Elang
menulis sbb:
ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻤﻘﺮﺭ ﻋﻨﺪ
ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﺃﻧﻬﺎ ﺗﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ، ﻭﺗﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ
ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻌﺘﻤﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ
ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺳﺎﺳﺎً ﻟﻠﻐﺪﺍﺀ ﻭﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﻣﺜﻞ ﺍﻷﺭﺯ ﺃﻭ ﺍﻟﻘﻤﺢ ﺃﻭ ﺍﻟﺸﻌﻴﺮ
ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ، ﻭﻟﻴﺲ
ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺍﻟﺴﻜﺮ ﻭﺍﻟﺰﻳﺖ ﻭﺍﻟﺰﺑﺪ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ ﻣﻤﺎ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﺇﺩﺍﻣﺎً ﺃﻭ
ﺣﻠﻮﻯ ﻭﻟﻮ ﻛﺜﺮ
ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﺍﻧﻔﺮﺩﺕ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭﺍﺕ ﻭﺣﻠﺖ ﻣﺤﻞ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﻲ
ﺍﻻﻗﺘﻴﺎﺕ، ﺃﻭ ﺃﺧﺮﺟﺖ
ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻬﺎ ﻣﻦ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻘﻴﻤﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﺠﻮﺍﺯ ﺇﺧﺮﺍﺝ ﻗﻴﻤﺔ ﺯﻛﺎﺓ
ﺍﻟﻔﻄﺮ، ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ
ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﻓﻘﻬﺎﺀ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ : ﺫﻛﺮﻧﺎ ﺃﻥ ﺍﻷﺻﺢ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﻔﻄﺮﺓ ﻣﻦ ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ،
ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﻣﺎﻟﻚ، ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ : ﻫﻮ ﻣﺨﻴﺮ،
-----------------
-----------------
Terjemahan bebasnya
SESUNGGUHNYA YG DIREKOMENDASIKAN ( YG DITETAPKAN ) MENURUT ULAMA AHLI FIQIH ADALAH BHWA ZAKAT FITRAH ITU DIKELUARKAN DARI BAHAN MAKANAN POKOK NEGERI DAN DIKELUARKAN DARI MAKANAN YG MENJADI KBUTUHAN ( KEBIASAAN ) ORANG DIPAGI HARI ( SARAPAN ) DAN SORE HARI ( DINER ) MISALNYA BERAS KISMIS GANDUM DAN SEMISALNYA.
DAN BUKAN SPERTI GULA KEMIRI SODA DAN SEMISALNYA YG DICATAT SEBAGAI LAUK ATAU GARAM WALAUPUN DIA SERING MEN KONSUMSINYA.KECUALI BAHAN2 TERSEBUT TERPISAH MASING MASING DAN BAHAN ITU MENEMPATI FUNGSIONAL DARI SELAIN BAHAN TERSEBUT SEBAGAI KEBUTUHAN POKOK,ATAU ZEKAT FITRAH BISA DIKELUARKAN DG TIMBANGAN HARGA MENURUT PENDAPAT YG MENBOLEHKAN ZAKAT FITRAH DG HARGA,DAN IMAM NAWAWI MENEGASKAN DALAM KITAB MAJMU' BELIAU ULAMA SYAFIIYAH "BAHWA KAMI MENYEBUTKAN PALING BAIK ZAKAT FITRAH ITU MENGGUNAKAN MAKANAN POKOK NEGERI"
IMAM MALIK JUGA MENGATAKAN BEGITU DAN IMAM HANAFI MEMBERI SOLUSI PILIHAN. MAKSUDNYA BOLEH MENGGUNAKAN HARGA ATAU BAHANNYA..
Komentarku ( Mahrus ali ):
Kekeliruan dlm terjemahan sbb:
Terjemahan bpk Elang:
ﻣﻦ ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ
DARI BAHAN
MAKANAN POKOK NEGERI
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
Dari
makanan pokok negri/ kota yg populer.
Terjemahan bpk Elang:
ﻭﺗﺨﺮﺝ ﻣﻦ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ
ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻌﺘﻤﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ
ﻋﻠﻴﻪ ﺃﺳﺎﺳﺎً ﻟﻠﻐﺪﺍﺀ ﻭﺍﻟﻌﺸﺎﺀ
DAN
DIKELUARKAN DARI MAKANAN YG MENJADI KBUTUHAN ( KEBIASAAN ) ORANG DIPAGI HARI (
SARAPAN ) DAN SORE HARI ( DINER )
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
Dan zakat
fitrah di keluarkan dari makanan pokok manusia
untuk makan siang dan malam.
Terjemahan bpk Elang:
ﻣﺜﻞ ﺍﻷﺭﺯ ﺃﻭ ﺍﻟﻘﻤﺢ ﺃﻭ
ﺍﻟﺸﻌﻴﺮ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ
MISALNYA
BERAS KISMIS GANDUM DAN SEMISALNYA.
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
Seperti beras, gandum atau syair (
sebangsa gandum bukan kismis ) dan sesamanya.
Terjemahan bpk Elang:
ﻭﻟﻴﺲ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺍﻟﺴﻜﺮ
ﻭﺍﻟﺰﻳﺖ ﻭﺍﻟﺰﺑﺪ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ
DAN BUKAN
SPERTI GULA KEMIRI SODA DAN SEMISALNYA
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
Maksudnya bukan gula, minyak , keju dan
sesamanya.
Terjemahan bpk Elang:
ﻣﻤﺎ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﺇﺩﺍﻣﺎً ﺃﻭ
ﺣﻠﻮﻯ ﻭﻟﻮ ﻛﺜﺮ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ
YG DICATAT
SEBAGAI LAUK ATAU GARAM WALAUPUN DIA SERING MEN KONSUMSINYA
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
Dari apa
yg di anggap sebagai lauk atau manisan walau sering di pakai (di kosumsi )
Terjemahan bpk Elang:
ﺇﻻ ﺇﺫﺍ ﺍﻧﻔﺮﺩﺕ ﻫﺬﻩ
ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭﺍﺕ ﻭﺣﻠﺖ ﻣﺤﻞ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﻲ ﺍﻻﻗﺘﻴﺎﺕ
KECUALI
BAHAN2 TERSEBUT TERPISAH MASING MASING DAN BAHAN ITU MENEMPATI FUNGSIONAL DARI
SELAIN BAHAN TERSEBUT SEBAGAI KEBUTUHAN POKOK
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
Kecuali bahan
– bahan makanan tsb dipisah sendiri –
sendiri dan ia sudah di fungsikan
sebagai bahan makanan pokok sebagaimana yg lain.
Terjemahan bpk Elang:
ﺃﻭ ﺃﺧﺮﺟﺖ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻬﺎ ﻣﻦ
ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻘﻴﻤﺔ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﺠﻮﺍﺯ ﺇﺧﺮﺍﺝ ﻗﻴﻤﺔ ﺯﻛﺎﺓ ﺍﻟﻔﻄﺮ،
ATAU ZEKAT
FITRAH BISA DIKELUARKAN DG TIMBANGAN HARGA MENURUT PENDAPAT YG MENBOLEHKAN
ZAKAT FITRAH DG HARGA,
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
Atau bahan
– bahan makanan tsb (gula,
minyak , keju dan sesamanya) di keluarkan dengan cara di golongkan bab
qimah ( bab harga ) menurut
pendapat yg memperkenankan mengeluarkan
zakat fitrah dengan uang ( harganya belaka ).
Komentarku ( Mahrus ali ):
Bahan – bahan makanan (gula, minyak
, keju dan sesamanya ) boleh dikeluarkan untuk zakat fitrah yg seharga dengan makanan yg boleh dikeluarkan untuk zakat fitrah.
Terjemahan bpk Elang:
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ
ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﻭﻫﻮ ﻣﻦ ﻓﻘﻬﺎﺀ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻴﺔ : -----------------
DAN IMAM
NAWAWI MENEGASKAN DALAM KITAB MAJMU' BELIAU ULAMA SYAFIIYAH
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
DAN IMAM
NAWAWI MENEGASKAN DALAM KITAB MAJMU' BELIAU ULAMA ahli fiqih
SYAFIIYAH
ﺫﻛﺮﻧﺎ ﺃﻥ ﺍﻷﺻﺢ
ﻋﻨﺪﻧﺎ ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﻔﻄﺮﺓ ﻣﻦ
ﻏﺎﻟﺐ ﻗﻮﺕ ﺍﻟﺒﻠﺪ،
"BAHWA
KAMI MENYEBUTKAN PALING BAIK ZAKAT FITRAH ITU MENGGUNAKAN MAKANAN POKOK
NEGERI"
Komentarku
( Mahrus ali ):
Yg benar
sbb:
Kami
ingatkan, paling sahih menurut kami adalah wajib mengeluarkan zakat fitrah dari
makanan pokok yg umum.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan