Kamis, September 06, 2012

SMS dari Kudus tentang dzikir berjamaah

Assalamu'alaikumustadz, apa hukum nya dzikir berjamaahbrian alhuda dari kudus

Saya jawab:
Haram,lihat ayat 205 a'raf
Komentarku ( Mahrus ali): 

Sebab  dengan dzikir berjamaah itu mesti ada teriakan , suara keras yang bertentangan ayat tsb. Lihat ayatnya:
وَاذْكُر رَّبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعاً وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلاَ تَكُن مِّنَ الْغَافِلِينَ ﴿٢٠٥﴾
205. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.  A`raf

Dia kirim sms lagi:
Brarti majlis adz dzikra dan majlis rasulullah itu haram di ikuti ustadz

Saya jawab:
Ya,
Dia kirim sms lagi:
Tapi bukan kah d majlis adz dzikra ada ustadz arifin ilham dan di majlis rasulullah ada habibkalo haram, mengapa masih di terjang ustaz.
Dulu saya pernah bertanya pada orang yang membolehkan, kata nya bukan kah semakin banyak orang yang ikut, semakin di kabulkan sbb yg berdo'a org byk
Saya jawab:
Banyak tapi ahli bid'ah tiada gunanya

Lihat fatir 8

Komentarku ( Mahrus ali): 
Ayatnya sbb:
أَفَمَن زُيِّنَ لَهُ سُوءُ عَمَلِهِ فَرَآهُ حَسَناً فَإِنَّ اللَّهَ يُضِلُّ مَن يَشَاءُ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ فَلَا تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِمَا يَصْنَعُونَ ﴿٨﴾
008. Maka apakah orang yang dijadikan (syaitan) menganggap baik pekerjaannya yang buruk lalu dia meyakini pekerjaan itu baik, (sama dengan orang yang tidak ditipu oleh syaitan)? maka sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya; maka janganlah dirimu binasa karena kesedihan terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.


Dia kirim sms lagi:
Assalamu'alaikumustad, apa hukum nya Muhadastah Al Qur'an

Saya jawab:
Maksudnya?m
Dia kirim sms ;
Muhadasah al qur'anmisal nya ginisaya suka seseorang (hajat) tp saya bingung apakah dia itu akan menjadi pendamping yang baik ataukah tidaklalu saya gat yg bagus) berarti saya akan bahagia dgn nya tp jika ayat nya berbunyi jahanam (ayat yg jelek) berarti saya akan sengsara jika menikahi nya

Menggunakan al qur'an untuk menjawab nya, dgn cara saya menutup mata lalu saya buka al qur'an dan menunjuk 1 ayat jika ayat yg saya tunjuk berbunyi jannah maka baik.

Saya jawab: Tiada tuntunannya.

Dias ms lagi;
Jadi haram ustadz?lalu knp orang yg mlakukan hal itu seakan-akan hajat nya dijawab, shg bnyk ulama yg membolehkan?
Saya jawab:
Kadang keliru , Menyesatkan , berdoalah pada allah saja, Kedustaan belaka .untuk tawasul dg quran tidak usah, pendidikan mu ?

Dias ms lagi:
Saya baru msuk kuliah tahun ni ustadz, syukran ustad atas jawabannya.



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan