4.
كُنَّا
نُخْرِجُ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ
وَسَلَّمَ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ ، صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ ، صَاعًا مِنْ زَبِيبٍ ،
حَتَّى كَانَ مُعَاوِيَةُ وَكَثُرَتِ الْحِنْطَةُ
لفظ
حديث يحيى بن يحيى في رواية الشافعي صاعا من طعام صاعا من شعير لم يذكر كلمة أو في
هذا الموضع
ورواه
سفيان الثوري عن زيد بن أسلم فزاد في الحديث كنا نعطي زكاة الفطر في زمن النبي صلى
الله عليه و سلم فذكره
4…………, intinya dalam riwayat
ke empat , zakat fitrah boleh dengan salah satu dari tiga macam . Kurma, Gandum dan Kismis.
Beda sekali dengan tiga macam yg
diperbolehkan dalam riwayat ke 2 yaitu
keju , kurma dan gandum.
Malah
di riwayat ke empat ada keterangan bahwa
kalimat :
كنا
نعطي زكاة الفطر في زمن النبي صلى الله عليه و سلم
“Kami
memberi zakat fitrah di masa Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam “ Kalimat tsb tambahan perawi bernama Sufyan Tsauri.
Komentarku
( Mahrus ali ): Jadi kalimat itu
bukan asli dari perkataan sahabat
Abu Sa`id al Khudri , tapi tambahan perawi Sufyan tsauri.
5
سنن الترمذي - دار إحياء التراث (3/ 59)
كنا
نخرج زكاة الفطر - إذ كان فينا رسول الله صلى الله عليه و سلم - صاعا من طعام أو
صاعا من شعير أو صاعا من تمر أو صاعا من زبيب أو صاعا من أقط فلم نزل نخرجه حتى
قدم معاوية المدينة فتكلم فكان فيما كلم به الناس إني لأرى مدين من سمراء الشام
تعدل صاعا من تمر قال فأخذ الناس بذلك قال أبو سعيد فلا أزال أخرجه كما كنت أخرجه
5.………., intinya: Dlm riwayat ke lima ini, malah
dijelaskan boleh zakat fitrah dari
salah satu dari lima
macam : Makanan , Gadum, Kurma, Kismis dan Keju.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Al albani menyatakan:
صحيح
وضعيف سنن الترمذي (2/ 173، بترقيم الشاملة آليا)
صحيح،
ابن ماجة (1829)
Hadis tsb juga sahih , lihat dlm sahih Ibn
Majah 1829.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis tsb lemah karena redaksi yg
kacau antara satu riwayat dan lainnya. Dan sanadnya tafarrud. Bila di sahihkan
akan bertentangan dengan hadis Ibnu Umar yg muttafaq alaih yg menyatakan zakat
fitrah di wajibkan berupa kurma atau gandum.
جامع الأصول في أحاديث الرسول (4/ 639)
6
وفي روايةٍ : «كنا نُخرِج في عهد رسول
الله -صلى الله عليه وسلم- يومَ الفطر : صاعا من طعام، قال أَبو سعيد : وكان
طعامنا الشعير ، والزبيب ، والأقِط ، والتمر».
6. ………….., intinya Dalam riwayat ini ada tambahan kalimat dari perawi
sbb: “ Makanan kami adalah Gandum,
Kismis, Keju dan Kurma”.
Komentarku ( Mahrus ali ):
إرواء الغليل في تخريج أحاديث منار
السبيل (3/ 337)
أخرجه البخاري ( 3 / 297 )
Hadis tsb riwayat Bukhari 337/3.
Tambahan kalimat itu dikurangi dlm
riwyat lain.
7
وفي
أخرى قال : «كنا نُطْعِمُ الصدقة صاعا من شعير» لم يزد على هذا .
7.
Dalam riwayat ke tujuh ini, malah kalimat hadisnya sangat pendek yaitu : Kami
memberi makanan untuk zakat dengan satu sha` gandum”.
Tiada
tambahan kalimat lain.
Komentarku
( Mahrus ali ):
صحيح
البخاري (2/ 131)
HR
Bukhari dalam kitab sahihnya 131/2.
Dalam
riwayat ini banyak kalimat yg dikurangi dan di riwayat lain , banyak yg di
tambahi.
8.
جامع الأصول في أحاديث الرسول (4/ 639)
قال أبو داود : وزاد سفيان بن عُيينة :
«أو صاعا من دقيق» فأَنكروا عليه الدقيق، فتركه سفيان .
قال
أَبو داود : وهذه الزيادة وهمٌ من ابن عيينة
8.
Abu Dawud berkata: Sufyan bin Uyainah menambah kalimat hadis : atau
satu sha` tepung “ Orang – orang sama ingkar , lalu Sufyan meninggalkan
kalimat tsb.
Abu
Dawud berkata : Ini adalah anggapan yg keliru
dari Ibn Uyainah.
Komentarku
( Mahrus ali ):
صحيح
وضعيف سنن أبي داود (ص: 2، بترقيم الشاملة آليا)
تحقيق
الألباني: ضعيف // ضعيف سنن النسائي (158 / 2514)
//
Al
albani menyatakan : Hadis tsb lemah.
Komentarku
( Mahrus ali ):
Benar
apa yg dikatakan oleh al albani
9
وله في أخرى ، قال : «لم نخرج على عهد
رسولِ الله -صلى الله عليه وسلم- إِلا صاعا من تمر ، أَو صاعا من شعير ، أو صاعا
من زبيب ، أو صاعا من دقيق ، أَو صاعا من أَقِطٍ ، أَو صاعا من سُلْتٍ - ثم شك
سفيان ، فقال : دقيق ، أو سلت».[ص:642]
9. ………, intinya : Dlm hadis ini ada tambahan sult – sebangsa gandum.
Komentarku ( Mahrus ali ):
صحيح وضعيف سنن النسائي (6/ 158، بترقيم
الشاملة آليا)
حقيق الألباني:
حسن صحيح، دون ذكر الدقيق، الإرواء (3 /
338) ، ضعيف أبي داود (286) // (354 / 1618) //، التعليق على ابن خزيمة (2419)
Intinya : Al albani menyatakan Hadis tsb hasan sahih tanpa menyebut tepung.
Komentarku ( Mahrus ali ):
المسالك في شرح موطأ مالك (4/ 135)
وزاد النّسائي (8): "أو صَاعًا من
سُلْتٍ، أو صَاعًا من دَقِيقٍ"، والأحاديث في هذا الباب ثَابِتَةٌ.
Menurut Imam Nasai ada tambahan “ atau satu sha` sult atau satu
sha` tepung” Hadis - hadis
dalam masalah ini adalah tsabit.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Bagaimana di katakan tsabit – valid
zakat fitrah dg tepung atau sult. Dan ini tambahan atsar , bukan perkataan Abu
said yg asli.
10
لَفْظُ ابْنِ المهرجان رَوَاهُ مُسْلِمٌ
عَنِ الْقَعْنَبِيِّ عَنْ دَاوُدَ قَالَ إِسْمَاعِيلُ وَلَمْ نَزَلْ نُخْرِجُهُ
حَتَّى قَدِمَ عَلَيْنَا مُعَاوِيَةُ حَاجًّا أَوْ مُعْتَمِرًا وَهُوَ يَوْمَئِذٍ
خَلِيفَةٌ
سَمْرَاءُ الشَّامِ الْحِنْطَةُ
10. Intinya dlm riwayat ke 10 ini ada tambahan kalimat dari perawi : ……….,
hingga Muawiyah datang kpd kami untuk melakukan haji atau umrah. Dan beliau
pada saat itu menjadi khalifah.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Dlm riwayat ke 10 ini tambahan
spt itu yg di kurangi dlm riwayat lain.
Ia
riwayat Muslim.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan