Senin, Oktober 01, 2012

Mbah Hambali Lasem, Rembang





Kali ini kami hadirkan sosok Ulama Besar lainnya dari Rembang, tepatnya di Caruban Lasem, Rembang. Mbah Hambali begitu kami memanggilnya. Beliau masih keturunan dari Sunan Kalijogo ke-6. Perawakannya tidak tinggi, kecoklatan, dan berewokan seperti galak tapi lembut hatinya.Bagi yang ingin sowan ke sana perbanyak sholawat dan Istighfar juga kirim Al-fatihah buat beliau, karena bila kita sedang ada masalah/keruwetan/hatinya dipenuhi kedengkian, maka tidak segan-segan beliau langsung bicara di depan orang banyak dengan maksud tarbiah menyadarkan. Tamu yang datang menggunakan bis, mobil, sepeda motor, dan sebagainya.  Lokasinya di pinggir pantai yang memiliki sumber air tawar yang tidak dimiliki tetangga lainnya.
Di sana ada pondok pesantren yang menampung santri dari mana-mana yang mengalami stress, frustasi, putus cinta dan sebagainya. Pondoknya beliau beri nama Pondok Bodo Alfrustasi.Bila ada yang ingin nyantri di sana sama sekali tidak dipungut bayaran apapun..Berikut penuturannya : ” Maaf di sini tidak sombong dan tidak sesumbar. Di sini juga bukan pondok pesantren hanya pondok-pondokan (Ponker). Siap menampung orang yang podo kesasar, dan podo buyar. Disamping menerima , menampung anak-anak yatim piatu, juga orang-orang yang kurang mampu, serta orang yang terbeku. Terus terang di sini tempat tak terhajar dan tak usah membawa bahan bakar . Asal siap ikhtiar dan Tawakal pada Tuhan Kang Maha Besar.”
Pengajiannya unik tidak mengaji kitab, tetapi ada yang ditempatkan di tambak garam miliknya,  dapur rumah, sebagai penerima tamu, dan tukang bangunan. Setiap malam Jum’at diadakan Tahlilan, ngaji Yassin, shalat Taubat, dan sebagainya.
Ketika Gus Miek wafat, Kiyai yang berputera banyak ini termasuk yang sangat sedih juga dekat dengan GusDur ini termasuk Kiyai khowarikul  ‘adah bicaranya tidak pernah secara harfiah/gamblang, namun selalu mengandung kinayah yang harus diterjemahkan secara bijaksana, dahulu bila  mendapat dawuh kami selalu minta pendapat mbah Wahab Kauman Rembang agar tidak salah mengerti.
Banyak cerita unik tentang beliau yang ketika sedang bepergian kehabisan bahan bakar, maka supirnya diminta berhenti di pinggir laut, seketika beliau masukkan air laut ke dalam tangki bensinnya, kemudian mobilnya jalan lagi. Sampai di rumah supirnya bercerita perihal abahnya kepada anak-anaknya, dan kemudian diikuti, dan apa yang terjadi, mobil bukannya jalan malahan mogok..
Pondok bangunan yang didirikan itu berkali-kali mengalami bongkar pasang diakibatkan masalah-masalah yang katanya ada seseorang yang menyumbang pondok tapi ga ikhlas, jadi dibongkar kembali.
Ada lagi kisah PSK yang diangkut dan dibawa ke kuburan dan di sana diperlihatkan siksa kubur, kemudian mereka bertobat.
Kiyai yang gemar memberikan ijasah sholawat dan ziarah poro Wali yang sebelumnya kami tidak pernah tau, suatu saat mengasingkan diri dan shalat di pinggir pantai, ternyata yang menjadi makmumnya ikan-ikan di laut, cumi, udang, dan lain-lain..Subhannallah.
Betapa mulianya kiprah beliau di sana meminimalisasi kejahatan, pengangguran, melakukan upaya pemeliharaan anak-anak Yatim menjadi anak yang sholeh/ah. Semua dikerjakan tanpa bantuan pemerintah, sumber dananya swadaya melalui usaha tambak ikan dan garam yang banyak menghasilkan untuk kemaslahatan ummat. Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad, semoga beliau dipanjangkan umurnya dan makin Barokah, aamiin Yaa Mujibassailiin..
Sumber: Sarkub. Atau klik sini:

Komentarku ( Mahrus ali):
Dalam artikel itu dikatakan:
Bagi yang ingin sowan ke sana perbanyak sholawat dan Istighfar juga kirim Al-fatihah buat beliau
Komentarku ( Mahrus ali): 
Saya tidak menjumpai dalil untuk pengiriman fatihah untuk orang yang hidup, apalagi yang mati. Ini bid`ah, bukan sunnah,  barang baru, tanpa dasar dari al Quran dan hadis. Ia hanya  ikut tradisi yang jelek bukan tradisi para sahabat dan tabiin.
Untuk masalah tsb, klik disini:

Di katakan lagi dalam artikel itu:
Jum’at diadakan Tahlilan, ngaji Yassin, shalat Taubat
Komentarku ( Mahrus ali):
Ritual tsb tanda nya ritual ahli bid`ah, bukan ahlus sunnah. Untuk masalah tahlilan klik disini:

Di katakan lagi:
Pondok bangunan yang didirikan itu berkali-kali mengalami bongkar pasang diakibatkan masalah-masalah yang katanya ada seseorang yang menyumbang pondok tapi ga ikhlas, jadi dibongkar kembali.
Komentarku ( Mahrus ali): 
Itu kedustaan belaka, orang yang menyumbang ihlas atau tidak, tiada yang tahu. Rasulullah SAW diberi sesuatu  oleh orang kafir juga di terima, apalagi  dari sesama muslim. Itu namanya  berlebihan, bukan menjalankan agama dengan i`tidal atau sederhana.
 Rasul  saja  tidak tahu perkara gaib, apalagi Mbah Hambali. Apakah Mbah Hambali tahu, lalu rasul tidak tahu, Sungguh keajaiban yang tidak perlu di sebarkan tapi buang saja di tong sampah. Kita kembali kepada firmanNya:
قُلْ لاَ يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ الْغَيْبَ إِلاَّ اللهُ

“Katakanlah: 'Tidak ada siapapun yang ada di langit dan di bumi yang mengetahui suatu yang ghaib selain Allah.'” (An-Naml: 65)

عَالِمُ الْغَيْبِ فَلاَ يُظْهِرُ عَلَى غَيْبِهِ أَحَدًا. إِلاَّ مَنِ ارْتَضَى مِنْ رَسُوْلٍ فَإِنَّهُ يَسْلُكُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ رَصَدًا

“(Dialah) Yang Maha Mengetahui perkara ghaib dan tidak menampakkannya kepada siapapun, kecuali kepada utusan-Nya yang telah Dia ridhai. Sesungguhnya Dia memberikan penjagaan (dengan para malaikat) dari depan dan belakangnya.” (Al-Jin: 26-27)
Di katakan lagi :
Ada lagi kisah PSK yang diangkut dan dibawa ke kuburan dan di sana diperlihatkan siksa kubur, kemudian mereka bertobat
Komentarku ( Mahrus ali): 
Ini tambah dusta, bukan kejujuran atau kesungguhan. Masalah adzab kubur saja masih hilaf. Dan saya suka pendapat yang menyatakan tiadanya adzab kubur. Tentang hal itu boleh klik disini:
Dan kliklah 4 shared mp3 jangan di panahnya.







Artikel Terkait

18 komentar:

  1. saya termasuk orang yang mndukung antum ust makhrus tapi kenapa dalam masalah adzab kubur anda menginkari padahal ini masalh ushul yg bisa mmbwat kafir orang , buknnya ini ijma' ahlussunnah bahkan dalil kitab sunnah banyak. (bukan berarti ana mengiyakan kbnaran mbah hambali)

    BalasHapus
  2. Bila anda percaya dengan adanya siksa kubur, maka bagaimanakah dengan ayat 52 Yasin sbb:
    قَالُوا يَا وَيْلَنَا مَن بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ ﴿٥٢﴾
    052. Mereka berkata: "Aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya).

    Firaun dan pendukungnya saja tidak disiksa dalam kuburan, hanya di tampakkan api neraka saja waktu oagi dan sore bukan siksaan pemukulan, ular menggigit dll. Lihat ayat sbb:
    النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوّاً وَعَشِيّاً وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ ﴿٤٦﴾
    046. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir`aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras". Ghafir.

    BalasHapus
  3. kaidah quran dan sunnah adalah menerangkan satu sama lain:
    صحيح البخاري-ن (1 / 464) :
    1312 - حدثنا قتيبة حدثنا جرير عن الأعمش عن مجاهد عن طاوس قال ابن عباس رضي الله عنهما
    : مر النبي صلى الله عليه و سلم على قبرين فقال ( إنهما ليعذبان وما يعذبان من كبير ) . ثم قال ( بلى أما أحدهما فكان يسعى بالنميمة وأما أحدهما فكان لا يستتر من بوله ) . قال ثم أخذ عودا رطبا فكسره باثنتين ثم غرز كل واحد منهما على قبره ثم قال ( لعله يخفف عنهما ما لم يبسا

    BalasHapus
  4. lihat tafsirnya di ibnu katsir apakah makna man baatsana min marqodina? apakah ini menafiikan adzab kubur?

    BalasHapus
  5. Untuk ulumuddin attimi
    Ya jelas sekali, mayat itu tidur, bukan di siksa. Bila disiksa, tidak bisa tidur. Hanya dia selalu ditampakkan api neraka tiap pagi dan sore bila dia calon penduduk Neraka.

    BalasHapus
  6. Untuk ulumuddin attimi
    lihat di blog sudah di jawab.Klik disini:
    http://www.mantankyainu.blogspot.com/2012/10/hadis-lemah-tentang-siksa-kubur.html

    BalasHapus
  7. anda mendhoifkan bukhori dan muslim, apakah hadist dan nash quran anda pahami dengan paham anda sendiri, klw anda pahami dengan paham anda sendiri maka lbih baik tidak usah brdiskusi, tapi klw dengan faham rasul sahabah dan tabiin maka faham sahabah aslam dan ahkam,

    BalasHapus
  8. ust makhrus ada skype apa tidak biar kita bisa diskusi ilmiah? ni skype ana "attimanjani"

    BalasHapus
  9. Untuk ulumuddin attimi
    telp saja atau datanglah ke rumah saya

    BalasHapus
  10. UNtuk ulumuddin attimi
    Mana dalilmu bahwa para sahabat memiliki paham adanya siksa kubur? Tunjukkan. bagaimana orang disiksa di kuburan dan belum di hisap? Hisap dulu baru siksa atau kebahagiaan di surga. Bukan siksa sebelum dihisap. Jangan jumud, tapi ikutilah dalil yang sahih dan tidak bertentangan dengan alquran

    BalasHapus
  11. saya copy dari multaqo ahlil hadits
    ما حُـكم إنكار سؤال القبر ونعيمه وعذابه ؟
    س:ماحكم إنكار سؤال القبر ونعيمه وعذابه؟
    قرأت في أحد الكتب أن الإيمان بسؤال القبر ونعيمه وعذابه واجب عند الجمهور
    وإنكاره بدعة وأنكره بعض المعتزلة
    س: فهل إنكار ما تقدم بدعة مكروهة أم بدعة مفسقة أم بدعة مكفرة حيث قرأت أن البدعة أقسام كما ذكر العلماء
    وإن لم يكن إنكار سؤال القبر ونعيمه وعذابه بدعة مكفرة فما هو تأويل المعتزلة للأيات والأحاديث التي دلت على سؤال القبر ونعيمه وعذابه وهي:-
    1- سؤال القبر
    **الدليل من القرآن: ( يثبت الله الذين آمنو بالقول الثابت في الحياة الدنيا وفي الأخرة....)
    2- نعيم القبر
    **الدليل من القرأن قوله تعالى: ( ولا تحسبن الذين قتلوا في سبيل الله أمواتا بل أحياء عند ربهم يرزقون . فرحين بما آتاهم الله من فضله..)
    الدليل من السنة: حديث(القبر إما روضة من رياض الجنة أوإما حفرة من حفر النار)
    3- عذاب القبر
    **الدليل من القرآن:1-(...أُغْرِقُوا فَأُدْخِلُوا نارا...) يقص القرآن لنا عن قوم نوح فيقول أغرقوا والفاء للتعقيب
    **الدليل من السنة: حديث(القبر إما روضة من رياض الجنة أوإما حفرة من حفر النار) .





    الجواب :
    من أنكر سؤال القبر ونعيمه وعذابه فقد أنكر ما هو معلوم من الدِّين بالضرورة ، وأنكر ما تواترت به الأخبار .


    قال ابن القيم : أحاديث عذاب القبر ومساءلة منكر ونكير كثيرة متواترة عن النبي صلى الله عليه وسلم .
    وقال ابن القيم عن حديث البراء : هذا حديث ثابت مشهور مستفيض صححه جماعة من الحفاظ ، ولا نعلم أحدا من أئمة الحديث طعن فيه ، بل رووه في كتبهم وتلقوه بالقبول وجعلوه أصلا من أصول الدين في عذاب القبر ونعيمه، ومساءلة منكر ونكير وقبض الأرواح وصعودها إلى بين يدي الله ثم رجوعها إلى القبر .


    وقال ابن كثير : وأحاديث عذاب القبر كثيرة جدا . اهـ .


    وقال ابن أبي العز : وقد تواترت الأخبار عن رسول الله صلى الله عليه وسلم في ثبوت عذاب القبر ونعيمه لمن كان لذلك أهلا وسؤال الملكين ، فيجب اعتقاد ثبوت ذلك والإيمان به ، ولا نتكلم في كيفيته إذ ليس للعقل وقوف على كيفيته لكونه لا عَهد له به في هذه الدار ، والشرع لا يأتي بما تحيلة العقول ولكنه قد يأتي بما تحار فيه العقول . اهـ .


    وسُئلت اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء في المملكة : ما حكم من ينكر عذاب القبر بحجة أنها (أي الأحاديث الواردة في عذاب القبر) هي أحاديث آحاد والحديث الآحاد لا يؤخذ به مطلقا .
    فأجابت اللجنة :
    إذا ثبت حديث الآحاد عن الرسول صلى الله عليه وسلم كان حجة فيما دل عليه اعتقادا وعملا بإجماع أهل السنة ، ومن أنكر الاحتجاج بأحاديث الآحاد بعد إقامة الحجة عليه فهو كافر . اهـ .


    فمن أنكر عذاب القبر ، فقد كفر باليوم الآخر ، ومن كفر باليوم الآخر فقد كفر بالله ؛ لأن الإيمان بالله لا يقوم إلاّ على الأركان الستة : الإيمان بالله وملائكته وكُتُبه ورسله واليوم الآخر والقدر خيره وشرِّه .


    ومن أنكر ذلك نتيجة شُبهة فتُقام عليه الحجة ، وتُذكر له النصوص الواردة في الكتاب والسنة في عذاب القبر ونعيمه .
    ((منقول من المشكاة))
    رد مع اقتباس

    BalasHapus
  12. قال الشيخ عبد المحسن العباد

    السؤال: ما حكم من ينكر عذاب القبر؟ الجواب: معلوم أن إنكار عذاب القبر إنكار لشيء معلوم بالأحاديث الكثيرة المتواترة عن رسول الله صلوات الله وسلامه وبركاته عليه، فالذي يكون عالماً به يخشى عليه أن يكون كافراً؛ لأن هذا مما تواترت به الأحاديث وجاءت وجاء به القرآن في قوله عز وجل: (( النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا ))، فعذاب القبر ثابت في هذه الآية الكريمة في حق آل فرعون : النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ [غافر:46]. فالذي ينكر عذاب القبر فهو منكر لما جاء في القرآن، فتقام عليه الحجة ويبين له ما جاء في القرآن وما جاء في السنة، وإذا أصر على ذلك فالذي يظهر أنه يكون كافراً، لأنه مكذب بما جاء في القرآن، ومكذب بما جاء في السنن المتواترة

    BalasHapus
  13. أنكر ذلك المعتزلة ولم يكفرهم - فيما أعلم - أحد من السلف لأجل هذا , وإنما تنكره المعتزلة من حيث يقولون إنا نرى شخص الميت مشاهدة وهو غير معذب وإن الميت ربما تفترسه السباع وتأكله، ذكر علة إنكارهم هذه أبوحامد في الاقتصاد في الاعتقاد (ص: 68، بترقيم الشاملة آليا) : لكن شيخ الإسلام ذكر أن هذا الذين أولوا عذاب القبر هم البغدادية قال في دَرْءُ تَعَارُضِ العَقْلِ وَالنَّقْلِ (3/ 285، بترقيم الشاملة آليا) :
    قلت : تأويل الميزان والصراط وعذاب القبر والسمع والبصر إنما هو قول البغداديين من المعتزلة دون البصرية)) وذكر الأشعري أن الخوارج أيضا تنكره قال في مقالات الإسلاميين (ص: 106، بترقيم الشاملة آليا) :
    واختلفوا في عذاب القبر: فمنهم من نفاه وهم المعتزلة والخوارج، ومنهم من أثبته وهم أكثر أهل الإسلام، )) .
    وقد وجدت هذه المقولة ضمن ما ينسب لأبي حنيفة ففي الشرح الميسر على الفقهين الأبسط والأكبر المنسوبين لأبي حنيفة (ص: 137):
    قال ابو حنيفة من قال لا اعرف عذاب القبر فهو من الجهمية الهالكة لأنه انكر قوله تعالى سنعذبهم مرتين يعني عذاب القبر
    وقوله تعالى وإن الذين ظلموا عذابا دون ذلك يعني في القبر فإن قال أؤمن بالآية ولا أؤمن بتأويلها وتفسيرها قال هو كافر لأن من القرآن ما هو تنزيله تأويله فإن جحد بها فقد كفر )) بتحقيق د محمد عبد الرحمن الخميس .
    لكن قد يقال لماذا مع تواتر الأخبار لم يأت نص بتكفير منكر عذاب القبر ونعيمه :
    أقول : إن صح عدم التكفير . ففي رأيي أنهم لما تركوا العمل بالأحاديث الأحاد وقالوا لا نعتقد إلا بما تواتر ولم يكفرهم السلف بمجرد تركهم العلم بأحاديث الأحاد ((العقائد)) فكان هذا من جنس هذا , وإن كان التواتر هو من باب المعنوي أو التواتر المحتف بالقرائن, مع احتجاجهم بعدم وقوعه لما سبق .
    وهو من جنس عدم تكفير الأشاعرة بدعوى التنزيه في الصفات أيضا, رغم عظم ما وقعوا فيه من التعطيل . ولا تسعفهم اللغة في الحقيقة .
    والحمد لله في الأولى والآخرة

    BalasHapus
  14. قال الإمام الحافظ ابن الملقن (ت 804) - رحمه الله تعالى - في "الإعلام بفوائد عمدة الأحكام" في شرح حديث عبد الله بن عباس - رضي الله عنهما - في مرور النبي - صلى الله عليه وسلم - بقبرين ووضعه الجريدة عليهما، قال رحمه الله:

    فيه دلالة على إثبات عذاب القبر وهو مذهب أهل السنة وجمهور المعتزلة كما ستعلمه، وهو ما يجب اعتقاد حقيقته، وهو ما نقلته الأمة متواترا.
    فمن أنكر عذاب القبر أو نعيمه فهو كافر، لأنه كذّب الله تعالى ورسوله في خبرهما.

    اهـ من "الإعلام بفوائد عمدة الأحكام"، جـ 1 ص 516. بتحقيق: عبد العزيز المشيقح

    BalasHapus
  15. Untuk ulumuddin attimi
    Siapa kamu dan dari mana kamu? Tolong berikan identitasmu yang jelas, jangan samar - samaran.
    Komentarmu itu sudah di jawab di Blog dengan judul: Polemik tentang siksa kubur.
    Bacalah lagi. Bila ada waktu akan saya jawab semuanya

    BalasHapus
  16. Untuk meyakini adanya siksa kubur tidak harus mati dulu kan kang?

    BalasHapus
  17. biasa....orang yang mau menjadi wali ndak bisa dan ndak berhasil ya seperti ini.....banyak omong.....wong jadi ulama/kyai NU aja ndak bisa po maneh jd wali.....bagai semut merindukan matahari....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan emosi, tenanglah, mana yang salah di artikel tsb ?

      Hapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan