Senin, Oktober 28, 2013

Selasa Besok Pro Mursi Lanjutkan Demo Menentang Kudeta


Aliansi Nasional Pendukung Legitimasi mengumumkan akan  berpartisipasi dalam ‘Pawai Sejuta Manusia’  yang diselenggarakan pada  Selasa (29/10) dalam rangka mendukung ‘kemerdekaan kehakiman’  Mesir.

Aliansi yang terdiri atas berbagai organisasi anti kudeta militer Mesir  mengatakan pemerintah sementara  Mesir telah campur tangan terkait urusan peradilan di Mesir  dan mengecam "permusuhan terang-terangan yang dilakukan oleh pihak berwenang kudeta terhadap hakim terhormat Mesir,”  Daily News Egypt  yang dikutip MINA (Mi’raj News Agency) melaporkan.

Pernyataan Aliansi menunjuk ke masalah hukum yang dihadapi anggota Hakim untuk Gerakan Mesir dan juru bicaranya Waleed Sharaby, yang  sedang menghadapi sidang disiplin karena dituduh menghina hakim dan mengekspresikan pandangan politik, yang  dilarang  bagi hakim aktif di Mesir.

Aliansi pendukung presiden terguling Muhamad Mursi ini mengatakan Menteri Kehakiman Adel Abdel Hameed dan Ketua Klub Hakim Ahmed Al-Zend telah mendukung tindakan keras terhadap  kemerdekaan peradilan Mesir.

Aliansi menambahkan bahwa sidang petinggi  Ikhwanul Muslimin termasuk  ketuanya Muhamad Badie dan wakilnya Khairat Al-Shater  serta Rashad Bayoumi,  atas tuduhan pembunuhan demonstran di depan markas  Ikhwan pada 30 Juni, bermotif politik dan  penuh  banyak tanda tanya.

Aliansi yang  terus melakukan protes sejak kudeta 3 Juli lalu, menyerukan pembebasan  presiden Mursi dan sekitar 2000 petinggi serta anggota Ikhwan yang hingga kini di tahan militer Mesir,  mereka juga menyerukan demonstrasi  besar yang dijadwalkan pada Rabu (4/11).(T/P03/R2).


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan