Kajian hadis siksa
kubur ke 15
Hanif menulis : Jenazah
Disiksanya Mayit yang Diratapi
عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ عَنْ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمَيِّتُ يُعَذَّبُ بِمَا
نِيحَ عَلَيْهِ
1304-1616. Dari Ibnu Umar, dari Umar bin Khatab dari Nabi SAW, beliau
bersabda, "Mayit itu akan disiksa karena ada yang meratapinya. “ Shahih: Al
Ahkam (28). Muttafaq Alaih.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Lihat sanad hadis yg muttafaq alaih tsb sbb:
حَدَّثَنَا عَبْدَانُ قَالَ أَخْبَرَنِي أَبِي عَنْ
شُعْبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ
أَبِيهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
الْمَيِّتُ يُعَذَّبُ فِي قَبْرِهِ بِمَا نِيحَ عَلَيْهِ
تَابَعَهُ عَبْدُ الْأَعْلَى حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ
زُرَيْعٍ حَدَّثَنَا سَعِيدٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ وَقَالَ آدَمُ عَنْ شُعْبَةَ
الْمَيِّتُ يُعَذَّبُ بِبُكَاءِ الْحَيِّ عَلَيْهِ
Intinya hadis tsb dr Qatadah dikitab manapun dan kapanpun .
Identitasnya :
ــ قتادة بن
دعامة بن قتادة ، و يقال قتادة بن دعامة بن عكابة ، السدوسى ، أبو الخطاب البصرى
المولد : 60 هـ
أو 61 هـ
الطبقة : 4 : طبقة
تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 100 و بضع عشرة هـ بـ واسط
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
مرتبته عند الذهبـي : الحافظ
mausuah ruwatil hadis 5518.
Intinya:
Qatadah adalah tingkat empat
setelah pertengahan tabiin.
Jd sekitar 90 th
setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
wafat kalangan tabiin tiada yg kenal hadis itu kcl Qatadah . Sampai mati
kebanyakan sahabat tdk kenal hadis itu
dan tdk memiliki akidah mayat disiksa
karena di ratapi.
Jd hadis tsb lemah karena perawi tunggal Irak itu.
المسند الجامع (10/ 224)
عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم:
مَنْ يُنَحْ عَلَيْهِ فَإِنَّهُ يُعَذَّبُ بِمَا نِيحَ
عَلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.
أخرجه أحمد 2/60 (5262) ، قالا: حدثنا وكيع، عن سعيد بن
عُبَيْد، عن عُبادة بن الوليد بن عبادة، فذكره.
المسند الجامع (10/ 224)
- عَنْ سَالِمٍ , عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ:
إِنَّ الْمَيِّتَ يُعَذَّبُ بِبُكَاءِ الْحَىِّ.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya mayat di siksa
karena ditangisi orang yg hidup.
أخرجه أحمد 2/134 (6182) قال: حدثنا يعقوب، حدثنا عاصم بن
مُحَمَّد. و"مسلم" 3/44 (2108) قال: حدثني حَرْملة بن يحيى، حدثنا عبد
الله ابن وَهْب.
كلاهما (عاصم بن مُحَمَّد، وعبد الله بن وَهْب) عن عُمر
بن مُحَمَّد، أن سالمًا حَدًثه، فذكره.
Intinya hadis tsb dari Umar bin Muhammad - perawi Asqalan , lihat identitasnya : ‘
ــ عمر بن محمد بن زيد بن عبد الله بن عمر بن
الخطاب القرشى العدوى العمرى ، أبو حفص المدنى ( نزيل عسقلان ، أخو زيد و عاصم )
المولد :
الطبقة : 6 : من
الذين عاصروا صغارالتابعين
الوفاة : قبل 150 هـ بـ عسقلان
روى له : خ م د س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : ثقة
4965
Intinya dia penduduk Asqalan – yg meriwayatkan hadis tsb
bukan penduduk Medinah. Bahkan meninggalnya di Asqalan.
Andaikan dia penduduk Medinah, ttp hadis itu tertolak
karena bertentangan dengan ayat :
أَلاَّ تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى وَأَنْ لَيْسَ
لِْلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى
“Artinya : Bahwa seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa
orang lain. Dan bahwasanya manusia tidak akan memperoleh (kebaikan) kecuali apa
yang telah ia usahakan” [An-Najm : 38-39]
Tangisan dari orang
hidup di dunia , tp mayat dikuburan malah di siksa . ini sangat keliru.
Ia bertentangan dg hadis muttafaq alaih ,
أَلَا تَسْمَعُونَ إِنَّ اللَّهَ لَا يُعَذِّبُ بِدَمْعِ
الْعَيْنِ وَلَا بِحُزْنِ الْقَلْبِ وَلَكِنْ يُعَذِّبُ بِهَذَا وَأَشَارَ إِلَى
لِسَانِهِ أَوْ يَرْحَمُ
" Apakah kalian tdk mendengar ?, sesungguhnya Allah tidak
mengadzab seseorang karena disebabkan air mataa atau perasaan sedih (dari orang
yang ditinggalkannya) akan tetapi Dia mengadzab karena disebabkan oleh ini (beliau
memberi isyarat pada lisannya), atau Dia akan mengasihinya." Muttafaq alaih
Ia jg bertentangan dg hadis :
إِنَّ الْعَيْنَ تَدْمَعُ وَالْقَلْبَ يَحْزَنُ وَلَا
نَقُولُ إِلَّا مَا يَرْضَى رَبُّنَا وَإِنَّا بِفِرَاقِكَ يَا إِبْرَاهِيمُ
لَمَحْزُونُونَ
"Kedua mata
mencucurkan air mata, hati
bersedih, hanya kita tidaklah mengatakan kecuali apa yang diridhai oleh
Rabb kita. Dan kami dengan perpisahan ini wahai Ibrahim bersedih". HR Bukhari.
المسند الجامع (15/ 405)
- عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ، عَنِ
الْمُغِيرَةِ، رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه
وسلم يَقُولُ:
إِنَّ كَذِبًا عَلَيَّ لَيْسَ كَكَذِبٍ عَلَى أَحَدٍ،
مَنْ كَذَبَ عَلَيَّ مُتَعَمِّدًا، فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ.
سَمِعْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ:
مَنْ نِيحَ عَلَيْهِ يُعَذَّبُ بِمَا نِيحَ عَلَيْهِ (1291)
Intinya : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Barang siapa yg di ratapi , mk
akan tersiksa karenanya.
أخرجه أحمد 4/245 (18320 و18321) قال: حدَّثنا قُرَّان
ابن تَمَّام، عن سَعِيد بن عُبَيْد الطَّائِي. وفي 4/252 (18388 و18389) قال: حدَّثنا
يَحيى ابن سَعِيد، عن سَعِيد بن عُبَيْد. وفي 4/255 (18426) قال: حدَّثنا وَكِيع،
حدَّثنا سَعِيد بن عُبَيْد الطَّائِي، ومُحَمد بن قَيْس الأَسَدِي. و"البُخَارِي"
2/102 (1291) قال: حدَّثنا أبو نُعَيْم، حدَّثنا سَعِيد بن عُبَيْد. و"مسلم"1/8
(6) قال: حدَّثنا مُحَمد بن عَبْد الله بن نُمَيْر، حدَّثنا أَبي، حدَّثنا سَعِيد
ابن عُبَيْد. وفي 1/8 (7) و3/45 (2114) قال: وحدَّثني على بن حُجْر السَّعْدِي،
حدَّثنا علي ابن مُسْهِر، أَخْبَرنا مُحَمد بن قَيْس الأَسَدِي. وفي 3/45 (2113) قال:
حدَّثنا أبو بَكْر بن أَبي شَيْبَة، حدَّثنا وَكِيع، عن سَعِيد بن عُبَيْد
الطَّائِي، ومُحَمد بن قَيْس. وفي (2115) قال: وحدَّثناه ابن أَبي عُمر، حدَّثنا
مَرْوَان، يَعْنِي الفَزَارِي، حدَّثنا سَعِيد بن عُبَيْد الطَّائِي. و"التِّرمِذي"1000
قال: حدَّثنا أحمد بن مَنِيع، حدَّثنا قُرَّان بن تَمَّام، ومَرْوَان بن المسند
الجامع (15/ 406)
مُعَاوِية، ويَزِيد بن هارون، عن سَعِيد بن عُبَيْد
الطَّائِي.
كلاهما (سَعِيد بن عُبَيْد، ومُحَمد بن قَيْس) عن علي بن
رَبِيعَة الوَالِببي الأَسَدِي، فذكره.
Intinya hadis “Barang
siapa yg di ratapi , mk akan tersiksa karenanya “ .di riwayatkan oleh siapapun dan di kitab manapun , hanya
dari Ali
bin Rabi`ah perawi tunggal Irak . Identitasnya sbb:
ــ على بن ربيعة بن نضلة الوالبى ، الأسدى و يقال
البجلى ( و قيل : إنهما اثنان ) أبو المغيرة الكوفى
المولد :
الطبقة : 3 : من
الوسطى من التابعين
الوفاة :
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : لم يذكرها
4733
Intnya : Dia bernama Abul Mughirah perawi Kufah – Irak, bukan
perawi Medinah.
Perawi Madinah tdk kenal hadis tsb. Mayoritas sahabat tdk tahu , bgt jg mayoritas tabiin. Dan ini tanda kelemahan.
Hadis – hadis tsb
tdk bisa di buat pegangan untuk
keberadaan siksa kubur
Bersambung………………………..
Artikel Terkait
Siksa kubur
- ayat 27 Ibrahim tentang siksa kbur
- Kajian siksa kubur ke 10
- Kajian siksa kubur ke 8
- Kajian tentang siksa kubur ke7 ( اللهم إنَّي أعوذُ بكَ من عذابِ القبرِ وأعوذُ بكَ من فتنَةِ المسيحِ
- siksa kubur ke 6 وَلَوۡ تَرَىٰۤ إِذِ ٱلظَّـٰلِمُونَ فِی غَمَرَ ٰتِ ٱلۡمَوۡتِ وَٱلۡمَلَـٰۤىِٕكَةُ بَاسِطُوۤا۟ أَیۡدِیهِمۡ أَخۡرِجُوۤا۟ أَنفُسَكُمُۖ ٱلۡیَوۡمَ تُجۡزَوۡنَ عَذَابَ ٱلۡهُونِ بِمَا كُنتُمۡ تَقُولُونَ عَلَى ٱللَّهِ غَیۡرَ ٱلۡحَقِّ وَكُنتُمۡ عَنۡ ءَایَـٰتِهِۦ تَسۡتَكۡبِرُونَ
- kajiaan siksa kubur ke 7 اللهم إنَّي أعوذُ بكَ من عذابِ القبرِ وأعوذُ بكَ من فتنَةِ المسيحِ الدجالِ
- Kajian siksa kubur ke 8 اللَّهُمَّ إنِّي أعوذُ بكَ منَ الكُفرِ، والفَقرِ، وعذابِ القَبرِ.
- Komentarku erhadap ceramah Buya Yahya tentang siksa kubur
- Komentarku terhadap ceramah Ust Somad tentang siksa kubur
- Komentarku terhadap ceramah DR Khalid bin Salamah tentang siksa kubur ( kajian ke 2 )
- Komentarku terhadap ceramah DR Khalid bin Salamah tentang siksa kubur ( kajian ke 1 )
- Kajian siksa kubur ke 2 aman dari siksa kubur
- Menjaga perbatasan negri Islam dan fadhilah nya ( رباطُ يومٍ خيرٌ من صيامِ شهرٍ وقيامِه )
- Komentarku terhadap ceramah doktor Khalid basalamah ke 2
- Komentarku terhadap ceramah ust Khalid basalamah
- Kajian hadis siksa kubur ke 1
- kajian hadis siksa kubur ke 8 " doa perlindungan dari kufur, fakir dan siksa kubur"
- Audio siksa kubur ke 9 jawabanku untuk Thawus yang menyatakan mayat terfitnah
- ayat ayat yang meniadakan siksa kubur, orang yg percaya siksa kubur kafir karena ingkarul ayat
- Kritik gus baha tentang Umar menghardik malaikat
- Kajian hadis siksa kubur fase ke 47
- Kajian hadis siksa kubur fase ke 46
- Landasan kelima bahwa siksaan setelah kebangkitan bukan di kuburan fase ke 45
- Landasan ke 3 dari ayat – ayat al quran yg menyatakan adzab itu setelah kebangkitan bukan dikuburan. fase ke 44
- Pijakan – pijakan tidak adanya siksa kubur fase ke 2 dari al Quran fase ke 43
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan