Sabtu, Juli 25, 2015

Jawabanku untuk Bpk Elang dari Bangkalan - seri ke 2







Elang menulis  sbb:


ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻤﻘﺮﺭ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﺃﻧﻬﺎ ﺗﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ، ﻭﺗﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻌﺘﻤﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺳﺎﺳﺎً ﻟﻠﻐﺪﺍﺀ ﻭﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻣﺜﻞ ﺍﻷﺭﺯ ﺃﻭ ﺍﻟﻘﻤﺢ ﺃﻭ ﺍﻟﺸﻌﻴﺮ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ، ﻭﻟﻴﺲ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺍﻟﺴﻜﺮ ﻭﺍﻟﺰﻳﺖ ﻭﺍﻟﺰﺑﺪ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ ﻣﻤﺎ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﺇﺩﺍﻣﺎً ﺃﻭ ﺣﻠﻮﻯ ﻭﻟﻮ ﻛﺜﺮ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﺍﻧﻔﺮﺩﺕ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭﺍﺕ ﻭﺣﻠﺖ ﻣﺤﻞ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﻲ ﺍﻻﻗﺘﻴﺎﺕ، ﺃﻭ ﺃﺧﺮﺟﺖ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻬﺎ ﻣﻦ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻘﻴﻤﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﺠﻮﺍﺯ ﺇﺧﺮﺍﺝ ﻗﻴﻤﺔ ﺯﻛﺎﺓ ﺍﻟﻔﻄﺮ، ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﻓﻘﻬﺎﺀ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ : ﺫﻛﺮﻧﺎ ﺃﻥ ﺍﻷﺻﺢ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﻔﻄﺮﺓ ﻣﻦ ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ، ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ، ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ : ﻫﻮ ﻣﺨﻴﺮ،
-----------------


Terjemahan bebasnya

SESUNGGUHNYA YG DIREKOMENDASIKAN ( YG DITETAPKAN ) MENURUT ULAMA AHLI FIQIH ADALAH BHWA ZAKAT FITRAH ITU DIKELUARKAN DARI BAHAN MAKANAN POKOK NEGERI DAN DIKELUARKAN DARI MAKANAN YG MENJADI KBUTUHAN ( KEBIASAAN ) ORANG DIPAGI HARI ( SARAPAN ) DAN SORE HARI ( DINER ) MISALNYA BERAS KISMIS GANDUM DAN SEMISALNYA.
DAN BUKAN SPERTI GULA KEMIRI SODA DAN SEMISALNYA YG DICATAT SEBAGAI LAUK ATAU GARAM WALAUPUN DIA SERING MEN KONSUMSINYA.KECUALI BAHAN2 TERSEBUT TERPISAH MASING MASING DAN BAHAN ITU MENEMPATI FUNGSIONAL DARI SELAIN BAHAN TERSEBUT SEBAGAI KEBUTUHAN POKOK,ATAU ZEKAT FITRAH BISA DIKELUARKAN DG TIMBANGAN HARGA MENURUT PENDAPAT YG MENBOLEHKAN ZAKAT FITRAH DG HARGA,DAN IMAM NAWAWI MENEGASKAN DALAM KITAB MAJMU' BELIAU ULAMA SYAFIIYAH "BAHWA KAMI MENYEBUTKAN PALING BAIK ZAKAT FITRAH ITU MENGGUNAKAN MAKANAN POKOK NEGERI"
IMAM MALIK JUGA MENGATAKAN BEGITU DAN IMAM HANAFI MEMBERI SOLUSI PILIHAN. MAKSUDNYA BOLEH MENGGUNAKAN HARGA ATAU BAHANNYA..

Komentarku ( Mahrus ali ):

Kekeliruan dlm terjemahan sbb:

Terjemahan bpk Elang:
ﻣﻦ ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ
DARI BAHAN MAKANAN POKOK NEGERI

Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
Dari makanan pokok negri/ kota  yg populer.
Terjemahan bpk Elang:
ﻭﺗﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻌﺘﻤﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺳﺎﺳﺎً ﻟﻠﻐﺪﺍﺀ ﻭﺍﻟﻌﺸﺎﺀ
DAN DIKELUARKAN DARI MAKANAN YG MENJADI KBUTUHAN ( KEBIASAAN ) ORANG DIPAGI HARI ( SARAPAN ) DAN SORE HARI ( DINER )

Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
Dan zakat fitrah di keluarkan dari makanan pokok manusia  untuk makan siang dan malam.
Terjemahan bpk Elang:
ﻣﺜﻞ ﺍﻷﺭﺯ ﺃﻭ ﺍﻟﻘﻤﺢ ﺃﻭ ﺍﻟﺸﻌﻴﺮ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ
MISALNYA BERAS KISMIS GANDUM DAN SEMISALNYA.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
Seperti beras, gandum atau syair ( sebangsa gandum bukan kismis ) dan sesamanya.
Terjemahan bpk Elang:
ﻭﻟﻴﺲ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺍﻟﺴﻜﺮ ﻭﺍﻟﺰﻳﺖ ﻭﺍﻟﺰﺑﺪ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ
DAN BUKAN SPERTI GULA KEMIRI SODA DAN SEMISALNYA
Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
Maksudnya bukan gula, minyak , keju dan sesamanya.
Terjemahan bpk Elang:

ﻣﻤﺎ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﺇﺩﺍﻣﺎً ﺃﻭ ﺣﻠﻮﻯ    ﻭﻟﻮ ﻛﺜﺮ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ
YG DICATAT SEBAGAI LAUK ATAU GARAM WALAUPUN DIA SERING MEN KONSUMSINYA
Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
Dari apa yg di anggap sebagai lauk atau manisan walau sering di pakai (di  kosumsi )

Terjemahan bpk Elang:
ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﺍﻧﻔﺮﺩﺕ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭﺍﺕ ﻭﺣﻠﺖ ﻣﺤﻞ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﻲ ﺍﻻﻗﺘﻴﺎﺕ
KECUALI BAHAN2 TERSEBUT TERPISAH MASING MASING DAN BAHAN ITU MENEMPATI FUNGSIONAL DARI SELAIN BAHAN TERSEBUT SEBAGAI KEBUTUHAN POKOK

Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
Kecuali bahan – bahan makanan  tsb dipisah sendiri – sendiri dan ia  sudah di fungsikan sebagai bahan makanan pokok sebagaimana yg lain.
Terjemahan bpk Elang:

ﺃﻭ ﺃﺧﺮﺟﺖ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻬﺎ ﻣﻦ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻘﻴﻤﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﺠﻮﺍﺯ ﺇﺧﺮﺍﺝ ﻗﻴﻤﺔ ﺯﻛﺎﺓ ﺍﻟﻔﻄﺮ،
ATAU ZEKAT FITRAH BISA DIKELUARKAN DG TIMBANGAN HARGA MENURUT PENDAPAT YG MENBOLEHKAN ZAKAT FITRAH DG HARGA,
Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
Atau bahan – bahan  makanan tsb (gula, minyak , keju dan sesamanya) di keluarkan dengan cara di golongkan  bab  qimah ( bab harga )  menurut pendapat yg memperkenankan  mengeluarkan zakat fitrah dengan uang ( harganya belaka ).
Komentarku ( Mahrus ali ):
Bahan – bahan makanan (gula, minyak , keju dan sesamanya ) boleh dikeluarkan untuk zakat fitrah  yg seharga dengan makanan  yg boleh dikeluarkan untuk zakat fitrah.
Terjemahan bpk Elang:
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﻓﻘﻬﺎﺀ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ : -----------------
DAN IMAM NAWAWI MENEGASKAN DALAM KITAB MAJMU' BELIAU ULAMA SYAFIIYAH
Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
DAN IMAM NAWAWI MENEGASKAN DALAM KITAB MAJMU' BELIAU ULAMA ahli  fiqih  SYAFIIYAH



ﺫﻛﺮﻧﺎ ﺃﻥ ﺍﻷﺻﺢ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﻔﻄﺮﺓ ﻣﻦ ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ،

"BAHWA KAMI MENYEBUTKAN PALING BAIK ZAKAT FITRAH ITU MENGGUNAKAN MAKANAN POKOK NEGERI"



Komentarku ( Mahrus ali ):
Yg benar sbb:
Kami ingatkan, paling sahih menurut kami adalah wajib mengeluarkan zakat fitrah dari makanan  pokok yg umum.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan