Tahu di
haramkan karena sebagian bahannya dari
cuka dan cuka dari khomer. Lihat
artikel sbb:
Cuka
diharamkan
Cuka dari khamar ,hindarilah karena taat kepada Rasulullah S.A.W. dalam hadisnya
:
Jabir bin Abdillah ra berkata
:” Rasulullah SAW waktu penaklukan
kota Mekkah bersabda :
َ إِنَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ حَرَّمَ بَيْعَ الْخَمْرِ وَالْمَيْتَةِ
وَالْخِنْزِيرِ وَالْأَصْنَامِ فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ شُحُومَ
الْمَيْتَةِ فَإِنَّهَا يُطْلَى بِهَا السُّفُنُ وَيُدْهَنُ بِهَا الْجُلُودُ
وَيَسْتَصْبِحُ بِهَا النَّاسُ فَقَالَ لَا هُوَ حَرَامٌ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ ذَلِكَ قَاتَلَ اللَّهُ
الْيَهُودَ إِنَّ اللَّهَ لَمَّا حَرَّمَ شُحُومَهَا جَمَلُوهُ ثُمَّ بَاعُوهُ
فَأَكَلُوا ثَمَنَهُ
Sesungguhnya Allah dan rasulNya
telah mengharamkan jual beli
khomer, bangkai, babi dan berhala. Di
katakan : “ Wahai Rasulullah ! Bagaimana pendapatmu tentang lemak
bangkai .Ia di pakai untuk mengecat sampan – sampan , meminyaki kulit –kulit lalu dibuat lampu. Rasulullah SAW bersabda : “ Ia haram “. Lalu beliau bersabda saat itu :”
Semoga Allah melaknat orang – orang
Yahudi , sesungguhnya Allah mengharam kan lemak
bangkai ,lalu mereka hiasi,lalu dijual lalu uangnya di makan . [1]
Ada hadis sbb :
2051
حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ أَخْبَرَنَا
سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ نِعْمَ الْأُدُمُ أَوِ الْإِدَامُ الْخَلُّ
……………. Dari Aisyah ra ,
sesungguhnya Nabi S.A.W. bersabda :”
sebaik- baik bumbu adalah cuka atau
bumbu adalah cuka “. [2] Ia juga diriwayatkan oleh Tirmizi [3]
قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ لَا نَعْرِفُهُ
مِنْ حَدِيثِ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ إِلَّا مِنْ حَدِيثِ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلَالٍ *
Abu isa ( Imam
Tirmizi ) berkata Itu hadis hasan sahih
ghorib (nyeleneh ) dari jalur ini ,kami tidak mengetahui hadis tsb dari hadis
Hisyam bin Urwah kecuali dari hadis Sulaiman bin Bilal [4]
Ada juga hadis
sbb :
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلَ
أَهْلَهُ الْأُدُمَ فَقَالُوا مَا عِنْدَنَا إِلَّا خَلٌّ فَدَعَا بِهِ فَجَعَلَ
يَأْكُلُ بِهِ وَيَقُولُ نِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ نِعْمَ الْأُدُمُ الْخَلُّ
Dari Jabir bin
Abdillah , sesungguhnya Nabi S.A.W.
bertanya kepada keluarganya tentang bumbu ,lalu mereka menjawab : “ Kami
tidak memiliki sesuatu kecuali cuka ,beliau memintanya ,lalu makan dengannya
dan berkata :” Bumbu terbaik adalah cuka – bumbu terbaik adalah cuka “. [5]
Aku ( penulis )
berkata : Hadis tsb juga ghorib ( nyeleneh )
Imam Nawawi
berkata :
وَقَالَ فِي النِّهَايَةِ
اَلإِدَامُ بِاْلكَسْرِ وَاْلأُدْمُ بِالضَّمِّ مَا يُؤْكَلُ مَعَ اْلُخبْزِ أَيُّ
شَيْءٍ كَانَ اِنْتَهَى
Dalam
kitab annihayah di jelaskan : اَلإِدَامُ
بِاْلكَسْرِ ( Al idam dengan hamzah di kasrah ) وَاْلأُدْمُ
بِالضَّمِّ ( al udmu dengan hamzah di dhommah ) apa
yang di makan bersama rati [6]
Hadis tsb bertentangan dengan
hadis sahih sbb :
عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنِ الْخَمْرِ
تُتَّخَذُ خَلًّا فَقَالَ لَا *
Dari Anas , sesungguhnya Nabi S.A.W.
di tanya tentang khamar yang di gunakan untuk bikin cuka “. Beliau bersabda
: “ Tidak boleh “. [7]
قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ *
Abu isa ( Imam
Tirmizi ) berkata Itu hadis hasan sahih
. [8]
Hadis sahih
tersebut di dukung dengan hadis sbb :
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ سَأَلَ النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ
أَيْتَامٍ وَرِثُوا خَمْرًا قَالَ أَهْرِقْهَا قَالَ أَفَلَا أَجْعَلُهَا خَلًّا
قَالَ لَا *
Dari Anas bin
Malik , sesungguhnya Abu Tholhah ( ayah
tiri Anas ra ) bertanya kepada Nabi S.A.W. tentang
yatim – yatim yang punya warisan khamar “.
Rasulullah S.A.W. menjawab :
“Tumpahkan “.
Abu Tholhah bertanya :” Apakah tidak kita
bikin cuka ? “.
Rasulullah S.A.W. bersabda :”
Tidak boleh “. [9] ( sahih )
Imam Tirmizi
membikin bab sbb:
بَاب النَّهْيِ أَنْ يُتَّخَذَ الْخَمْرُ خَلًّا *
Bab larangan membikin cuka dari khamar [10]
Ada hadis sbb :
جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِي ذَاتَ
يَوْمٍ إِلَى مَنْزِلِهِ فَأَخْرَجَ إِلَيْهِ فِلَقًا مِنْ خُبْزٍ فَقَالَ مَا
مِنْ أُدُمٍ فَقَالُوا لَا إِلَّا شَيْءٌ مِنْ خَلٍّ قَالَ فَإِنَّ الْخَلَّ
نِعْمَ الْأُدُمُ قَالَ جَابِرٌ فَمَا زِلْتُ أُحِبُّ الْخَلَّ مُنْذُ سَمِعْتُهَا
مِنْ نَبِيِّ اللَّهِ صَلَّى اللَّه
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ و قَالَ طَلْحَةُ مَا زِلْتُ أُحِبُّ الْخَلَّ مُنْذُ
سَمِعْتُهَا مِنْ جَابِرٍ
Jabir bin
Abdillah ra berkata : Pada suatu hari Rasulullah
S.A.W. memegang tanganku untuk pergi ke rumahnya ,lalu beliau mengeluarkan
beberapa keping rati , lalu beliau
minta bumbu ( lalapnya- bhs jawa) , Mereka (
keluarganya ) menjawab :” Tidak ada kecuali cuka sedikit “.
Rasulullah S.A.W. bersabda : Sesungguhnya cuka lalap terbaik “.
Jabir berkata : Aku selalu suka cuka sejak mendengarnya dari Nabi
S.A.W. .
Tholhah berkata :” Aku juga senang cuka sejak mendengar dari Jabir [11]
Hadis dengan kisah seperti itu tidak diriwayatkan oleh Imam Bukhori
,Tirmizi , Nasai dan Abu Dawud . Dan bertentangan dengan hadis sahih yang melarang cuka.
5636
أَخْبَرَنَا سُوَيْدٌ قَالَ
أَنْبَأَنَا عَبْدُ اللَّهِ عَنْ عَوْنِ بْنِ صَالِحٍ الْبَارِقيِّ عَنْ زَيْنَبَ
بِنْتِ نَصْرٍ وَجُمَيْلَةَ بِنْتِ عَبَّادٍ أَنَّهُمَا سَمِعَتَا عَائِشَةَ
قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَنْهَى عَنْ شَرَابٍ صُنِعَ فِي دُبَّاءٍ أَوْ
حَنْتَمٍ أَوْ مُزَفَّتٍ لَا يَكُونُ زَيْتًا أَوْ خَلًّا *
Aisyah ra berkata
: “ Aku mendengar Rasulullah S.A.W.
melarang minuman yang di buat di bejana dari labu atau bejana dari tanah , rambut dan darah,
bejana yang di cat dengan tér atau gala
– gala ( kayu yang direkatkan dengan lem ) ,selain minyak atau cuka .[12]
Aku berkata : “Menurut riwayat Bukhori tanpa
menyebut cuka sbb :
قُلْتُ يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ عَمَّ نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُنْتَبَذَ فِيهِ قَالَتْ نَهَانَا فِي ذَلِكَ
أَهْلَ الْبَيْتِ أَنْ نَنْتَبِذَ فِي الدُّبَّاءِ وَالْمُزَفَّتِ قُلْتُ أَمَا
ذَكَرَتِ الْجَرَّ وَالْحَنْتَمَ قَالَ إِنَّمَا أُحَدِّثُكَ مَا سَمِعْتُ
أَفَأُحَدِّثُ مَا لَمْ أَسْمَعْ *
Al aswad berkata
: Aku berkata : Wahai Ummul mukminin !
Tentang minuman buah yang mana dilarang oleh Rasulullah S.A.W .
Aisyah berkata : “ Rasulullah
S.A.W. melarang kita ahlul bait untuk minum rendaman buah dalam labu atau
bejana yang di cat dengan ter atau gala – gala .
Aku ( Ibrahim ) berkata :” Apakah anda tidak menyebut bejana guci atau bejana dari tanah , rambut dan darah
“>
Al aswad berkata : Sesungguhnya aku berbicara kepadamu apa yang ku
dengar ,apakah aku berkata tentang apa yang tidak ku dengar “. [13]
Riwayat Muslimpun tanpa menyebut cuka sbb :
1995
و حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَمْرٍو
الْأَشْعَثِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْثَرٌ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنِ
الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
نَهَى عَنِ الدُّبَّاءِ وَالْمُزَفَّت
………………….. dari Aisyah ra , sesungguhnya Nabi S.A.W. melarang minuman yang di rendam dalam labu
atau yang di cat dengan ter. [14]
Jadi hadis yang muttafaq alaih tanpa menyebut cuka .
Fairuz berkata :
قَدِمْتُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ
اللَّهِ إِنَّا أَصْحَابُ كَرْمٍ وَقَدْ أَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ تَحْرِيمَ
الْخَمْرِ فَمَاذَا نَصْنَعُ قَالَ تَتَّخِذُونَهُ زَبِيبًا قُلْتُ فَنَصْنَعُ
بِالزَّبِيبِ مَاذَا قَالَ تُنْقِعُونَهُ عَلَى غَدَائِكُمْ وَتَشْرَبُونَهُ عَلَى
عَشَائِكُمْ وَتُنْقِعُونَهُ عَلَى عَشَائِكُمْ وَتَشْرَبُونَهُ عَلَى غَدَائِكُمْ
قُلْتُ أَفَلَا نُؤَخِّرُهُ حَتَّى يَشْتَدَّ قَالَ لَا تَجْعَلُوهُ فِي الْقُلَلِ
وَاجْعَلُوهُ فِي الشِّنَانِ فَإِنَّهُ إِنْ تَأَخَّرَ صَارَ خَلًّا *
Aku datang kepada
Rasulullah S.A.W. ,aku berkata :Wahai
Rasulullah ! Sesungguhnya kami petani
anggur , dan Allah azza wajal telah
menurunkan ayat tentang pelarangan khamar , lalu apa yang kita buat ?
Rasulullah S.A.W. bersabda : “ Bikinlah zabib dari anggur “.
Aku berkata : “ Setelah jadi zabib kita bikin untuk apa ?
Rasulullah S.A.W. menjawab :”
Kamu rendam waktu pagi lalu kamu minum waktu makan malammu . Kamu rendam waktu
makan malam untuk kamu minum waktu santapan pagimu “.
Aku berkata : Apakah tidak kita tunda lagi hingga keras “.
Rasulullah S.A.W. bersabda : Jangan di rendam di guci , tapi di griba saja
. Sebab bila terlambat akan menjadi cuka “. [15]
Ada hadis sbb :
1842 حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ
الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ أَبِي حَمْزَةَ
الثُّمَالِيِّ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ أُمِّ هَانِئٍ بِنْتِ أَبِي طَالِبٍ قَالَتْ
دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ فَقُلْتُ لَا إِلَّا
كِسَرٌ يَابِسَةٌ وَخَلٌّ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرِّبِيهِ فَمَا أَقْفَرَ
بَيْتٌ مِنْ أُدْمٍ فِيهِ خَلٌّ
………….. Dari Ummu Hani` binti Abu
Tholib berkata : Rasulullah S.A.W. masuk kepadaku ,lalu
berkata : Apakah kamu punya sesuatu ?
Aku berkata : Tidak punya kecuali rati kering dan cuka “.
Nabi S.A.W. bersabda : Bawalah
kesini ,suatu rumah tidak akan kering
selama punya cuka “. [16]
قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ
مِنْ هَذَا الْوَجْهِ لَا نَعْرِفُهُ مِنْ حَدِيثِ أُمِّ هَانِئٍ إِلَّا مِنْ
هَذَا الْوَجْهِ
Abu isa ( Imam Tirmizi ) berkata : Itu hadis hasan nyeleneh dari jalur
ini ,kami tidak mengetahuinya dari hadis Ummu
Hani` kecuali dari jalur ini .
وَسَأَلْتُ مُحَمَّدًا عَنْ هَذَا
الْحَدِيثِ قَالَ لَا أَعْرِفُ لِلشَّعْبِيِّ سَمَاعًا مِنْ أُمِّ هَانِئٍ
Aku bertanya kepada Imam Bukhori tentang hadis tsb ,lalu beliau berkata
:” Aku tidak mengetahui Assya`bi mendengar dari Ummu Hani` .[17]
Jadi hadis tsb tidak bisa di buat pegangan yang kokoh .
Menurut kitab majmauz zawaid ada
keterangan sbb : Rasulullah S.A.W. bersabda :
هَلُمِّي بِهِنَّ فَكَسَّرَهُنَّ فِي مَاءٍ وَجَاءَتْ بِمِلْحٍ
فَقَالَ هَلْ مِنْ إِدَامٍ فَقَالَتْ مَا
عِنْدِي يَا رَسُوْلَ اللهِ اِلاَّ شَيْءٌ مِنْ خَلٍّّ فَقَالَ هَلُمِّيَة
فَصَبَّبَهُ عَلَى الطَّعَامِ فَاكَلَ مِنْهُ ثُمَّ حَمِدَ اللهَ ثُمَّ قَالَ
نِعْمَ اْلاِدَامُ الْخَلُّ يَا أُمَّ هَانِىٍء لاَ يَفْقَرُ بَيْتٌ فِيْهِ
خَلٌّ رَوَاهُ الطَّبْرَانِي فِي الصَّغِيْرِ وَفِيْهِ سَعْدَانُ بْنُ اْلوَلِيْدِ
وَلَمْ أَعْرِفْهُ
Bawalah ratimu
kesini lalu di pecah – pecah, dan di masukkan ke dalam air .Ummu Hani` datang
dengan membawa garam .
Rasulullah S.A.W. bersabda :”
Bawalah kesini , lalu di tuangkan ke
dalam makanan . Rasulullah S.A.W.
memakannya , lalu memuji kepada Allah dan bersabda : “ Lalap terbaik adalah
cuka wahai Ummu Hani` , Rumah yang ada cukanya tidak akan fakir . HR Thobroni dalam kitab Asshoghir , sanadnya
terdapat Sa`dan bin Al Walid ,aku tidak kenal kepadanya .[18]
Ada hadis lagi
sbb :
3318 حَدَّثَنَا
الْعَبَّاسُ بْنُ عُثْمَانَ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ
حَدَّثَنَا عَنْبَسَةُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ زَاذَانَ
أَنَّهُ حَدَّثَهُ قَالَ حَدَّثَتْنِي أُمُّ سَعْدٍ قَالَتْ دَخَلَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
عَلَى عَائِشَةَ وَأَنَا عِنْدَهَا فَقَالَ هَلْ مِنْ غَدَاءٍ قَالَتْ عِنْدَنَا
خُبْزٌ وَتَمْرٌ وَخَلٌّ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نِعْمَ الْإِدَامُ الْخَلُّ
اللَّهُمَّ بَارِكْ فِي الْخَلِّ فَإِنَّهُ كَانَ
إِدَامَ الْأَنْبِيَاءِ قَبْلِي وَلَمْ يَفْتَقِرْ بَيْتٌ فِيهِ خَلٌّ *
…………… Ummu Sa`ad
berkata : Rasulullah S.A.W. masuk kepada Aisyah dan aku disisinya ,lalu
bertanya : “ Apakah ada makanan siang ?
Aisyah menjawab : “ Kami punya kurma , Rati dan cuka “.
Rasulullah S.A.W. bersabda :” Lalap terbaik adalah cuka , ya Allah berilah berkah kepada
cuka , ia adalah lalap para nabi sebelumku , dan rumah yang
ada cukanya tidak akan fakir [19]
Hadis tsb lemah karena perawi bernama Muhammad bin Zadzan yang ditinggalkan ulama,Anbasah bin Abd
Rahman yang ditinggalkan oleh para
ulama hadis . Abu Hatim menyatakan Dia pemalsu hadis . Al
Walid bin Muslim perawi terpercaya yang suka menyelinapkan perawi lemah . Al
abbas yang sering keliru .
Cuka adalah barang cair yang dibuat dari aira
dsb.
Menurut bahasa kimia
cuka adalah zat cair yang mengandung 3-6% asam asetat diperoleh pada oksidasi etanol karena
tindakan bakterium pada anggur dan bir .
Muhammad bin Mukrim bin Mandhur al ifriqi Al masri , lahir 630 H - wafat 711
berkata :
الـخَـلُّ: مَعْرُوْفٌ؛ قَالَ ابْنُ سَيِّدَه: الـخَـلُّ
مَا حَمُضَ مِنْ عَصِيْرِ اْلعِنَبِ وَغَيْرِهِ؛ قَالَ ابْنُ دُرَيْدٍ:
هُوَ عَرَبـِيٌُّ صَحِيْحٌ. ؛
Cuka
sudah populer .Ibnu sayyidih berkata :
Cuka adalah Minuman peresan
anggur atau lainnya yang sudah masam .Ibnu Duraid berkata : Al khol ( الخَلْ ) adalah bahasa arab yang benar .
Abu
Ziyad berkata :
لِلْـخَمْرِ
أُمُّ الـخَـلّ؛ قَالَ: رَمَيْتُ بأُمِّ الـخَـلِّ
حَبَّةَ قَلْبِهِ، فَلَـمْ يَنْتَعِشْ مِنْهَا ثَلاثَ لَـيَالٍ وَ
اْلـخَـلَّةُ: اَلْـخَمْرُ عَامَّةً، وَقِـيْلَ:
اَلْـخَـلُّ اَلْـخَمْرَةُ
اْلـحَامِضَةُ، وَهُوَ اْلقِـَياسُ.
Intinya khamar adalah cuka . Ada orang berkata : Saya
melempar hati seseorang dengan inti khamar ,lalu tidak bangun sampai tiga malam
.
الـخَـلَّة ( cuka ) adalah khamar
secara umum . Di katakan : Cuka adalah
khamar yang masam itulah kiyasnya . [20]
اَلـْخَـلِّ مِنْ عَصِيْرِ الْعِنَبِ وَالتَّمْرِ؛ قَالَ
أََبوُ مَنْصُوْرٍ: َلـْم أََسْمَعْ لِغَيْرِهِ أََنَّهُ يُقَالُ اِخْتَلَّ
الْعَصِيْرُ إِذَا صَارَ خَلاًّ،
Cuka adalah dari peresan anggur dan
kurma . Abu Mansur berkata : Aku tidak
mendengar selain cuka bila ada orang berkata : اخْتَلَّ
العصيرُ bila peresan tsb menjadi cuka .
وَكَلاَمُهُمْ
اَلْـجَيِّدُ: خَـلَّلَ شَرَابُ فُلاَنٍ إِذاَ فَسَدَ وَصَارَ خَلاًّ.
Perkataan
bangsa arab yang baik : Minuman fulan
telah menjadi cuka bila telah rusak .
وَكَذَلِكَ كُلُّ
مَا حَمُضَ مِنَ اْلأَشْرِبَةِ يُقَالُ لَهُ قَدْ خَـلَّلَ.
Begitu juga seluruh minuman yang
telah masam di beri nama cuka .
وَحَكىَ ابْنُ
اْلأَعْرَابِـي: اَلْـخَـلَّةُ اْلـخَمْرَةُ اْلـحَامِضَةُ،
Ibnul
a`rabi berkisah : “ Cuka adalah khamar yang sudah masam “. [21]
Abu
Hafes Umar Al ghoznawi Al hanafi , wafat 773 berkata :
حُجَّةُ
الشَّافِعِي رَحِمَهُ اللهُ مِنْ وَجْهَيْنِ
اَلْأَوَّلُ أَنَّ اللهَ تَعَالَى أَمَرَ بِاجْتِنَابِ الْخَمْرِ
بِقَوْلِهِ تَعَالَى فَاجْتَنِبُوْهُ وَفِي التَّخْلِيْلِ اِقْتِرَابٌ مِنَ
الْخَمْرِ فَيَحْرُمُ.
Landasan
Imam Syafii dari dua jalur .Pertama :
Sesungguhnya Allah taala memerintah untuk menjauhi khamar dalam firmanNya فَاجْتَنِبُوْهُ , bila menjadi cuka maka mendekati khamar dan
diharamkan . [22]
اَلثَّانِي
أَنَّ أَباَ طَلْحَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّىاللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ عَنْ تَحْلِيْلِ خَمْرِ اْليَتَامَى فَأَمَرَهُ بِاِرَاقَتِهَا فَلَوْ
كَانَ التَّخْلِيْلُ جَائِزًا َلأَمَرَهُ بِهِ فِي حَقِّ الْيَتَامَى
Kedua
: Sesungguhnya Abu Tholhah ra bertanya
tentang cuka dari khamar milik anak – anak yatim , lalu di perintah agar
di tumpahkan .Seandainya cuka di
perkenankan ,akan di perintah untuk hak anak yatim . [23]
وَقَالَ بِهَذَا
بَعْضُ أَهْلِ اْلعِلْمِ وَكَرِهُوا أَنْ يُتَّخَذَ الْخَمْرُ خَلاًّ
Sebagian
ulama ` menyatakan tidak suka khamar di
jadikan cuka .
Muhammad Abd rahman bin Abd Rahim Al Mubarkafuri
,lahir 1283 H. Wafat 1353 H. berkata :
قَالَ الْخَطَّابِي
فِي اْلمَعَالِمِ تَحْتَ حَدِيْثِ أَنَسٍ فِي هَذَا بَيَانٌ وَاضِحٌ أَنَّ
مُعَالَجَةَ الْخَمْرِ حَتَّى تَصِيْرَ جَاِئزًا وَلَوْ كَانَ إِلَى ذَلِكَ سَبِيْلٌ
لَكَانَ مَالُ اْليَتِيْمِ أَوْلَى اْلأَمْوَالِ بِهِ لِمَا يَجِبُ مِنْ حِفْظِهِ
وتثمِيْرِهِ وَالْحِيْطَةِ عَلَيْهِ وَقَدْ كَانَ نَهَى رَسُوْلُ اللهِ
صَلَّىاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ إِضَاعَةِ الْمَالِ فَعُلِمَ أَنَّ
مُعَالَجَتَهُ لاَ تُطَهِّرُهُ وَلاَ تَرُدُّهُ إِلَى الْماَلِيَّةِ بِحَالٍ اِنْتَهَى
Dalam
kitab al ma`aalim al khotthobi berkata
di bawah hadis Anas tersebut bahwa memeroses khamar menjadi cuka tidak
di perkenankan . Bila boleh,maka harta anak yatim lebih berhak untuk dipelihara
dan di kembangkan atau berhati – hati padanya . Rasulullah S.A.W. juga melarang menyiakan harta . Jelas khamar
di jadikan cuka tidak bisa di
katakan suci Atau boleh di jadikan harta
.[24]
وَعَنْ مَالِكٍ
ثَلاَثُ رِوَايَاتٍ أَصَحُّهَا عَنْهُ أَنَّ التَّخْلِيْلِ حَرَامٌ فَلَوْ
خَلَّلَهَا عَصَى وَطَهُرَتْ
Menurut
Imam Malik ada tiga riwayat , paling sahih menjadikan cuka tidak diperkenankan
. Bila di jadikannya termasuk durhaka
dan bisa suci . [25]
Aku
berkata : Pernyataan Imam Malik cuka suci perlu dalil dan aku belum menjumpainya . Khamar adalah kotor , Allah berfirman :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ
ءَامَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ
مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Hai orang-orang
yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk)
berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan
syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat
keberuntungan.[26]
Diktat ini kami tulis pada tgl 9 Robi ustsani 1426 H dan seluruh
keterangan atau tulisan kami yang
menyatakan cuka halal telah kami cabut .
Pergilah
ke blog kedua www.mantankyainu2.blogspot.com
Dan kliklah 4 shared mp3
jangan di panahnya.
[1] HR
Bukhori 2236
[2] HR
Muslim 2051
[3] Sunan Tirmizi
1841
[4] Sunan Tirmizi
1841
[5] HR
Muslim 2052
[6] .Tuhfatul ahwazi 465/5
[7] HR
Muslim 1983 ,Tirmizi 1294
[8] Sunan Tirmizi 1294
[9] HR Abu Dawud 3675
[10] Sunan Tirmizi .
[11] HR
Muslim 2052
[12] HR Nasai 5636
[13] HR Bukhori 5595
[14] HR
Muslim 1995ِ
[15] HR Nasai 5735
[16] HR
Tirmizi 1842
[17] Sunan Tirmizi
[18] majmauz zawaid 176/6
[19] HR Ibnu
Majah 3318 Tuhfatul ahwadzi 466/5
[20] Lisanularab 11/ 211
[21] Lisanul arab 11/212
[22] Al ghurroh al munifah 1/99
[23] Al ghurroh almunifah 99/1
[24] Tuhfatul ahwadzi 398/4
[25] Tuhfatulahwadzi 399/4
[26] Al maidah
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan