Kajian hadis siksa kubur ke 12
Ada
redaksi yg kurang berkenan, artinya menyalahi ayat sbb:
Doa yg biasa di bc
dikalangan pengikut madzhab syafii
ketika melakukan salat jenazah sbb:
اللـّٰهُمَّ ان هَذَا عَبْدُكَ وَابْنَ عَبْدَيْكَ خَرَجَ
مِنْ رُوْحِ الدُّنْيَا وَسَعَتِهَا وَمَحْبُوْبُهُ وَاَحِبَّائُهُ فِيْهَا اِلَى
ظـُـلْمَةِ اْلقَبْرِ وَمَا هُوَ لَا قِيْهِ كـَانَ يَشْهَـدُ اَنْ لَا اِلَهَ
اِلَّا اَنْتَ وَحْدَكَ لَا شَرِيْكَ لـَـكَ وَاَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ
وَرَسُوْلـُـكَ وَاَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنَّا اللـّٰهُمَّ اِنَّهُ نَزَلَ بِكَ
وَاَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَاَصْبَحَ فـَـقِـيْرًا اِلـَى رَحْمَتِكَ
وَاَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقـَـدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ اِلـَـيْكَ شُفـَـعَاءَ
لـَـهُ اللـّٰهُمَّ اِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ اِحْسَانِهِ وَاِنْ كـَانَ
مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلـَـقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ
اْلقـَـبْرِ وَعَــَذابَهُ وَافْسَحْ لـَـهُ فِيْ قـَــبْرِهِ وَجَافِ اْلاَرْضَ
عَنْ جَنْبَيْهِ وَلـَــقـِّـهِ بِرَحْمَتِكَ اْلاَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ حَتَّى
تَبْعَثَــهُ آمِنًا اِلـَى جَنَّتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Ya Allah, mayat ini adalah hamba-Mu dan anak dari dua hamba-Mu.
Dia keluar dari kesenangan dan kelapangan dunia, yang dia cintai sementara
orang-orang yang mencintainya berada di sana ,
menuju kegelapan kubur dan perkara-perkara yang akan dijumpainya. Dahulu dia bersaksi bahwa tiada
yang berhak disembah kecuali Engkau semata yang tiada sekutu bagi-Mu dan bahwa
Muhammad adalah hamba dan Rosul-Mu. Engkau lebih mngetahuinya daripada kami. Ya Allah, dia kembali kepada-Mu, sedangkan
Engkau adalah sebaik-baik tempat kembali. Dia sangat membutuhkan rahmat-Mu, sedangkan
Engkau tdk butuh untuk mengadzabnya. Kami mendatangi-Mu seraya mengharap kepada-Mu
agar memberikan syafa’at untuknya. Ya Allah, jika dia orang yang baik, maka
tambahkanlah kebaikannya. Jika dia orang yang
jahat, maka ampunilah
keburukannya . Berilah dia keridhoan-Mu dengan rahmat-Mu. Jagalah dia dari fitnah kubur dan
adzabnya. Luaskanlah kuburnya. Jauhkanlah bumi dari kedua sisi badannya ( jgn sampai bumi menghimpitnya ) Berilah dia
rasa aman dari adzab-Mu kpd rahmat-Mu hingga Engkau membangkitkannya dalam keadaan
aman menuju surga-Mu dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Maha Pengasih.
قال البيهقي والمتولي وآخرون من الأصحاب : التقط الشافعي من مجموع
الأحاديث الواردة دعاء ورتبه واستحبه ، وهو الذي ذكره في مختصر المزني وذكره
المصنف هنا . وفي التنبيه وسائر الأصحاب قال : يقول " اللهم هذا عبدك وابن
عبدك خرج من روح الدنيا
Intinya menurut Al baihaqi , Mutawalli dan ashab yg
lain , doa tsb adalah karya Imam Syafii yg beliau
simpulkan dr beberapa hadis .
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=3031&idto=3032&bk_no=14&ID=1946
Boleh jg dilihat disini :
شرح المشكاة للطيبي الكاشف عن حقائق
السنن (4/ 1394)
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kalau asli dr
hadis dg redaksi spt itu tdk ada atau sy tdk menemuinya.
وَقِهِ فِتْنَةَ اْلقـَـبْرِ وَعَــَذابَهُ وَافْسَحْ
لـَـهُ فِيْ قـَــبْرِهِ وَجَافِ اْلاَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ
Jagalah dia dari fitnah kubur dan adzabnya. Luaskanlah
kuburnya. Jauhkanlah bumi dari kedua sisi badannya ( jgn sampai bumi menghimpitnya
Siksa kubur bila di
benarkan, mk kita akan menyalahi
ayat 51 surat Yasin yg menjelaskan bahwa
mayat dikuburan bgaikan orang tidur sampai
di bangkitkan dr kuburnya. Logikanya
, bila disiksa mk tdk akan bisa tidur.
Bila disksa , mk
siksaan kpd benda mati yaitu
tubuh mayat yg tdk ada rohnya sbgmn dulu dijlskan oleh Ibn Qayyim al Jauzi .
Bila ada rohnya, artinya roh di kembalikan lg , mk kita tdk punya
dalil dan akan bertentangan dy ayat :
قَالُوا رَبنَا أمتنَا اثْنَتَيْنِ وأحييتنا اثْنَتَيْنِ
11 ) Mereka menjawab: "Ya Tuhan kami Engkau
telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula). Ghafir
11.
Hidup itu hanya dua
kali, bukan tiga kali atau lebih. Hidup didunia
dan kelak ketika dibangkitkan akan masuk surga atau Neraka. Jadi
bila di kuburan manusia dihidupkan untuk di tanya atau
disiksa mk hidupnya
tiga kali dan ini nyalahi ayat
itu.
Bila yg disiksa itu rohnya sj mk spt orang mimpi sj.
Bila kita percaya
siksa kubur , myt dipukuli mk kita mendustakan ayat 51 Yasin tadi dan ini bisa bikin kafir . Dlm
fatwa Islam web di katakana :
فأما إنكار آية من القرآن الكريم فهو كفر بلا شك
http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=280663
Ingkar pd ayat dr al
Quran yg mulia mk kufur
tanpa ragu lg .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dalilnya :
وَالَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا
عَنْهَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ
( 36 ) Dan orang-orang
yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, mereka itu
penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. Al a`raf.
Bagi orang yg tdk percaya siksa kubur , mk sdh
cocok dg ayat 51 yasin dan ayat yg lain . itulah akidah yg
benar menurut ahlul quran. Ikutilah ayat ini :
وَتَرَى كُلَّ أُمَّةٍ جَاثِيَةً كُلُّ أُمَّةٍ تُدْعَى إِلَى
كِتَابِهَا الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ مَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ(28) الجاثية.
( 28 ) Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat
berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada
hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan. Jatsiyah
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Maksud “hari itu” adalah hari setelah kebangkitan bukan
sebelumnya, bukan di kuburan. Balasan adzab atau nikmat diberikan
setelah hari kebangkitan.
Info
pembangunan masjid berlantai tanah .
11/12/2016 . Bayar 2 tukang
satu kuli 3 hari 900 ribu.
Bagi yg lain bila ingin salurkan sumbangan
bisa japri pd sy dg no telp 08883215524 atau langsung ke rek sy bca 2160591725
an Mahrus ali .
Sedikit atau
banyak bukan masalah . Tp partisipasi anda yg sy harapkan untuk wujudkan
masjid berlantai tanah.
Setelah transfer , telp atau sms kepada saya
agar sy bisa tahu dan bisa
mendoakan untuk nya.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan