Kamis, Agustus 15, 2013

Jawabanku tentang kelemahan puasa Senin dan Kamis



Assalamu'alaikum, hal puasa senin/kamis ada hadits riwayat Abu Hurairah :
 "amal-amal itu diperlihatkan pada hari senin dan kamis, maka aku senang 
jika amalku ditampakkan pada saat aku sedang berpuasa." (HR At Tirmidzi),
 mohon jawaban, Suyudi-Bogor


Saya jawab:#
Wss.imam tirmidzi  sebdiri  .dnyatakan  hadis  tsb nyeleneh. Karena  itu  
bukhari   dan  muslim  tdk  meriwayatkannya 



Komentarku ( Mahrus ali): 

Hadis riwayat Tirmidzi sbb:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ رِفَاعَةَ عَنْ سُهَيْلِ بْنِ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ الْأَعْمَالُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ
قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ فِي هَذَا الْبَابِ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ
(TIRMIDZI - 678) : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Yahya telah menceritakan kepada kami Abu 'Ashim dari Muhammad bin Rifa'ah dari Suhail bin Abu Shalih dari ayahnya dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: " Pada hari senin dan kamis semua amalan dinaikkan kepada Allah ta'ala, maka saya lebih suka amalanku dinaikkan kepada-Nya ketika saya sedang berpuasa". Abu 'Isa berkata, dalam hal ini hadits Abu Hurairah merupakan hadits hasan gharib.

Komentarku ( Mahrus ali): 
Saya pernah mencantumkan dalam blog saya  perkataan Imam Ahmad bahwa kebanyakan  hadis gharib  adalah lemah.Namun saya lupa ditempat mana dan kapan saya melakukannya.

Khalid al Farisi bilang:
سئل الشيخ الطريفي عن صيام تطوع يوم الخميس فقال: لا يصح فيه شيء!!
Syaikh  At tahrifi ditanya tentang puasa  hari kamis, lalu beliau menjawab: Tiada hadis yang sahih tentang hal itu sedikitpun. [1]

Al Id juga berkata:
سمعت من احد طلبة العلم ان العلوان يقول بذلك وانا لم اسمعه بنفسي
Saya juga mendengar  dari penuntut ilmu bahwa Syaikh Al Ulwan  juga menyatakan seperti itu, tiada hadis  sahih tentang puasa kamis , tapi aku tidak mendengar sendiri.[2]

Al Bukhari menyatakan;
صدقت اخي العيد.

قال به شيخنا المحدث العلوان
Benar engkau wahai  Akhi al Id .  Syaikh  kami -  pakar ahli hadis al Ulwan juga menyatakan seperti itu. [3]
 Umar al Muqbil menyatakan:

ما ذهب إليه بعض المشايخ من توهين ما ورد في استحباب صيام الخميس ـ من حيث السند ـ هو الذي تبين لي من خلال جمع الأحاديث الواردة في ذلك ، في رسالتي الماجستير والتي كانت بعنوان ( زوائد السنن الأربع على الصحيحين في أحاديث الصيام ) وأشرف عليها شيخي الجليل د.إبراهيم اللاحم .

والله تعالى أعلم .
Pendapat sebagian masyayikh  tentang kelemahan hadis puasa Kamis  dari segi sanad adalah yang  benar  menurut pengkajianku  dalam mengumpulkan  hadis  - hadis tentang hal itu dalam  tesis Magisterku. Judulnya :  Tambahan   empat sunan kepada  sahih Bukhari dan Muslim tentang hadis puasa.
Tesis  itu atas bimbingan  syaikhku  al Jalil  Doktor  Ibrahim al lahim . [4]
    Wallohu a`lam .

Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smart freand) 081935056529 ( XL )
Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1
                           Waru Sidoarjo. Jatim.

 




[1] http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=5369
[2] http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=5369
[3] http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=5369
[4] http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=5369
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan