Sabtu, Juli 25, 2015

Jawabanku untuk bpk Elang Bangkalan ke 4





Elang menulis :
KOK BISA BEGINI KNPA MBAH ????? grin emotikon

Sungguhh SANGAT TIDAK MASUK AQAL MBAH

COBA KITA LIHAT DULU PROFIL BELIAU

Biografi Perawi Hadits: Iyadl bin 'Abdullah bin Sa'ad bin Abi Sarah
Nama
Iyadl bin 'Abdullah bin Sa'ad bin Abi Sarah
Kalangan
Tabi'in kalangan pertengahan

Nasab
Al 'Amiriy Al Qurasyiy

-
Komentar Ulama
Yahya bin Ma'in
: Tsiqah
An Nasa'i
: Tsiqah
Ibnu Hibban
: disebutkan dalam 'ats tsiqaat
Ibnu Hajar al 'Asqalani
: Tsiqah

Jumlah Hadits

Imam Bukhari: 9
Imam Muslim: 9
Imam Abu Dawud: 6
Imam at Tirmidzi: 3
Imam an Nasa'i: 12
Imam Ibnu Majah: 6
Imam Ahmad: 17
Imam Malik: 1
Imam Darimi: 5

Komentarku ( Mahrus ali ):
Iyadh bin Abdillah  di katakan  sebagai perawi terpercaya  oleh siapapun , dia tetap menyendiri  dlm meriwayatkan hadis  Abu said tadi.
Lihat komentar sy yg lalu :
Dari segi sanad, terdapat tafarrud fis sanad pada seorang perawi bernama Iyadh pertengahan tabiin tingkat 3 wafat pd tahun 100 H. Jadi dimasa beliau hadis itu tdk dikenal, bahkan beliau sendiri yg tahu. Ribuan tabiin sampai mati tidak tahu hadis itu, lalu bagaiamana  para sahabat dan tabiin mengamalkannya. Seorang yg tahu hadis bisa mengamalkan. Namun orang yg tidak tahu bagaimana bisa mengamalkannya.  Begitu juga  dimasa sahabat, tidk popuper hadis itu, nyeleneh dan hanya Abu said  sendiri yg tahu. Dan ini termasuk sisi kelemahnya.
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.    Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).


ِ
Anda menyatakan lagi:
LIHAT SAJA KOMENTAR ULAMA BESAR TENTANGNYA
SERTA PARA MUHADDITSIN MENCANTUMKAN DALAM KITAB2NYA.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Bila hadis Abu Said yg tafarrud  itu diterima, maka  redaksi hadisnya  juga kacau belau dan hal ini  sbg kelemahan. Apalagi bertentangan dengan hadis Ibn Umar tadi

Anda menyatakan: ..

TAMBAH TIDK MASUK AQAL LAGI APA LAGI TERDAPAT DALAM BUHORI MUSLIM KITAB PALING SHOHEH SESUDAHNYA...

HEHEHE..MBAH INI ADA ADA SAJA... grin emotikon

Komentarku ( Mahrus ali ):
Tentang adanya hadis lemah dalam sahih Bukhari dan Muslim  anda perlu melihat , membaca  dlm link sbb:
Saya kutipkan  sedikit dari jawaban sy yang lalu sbb:
Muhammad al amin sbb:

اعلم أن هناك أحاديثاً في الصحيحين ضعفها علماءٌ محدثون كثر. وما حصل إجماعٌ على صحة كل حديثٍ في الصحيحين، لا قبل البخاري ومسلم ولا بعدهما. فممن انتقد بعض تلك الأحاديث: أحمد بن حنبل وعلي بن المديني ويحيى بن معين وأبو داود السجستاني والبخاري نفسه (ضعف حديثاً عند مسلم) وأبو حاتم وأبو زرعة الرازيان وأبو عيسى الترمذي والعقيلي والنسائي وأبو علي النيسابوري وأبو بكر الإسماعيلي وأبو نعيم الأصبهاني وأبو الحسن الدارقطني وابن مندة والبيهقي والعطار والغساني الجياني وأبو الفضل الهروي بن عمار الشهيد وابن الجوزي وابن حزم وابن عبد البر وابن تيمية وابن القيم والألباني وكثير غيرهم. فهل كل هؤلاء العلماء قد مبتدعة متبعين غير سبيل المؤمنين؟!
فالحديث الذي يخرجه البخاري أو مسلم، ولا يخرجه أحمد، هو حديث غريب. وقد يكون صحيحاً وقد لا يكون. ولكن هذه من الإشارات التي يجب الانتباه إليها.
Ketahuilah bahwa banyak hadis dalam kitab sahih Bukhari dan Muslim yang telah dilemahkan  oleh pakar – pakar ahli hadis. Dan tidak terdapat Ijma` untuk mensahihkan  setiap hadis dalam sahih Bukhari dan Muslim . Baik  dari Bukhari dan Muslim sendiri atau ulama setelah keduanya.
Diantara imam yang mengkritisi  sebagaian hadis – hadis tsb adalah Imam Ahmad bin Hambal , Ali bin  Al madini, Yahya bin Ma`in , Abu Dawud al Sijistani, Bukhari sendiri ( juga melemahkan hadis  di sahih Muslim ), Abu Hatim, Abu Zar`ah al raziyan, Abu Isa al Tirmidzi, al Uqaili, Nasa`I , Abu ali al Naisaburi , Abu Bakar al Ismaili , Abu  Nuaim al asbihani, Abul Hasan al daroquthni, Ibnu Mandah, Baihaqi , al atthar , Al Ghassani al jiyani, Abul fadhel al harawi bin Ammar  al Syahid , Ibn Jauzi, Ibn Hazm , Ibn Abdil bar, Ibn Taimiyah, Ibn Qayyim , Al Bani dan masih banyak selain  mereka.
Apakah ulama – ulama yang telah disebut namanya itu ahli bid`ah, yang mengikuti jalan kafirin atau  bukan jalan mukmin.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan