Weny menulis :
Lagi pula bila azab kubur (yang bukan mimpi) benar adanya, yang
dikhawatirkan kita ingkar kepada sunnah yang berakibat pada keimanan/Aqidah. Padahal
kita diseru untuk membenarkan apa-apa yang datang dari Rasul tanpa kecuali. “Apa
yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah.” 59/7
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kita percaya kpd adanya
adzab kubur yg bukan mimpi jg hrs punya dalil. Dan kita tdk beriman
adanya siksa kubur jg hrs punya dalil. Keduanya sm fungsinya yaitu akan
beresiko pd akidah.
Bila kita beriman pd siksa kubur , kita akan kufur pd ayat 51
– 53 yasin yg menyatakan mayat tidur.
Bila kita tdk beriman
adanya siksa kubur, mk kita beriman pd ayat
tsb dan tdk mendustakannya. Tdk percaya pd ayat , resikonya lebih besar.
Allah berfirman:
بَلْ هُوَ ءَايَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي
صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا
الظَّالِمُونَ
Sebenarnya, Al Qur'an itu adalah ayat-ayat yang nyata di
dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat
Kami kecuali orang-oang yang zalim. Ankabut 49
وَإِذَا غَشِيَهُمْ مَوْجٌ كَالظُّلَلِ دَعَوُا اللَّهَ
مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ فَمِنْهُمْ
مُقْتَصِدٌ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا كُلُّ خَتَّارٍ كَفُورٍ
Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka
menyeru Allah dengan memurnikan ajaran kepada-Nya maka tatkala Allah
menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh
jalan yang lurus. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang
yang tidak setia lagi ingkar.
وَكَذَٰلِكَ أَنزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ ۚ
فَالَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۖ وَمِنْ هَٰؤُلَاءِ مَن
يُؤْمِنُ بِهِ ۚ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الْكَافِرُونَ
( 47 ) Dan demikian (pulalah)
Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran). Maka orang-orang yang telah kami
berikan kepada mereka Al Kitab (Taurat) mereka beriman kepadanya (Al Quran); dan
di antara mereka (orang-orang kafir Mekah) ada yang beriman kepadanya. Dan
tiadalah yang mengingkari ayat-ayat kami selain orang-orang kafir. Al ankbaut 50
.
Orang yg iman kpd siksa kubur , ber arti kufur pd 51 – 53
yasin dan akan beresiko menjadi kafir
dan dhalim sesuai dg ayat 49 -
50 ankabut . Bila tdk
mengimaninya, mk mn ayat yg bikin
kita kufur atau zhalim.
Anda menyatakan lg :
Kemudian bila azab kubur hanya mimpi, maka apakah salah bila
berlindung darinya (azab kubur/mimpi buruk)?.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kita tunggu tuntunan
dr Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
ttg doa perlindungan dr mimpi dikuburan spt Firaun
dn bala tentaranya atau
perlindungan siksa kubur yg sahih, tdk tafarrud dan tdk bersama an dg doa
perlindungan dr fitnah Dajjal. Sbb keberadaan Dajjal sendiri masih
dipertentangkan di kalangan ulama dan
tunggulah bahasan kami tentang item ini
di masa mendatang scr obyektif dan detil.
Adi hikmat menulis :
Bismillah : Afwan Kyai
🙏
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : « مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ
الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلَّا وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ »
Artinya: "Dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu anhuma, ia
berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang
muslim meninggal dunia pada hari Jumat atau pada malamnya melainkan Allah akan
melindunginya dari fitnah (pertanyaan) kubur.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Humaid,
Abu Ya'la, dan Al-Baihaqi)
Derajat hadits ini diperselisihkan oleh para ulama hadits. Ada diantara mereka yg
menilainya sebagai hadits dhoif, seperti Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani, Al-Mundziri,
Syaikh Syu'aib Al-Arnauth, dan selainnya. Dan ada pula yang menilainya sebagai
hadits Maudhu.
Imam At-Tirmidzi berkata: "Hadits ini Ghorib, dan
sanadnya tidak tersambung (kpd Nabi shallallahu 'alaihi wasallam)."
Namun ada pula sebagian ulama hadits lain yg menilai bahwa
derajat hadits ini HASAN, spt imam Suyuthi dan Syaikh Al-Albani rahimahumullah.
Syaikh Al-Albani berkata di dalam Ahkamul Jana-iz: "Hadits
ini berdasarkan banyaknya jalur periwayatannya (yang saling mendukung dan
menguatkan) derajatnya HASAN atau SHOHIH."
Dan hadits ini jika kita memandang derajatnya HASAN atau
SHOHIH sbgmn penilaian imam Suyuthi dan Syaikh Al-Albani.
Maka ini telah menunjukkan penetapan adanya fitnah (pertanyaan
dan siksa) kubur.
Mohon tanggapan Kyai sekaligus mempertegas kedudukan riwayat
di atas menurut para ulama hadits
JazakAlloh khoir
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Syaikh Ali Al Thorobulusi menyatakan :
وكأن الخبر الذي ورد في فضل الموت يوم الجمعة لم يصح عند
البخاري، فاقتصر على ما وافق شرطه، وأشار إلى ترجيحه على غيره . والحديث الذي أشار
إليه [ يعني: ابن الْمُنَيِّر ] أخرجه الترمذي من حديث عبد الله بن عمرو- رضي الله
عنهما- مرفوعًا: "ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة إلا وقاه الله
فتنة القبر"، وفي إسناده ضعف، وأخرجه أبو يعلى من حديث أنس –رضي الله عنه- نحوه
وإسناده أضعف. اهـ
Intinya hadis tsb
lemah menurut Imam Bukhari dan
tdk sesuai dg persaratan perawi Bukhari.
https://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=99389
ما من مسلم يموت يوم الجمعة ، أو ليلة الجمعة ، إلا وقاه
الله تعالى فتنة القبر
الراوي: عبدالله بن عمرو بن العاص المحدث: الألباني - المصدر:
صحيح الجامع - الصفحة أو الرقم: 5773
خلاصة الدرجة: حسن
https://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=99389
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Menurut al albani hadis tsb hasan .
Lht sanadnya sbb:
تحفة الأحوذي (4/ 187)
ـ حدثنا مُحَمّدُ بنُ بَشّارٍ. حدثنا عَبْدُ الرّحْمَنِ بنُ مَهْدِي و
أَبُو عَامِرٍ الْعَقَدِيّ قالاَ: أخبرنا هِشَامُ بنُ سَعْدٍ عَنْ سَعِيدِ بنِ أبي
هِلاَلٍ، عَنْ رَبِيعَةَ بنِ سَيْفٍ، عَنْ عَبْدِ الله بنِ عَمْروٍ، قالَ: قالَ
رسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: "مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ
الْجُمعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمعَةِ إلا وَقَاهُ الله فِتْنَةَ الْقَبْرِ".
تحفة الأحوذي (4/ 188)
قال أبو عيسى: هذا حديثٌ غَرِيبٌ. قال: وهذا حديث ليْسَ
إِسْنَادُهُ بِمُتصِلٍ. رَبِيعَةُ بنُ سَيْفٍ، إنما يرْوِيَ عَنْ أبِي عَبْدِ
الرّحْمنِ الحُبُلّي، عَنْ عَبْدِ الله بنِ عَمْروٍ. وَلاَ نَعْرِفُ لِرَبِيعَةَ
بنِ سَيْفٍ سَمَاعاً مِنْ عَبْدِ الله بنِ عَمْرو.
Imam Tirnidzi menyatakan hadis gharib, sanadnya tdk
bersambung. Rabiah bin Saif mestinya mendengar dr Abu Abd Rahman al Hubulli dr Abdullah bin Amar . Kami tdk tahu Rabi`ah
mendengar hadis langsung dr Abdullah bin Amar.
Ber arti sanad terputus, tdk bersambung. Pd hal sarat hadis
sahih , sanad hrs bersambung. Bila terputus hrs dikatakan lemah.
عائشة الأنصارية
ما قصده الإمام الترمذي بقوله غريب
ـ أي أنه لم يعرف عند أهل الحديث من هذا الطريق أو بهذه
الصيغة أو غير ذلك
Intinya Maksud kalimat
gharib menurut Imam Tirmidzi , yakni
menurut ahli hadis , hadis tsb
tdk di kenal , atau redaksinya tdk di
kenal dll.
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=72390
التنوير شرح الجامع الصغير (9/ 509)
رمز المصنف [4/ 150] لضعفه لأنه قال الترمذي: غريب وليس
بمتصل لا يعرف لربيعة بن سيف سماعا من ابن عمرو انتهى، وربيعة هو راويه عن ابن
عمرو من طريقه ساقه الترمذي، وقد أخرج من طريق أخرى متصلاً إلا أنه ضعفه المنذري.
Dlm kitab al tanwir, hadis tsb di beri tanda lemah. Sbb
Tirmidzi sendiri sdh menyatakan lemah dan sanadnya tdk sambung…………………… , hadis
itu jg punya sanad lain yg nyambung. Tp al Mundziri ttp melemahkan.
فتح الباري لابن حجر (3/ 253)
وَفِي إِسْنَادِهِ ضَعْفٌ وَأَخْرَجَهُ أَبُو يَعْلَى
مِنْ حَدِيثِ أَنَسٍ نَحْوَهُ وَإِسْنَادُهُ أَضْعَفُ
Intinya Ibn Hajar menyatakan sanadnya lemah.
عمدة القاري شرح صحيح البخاري (8/ 218)
قلت: هَذَا حَدِيث انْفَرد بِإِخْرَاجِهِ التِّرْمِذِيّ، وَقَالَ: هَذَا
حَدِيث غَرِيب، وَلَيْسَ إِسْنَاده بِمُتَّصِل لِأَن ربيعَة بن سيف يرويهِ عَن
ابْن عمر، وَلَا يعرف لَهُ سَماع مِنْهُ، فَلذَلِك لم يذكرهُ البُخَارِيّ، فاقتصر
على مَا وَافق شَرطه.
Intinya : Pengarang Umdatul qari jg menyatakan : Bahwa Hanya
Imam Tirmidzi yg meriwayatkannya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tdk benar apa yg dikatakan oleh pengarang kitab Umdatul qari.
Sbb hadis tsb jg diriwayatkan oleh Imam
Ahmad, Nasai dan Abu Dawud. Liht
buktinya sbb:
المسند الجامع (11/ 59)
أخرجه أحمد 2/168 (6574) قال: حدَّثنا أبو عبد الرحمن،
حدَّثنا سعيد. وفي 2/223 (7082) قال: حدَّثنا عبد الله بن يزيد، قال: حدَّثنا
حَيْوَة. و"أبو داود" 3123 قال: حدَّثنا يزيد بن خالد بن عبد الله بن
مَوْهَب الْهَمْدَاني، حدَّثنا المُفَضَّل. و"النَّسائي" 4 /27 , وفي "الكبرى"
2019 قال: أَخْبَرنا عُبيد الله بن فَضَالَة بن إبراهيم. قال: حدَّثنا عبد الله،
هو ابن يزيد المقرئ (ح) وأنبأنا محمد بن عبد الله بن يزيد المقرئ، قال: حدَّثنا
أبي، قال سعيد.
ثلاثتهم (سعيد بن أبي أيوب، وحَيْوة بن شريح، ومُفَضَّل
بن فَضَالة) عن ربيعة بن سَيْف المَعَافِري، عن أبى عبد الرحمن الحُبُلي، فذكره.
- قال أبو عبد الرحمن النَّسائي: ربيعة ضعيفٌ
Intinya hadis itu jg diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu
Dawud, Nasai , Baihaqi . Dan sumbernya hanya dari Rabi`ah bin
Saif . Bukan orang lain . Liht identitasnya sbb:
ــ ربيعة بن سيف بن ماتع
المعافرى الصنمى الإسكندرانى
المولد :
الطبقة : 4 : طبقة
تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 120 هـ تقريبا
روى له : د ت س
مرتبته عند ابن حجر : صدوق له مناكير
مرتبته عند الذهبـي : قال الدارقطنى : صالح ، و قال البخارى
: عنده مناكير
1906
Rabi`ah sbg sumber keberadaaan orang yg mati pd malam atau hari jumat akan
selamat dr fitnah kubur adalah perawi
Mesir bukan perawi Madinah. Hanya dia
centernya , dia sumber
keberdaaan hadis tsb. Jd tafarrudnya
padanya .Seratusan tahun hijriyah, hanya
satu orang itu yg tahu hadis itu. Mayoritas sahabat tdk kenal pd nya
atau hadisnya.
Bukhari menyatakan : Banyak hadis munkar yg diriwayatkan oleh Rabi`ah.
وقال الدارقطني : مصري صالح.
# وذكره ابْن حبان في كتاب الثقات ،
وقال : كان يخطئ كثيرا.
# وقال أبو سعيد بْن يونس : في
حديثه مناكير ، توفي قريبا من سنه عشرين ومئة أيام هشام بْن عبد الملك.
++ روى له أبو داود الترمذي ،
والنسائي.
library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?hflag=1&bk_no=1857&pid=646889
Daroquthni bilang : Dia perawi Mesir yg salih.
Ibn Hibban dlm kitab Tsiqat menyatakan : Dia sering keliru.
فتح الغفار الجامع لأحكام سنة نبينا المختار (2/ 639)
وذكر السيوطي في أبياته التثبيت أن الترمذي حسن هذا الحديث، ولم أجد
ذلك في نسختي من الترمذي.
Pengarang kitab fathul Ghaffar menyatakan bahwa Imam Suyuthi
menyebutkan dlm sebagian baitnya bahwa
Imam Tirmidzi menghasankan hadis tsb . Tp aku tidk menjumpainya dlm naskah dr
Imam Tirmidzi .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jd bukan Imam Suyuthi menghasankan hadis itu tp imam Suyuthi
menyebut bahwa Imam Tirmidzi menghasankan. Dan kelirulah apa yg di katakan oleh
Imam Suyuthi. Imam Tirmidzi tadi menyatakan
gharib dan sanadnya tdk bersambung. Bila pernyataan Imam Suyuthi itu
dibenarkan, mk kita menyalahi data yg
ada. Kita akan mengikuti kekeliruan, dan kita tdk taklid buta tp kita ikut
ajaran scr obyektif dan transparan, bukan taklid buta dan serba samar, serba
tertutup. Kita buka semuanya dan kita fair untuk menumpas kekeliruan dan
menegakkan kebenaran.
Al bani menghasankan
hadis tsb atas dasar kumpulan
jalur jalur riwayatnya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jalur – jalur yg mana? Perlu penjelasan. Sayang tdk
dijelaskan. Mestinya hrs di jelaskan.
Al Mundziri sj sdh
menyatakan jalur – jalur lainnya ttp lemah.
Dr sg sanad lemah , karena tafarrud tadi , jg karena unsur
perawi Rabi`ah yg sering meriwayatkan hadis – hadis munkar bahkan sering keliru.
Dari segi redaksinya
jg masih perlu jg di tanyakan apakah maksud fitnah kubur itu ?
Kebanyakan ulama
menyatakan fitnah kubur itu pertanyaan malaikat Munkar dan Nabkir .
كشف المشكل من حديث الصحيحين (4/ 36)
وَإِنَّمَا الْمَعْنى أَمن فتْنَة الْقَبْر، وَهِي سُؤال
الْملك
Makna fitnah kubur adalah pertanyaan dua malaikat.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila mayat ditanya , mk roh hrs dikembalikan ke tubuhnya. Mayat
hrs hidup dikuburan agar bisa menjawab.
Bila roh tdk dikembalikan ke tubuh, mk mayat tdk bisa
menjawab.
Bila mayat hidup dikuburan, mk dia mengalami hidup tiga
kali - yaitu hidup didunia, hidup
dikuburan dan hidup setelah hari kebangkitan . jd dia mengalami hidup tiga kali . Dan ini akan menyalahi ayat :
قَالُوا رَبنَا أمتنَا اثْنَتَيْنِ وأحييتنا اثْنَتَيْنِasa
11 ) Mereka menjawab: "Ya Tuhan kami Engkau
telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula). Ghafir
11.
Hidup itu hanya dua
kali, bukan tiga kali atau lebih. Hidup didunia
dan kelak ketika dibangkitkan akan masuk surga atau Neraka. Jadi
bila di kuburan manusia dihidupkan untuk di tanya mk hidupnya
tiga kali dan ini nyalahi ayat
itu.
أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ
يُبْعَثُونَ
( 21 ) (Berhala-berhala
itu atau mayat - mayat yg di mintai ) mati tidak hidup, dan
mereka tidak mengetahui bilakah
penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai tdk mengerti kapan di bangkitkan.
Dlm ayat 16 al
mukminun itu diterangkan dg gamblang bahwa
pd hari kiamat mayat di
bangkitkan, rohnya di kembalikan, bukan
dikuburan.
Mayat tdk ngerti kpn mereka dibangkitkan.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan