Jumat, Juni 10, 2016

Dalil baca shalawat dlm tasyahud lemah seri ke 2

Dalil bc shalawat dlm tasyahud lemah . seri ke 2.
 

حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِيُّ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو هَانِئٍ الْخَوْلَانِيُّ أَنَّ عَمْرَو بْنَ مَالِكٍ الْجَنْبِيَّ أَخْبَرَهُ أَنَّهُ سَمِعَ فَضَالَةَ بْنَ عُبَيْدٍ يَقُولُ
سَمِعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا يَدْعُو فِي صَلَاتِهِ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَجِلَ هَذَا ثُمَّ دَعَاهُ فَقَالَ لَهُ أَوْ لِغَيْرِهِ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِتَحْمِيدِ اللَّهِ وَالثَّنَاءِ عَلَيْهِ ثُمَّ لْيُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ لْيَدْعُ بَعْدُ بِمَا شَاءَ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
(TIRMIDZI - 3399) : Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin Ghailan telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yazid Al Muqri telah menceritakan kepada kami Haiwah, ia berkata; telah menceritakan kepadaku Abu Hani` Al Khaulani bahwa 'Amr bin Malik Al Janbi telah mengabarkan kepadanya bahwa ia mendengar Fadhalah bin 'Ubaid berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mendengar seseorang berdoa dalam shalatnya dan tidak mengucapkan shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Orang ini telah tergesa-gesa." Kemudian beliau memanggilnya dan berkata kepadanya atau kepada orang lain: "Apabila salah seorang diantara kalian melakukan shalat maka hendaknya ia memulai dengan memuji Allah kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kemudian berdoa setelah itu dengan doa yang ia kehendaki." Abu Isa berkata; hadits ini adalah hadits hasan shahih.
أخرجه أبو داود رقم ( 1481 ) 2/ 77 ، والترمذي رقم ( 3477 ) 5/ 517 ، وأحمد رقم ( 23982 ) 6/18 ، وابن حبان رقم ( 1960 ) 5/ 290 ، وابن خزيمة رقم ( 710 ) 1/351 ، والحاكم في المستدرك رقم ( 840 ) 1/354 ، ورقم ( 989 ) 1 / 401 ، والهثمي في موارد الظمآن رقم ( 510 ) 1/ 136 ، وصححه الألباني في صحيح سنن أبي داود رقم ( 1481 ) 2/ 77 ، وفي صحيح سنن الترمذي رقم ( 3477 ) 5/ 517 .

Intinya Al albani menyatakan hadis tsb sahih.
Di tempat lain di katakan:
وحسنه الألباني في "صحيح سنن الترمذي" (2767).
Al albani menyatakan hadis  tsb hasan  dlm kitab sahih  Tirmidzi  2767.
والترمذي (3477)، وقال: هذا حديث حسن صحيح
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (2/ 605)
(1)        إسناده صحيح.
موارد الظمآن إلى زوائد ابن حبان ت حسين أسد (2/ 226)
(1)        إسناده صحيح، حميد بن هانئ بينا أنه ثقة عند الحديث (5760

قال الحاكم هذا حديث صحيح على شرط مسلم
صحيح ابن خزيمة (1/ 351)
[التعليق] 710 - قال الأعظمي: إسناده صحيح
Intinya: Al arnauth , Al a`dhumi, Husain  Asad  menyatakan  sanad  hadis  tsb sahih. Tirmidzi dan Al Hakim menyatakan hadis tsb sahih.

Ya benar dari segi identitas perawi, sanadnya tdk cacat, baik. Tp  dari segi lain  hadis tsb tdk dikenal di kalangan penduduk Medinah . Mestinya hadis spt itu mashur dan dikenal di kalangan  penduduk Medinah . Anehnya pendduduk Mesir dan Syam yg menjadi perawi tunggal   hadis tsb . Yaitu
Perawi – perawi  di bawah ini sbg perawi hadis tsb  dari Mesir dan Syam

عمرو بن مالك الجنبي المصري 5105       موسوعة رواة الحديث
أبو هانئ الخولاني  المصري 1562    موسوعة رواة الحديث
حيوة بن شريح   1600     موسوعة رواة الحديث
فَضَالَةَ بْنَ عُبَيْدٍ   نزل فى دمشق
Intinya  tiga perawi inti dlm  sanad hadis tsb dari Mesir dan  sahabat yg meriwayatkan nya juga tinggal di Damaskus .
المسند الجامع (14/ 438)
أخرجه أحمد 6/18 (24434) قال: حدَّثنا أبو عَبْد الرَّحْمان المُقْرِئ، حدَّثنا حَيْوَة. و"أبو داود"1481 قال: حدَّثنا أحمد بن حَنْبل، حدَّثنا عَبْد الله بن يَزِيد، حدَّثنا حَيْوَة. و"التِّرمِذي"3476 قال: حدَّثنا قُتَيْبَة، حدَّثنا رِشْدِين بن سَعْد. وفي (3477) قال: حدَّثنا محمود بن غَيْلان، حدَّثنا عَبْد الله بن يَزِيد المُقْرِئ، حدَّثنا حَيْوَة بن شُرَيْح. و"النَّسائي"3/44، وفي "الكبرى"1208 قال: أَخْبَرنا مُحَمد بن سَلَمَة، قال: حدَّثنا ابن وَهْب. و"ابن خزيمة"709 قال: حدَّثنا أحمد بن عَبْد الرَّحْمان بن وَهْب القُرَشِي، حدَّثنا عَمِّي. وفي (710) قال: حدَّثنا بَكْر بن إِدْرِيس بن الحَجَّاج بن هارون المُقْرِئ، حدَّثنا أبو عَبْد الرَّحْمان المُقْرِئ، حدَّثنا حَيْوَة بن شُرَيْح. المسند الجامع (14/ 439)
ثلاثتهم (حَيْوَة، ورِشْدِين، وعَبْد الله بن وَهْب) عن أَبي هانىء الخَوْلاَنِي، حُمَيْد بن هانىء، عن عَمْرو بن مالك، أَبي علي الجَنْبِي، فذكره.
Intinya :  Hadis tsb di kitab manapun  dan diriwayatkan oleh imam siapapun, hanya dari tiga perawi Mesir itu tadi.  Dan  ini tanda kelemahan suatu hadis, mengapa  penduduk Medinah tdk meriwayataknnya . Pd hal , mereka lebih tahu tentang hadis  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   dari pada penduduk lainnya.
Dalam majalah Buhus Islamiyah  terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم، مجلة البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum .
DR Muhammad bin Abd Aziz menyatakan dlm webnya :
-           2ـ هذا الحديث في سنده مقال كما قال ابن عبد البر رحمه الله وإن صححه بعض أهل الحديث.. كما أن في متنه نكارة ،
Sanad hadis tsb masih perlu di kaji ulang  sebagaimana di katakana oleh Ibn Abdil bar  rahimahullah , sekalipun telah  di nyatakan sahih  oleh sebagain ahli hadis . Bgt juga  redaksi hadisnya munkar.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Menurut sy, hadis tsb bukan sahih, malah munkar  karena  tiga perawi nya yg tafarrud itu .
Abdul hay al luknowi berkata:
فكثيراً ما يطلقون النكارة على مجرَّد التَّفرُّد،
Sering kali mereka menyatakan  hadis munkar disebabkan tafarrud saja . ( satu perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga ).
DR Abu Lubabah At thahir Shalih Husain kepala bagian dirosah Islamiyah  di Emirat menyatakan :

وَإِطْلاَقُ الْحُكْمِ عَلَى التَّفَرُّدِ بِالرَّدِّ وَالنَّكَارَةِ أَوِ الشُّذُوْذِ مَوْجُوْدٌ فِي كَلاَمِ كَثِيْرٍ مِنْ أَهْلِ الْحَدِيْثِ
 Mengghukumi perawi yang secara sendirian meriwayatkan agar riwayatnya  tertolak , dikatakan mungkar , syadz memang ada dlm perkataan kebanyakan ahli hadis . Ulumul hadis 12/1

Jadi hadis  itu di masa  Abu hani`  yg wafat  th 142 H masih  hanya satu orang yg meriwayatkannya . Para  sahabat sampai  meninggal   dunia  tdk phm hadis itu  mines orang Syam tadi.

Dari segi redaksi hadisnya , dijelaskan lelaki itu berdoa waktu salat. Dan tiada keterangan waktu tasyahhud. Lalu mengapa  di arahkan untuk tasyahud.
Bila benar maksudnya  membaca shalawat  waktu tasyahhud maka bertentangan  dengan keterangan Umar tentang Tasyahud di mimbar tnpa menyebut shalawat . 

فتح الباري لابن رجب (7/ 356)
: أن عمر كان يعلم الناس التشهد على المنبر، ولم يذكر فيه الصلاة على النبي - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، وكذلك روي صفة التشهد عن طائفةٍ من الصحابة، منهم: ابن عمر وعائشة وغيرهما، ولم يذكروا فيه الصلاة على النبي - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -.
Ibnu Rajab menyatakan :
Sesungguhnya  Umar mengajarkan kpd orang banyak tasyahud dimimbar tanpa menyebut shalawat pd Nabi  shallallahu alaihi wasallam. Bgt  juga riwayat  sebagian sahabat  tentang tasyahud spt Ibn Umar, Aisyah dll. Juga tanpa  menyebut  shalawat pd Nabi  shallallahu alaihi wasallam   ( Fathul bari  356/7 ).

الإلمام بأحاديث الأحكام (1/ 176)
291) وَعَن ابْن عَبَّاس رَضِيَ اللَّهُ عَنْهما أَنه، قَالَ: " كَانَ رَسُول الله [صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ] يعلمنَا التَّشَهُّد كَمَا يعلمنَا السُّورَة من الْقُرْآن، وَكَانَ يَقُول: التَّحِيَّات المباركات، الصَّلَوَات الطَّيِّبَات لله، السَّلَام عَلَيْك أَيهَا النَّبِي وَرَحْمَة الله وَبَرَكَاته، السَّلَام علينا وَعَلَى عباد الله الصَّالِحين، أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا الله وَأشْهد أَن مُحَمَّدًا رَسُول الله ". انْفَرد بِهِ مُسلم.
Ibnu Abbas ra  berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   mengajari tasyahud  pd kita sbgmn  mengajari  surat al quran> beliau bersabda:
التَّحِيَّات المباركات، الصَّلَوَات الطَّيِّبَات لله، السَّلَام عَلَيْك أَيهَا النَّبِي وَرَحْمَة الله وَبَرَكَاته، السَّلَام علينا وَعَلَى عباد الله الصَّالِحين، أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا الله وَأشْهد أَن مُحَمَّدًا رَسُول الله
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tanpa  shalawat.
Bila kita membaca  shalawat dlm tasyahud , kita tdk punya dalil yg sahih. Kita telah membaca aryikel kemarin  bahwa  baca sahalawat dlm tasyahud dari tambahan perawi Ibn Ishak sj bukan lainnya. Juga bukan ajaran Nabi  shallallahu alaihi wasallam

Bersambung ……………



Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL )
 https://www.facebook.com/mahrus ali MKnu
watsApp 088803080803
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan