Dalil bc shalawat dlm tasyahud lemah . seri ke 2.
حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ
اللَّهِ بْنُ يَزِيدَ الْمُقْرِيُّ حَدَّثَنَا حَيْوَةُ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو
هَانِئٍ الْخَوْلَانِيُّ أَنَّ عَمْرَو بْنَ مَالِكٍ الْجَنْبِيَّ أَخْبَرَهُ
أَنَّهُ سَمِعَ فَضَالَةَ بْنَ عُبَيْدٍ يَقُولُ
سَمِعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
رَجُلًا يَدْعُو فِي صَلَاتِهِ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَجِلَ
هَذَا ثُمَّ دَعَاهُ فَقَالَ لَهُ أَوْ لِغَيْرِهِ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ
فَلْيَبْدَأْ بِتَحْمِيدِ اللَّهِ وَالثَّنَاءِ عَلَيْهِ ثُمَّ لْيُصَلِّ عَلَى
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ لْيَدْعُ بَعْدُ بِمَا شَاءَ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
(TIRMIDZI - 3399) : Telah menceritakan kepada kami Mahmud
bin Ghailan telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yazid Al Muqri telah
menceritakan kepada kami Haiwah, ia berkata; telah menceritakan kepadaku Abu
Hani` Al Khaulani bahwa 'Amr bin Malik Al Janbi telah mengabarkan kepadanya
bahwa ia mendengar Fadhalah bin 'Ubaid berkata; Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam mendengar seseorang berdoa dalam shalatnya dan tidak mengucapkan
shalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: "Orang ini telah tergesa-gesa." Kemudian beliau
memanggilnya dan berkata kepadanya atau kepada orang lain: "Apabila salah
seorang diantara kalian melakukan shalat maka hendaknya ia memulai dengan
memuji Allah kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
kemudian berdoa setelah itu dengan doa yang ia kehendaki." Abu Isa berkata;
hadits ini adalah hadits hasan shahih.
أخرجه أبو داود رقم ( 1481 ) 2/ 77 ، والترمذي رقم ( 3477
) 5/ 517 ، وأحمد رقم ( 23982 ) 6/18 ، وابن حبان رقم ( 1960 ) 5/ 290 ، وابن
خزيمة رقم ( 710 ) 1/351 ، والحاكم في المستدرك رقم ( 840 ) 1/354 ، ورقم ( 989 ) 1
/ 401 ، والهثمي في موارد الظمآن رقم ( 510 ) 1/ 136 ، وصححه الألباني في صحيح سنن
أبي داود رقم ( 1481 ) 2/ 77 ، وفي صحيح سنن الترمذي رقم ( 3477 ) 5/ 517 .
Intinya Al albani menyatakan hadis tsb sahih.
Di tempat lain di katakan:
وحسنه الألباني في "صحيح سنن
الترمذي" (2767).
Al albani menyatakan hadis
tsb hasan dlm kitab sahih Tirmidzi
2767.
والترمذي (3477)، وقال: هذا حديث حسن صحيح
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (2/ 605)
(1) إسناده صحيح.
موارد الظمآن إلى زوائد ابن حبان ت حسين أسد (2/ 226)
(1) إسناده صحيح، حميد بن هانئ بينا أنه ثقة عند الحديث (5760
قال الحاكم هذا حديث صحيح على شرط مسلم
صحيح ابن خزيمة (1/ 351)
[التعليق] 710 - قال الأعظمي: إسناده
صحيح
Intinya: Al arnauth , Al a`dhumi, Husain Asad
menyatakan sanad hadis
tsb sahih. Tirmidzi dan Al Hakim menyatakan hadis tsb sahih.
Ya benar dari segi identitas perawi, sanadnya tdk cacat, baik.
Tp dari segi lain hadis tsb tdk dikenal di kalangan penduduk
Medinah . Mestinya hadis spt itu mashur dan dikenal di kalangan penduduk Medinah . Anehnya pendduduk Mesir
dan Syam yg menjadi perawi tunggal
hadis tsb . Yaitu
Perawi – perawi di
bawah ini sbg perawi hadis tsb dari
Mesir dan Syam
عمرو بن مالك الجنبي المصري 5105 موسوعة رواة الحديث
أبو هانئ الخولاني
المصري 1562 موسوعة رواة الحديث
حيوة بن شريح 1600 موسوعة رواة الحديث
فَضَالَةَ بْنَ عُبَيْدٍ نزل فى دمشق
Intinya tiga perawi
inti dlm sanad hadis tsb dari Mesir
dan sahabat yg meriwayatkan nya juga
tinggal di Damaskus .
المسند الجامع (14/ 438)
أخرجه أحمد 6/18 (24434) قال: حدَّثنا أبو عَبْد
الرَّحْمان المُقْرِئ، حدَّثنا حَيْوَة. و"أبو داود"1481 قال: حدَّثنا
أحمد بن حَنْبل، حدَّثنا عَبْد الله بن يَزِيد، حدَّثنا حَيْوَة. و"التِّرمِذي"3476
قال: حدَّثنا قُتَيْبَة، حدَّثنا رِشْدِين بن سَعْد. وفي (3477) قال: حدَّثنا
محمود بن غَيْلان، حدَّثنا عَبْد الله بن يَزِيد المُقْرِئ، حدَّثنا حَيْوَة بن
شُرَيْح. و"النَّسائي"3/44، وفي "الكبرى"1208 قال: أَخْبَرنا
مُحَمد بن سَلَمَة، قال: حدَّثنا ابن وَهْب. و"ابن خزيمة"709 قال: حدَّثنا
أحمد بن عَبْد الرَّحْمان بن وَهْب القُرَشِي، حدَّثنا عَمِّي. وفي (710) قال: حدَّثنا
بَكْر بن إِدْرِيس بن الحَجَّاج بن هارون المُقْرِئ، حدَّثنا أبو عَبْد الرَّحْمان
المُقْرِئ، حدَّثنا حَيْوَة بن شُرَيْح. المسند الجامع (14/ 439)
ثلاثتهم (حَيْوَة، ورِشْدِين، وعَبْد الله بن وَهْب) عن
أَبي هانىء الخَوْلاَنِي، حُمَيْد بن هانىء، عن عَمْرو بن مالك، أَبي علي
الجَنْبِي، فذكره.
Intinya : Hadis tsb
di kitab manapun dan diriwayatkan oleh
imam siapapun, hanya dari tiga perawi Mesir itu tadi. Dan
ini tanda kelemahan suatu hadis, mengapa
penduduk Medinah tdk meriwayataknnya . Pd hal , mereka lebih tahu
tentang hadis Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam dari pada penduduk
lainnya.
Dalam majalah Buhus Islamiyah terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن
الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم، مجلة
البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk
melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah
tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum .
DR Muhammad bin Abd Aziz menyatakan dlm webnya :
- 2ـ هذا الحديث في سنده مقال كما قال ابن عبد البر رحمه الله وإن صححه
بعض أهل الحديث.. كما أن في متنه نكارة ،
Sanad hadis tsb masih perlu di kaji ulang sebagaimana di katakana oleh Ibn Abdil
bar rahimahullah , sekalipun telah di nyatakan sahih oleh sebagain ahli hadis . Bgt juga redaksi hadisnya munkar.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Menurut sy, hadis tsb bukan sahih, malah munkar karena
tiga perawi nya yg tafarrud itu .
Abdul hay al luknowi berkata:
فكثيراً ما يطلقون النكارة على مجرَّد التَّفرُّد،
Sering kali mereka menyatakan hadis munkar disebabkan tafarrud saja . ( satu
perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga ).
DR Abu Lubabah At thahir Shalih Husain kepala bagian dirosah
Islamiyah di Emirat menyatakan :
وَإِطْلاَقُ الْحُكْمِ عَلَى التَّفَرُّدِ بِالرَّدِّ
وَالنَّكَارَةِ أَوِ الشُّذُوْذِ مَوْجُوْدٌ فِي كَلاَمِ كَثِيْرٍ مِنْ أَهْلِ
الْحَدِيْثِ
Mengghukumi perawi
yang secara sendirian meriwayatkan agar riwayatnya tertolak , dikatakan mungkar , syadz memang
ada dlm perkataan kebanyakan ahli hadis . Ulumul hadis 12/1
Jadi hadis itu di
masa Abu hani` yg wafat
th 142 H masih hanya satu orang
yg meriwayatkannya . Para sahabat sampai meninggal
dunia tdk phm hadis itu mines orang Syam tadi.
Dari segi redaksi hadisnya , dijelaskan lelaki itu berdoa
waktu salat. Dan tiada keterangan waktu tasyahhud. Lalu mengapa di arahkan untuk tasyahud.
Bila benar maksudnya
membaca shalawat waktu tasyahhud
maka bertentangan dengan keterangan Umar
tentang Tasyahud di mimbar tnpa menyebut shalawat .
فتح الباري لابن رجب (7/ 356)
: أن عمر كان يعلم الناس التشهد على
المنبر، ولم يذكر فيه الصلاة على النبي - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -،
وكذلك روي صفة التشهد عن طائفةٍ من الصحابة، منهم: ابن عمر وعائشة وغيرهما، ولم
يذكروا فيه الصلاة على النبي - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -.
Ibnu Rajab menyatakan :
Sesungguhnya Umar
mengajarkan kpd orang banyak tasyahud dimimbar tanpa menyebut shalawat pd
Nabi shallallahu alaihi wasallam. Bgt juga riwayat
sebagian sahabat tentang tasyahud
spt Ibn Umar, Aisyah dll. Juga tanpa
menyebut shalawat pd Nabi shallallahu alaihi wasallam ( Fathul bari 356/7
).
الإلمام بأحاديث الأحكام (1/ 176)
291) وَعَن ابْن عَبَّاس رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهما أَنه، قَالَ: " كَانَ رَسُول الله [صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّم َ] يعلمنَا التَّشَهُّد كَمَا يعلمنَا السُّورَة من الْقُرْآن، وَكَانَ
يَقُول: التَّحِيَّات المباركات، الصَّلَوَات الطَّيِّبَات لله، السَّلَام عَلَيْك
أَيهَا النَّبِي وَرَحْمَة الله وَبَرَكَاته، السَّلَام علينا وَعَلَى عباد الله
الصَّالِحين، أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا الله وَأشْهد أَن مُحَمَّدًا رَسُول الله ".
انْفَرد بِهِ مُسلم.
Ibnu Abbas ra berkata:
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
mengajari tasyahud pd kita
sbgmn mengajari surat
al quran> beliau bersabda:
التَّحِيَّات المباركات، الصَّلَوَات الطَّيِّبَات لله،
السَّلَام عَلَيْك أَيهَا النَّبِي وَرَحْمَة الله وَبَرَكَاته، السَّلَام علينا
وَعَلَى عباد الله الصَّالِحين، أشهد أَن لَا إِلَه إِلَّا الله وَأشْهد أَن
مُحَمَّدًا رَسُول الله
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tanpa shalawat.
Bila kita membaca
shalawat dlm tasyahud , kita tdk punya dalil yg sahih. Kita telah
membaca aryikel kemarin bahwa baca sahalawat dlm tasyahud dari tambahan
perawi Ibn Ishak sj bukan lainnya. Juga bukan ajaran Nabi shallallahu alaihi wasallam
Bersambung ……………
Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529
(XL )
https://www.facebook.com/mahrus
ali MKnu
watsApp 088803080803
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan