Rabu, Februari 25, 2015

Hukum makan ikan lele yang diberi makanan benda najis kajian ke 4







Kajian ke 4.
Ada lagi hadis dari Abu Hurairah sbb:

موسوعة التخريج (ص: 18950)
94187 -) أخبرنا علي بن أحمد بن عبدان انا أحمد بن عبيد ثنا إسماعيل القاضي ثنا حجاج ثنا حماد عن أيوب عن عكرمة عن أبي هريرة رضي الله عنه * أن رسول الله صلى الله عليه وسلم نهى أن يشرب من في السقاء والمجثمة والجلالة \19246\
…………., bercerita kepada kami Hammad  dari Ayyub dari Ikrimah dari Abu Hurairah ra, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang minum dari mulut wadah air dari kulit , hewan yang di tanam untuk sasaran panah, dan Jallalah   . Mausuah takhrij  94187.
تخريج أحاديث وآثار حياة الحيوان للدميري من التاء إلى الجيم (ص: 685)
رواه ابن ماجه في «سننه» (3420) عن عبد الوارث بن سعيد، عن أيوب، عن عكرمة، عن أبي هريرة، به. وفيه الاقتصار على النهي عن الشرب من فيِّ السقاء.
Menurut  riwayat Ibn Majah dalam kitab sunannya  3420 dari Abd Warits  bin Sa`id  dari Ayyub  dari Abu Hurairah  …….    Tanpa menyebut jallalah  tapi cukup  menyebut larangan minum dari mulut  wadah air  dari kulit. Lihat Takhrij ahadits  685.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Dari perawi yang sama tapi beda  redaksi, tidak sama, hingga sulit di pilih mana yang sanda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  dan mana yang bukan. Kita masih menanti kejelasannya. Dan ini termasuk kacau redaksi hadisnya. Bila  di ambil salah satunya, kita hawatir yang lain itulah yang sahih. Bila di ambil pegangan untuk  menentukan suatu hukum  maka kita ini termasuk menentukan suatu hukum dari hadis yang masih kabur.
Ada  hadis sbb:
2859 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الْقُطَعِيُّ، ثنا الْحَجَّاجُ بْنُ الْمِنْهَالِ، ثنا أَشْعَثُ بْنُ بَرَازٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْجَلالَةِ، وَعَنْ شُرْبِ أَلْبَانِهَا، وَأَكْلِهَا، وَرُكُوبِهَا.
قَالَ الْبَزَّارُ، لا نَعْلَمُهُ يُرْوَى عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ إِلا بِهَذَا الإِسْنَادِ، وَأَشْعَثُ بَصْرِيٌّ، لَيِّنُ الْحَدِيثِ.
……….., dari Abu Hurairah berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang jallalah , minum  air susunya , memakannya dan menaikinya.
Al Bazzar berkata : Kami tidak tahu hadis itu dari Abu Hurairah kecuali  dengan sanad ini, sedang  Asy`ats adalah penduduk Basrah yang lemah hadisnya.
Kesimpulan:
Hadis  Abu  Hurairah itu masih kabur, kacau redaksinya  tidak bisa di buat landasan  hukum .
Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL )  https://www.facebook.com/mahrusali.ali.50

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan