[09:55, 12/24/2016] Tovansby menulis : mam syafi'i berkata, “Demi Allah, jika sanad hadits yang berasal dari
Irak sesahih apapun, namun jika aku
tidak menemukan hadits yang mendukung maknanya di negeri kami (Hijaz), maka aku tidak mengindahkan hadits
tersebut.” [Adab Al-Syafi'i wa Manaqibuh,
hal. 153, Manaqib Al-Syafi'i, al-Baihaqi, 1/526, Ma'rifat Al-Sunan wa Al-Atsar 1/150.]
Setelah berkesempatan berjumpa dengan ulama-ulama Irak
seperti Ismail bin ‘Ulayyah dan Waki’
bin Al-Jarrah, juga pemuda-pemuda cerdas seperti Ahmad bin Hanbal dan ‘Ali bin Al-Madini, persepsi
Al-Syafii terhadap hadits ahli Irak
berubah. Cara berpikirnya lebih obyektif sehingga ia berani berkata kepada Ahmad bin Hanbal dan
pemuda-pemuda pakar hadits di Irak, “Kalian lebih menguasai hadits dan rijal (nama-nama
perawi) daripada diriku. Maka jika ada
sebuah hadits yang sahih, maka beritahulah aku. Aku akan menerimanya walaupun
hadits itu berasal dari Kufah, Basrah atau Syam jika ia benar-benar sahih.” [Adab Al-Syafi'i wa Manaqibuh, hal. 70]. Al-Baihaqi
berkata, “Al-Syafi'i tidak menyebut Hijaz, sebab ia lebih mengetahui hadits-hadits
ahli Hijaz dan tokoh-tokoh perawinya daripada mereka.”
[09:55, 12/24/2016] Tovansby: saya kutip dari: http://umarmnoor.blogspot.co.id/2011/03/antara-al-bukhari-dan-al-syafii.html
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Imam Syafii memberikan sarat hadis ahad bisa diterima sbb:
ثانياً: شروط الاحتجاج بخبر الواحد عند الإمام الشافعي – رحمه
الله -.
(1) أن يكون الراوي ثقة في دينه،
معروفاً بالصدق في حديثه.
(2) أن يكون عاقلاً لما يحدِّثُ به.
(3) أن يحدث الحديث بلفظه وحروفه
دون معناه؛ إلا إذا كان عالماً بما يحيل معاني الحديث من اللفظ.
(4) أن يكون حافظاً إذا حدَّث من
حفظه، حافظاً لكتابه إذا حدَّث من كتابه.
(5) أن لا يكون حديثه شاذاً.
(6) أن لا يكون مدلّساً.
(7) اتصال السند.
انظر في ذلك "الرسالة" ص(370-371).
ادي عشر: أعذار بعض الأئمة في تركهم العمل ببعض الأحاديث،
وانّ ذلك ليس من قبيل ترك الأخذ بخبر الواحد.
Intinya hadis ahad itu diterima asal tidak syadz
http://sageden.yoo7.com/t153-topic
http://sageden.yoo7.com/t153-topic
وأنتم أيها الحبيب لو نظرتم إلى إطلاقات الأئمة الأول في
كتب العلل لوجدتهم يطلقون الشذوذ على ما هو أعم من مجرد المخالفة فيطلقونه على
تفرد الثقات بما قام الدليل على خطأه فيه ، وعلى تفرد من لا يحتمل حاله التفرد
كالصدوق .
Intinya tafarrud - hadis yg diriwayatkan oleh perawi tunggal itu jg dikatakan syadz.
قال الحافظ البغدادي في (( القيه والمتفقه )) (1/132) :
(( باب القول فيما يُرَدُّ به خبر الواحد : ... وإذا روى الثقة المأمون خبراً متصل
الإسناد رُدَّ بأُمور :
أحدها : أن يخالف موجبات العقول فيعلم بطلانه ، لأنّ
الشرع إنّما يَرِدُ بمجوّزات العقول وأمّا بخلاف العقول فلا .
والثاني : أن يخالف نصَّ الكتاب أو السُنَّة المتواترة
فيعلم أنّه لا أصل له أو منسوخ
Intinya : Al Hafdh al Baghdadi menyatakan hadis ahad itu bisa diterima asal tdk
bertentangan dg al quran.
http://www.monazh.com/portal/showthread.php?t=1710
Artikel Terkait
Siksa kubur
- ayat 27 Ibrahim tentang siksa kbur
- Kajian siksa kubur ke 10
- Kajian siksa kubur ke 8
- Kajian tentang siksa kubur ke7 ( اللهم إنَّي أعوذُ بكَ من عذابِ القبرِ وأعوذُ بكَ من فتنَةِ المسيحِ
- siksa kubur ke 6 وَلَوۡ تَرَىٰۤ إِذِ ٱلظَّـٰلِمُونَ فِی غَمَرَ ٰتِ ٱلۡمَوۡتِ وَٱلۡمَلَـٰۤىِٕكَةُ بَاسِطُوۤا۟ أَیۡدِیهِمۡ أَخۡرِجُوۤا۟ أَنفُسَكُمُۖ ٱلۡیَوۡمَ تُجۡزَوۡنَ عَذَابَ ٱلۡهُونِ بِمَا كُنتُمۡ تَقُولُونَ عَلَى ٱللَّهِ غَیۡرَ ٱلۡحَقِّ وَكُنتُمۡ عَنۡ ءَایَـٰتِهِۦ تَسۡتَكۡبِرُونَ
- kajiaan siksa kubur ke 7 اللهم إنَّي أعوذُ بكَ من عذابِ القبرِ وأعوذُ بكَ من فتنَةِ المسيحِ الدجالِ
- Kajian siksa kubur ke 8 اللَّهُمَّ إنِّي أعوذُ بكَ منَ الكُفرِ، والفَقرِ، وعذابِ القَبرِ.
- Komentarku erhadap ceramah Buya Yahya tentang siksa kubur
- Komentarku terhadap ceramah Ust Somad tentang siksa kubur
- Komentarku terhadap ceramah DR Khalid bin Salamah tentang siksa kubur ( kajian ke 2 )
- Komentarku terhadap ceramah DR Khalid bin Salamah tentang siksa kubur ( kajian ke 1 )
- Kajian siksa kubur ke 2 aman dari siksa kubur
- Menjaga perbatasan negri Islam dan fadhilah nya ( رباطُ يومٍ خيرٌ من صيامِ شهرٍ وقيامِه )
- Komentarku terhadap ceramah doktor Khalid basalamah ke 2
- Komentarku terhadap ceramah ust Khalid basalamah
- Kajian hadis siksa kubur ke 1
- kajian hadis siksa kubur ke 8 " doa perlindungan dari kufur, fakir dan siksa kubur"
- Audio siksa kubur ke 9 jawabanku untuk Thawus yang menyatakan mayat terfitnah
- ayat ayat yang meniadakan siksa kubur, orang yg percaya siksa kubur kafir karena ingkarul ayat
- Kritik gus baha tentang Umar menghardik malaikat
- Kajian hadis siksa kubur fase ke 47
- Kajian hadis siksa kubur fase ke 46
- Landasan kelima bahwa siksaan setelah kebangkitan bukan di kuburan fase ke 45
- Landasan ke 3 dari ayat – ayat al quran yg menyatakan adzab itu setelah kebangkitan bukan dikuburan. fase ke 44
- Pijakan – pijakan tidak adanya siksa kubur fase ke 2 dari al Quran fase ke 43
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan