11
شرح السنة للبغوي (6/ 73)
1595
- أَخْبَرَنَا أَبُو الْحَسَنِ الشِّيرَزِيُّ، أَنا زَاهِرُ بْنُ أَحْمَدَ، أَنا
أَبُو إِسْحَاقَ الْهَاشِمِيُّ، أَنا أَبُو مُصْعَبٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ زَيْدِ
بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي سَرْحٍ
الْعَامِرِيِّ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ، يَقُولُ: "
كُنَّا نُخْرِجُ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ،
أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ أَقِطٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ زَبِيبٍ،
قَالَ مَالِكٌ: وَذَلِكَ بِصَاعِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
".
هَذَا حَدِيثٌ مُتَّفَقٌ عَلَى
صِحَّتِهِ، أَخْرَجَهُ مُحَمَّدٌ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يُوسُفَ، وَأَخْرَجَهُ
مُسْلِمٌ، عَنْ يَحْيَى بْنِ يَحْيَى، كِلاهُمَا عَنْ مَالِكٍ، وَأَرَادَ
بِالطَّعَامِ الْبُرَّ
قَالَ رَحِمَهُ اللَّهُ: يَجِبُ
إِخْرَاجُ صَدَقَةِ الْفِطْرِ مِنْ غَالِبِ قُوتِ أَمْثَالِهِ
11. Intinya : Imam Malik menyatakan :
Maksud Tho`am adalah gandum.
Beliau juga menyatakan : Wajib
mengeluarkan zakat fitrah dari makanan pokok yg umum sesamanya dia .
Komentarku ( Mahrus ali ):
Makanan pokok dia dan orang lain
itulah yg dikeluarkan untuk zakat fitrah.
Pendapat imam Malik ini tidak
berlandaskan kpd dalil. Bila kita ikut Imam Malik, maka zakat fitrah orang Pilipina adalah pisang. Sebab makanan
pokok penduduk sana
adalah pisang. Bila makanan pokok suatu penduduk sagu spt penduduk Maluku dan
Papua, maka zakat fitrahnya sagu.
Makanan pokok penduduk Berasil
adalah Singkong.
Makanan pokok penduduk Afrika Ketela
Makanan pokok penduduk India Kacang
– Kacangan
Makanan pokok penduduk Meksiko
Jagung
Jadi akhirnya banyak macam makanan
yg boleh dibuat untuk zakat fitrah, bukan kurma atau gandum yg biasa di
keluarkan oleh sahabat – sahabat Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam untuk zakat fitrah.
Bila kita ikut pendapat imam Malik itu, zakat fitrah dg
makanan pokok maka hadis yg muttafaq
alaih tentang kewajiban zakat fitrah
kurma atau gandum akan hilang ditelan masa. Hadisnya ada di kitab hadis,
peraktiknya nonsen, amaliyahnya nol
besar. Jadi hadis dibiarkan berupa
tulisan di atas kertas tanpa di buktikan dlm kehidupan yg nyata.
Beras tiada dalilnya untuk zakat fitrah.
Kadang orang bilang : Mungkin beras saat itu belum ada.
Saya katakan: Singkong, ketela juga
tidak ada di Medinah atau Mekkah saat itu, tapi Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam tdk mencantumkan dalam hadis bahwa makanan tsb untuk
zakat fitrah.
Kita ikuti sj tuntunan Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam dan sahabatnya.
12
مسند الشافعي - ترتيب السندي (1/ 252)
وحجة الجمهور صاعا من طعام والطعام في
كلام العرب البر خاصة كما قال الخليل: وأهل الحجاز إذا ذكروا الطعام أرادوا به
البر خاص والبر بالضم هو القمح)
Hujjah kebanyakan ulama satu sha`
makanan. Thoam menurut perkataan bangsa Arab adalah gandum scr husus
sebagaimana dikatakan oleh al Kholil .Penduduk Hijaz bila menyebut kalimat
tho`am, maksudnya adalah gandum. Kalimat al bur adalah gandum.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Kadang orang menggolongkan beras dlm
tho`am yg tercantum dlm hadis Abu Sa`id yg lemah tadi.
Saya katakan: Hadisnya lemah dan
tho`am bukan beras atau ketela tapi gandum
13
مسند الشافعي (ص: 93)
وَإِنَّمَا أَخْرَجْتُ هَذِهِ
الْأَخْبَارَ كُلَّهَا وَإِنْ كَانَتْ مُعَادَةَ الْأَسَانِيدِ لِأَنَّهَا
بِلَفْظٍ آخَرَ، وَفِيهَا زِيَادَةٌ وَنُقْصَانٌ
Sesungguhnya aku meriwayatkan atsar
– atsar ini scr keseluruhan sekalipun
sanadnya berulang – ulang , sebab ia menggunakan kalimat lain dan terdapat
tambahan atau pengurangan.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Al asham sendiri mengakui bahwa atsar tentang zakat fitrah riwayat Abu Sa`id al khudri ini
redaksinya ada tambahan dan pengurangan.
Lihat Musnad Syafii 93
As sindi berkata:
فهذا الحديث لا يخلو عن إشكال، ولا يصح
الاستدلال لمن استدل بمثله، والله تعالى أعلم.
Hadis ini selalu terdapat
kesulitan dan tidak boleh berhujjah
dengannya bagi orang yang mau
membuat hujjah dengan sesamanya wallahu a`lam
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis – hadis tentang zakat fitrah
yang telah saya kemukakan di atas dari
segi sanad sahih, dan sedikit yg lemah. Namun penilaian hadis
itu tidak cukup sanadnya sahih
lalu hadis itu bisa dibuat hujjah.Dari segi perawi – perawinya bisa dipercaya,
tapi ternyata tafarrud yaitu hanya Iyadh bin Abdillah yang meriwayatkannya bukan orang lain. Dan hal ini termasuk virus yang membikin hadis
tsb tidak sehat. Juga bertentangan
dengan hadis muttafaq alaih yg mengharuskan zakat kurma gandum atau kurma.
Selain itu
harus diselidiki lagi di bidang
redaksi hadis. Scr kenyataan redaksi
hadisnya sangat kacau. Banyak
pengurangan dan penambahan hingga sulit
di tentukan manakah perkataan Abu Sa`id al Khudri yang asli.Satu riwayat dengan
riwayat lainnya tdk saling mendukung tapi sm menyalahkan dan beda sekali. Hal
ini juga faktor yg melemahkan hadis tsb.
Kita kembali kpd pakem mustholah
hadis sbb:
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ
مَتْنٍ مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ
اْلفَنِ
Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
14
Ada
hadis lagi:
مصباح الزجاجة في زوائد ابن ماجه (2/
92)
بَاب صَدَقَة الْفطر
(656)
حَدثنَا هِشَام بن عمار حَدثنَا عبد الرَّحْمَن بن سعد بن عمار الْمُؤَذّن حَدثنَا
عمر بن حَفْص عَن عمار بن سعد مُؤذن النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أَن رَسُول
الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أَمر بِصَدقَة الْفطر صَاعا من تمر وصاعا من شعير
أَو صَاعا من سلت
هَذَا إِسْنَاد مُرْسل ضَعِيف
……………………………, dari Ammar bin Sa`d –
mu adz dzin Nabi shallallahu 'alaihi wasallam , sesungguhnya Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam memerintah
zakat fitrah satu sha` kurma,
satu sha` gandum dan satu sha` sult.
Ini hadis mursal yg lemah.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Ammar bin Sa`d – muadz dzin adalah
perawi termasuk pertengahan tabiin
tingkat tiga bukan sahabat. Makanya hadisnya di katakan mursal bukan hadis yg sahih. Bila
disahihkan juga keliru karena sanadnya tdk bersambung tp terputus. Dia tidak menjumpai Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam
مرتبته عند ابن حجر : مقبول ، وهم من
زعم أن له صحبة
Martabatnya menurut Ibn Hajar : Ammar bin Sa`d adalah perawi yg diterima dan
kelirulah orang yg punya anggapan dia adalah sahabat. [1]
Komentarku ( Mahrus ali ):
Ammar bin Sa`d bukan sahabat, tapi
tabiin. Dan Muadz dzin Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bukan dia tapi
Bilal dan Ibn Ummi Maktum.
Hadis itu tdk bisa di buat hujjah
untuk zakat fitrah. Tdk boleh berzakat
dengan sult sebangsa gandum.
2417
- حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ، حَدَّثَنَا
أَيُّوبُ، عَنْ مُحَمَّدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ:
صَدَقَةُ رَمَضَانَ صَاعٌ مِنْ طَعَامٍ،
مَنْ جَاءَ بِبُرٍّ قُبِلَ مِنْهُ، وَمَنْ جَاءَ بِشَعِيرٍ قُبِلَ مِنْهُ، وَمَنْ
جَاءَ بِتَمْرٍ قُبِلَ مِنْهُ، وَمَنْ جَاءَ بِسُلْتٍ قُبِلَ مِنْهُ، وَمَنْ جَاءَ
بِزَبِيبٍ قُبِلَ مِنْهُ، وَأَحْسِبُهُ قَالَ: وَمَنْ جَاءَ بِسَوِيقٍ أَوْ
دَقِيقٍ قُبِلَ مِنْهُ.
Dari Muhammad dari Ibnu Abbas , sesungguhnya beliau
berkata:
Sedekah Ramadhan ( zakat fitrah
) adalah satu sha` makanan .Barang siapa datang
dengan membawa bur diterima. Barang siapa datang membawa sya`ir ( gandum
) diterima. Barang siapa datang dengan membawa
sult diterima. Barang siapa datang dengan membawa kismis diterima
Saya
kira beliau berkata : Barang siapa datang dengan membawa tepung diterima
Komentarku ( Mahrus ali ): makna
sawiq dan daqiq sama yaitu tepung.
البدر المنير (5/ 631)
ولعلَّ ابْن خُزَيْمَة اعْتبر عَدَالَة
الروَاة، وهم كَذَلِك، وَلم يلْتَفت إِلَى غرابته، نعم هُوَ مُنْقَطع فِيمَا بَين
مُحَمَّد بن سِيرِين وَابْن عَبَّاس.
قَالَ أَحْمد: لم يسمع مِنْهُ، كلهَا
يَقُول: نبئت عَن ابْن عَبَّاس. وَقَالَ خَالِد الْحذاء: كل شَيْء يَقُول: نبئت
عَن ابْن عَبَّاس إِنَّمَا سَمعه من عِكْرِمَة أَيَّام الْمُخْتَار. قيل: وَذَلِكَ
فِي حَيَاة ابْن عَبَّاس.
Dalam kitab al badrul munir diterangkan : Barang kali Ibn Khuzaimah
menganggap para rawinya adil. Dan memang begitu, benar begitu. Tapi beliau tdak
memandang kepada
gharib nya atau nyelenehnya. Ya,
sanad itu terputus antara Muhammad bin Sirin dan Ibnu Abbas.
Imam
Ahmad berkata: Muhammad bin Sirin tdk mendengar hadis dari Ibnu Abbas.
Seluruh hadisnya, beliau berkata : Aku
diberi tahu dari Ibn Abbas.
Khalid al Hadz dza` berkata : Segala
sesuatu dia berkata: Aku diberi tahu dari Ibn Abbas . Sesungguhnya beliau itu mendengar dari Ikrimah pada hari
al mukhtar bin Abu Ubaid . Ada
yg berkata : Saat Ibnu Abbas masih hidup.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Pada masa Al Mukhar bin Anu
Ubaid sekitar tahun 67 atau 66 H. Lihat di kitab :
عمدة القاري
شرح صحيح البخاري (6/ 5)
توفّي سنة
سِتّ وَسِتِّينَ أَيَّام الْمُخْتَار
عمدة القاري
شرح صحيح البخاري (18/ 35)
وَمَات
بِالْكُوفَةِ سنة سبع وَسِتِّينَ فِي أَيَّام الْمُخْتَار
عمدة القاري
شرح صحيح البخاري (21/ 47)
لقِيه
أَيَّام الْمُخْتَار بن أبي عبيد
15
سنن الترمذى (3/ 148، بترقيم الشاملة
آليا)
-
حَدَّثَنَا عُقْبَةُ
بْنُ مُكْرَمٍ الْبَصْرِىُّ حَدَّثَنَا سَالِمُ بْنُ نُوحٍ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ
عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله
عليه وسلم- بَعَثَ مُنَادِيًا فِى فِجَاجِ مَكَّةَ « أَلاَ إِنَّ صَدَقَةَ
الْفِطْرِ وَاجِبَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ
صَغِيرٍ أَوْ كَبِيرٍ مُدَّانِ مِنْ قَمْحٍ أَوْ سِوَاهُ صَاعٌ مِنْ طَعَامٍ ».
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. وَرَوَى عُمَرُ بْنُ هَارُونَ
هَذَا الْحَدِيثَ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ وَقَالَ عَنِ الْعَبَّاسِ بْنِ مِينَاءَ
عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَذَكَرَ بَعْضَ هَذَا الْحَدِيثِ. قَالَ
أَبُو عِيسَى لَمْ يَعْرِفْ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ هَذَا الْحَدِيثَ.
Intinya : Kakek Amar bin
Syu`aib berkata : Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengutus seorang yg mengumumkan di jalan –
jalan lebar antara dua bukit di Mekkah: “ Ingat, sesungguhnya zakat fitrah
wajib bagi setiap muslim lelaki, perempuan, merdeka, budan , anak kecil atau orang besar dua mud gandum atau
lainnya - satu sha` makanan.
Imam Tirmidzi menyatakan
bahwa hadis ini hasan gharib.
Umar bin Harun juga
meriwayatkan hadis tsb dari Ibn Juraij , lalu berkata dari al abbas bin Mina`
dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam , lalu menyebut sebagian hadis
tsb. Imam Tirmidzi ( Abu Isa ) menyatakan : Imam Bukhari Muhammad bin Ismail
tidak tahu hadis ini.
بيان الوهم والإيهام في كتاب الأحكام
(2/ 153)
وَاخْتلف فِي إِسْنَاده.
Ibn al Qatthan menyatakan: Sanadnya
masih hilap. ( lemah ).
وَرَوَاهُ من طَرِيق ابْن جريج، عَن
عَمْرو بن شُعَيْب، وخفي عَلَيْهِ انْقِطَاع مَا بَينهمَا، وَلذَلِك لم يتبعهُ
أَكثر من أَن قَالَ: اخْتلف فِي إِسْنَاده.
Beliau meriwayatkannya dari jalur Ibn Juraij dari Amar bin Syu`ab , dan beliau masih belum
mengetahui bahwa sanad terputus antara
keduanya , lalu beliau tidak memberikan pernyataan kecuali perkataan : Sanadnya
hilap. Bayan al wahm wal iham 153/2
Al albani menyatakan :
ضعيف سنن الترمذي (ص: 77)
(ضعيف الاسناد) .
قال أبو عيسى: هذا حديث غريب حسن.
Sanadnya lemah. Abu Isa
berkata: Ini hadis gharib yg hasan.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan