[09:55, 12/24/2016] Tovansby menulis : mam syafi'i berkata, “Demi Allah, jika sanad hadits yang berasal dari
Irak sesahih apapun, namun jika aku
tidak menemukan hadits yang mendukung maknanya di negeri kami (Hijaz), maka aku tidak mengindahkan hadits
tersebut.” [Adab Al-Syafi'i wa Manaqibuh,
hal. 153, Manaqib Al-Syafi'i, al-Baihaqi, 1/526, Ma'rifat Al-Sunan wa Al-Atsar 1/150.]
Setelah berkesempatan berjumpa dengan ulama-ulama Irak
seperti Ismail bin ‘Ulayyah dan Waki’
bin Al-Jarrah, juga pemuda-pemuda cerdas seperti Ahmad bin Hanbal dan ‘Ali bin Al-Madini, persepsi
Al-Syafii terhadap hadits ahli Irak
berubah. Cara berpikirnya lebih obyektif sehingga ia berani berkata kepada Ahmad bin Hanbal dan
pemuda-pemuda pakar hadits di Irak, “Kalian lebih menguasai hadits dan rijal (nama-nama
perawi) daripada diriku. Maka jika ada
sebuah hadits yang sahih, maka beritahulah aku. Aku akan menerimanya walaupun
hadits itu berasal dari Kufah, Basrah atau Syam jika ia benar-benar sahih.” [Adab Al-Syafi'i wa Manaqibuh, hal. 70]. Al-Baihaqi
berkata, “Al-Syafi'i tidak menyebut Hijaz, sebab ia lebih mengetahui hadits-hadits
ahli Hijaz dan tokoh-tokoh perawinya daripada mereka.”
[09:55, 12/24/2016] Tovansby: saya kutip dari: http://umarmnoor.blogspot.co.id/2011/03/antara-al-bukhari-dan-al-syafii.html
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Imam Syafii memberikan sarat hadis ahad bisa diterima sbb:
ثانياً: شروط الاحتجاج بخبر الواحد عند الإمام الشافعي – رحمه
الله -.
(1) أن يكون الراوي ثقة في دينه،
معروفاً بالصدق في حديثه.
(2) أن يكون عاقلاً لما يحدِّثُ به.
(3) أن يحدث الحديث بلفظه وحروفه
دون معناه؛ إلا إذا كان عالماً بما يحيل معاني الحديث من اللفظ.
(4) أن يكون حافظاً إذا حدَّث من
حفظه، حافظاً لكتابه إذا حدَّث من كتابه.
(5) أن لا يكون حديثه شاذاً.
(6) أن لا يكون مدلّساً.
(7) اتصال السند.
انظر في ذلك "الرسالة" ص(370-371).
ادي عشر: أعذار بعض الأئمة في تركهم العمل ببعض الأحاديث،
وانّ ذلك ليس من قبيل ترك الأخذ بخبر الواحد.
Intinya hadis ahad itu diterima asal tidak syadz
http://sageden.yoo7.com/t153-topic
http://sageden.yoo7.com/t153-topic
وأنتم أيها الحبيب لو نظرتم إلى إطلاقات الأئمة الأول في
كتب العلل لوجدتهم يطلقون الشذوذ على ما هو أعم من مجرد المخالفة فيطلقونه على
تفرد الثقات بما قام الدليل على خطأه فيه ، وعلى تفرد من لا يحتمل حاله التفرد
كالصدوق .
Intinya tafarrud - hadis yg diriwayatkan oleh perawi tunggal itu jg dikatakan syadz.
قال الحافظ البغدادي في (( القيه والمتفقه )) (1/132) :
(( باب القول فيما يُرَدُّ به خبر الواحد : ... وإذا روى الثقة المأمون خبراً متصل
الإسناد رُدَّ بأُمور :
أحدها : أن يخالف موجبات العقول فيعلم بطلانه ، لأنّ
الشرع إنّما يَرِدُ بمجوّزات العقول وأمّا بخلاف العقول فلا .
والثاني : أن يخالف نصَّ الكتاب أو السُنَّة المتواترة
فيعلم أنّه لا أصل له أو منسوخ
Intinya : Al Hafdh al Baghdadi menyatakan hadis ahad itu bisa diterima asal tdk
bertentangan dg al quran.
http://www.monazh.com/portal/showthread.php?t=1710
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan