Rabu, Januari 22, 2014

Kerajaan Saudi khawarij ? -SMS dari Nur Abdillah Purworejo -





SMS  dari Nur Abdillah  Purworejo Jateng.
ass.mau tanya apakah syaikh Muhamad bin abdul wahab dlm dakwah memurnikan islam dng cara mengangkt senjata?
ass.ustd kmrn sy berusaha untk berbgi ilmu ttng pemerintahan pd masa Syaikh Muhamad bin abdul wahab,bhw yg di gulingkaN JG beragma islaM,ada yg bs terima,dan alhamdulillh skrng mau sujud di tanah,namun ada jg yg menolak ttng sejrah Muhamad bin abdulwahab dng mngatakan,bhw dakwah beliau Mendapat dukungan pemerintah saat itu,shingga dng keRjasama antar ulama daN pemerintah,dakwah tauhid smkin jaya.

Saya jawab:

Wss syekh muhamad bin abdwahab bersama abd wahab menggulingkan dinasti   rasyidi yg  muslim  yg lebih   baik  dr  pemerintah sekuler sekarang . dinasti  rasyidi  di bantu tentara khilafah  usmaniyah   lihat   abd  aziz wikipidia 

Komentarku ( Mahrus ali): 

27-01-2013 15:02
Quote:[QUOTE]8 Januari 1926: Abdul-Aziz bin Saud menjadi Raja Pertama Arab Saudi


Pada 87 tahun yang lalu Abdul-Aziz bin Saud menjadi Raja Hejaz dan menamainya Arab Saudi.

Abdul Aziz As-Saud adalah Raja Arab Saudi yang pertama. Dia juga dikenali dengan berbagai nama, di antaranya Ibnu Saud. Ia berasal dari Keluarga Kerajaan Saudi yang memerintah sebahagian dari Jazirah Arab.

Pada tahun 1901, semasa berusia 22 tahun, Ibnu Saud menggantikan ayahnya sebagai ketua keluarga dinasti Saud dengan gelar Sultan Nejd. Ia kemudian memulai kampanye untuk merebut kembali tanah dari dinasti Rashidi di tempat yang kini merupakan Arab Saudi. Pada tahun 1902, dia bersama-sama dengan pasukan keluarga dan saudaranya berhasil merebut Riyadh.

Dua tahun setelah berhasil merebut Riyadh, Ibnu Saud berhasil menguasai separuh dari Nejd. Meskipun begitu, pada tahun 1904, dinasti Rashidi meminta bantuan dari Kesultanan Utsmaniyah untuk mengalahkan dinasti Saud (Keluarga Kerajaan Saudi). Kerajaan Utsmaniyah mengirimkan pasukan ke Arabia (Tanah Arab) dan ini menyebabkan kekalahan dinasti Saud pada 15 Juni 1904, namun setelah pasukan Utsmaniyah mundur disebabkan masalah tertentu, pasukan dinasti Saud berhasil mengumpulkan kembali kekuatannya.

Pada tahun 1912, Ibnu Saud berhasil menguasai Nejd dengan bantuan pasukan wahabi dibawah pimpinan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhabdan dengan bantuan Inggris. Pada tahun 1922 dinasti Saud berhasil mengalahkan dinasti Rashidi dan ini mengakhiri penguasaan dinasti Rashidi di Tanah Arab.

Pada tahun 1932, setelah menguasai sebagian besar Jazirah Arab dari musuh-musuhnya, Ibnu Saud menamakan tanah gabungan Hijaz dan Nejd sebagai Arab Saudi.

Komentarku ( Mahrus ali): 
Jadi  kerajaan Saudi berdiri setelah menggulingkan dinasti Rasyidi yang muslim dan berpihak dibawah kekuasaan Kihlafah Usmaniyah. Dinasti ini masih melakukan hukum Islam, namun  banyak kebid`ahan dan kesyirikan , tarikat , tasawwuf dll.
Apakah dengan ini , kerajaan Saudi bisa di katakan Khawarij?
Menurut saya tidak, sebab Muhammad bin Abd Wahab dan pasukannya  yaitu para mujahidin mendirikan negara  yang lebih baik.
Untuk bantuan dari Inggris itu sekedar issu yang dihembuskan oleh Syi`ah yang anti wahabi. Dan saya sendiri belum menjumpai refrensi yang akurat.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan