Jawabanku untuk Ust Qasim Ali ke 3
Dia menulis sbb:
Dalil Adanya Siksa Kubur yang ke-lima adalah Q.S Ghafir / Al
Mu’min ayat 45-46.
فَوَقَاهُ اللَّهُ سَيِّئَاتِ مَا مَكَرُوا وَحَاقَ بِآلِ
فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذَاب .النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوّاً وَعَشِيّاً
وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا آلَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِِ
[09:17, 12/23/2016]
Ardi M: Artinya: “Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka, dan
Firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka
dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan
kepada malaikat): “Masukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat
keras”.” (QS. Ghafir/ Al Mu’min: 45-46)
وهذه الآية أصل كبير في استدلال أهل السنة على عذاب
البرزخ في القبور
Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata “Ayat-ayat ini adalah landasan
kuat bagi Ahlussunnah tentang adanya azab barzakh dalam kubur” (Tafsir Ibnu
Katsir)
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Siksaan di barzakh , sblm
kita masuk ke masalah ini kita
perlu mengetahui arti barzah adalah
dinding yg menghalangi manusia
untuk kembali ke dunia.
Jd mayat di pendam ke kuburan atau mayat yg tdk dikubur, tp
dibiarkan berada di kamar jg sdh masuk
ke alam barzah.
Boleh dibuktikan , mayat yg di kamar itu apakah tersiksa
atau dipukuli ? kan
tdk. Bgt juga mayat dikuburan.
Katanya , mayat bila di taruh dikuburan dan ditinggalkan
pelayatnya mk dua malaikat datang untuk membangunkan , mendudukkan dan bertanya
kpdnya. Jd rohnya di kembalikan.
Bila roh tdk dikembalikan, mk mayat tdk bisa menjawab.
Kita buktikan mayat yg ditaruh di kamar selama dua atau tiga
hari, pernahkan anda lihat mayat itu di bangunkan? Kan tdk.
Mk bgt jg mayat dikuburan.
Jd pertanyaan dikuburn jg tdk ada, bgt juga siksaan di
dalamnya.
Menurut Ibn Katsir ayat ghafir 45 -46 itu landasan untuk siksa kubur.
Kita rujuk lg ke kitab – kitab tanfsir sbb:
أيسر التفاسير للجزائري (4/ 537)
وحاق بآل فرعون سوء العذاب: أي عذاب الغرق إذ غرق فرعون
وجنده أجمعون.
Intinya maksud “dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh
azab yang amat buruk” adalah di
tenggelamkan ke laut ( bukan siksa kubur ) .
تفسير المراغي (24/ 77)
وَحاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ سُوءُ الْعَذابِ) أي فحفظه الله
مما أرادوا به من المكر السيئ في الدنيا، إذ نجاه مع موسى عليه السلام، وفي الآخرة
بإدخاله دار النعيم، وأحاط بفرعون وقومه سوء العذاب في الدنيا بالغرق في اليمّ،
وفي الآخرة بدخول جهنم وبئس القرار.
Intinya , Firaun dan tentaranya di tenggelamkan ke laut dan kelak di
akhirat akan di masukkan ke dalam
Jahannam ………………
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bukan siksa kubur.
زاد المسير (5/ 294، بترقيم الشاملة آليا)
{ وحاقَ بآل فرعونَ } لما لجوا في البحر { سوءُ العذاب } قال المفسِّرون
هو الغرق
Menurut pakar – pakar tafsir , maksudnya ( ayat 45 – 46 ghafir ) adalah
ditenggelamkan ke laut ( bukan siksa kubur ).
الوسيط لسيد طنطاوي (ص: 3707، بترقيم الشاملة آليا)
{ وَحَاقَ بِآلِ فِرْعَوْنَ } أى : ونزل وأحاط بفرعون وقومه { سواء
العذاب } بأن أغرقهم الله - تعالى - فى أليم ، وجعلهم عبرة لمن يعتبر
Maksudnya Firaun dan
pendukungnya ditenggelamkan ke dalam laut ( bukan siksa kubur ).
تفسير الجلالين (9/ 176، بترقيم الشاملة آليا)
{ وَحَاقَ } نزل { بئَالِ
فِرْعَوْنَ } قومه معه { سُوءُ العذاب } الغرق .
Maksud siksa buruk
adalah di tenggelamkan ke laut. ( bukan
siksa kubur ) .
تفسير ابن كثير (14/ 348)
وَلَكِنْ هُنَا سُؤَالٌ وَهُوَ أَنَّهُ لَا شَكَّ أَنَّ
هَذِهِ الْآيَة مَكِّيَّة وَقَدْ اِسْتَدَلُّوا بِهَا عَلَى عَذَاب الْقَبْر فِي
الْبَرْزَخ
Intinya : Ibn Katsir
menyatakan bahwa ayat 45-46 Ghafir
adalah Makkiyah , tp mengapa mereka
membuat dalil untuk siksa kubur di dalam
Barzakh .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mestinya tdk layak bila ayat itu diperuntukkan untuk
menjelaskan siksa kubur . Bila untuk
siksa kubur , mengapa sejak di Mekkah, sejak ia diturunkan , Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam tdk phm
siksa kubur. Bila ia untuk siksa kubur, tentu Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam yg dituruninya akan mengerti
adanya siksa kubur dg ayat itu sj.
Nyatanya beliau tdk phm tentang siksa kubur, sampai Aisyah
ingkar , dan beliau tanya pada Nabi
shallallahu alaihi wasallam lalu
dijawab: Yahudi yg datang dg bawa berita
siksa kubur itu dusta. Baru
setelahnya dituruni wahyu bahwa siksa kubur itu ada, demikian menurut
hadis – hadis riwayat Muslim dan Bukhari.
Untungnya hadis itu jg bermasalah .
Dan ayat itu tdk menjelaskan siksa kubur. Ia hanya menjelaskan neraka di tampakkan bukan siksaan , layaknya orang bermimpi bgt sj.
تفسير ابن كثير (14/ 349)
يُقَال فَمَا الْجَمْع بَيْن هَذَا وَبَيْن كَوْن الْآيَة
مَكِّيَّة وَفِيهَا الدَّلَالَة عَلَى عَذَاب الْبَرْزَخ ؟ وَالْجَوَاب أَنَّ
الْآيَة دَلَّتْ عَلَى عَرْض الْأَرْوَاح عَلَى النَّار غُدُوًّا وَعَشِيًّا فِي
الْبَرْزَخ وَلَيْسَ فِيهَا دَلَالَة عَلَى اِتِّصَال تَأَلُّمهَا بِأَجْسَادِهَا فِي
الْقُبُور إِذْ قَدْ يَكُون ذَلِكَ مُخْتَصًّا بِالرُّوحِ فَأَمَّا حُصُول ذَلِكَ
لِلْجَسَدِ فِي الْبَرْزَخ وَتَأَلُّمه بِسَبَبِهِ فَلَمْ يَدُلَّ عَلَيْهِ إِلَّا
السُّنَّةُ فِي الْأَحَادِيث الْمَرْضِيَّة الْآتِي ذِكْرُهَا .
Intinya : Menurut Ibnu Katsir , mayat disiksa menurut ayat itu hanya rohnya sj. Dan hadislah yg menunjukkan
bahwa mayat tersiksa tubuh dan jasadnya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila tersiksa tubuh dan jasadnya mk tdk bisa tidur dan akan bertentangan dg ayat
ونفخ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الْأَجْدَاثِ إِلَى
رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ قَالُوا يَاوَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا
هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ إِنْ كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً
فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَدَيْنَا مُحْضَرُونَ
Dan ditiuplah sangkakala,
tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada
Tuhan mereka. Mereka berkata: "Aduh celakalah kami! Siapakah yang
membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan
(Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya). Cukup satu teriakan,tiba-tiba
mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Yasin 51-53
Dalam ayat tsb ahli kubur dalam keadaan tidur, lalu
bagaimanakah mereka di siksa. Bila
disiksa, tdk akan bisa tidur. Dan
menjerit karena merasakan
siksaannya itu.
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا
وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ(46)
Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan
pada hari terjadinya Kiamat., "Masukkanlah Fir''aun dan kaumnya ke dalam
azab yang sangat keras." (QS. Al-Mu’min: 46)
Firaun dan rakyat pendukungnya di lemparkan
ke Neraka nanti pd hari kiamat . Sblmnya api neraka hanya di tampakkan pd mereka.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dua ayat tsb dg jls, tdk samar lg bahwa siksa kubur tdk ada.
Bila ada, mk mayat tdk akan tidur dikuburan.
7ـ{ وَإِذَا الصُّحُفُ نُشِرَتْ{10} وَإِذَا السَّمَاء كُشِطَتْ{11} وَإِذَا
الْجَحِيمُ سُعِّرَتْ{12} وَإِذَا الْجَنَّةُ أُزْلِفَتْ{13} عَلِمَتْ نَفْسٌ مَّا
أَحْضَرَتْ{14} التكوير: ١٠ - ١٤.
( 10 ) dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan
manusia) dibuka,
( 11 ) dan apabila langit dilenyapkan,
( 12 ) dan apabila neraka Jahim dinyalakan,
( 13 ) dan apabila surga didekatkan,
( 14 ) maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang
telah dikerjakannya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Catatan amal di buka , langit dilenyapkan, Neraka Jahim di nyalakan dan surga di dekatkan itu bukan sekarang . Di mana manusia yg telah mati telah mengalami alam barzah atau alam kubur . Mereka di alam kubur tp langit blm dilenyapkan dan catatan amal blm di berikan, mk nya siksaan
nya bukan di alam kubur tp nanti
di hari kimat ketika langit di
lenyapkan , dan catatan amal di berikan. Itulah nama nya hari pembalasan .
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan