Jumat, Oktober 25, 2013

Ayam halal atau haram - kajianku ke 4



Kajian hadis berkorban Ayam



Dalam suatu hadis bagi orang yang berangkat jumat waktu awal akan mendapat pahala bagaikan bersedekah unta ……………………….. Ayam dan telor . Hadisnya sbb:
إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ مَلَائِكَةٌ يَكْتُبُونَ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ فَإِذَا جَلَسَ الْإِمَامُ طَوَوُا الصُّحُفَ وَجَاءُوا يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ وَمَثَلُ الْمُهَجِّرِ كَمَثَلِ الَّذِي يُهْدِي الْبَدَنَةَ ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي بَقَرَةً ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي الْكَبْشَ ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي الدَّجَاجَةَ ثُمَّ كَالَّذِي يُهْدِي الْبَيْضَةَ
Bila hari Jumat tiba setiap pintu masjid terdapat malaikat  yang menulis manusia yang hadir dalam jumatan menurut urutan kedatangan mereka –  ke satu  - kedua dst.Bila imam  telah duduk, malaikat melipat lembaran, lalu datang untuk mendengarkan khutbah. Dan permulaan orang yang berangkat lebih pagi seperti orang yang memnerikan hadyu berupa unta, lantas  seperti orang yang memberikan hadyu berupa lembu, lalu seperti orang yang memberikan hadyu  domba, lantas seperti orang yang memberikan hadyu  Ayam, lalu seperti orang yang memberikan hadyu telor.[1]
Menurut riwayat Nasai ada tambahan sbb:
ثُمَّ كَالْمُهْدِي بَطَّةً ثُمَّ كَالْمُهْدِي دَجَاجَةً ثُمَّ كَالْمُهْدِي بَيْضَةً
…………………..Lantas seperti orang yang berhadyu dengan bébék, lalu seperti orang yang berhadyu dengan Ayam, lalu seperti orang yang berhadyu dengan telor. [2]

, ولأبي داود من حديث علي مرفوعا " إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمْعَةِ غَدَتْ الشَّيَاطِيْنُ بِرَايَاتِهَا إِلىَ اْلأَسْوَاقِ, وَتَغْدُو الْمَلاَئِكَةُ فَتَجْلِسُ عَلىَ بَابِ الْمَسْجِدِ فَتَكْتُبُ الرَّجُلَ مِنْ سَاعَةٍ وَالرَّجُلَ مِنْ سَاعَتَيْنِ "
Menurut riwayat Abu Dawud yang marfu` : Bila hari jumat tiba, maka setan – setan pergi dengan bendera – benderanya ke  pasar – pasar dan malaikat pergi  dan  duduk di pintu masjid, lalu menulis lelaki yang hadir di saat pertama atau kedua.[3]
Menurut riwayat Nasai yang lain ada tambahan sbb:
وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ دَجَاجَةً وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ عُصْفُورًا وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ بَيْضَةً
……………sebagaimana orang yang bersedekah dengan Ayam, seperti lelaki yang bersedekah dengan burung pipit dan seperti orang yang bersedekah dengan telor. [4] Lemah.
Abd Rauf Al Munawi berkata :
وَفِي صَحِيْحِ ابْنِ خُزَيْمَةَ طَائِرٌ بَدَلَ دَجَاجَة
Dalam sahih Ibnu Khuzaimah bukan Ayam tapi burung . [5]

Menurut riwayat Bukhori redaksinya lain sbb:
مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً
Barang siapa mandi di hari Jumat sebagaimana mandi jinabat, lalu berangkat jumatan maka seolah berkorban dengan unta…………………[6]
Hadis tsb menggunakan kalimat qorroba, menurut riwayat Bukhori yang lain menggunakan kalimat yuhdi artinya berhadyu.
Diriwayat Bukhori yang lain tidak menyebut seolah bersedekah unta dst tapi cukup sedemikian : Abu Hurairah ra berkata:
إِذَا كَانَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ كَانَ عَلَى كُلِّ بَابٍ مِنْ أَبْوَابِ الْمَسْجِدِ مَلَائِكَةٌ يَكْتُبُونَ الْأَوَّلَ فَالْأَوَّلَ فَإِذَا جَلَسَ الْإِمَامُ طَوَوْا الصُّحُفَ وَجَاءُوا يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ
Bila hari Jumat maka malaikat menjaga di setiap pintu – pintu masjid, menulis orang yang pertama hadir . Bila imam telah duduk, maka mereka melipat lembaran dan datang untuk mendengarkan hutbah.  [7]  Dalam hadis tsb tiada keterangan tentang pahala yang akan diberikan kepada orang – orang yang hadir di awal waktu.
Bersambung

Mau nanya hubungi kami:
088803080803.( Smartfren) 081935056529 ( XL )

Dengarkan pengajian - pengajianku

Alamat rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1 Waru Sidoarjo. Jatim.

[1] Muttafaq  alaih, Tafsir Qurthubi 165/2 Sunan kubra lil baihaqi 301/1 Mu`jam ausat 329/8  Ilal daroquthni 65/7  Miftahul jannah  29/1 Sahih Bukhori  19/70/3. Musnad Imam Ahmad 510/2. 474/2. 546/2 ,303,313/3. Sunan Darimi 363/1. Abu Dawud 14/2. Imam Malik dalam kitab Muwattho` 206/1 Ibnu Huzaimah 133/3. Sunan Al baihaqi 485/4. Sunan Nasai 526/1 Majmauz zawaid 397/2 Musnad Thoyalisi  314 / 1.Jamiul masanid 260 / 1 Attarghib wattarhib 289/1. Al fathul kabir 149/1. Umdatul ahkam  115/2 Thobari 219/2 Ahkamul quran  147/1 Al Mubdi` 295/3 Al kafi fii fiqhi imam ahmad bin Hanbal 295/1 Kassyaful qina` 530/2 Al mughni 72/2 Al manhajul qawim 381/1 Al um 196/1 Iaanatut tholibin 75/2 Bayanu man akhtho`a syafi`I 186/1. .Manarus sabil 364/2.Al mabsut lis sarkhosi 255/11.Attamhid libni Abdil bar 179/15. Al mudawwanah al kubra 442/2. Musnad Abu awanah 19/5.
[2] HR Nasai 1385.Sahih. Darimi 363 nomer hadis 1551.   
[3] Fathul bari nomer hadis 832.
[4] HR Nasai 1387. HR Nasai 1387.Lemah karena ada perawi bernama Ibnu ajlan yang kabur dalam menyampaikan hadis Abu Hurairah
[5] Faidhul qadir 422/1
[6]  HR Bukhori , hal 19 /3
[7] HR Bukhori 3141, hal 448/6
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan