Kamis, Maret 06, 2014

Tiada salat sirriyah - kajianku ke 24




                                                                  Bacan Salat Isya`




Imam Bukhori membikin bab :
بَاب الْجَهْرِ فِي الْعِشَاءِ *
Baca dengan suara keras waktu salat Isya`[1]
Imam Bukhori membikin bab :
بَاب الْقِرَاءَةِ فِي الْعِشَاءِ بِالسَّجْدَةِ *

Bab bacaan  dalam salat Isya` dengan Assajdah[2]
Imam Nasai membikin bab
الْقِرَاءَةُ فِي الْعِشَاءِ الْآخِرَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى *
Membaca dalam salat Isya` dengan sabbihis[3]

Abu Hurairah ra berkata :
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي الْعِشَاءِ الْآخِرَةِ بِالسَّمَاءِ يَعْنِي ذَاتِ الْبُرُوجِ وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ *

Sesungguhnya   Rasulullah  saw,  dalam salat lsya' membaca : السَّمَاءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ'               [4]Hadis lemah .karena perawi bemama Zuraiq yang tak dikenal dan Abul Muhazzam yang  lemah
عَنِ الْبَرَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ : عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ فِي سَفَرٍ فَصَلَّى الْعِشَاءَ الْآخِرَةَ فَقَرَأَ فِي إِحْدَى الرَّكْعَتَيْنِ وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ * 
Dari al-Bara' r.a katanya: Dari Nabi s.a.w bahwa dalam suatu perjalanan, ketika baginda mengerjakan salat Isyak, baginda membaca di dalam salah satu dari dua rakaatnya   surat   At-Tin[5]
Kholid Al adwani ra berkata : '' Aku melihat   Rasulullah  saw,  di bagian timur Tsaqif berdiri bersandar  busur panah atau tongkat dengan minta pembelaan . Aku melihat beliau membaca : Wassama' I watthoriq hingga ahir . Dia berkata .
فَوَعَيْتُهَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ وَأَنَا مُشْرِكٌ ثُمَّ قَرَأْتُهَا فِي الْإِسْلَامِ قَالَ فَدَعَتْنِي ثَقِيفٌ فَقَالُوا مَاذَا سَمِعْتَ مِنْ هَذَا الرَّجُلِ فَقَرَأْتُهَا عَلَيْهِمْ فَقَالَ مَنْ مَعَهُمْ مِنْ قُرَيْشٍ نَحْنُ أَعْلَمُ بِصَاحِبِنَا لَوْ كُنَّا      نَعْلَمُ مَا يَقُولُ حَقًّا لَتَبِعْنَاهُ *

Aku hafal apa yang di baca   Rasulullah  saw,  waktu jahiliyah di saat aku syirik,  lalu setelah masuk Islam, aku membacanya . Lantas orang Tsaqif mengundang aku,  lalu berkata :" Apakah yang kamu dengarkan dari orang ini ( Muhammad ) ' Aku membaca kan surat tersebut Orang Quraisy yang bersama  mereka berkata :"  Kami lebih mengerti tentang teman kami ( Muhammad ) ' Bila kita mengetahui apa yang di katakan benar, kami akan ikut [6]hadis lemah.
  2703 عبد الرزاق عن ابن جريج قال سمعت ابن أبي مليكة يقول أخبرني علقمة بن أبي وقاص قال كان عمرُ بنُ الخطابِ يَقْرَأُ فِي الْعِشَاءِ الآخِرَةِ سُوْرَةَ يُوْسُفَ قَالَ وَأَنَا فِي مُؤَخَّرِ الصَّفّ ِحَتَّى إِذَا ذُكِرَ يُوْسُفُ سَمِعْتُ نَشِيْجَهُ وَأَنَا فِي مُؤَخَّرِ الصُّفُوْفِ  
…………….Umar bin Al Khotthob membaca surat Yusuf  waktu salat Isya`, sedang aku di akhir barisan  .Ketika di sebut nama Yusuf, aku mendengar tangisannya  sedang aku di akhir barisan . [7]
  2704 عبد الرزاق عن ابن جريج قال إبراهيم بن ميسرة عن ابنِ طَاوُوْسَ أَنَّ أَبَاهُ كَانَ لَايَدَعُ أَنْ يَقْرَأَ فِي الْعِشَاءِ الآخِرَةِ بِسُوْرَةِ السَّجْدَةِ الصُّغْرَى آلم تَنْزِيل وَتَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ المْلُكُ
Dari Ibnu Thowus  berkata ; sesungguhnya ayahnya  tidak pernah meninggalkan untuk membaca  dalam salat Isya` dengan surat Assajdah yang kecil, alif lammim  tanzil  dan tabarok. [8]
                                          
عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَامَ مُعَاذٌ فَصَلَّى الْعِشَاءَ الْآخِرَةَ فَطَوَّلَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَفَتَّانٌ يَا مُعَاذُ أَفَتَّانٌ يَا مُعَاذُ أَيْنَ كُنْتَ عَنْ سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الْأَعْلَى وَالضُّحَى وَإِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ
Dari Jabir ra berkata :  Muadz berdiri, lalu melakukan salat Isya` dengan panjang .Nabi saw bersabda kepada nya : Apakah kamu tukang fitnah  wahai Mu`adz ! Apakah kamu tukang fitnah  wahai Mu`adz ! .Mengapa kamu tidak membaca sabbihisma robbikal a`la,  waddhuha  dan idzas samaaun fathorot [9]



[1] Sahih Bukhori

[2] Sahih Bukhori
[3] Sunan Nasai

[4]  HR  Ahmad 8132
[5] Muttafaq  alaih  , Bukhori   725
[6] HRAhmad  18476
[7] Mushonnaf Abd Rozzaq 111/2
[8] Mushonnaf Abd Rozzaq 2704
[9] Nasai 997

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan