang menarik untuk anak, kenapa tak mencoba menawarkan liburan dengan mendaftar kursus bermain alat musik. Belajar memainkan alat musik tak hanya bisa menambah pengalaman menarik untuk si kecil tapi juga bermanfaat meningkatkan IQ.

Studi menunjukkan bahwa memainkan alat musik dapat membantu anak Anda dalam berbagai aspek kehidupannya. Semua orang lahir memiliki kreativitas, tetapi banyak orang tidak menyadarinya karena tidak didorong dan tidak mendapat rangsangan di awal kehidupan mereka.

Seperti dikutip dari laman Idiva, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan mengajari anak memainkan alat musik. Pemenang Grammy Keyboardist Louis Banks dan psikolog anak, Salma Prabhu, mengungkap mengapa belajar alat musik menjadi hal penting yang harus dipelajari anak-anak:

Meningkatkan IQ
Tulisan yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature menyimpulkan bahwa mempelajari alat musik dapat meningkatkan prestasi akademik anak.

Prabhu merasa ini berasal dari fakta bahwa bermain musik menggunakan kedua sisi rasional Anda (otak kiri) dan sisi kreatif Anda (otak kanan), sehingga meningkatkan IQ. Banks menambahkan, "Anak-anak memiliki kapasitas yang luar biasa untuk menguasai keterampilan baru, jadi ide yang baik untuk memberi mereka tantangan saat liburan nanti."

Menenangkan hati
Anak Anda dapat mempelajari instrumen musik di mana saja dan kapan saja. Ada bukti yang bisa memperkuat temuan ini. Bermain musik secara ilmiah bisa meningkatkan keadaan pikiran. Prabhu mengatakan, "Bermain musik bisa menghasilkan endorfin, hormon bahagia. Terlepas dari apakah Anda sedih atau dalam suasana hati buruk, bermain alat musik selalu akan membuat Anda merasa lebih baik."

Meningkatkan kewaspadaan
Banks mengatakan, "Belajar alat musik membuat kemampuan otak berkembang. Tekanan untuk berprestasi akademis yang intens. Sebuah penelitian di AS baru-baru ini menunjukkan bahwa memainkan alat musik dapat membalikkan beberapa komponen stres."

Terlibat dalam kemampuan ekspresif menenangkan membuktikan lebih efektif dari sekadar duduk untuk bersantai. Prabhu mengatakan, "Musik menenangkan dan merangsang syaraf otak. Ini juga meningkatkan kemampuan untuk menyerap informasi lebih lanjut."

Menanamkan disiplin
Menurut Banks, belajar alat musik membutuhkan jam praktek dan disiplin yang ketat. Dengan rentang perhatian yang pendek, belajar musik menanamkan rasa disiplin dan membantu meningkatkan fokus anak dengan pesat.

Dia menambahkan, "Memainkan instrumen mengajarkan manfaat kerja sama. Sebuah kelompok yang memainkan sebuah lagu bersama mempromosikan ikatan, persahabatan, persaingan yang sehat, hormat dan kepercayaan diri." (pent)
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bagi kaum muslimin tidak di perkenankan pergi ke tempat – tempat hiburan , karena di samping menyita banyak waktu , tenaga dan keuangan, juga banyak kemaksiatan . Apakah layak orang yang pikirannya hanya ingin kesenangan yang di benci oleh Allah lalu di masukkan ke dalam surgaNya. Ingat firman Allah :
كُلُوا وَتَمَتَّعُوا قَلِيلًا إِنَّكُمْ مُجْرِمُونَ(46)وَيْلٌ يَوْمَئِذٍ لِلْمُكَذِّبِينَ(47)وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ ارْكَعُوا لَا يَرْكَعُونَ
Makanlah dan bersenang – senanglah sebentar , sesungguhnya kamu  orang – orang yang berbuat dosa . Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan. Dan apabila dikatakan kepada mereka: "Ruku`lah", niscaya mereka tidak mau ruku`.[1]
Hiburan di dunia hanya kesenangan sementara untuk meninggalkan kebahagiaan abadi di surga, Apakah kita cari kesenangan sementara lalu kita akan masuk ke neraka tempat penderitaan selamanya . Sungguh sial nasib kita bila terus pergi ke tempat hiburan 
Setelah selamat dari hiburan yang tidak di ridai oleh Allah , ternyata kita pindah kepada musik . Ini sama dengan ingin sembuh tapi makan  makanan yang terlarang.

Dalam artikel itu di jelaskan :
Belajar memainkan alat musik tak hanya bisa menambah pengalaman menarik untuk si kecil tapi juga bermanfaat meningkatkan IQ.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sebetulnya untuk meningkatkan IQ juga bisa di ajari membaca al quran , hitungan atau kasih mainan yang tidak di larang dalam Islam tapi bersifat meningkatkan kemampuan berpikir . Dan itu banyak sekali. Untuk musik harus di buang dan jangan sampai anak – anak kita yang bersih itu di kotori dengan memasukkan musik kepadanya . Dalam suatu hadis di terangkan :
عَنْ أَبِي ماَلِك ،سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللُهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ وَلَيَنْزِلَنَّ أَقْوَامٌ إِلَى جَنْبِ عَلَمٍ يَرُوحُ عَلَيْهِمْ بِسَارِحَةٍ لَهُمْ يَأْتِيهِمْ يَعْنِي الْفَقِيرَ لِحَاجَةٍ فَيَقُولُونَ ارْجِعْ إِلَيْنَا غَدًا فَيُبَيِّتُهُمُ اللهُ وَيَضَعُ الْعَلَمَ وَيَمْسَخُ آخَرِينَ قِرَدَةً وَخَنَازِيرَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
 *
Dari Abu Malik  berkata  : Aku mendengar Nabi SAW  bersabda  : “ Sungguh  beberapa kaum  dari umatku akan menghalalkan  farji ( perzina an akan di resmikan  dan di perdakan ) , sutra  ( untuk lelaki ) , khomer ( miras akan di beri  izin ) dan musik . Sungguh  beberapa kaum akan  bertempat di dekat puncak gunung  ,lantas datang seorang fakir yang membutuhkan sesuatu  dengan  membawa domba  atau ternak milik mereka sendiri . Mereka berkata  : “ kemblilah . kepada kita besok saja )Lantas Allah memberikan sangsi kepada mereka , gunung pun lonsor , sedang lainnya  di jadikan babi dan kera  sampai hari kiamat . HR Bukhori
Mu`tamar NU ke 1 di Surabaya  pada tgl 13 Rabiuts tsani 1345 H – 20 Oktober 1925 . memutuskan segala macam alat alat orkes ( malahi )  seperti seruling  dll  adalah haram . Sumber hukum  mereka dari kitab Al Ithaf alal Ihya` takhrij Al Iraqi juz VI “.
Dalam artikel itu di jelaskan :
Prabhu mengatakan, "Bermain musik bisa menghasilkan endorfin, hormon bahagia. Terlepas dari apakah Anda sedih atau dalam suasana hati buruk, bermain alat musik selalu akan membuat Anda merasa lebih baik."
. Prabhu mengatakan, "Musik menenangkan dan merangsang syaraf otak. Ini juga meningkatkan kemampuan untuk menyerap informasi lebih lanjut."

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sebetulnya  musik bisa menenangkan hati orang kafir , untuk orang muslim maka jengkel setengah mati kepadanya dan begitulah sifat orang mukmin sejati . Allah berfirman :
وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ أُولَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ
Dan Allah menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus, [2]

الْمُنَافِقُونَ وَالْمُنَافِقَاتُ بَعْضُهُمْ مِنْ بَعْضٍ يَأْمُرُونَ بِالْمُنْكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ إِنَّ الْمُنَافِقِينَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma`ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.[3]
   Orang yang suka musik hanyalah kalangan orang yang munafik atau kafir dan bagi mukmin sudah memiliki  ajaran untuk menenangkan hati dengan berdzikir kepada Allah atau salat . Allah berfirman :
الَّذِينَ ءَامَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.[4]





[1] Almursalat 46-48
[2]  Al Hujurat  7
[3] Attaubah 67
[4] Ar ra`ed  28
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan