Kajian
Hadis – hadis siksa kubur ke 8
حَدَّثَنَا
عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِي
وَائِلٍ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
دَخَلَتْ
عَلَيَّ عَجُوزَانِ مِنْ عُجُزِ يَهُودِ الْمَدِينَةِ فَقَالَتَا لِي إِنَّ أَهْلَ
الْقُبُورِ يُعَذَّبُونَ فِي قُبُورِهِمْ فَكَذَّبْتُهُمَا وَلَمْ أُنْعِمْ أَنْ
أُصَدِّقَهُمَا فَخَرَجَتَا وَدَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَقُلْتُ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ عَجُوزَيْنِ وَذَكَرْتُ لَهُ
فَقَالَ صَدَقَتَا إِنَّهُمْ يُعَذَّبُونَ عَذَابًا تَسْمَعُهُ الْبَهَائِمُ
كُلُّهَا فَمَا رَأَيْتُهُ بَعْدُ فِي صَلَاةٍ إِلَّا تَعَوَّذَ مِنْ عَذَابِ
الْقَبْرِ
(BUKHARI
- 5889) : Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah telah
menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur dari Abu Wa `il
dari Masruq dari Aisyah dia berkata; "Dua orang wanita tua dari Yahudi
Madinah datang kepadaku, lalu keduanya berkata kepadaku; "Sesungguhnya
penghuni kubur dsiksa di kubur
mereka." Namun aku mengingkarinya bahkan aku tidak bisa
untuk mempercayai keduanya, sesaat kemudian Nabi Shallallahu 'alahi
wasallam masuk menemuiku, lalu aku
berkata dan beritahukan kepada beliau perihal ucapan dua
wanita tua tersebut, maka beliau bersabda: "Mereka berdua benar,
sesungguhnya orang-orang disiksa (dalam kuburnya) yang dapat di dengar oleh
setiap binatang." Setelah itu aku tidak pernah melihat beliau melainkan
selalu memohon perlindungan dari siksa kubur dlm shalat."
Komentarku
( Mahrus ali ) :
Hadis tsb muttafaq alaih.
Cacat
dlm hadis tsb karena tafarrud kpd Masruq
dlm sanadnya. Perawi bernama Masruq
adalah perawi Irak , bukan perawi Medinah . Dan hanya satu orang Irak yg bercerita spt itu . liht keterangan sbb:
المسند
الجامع (19/ 546)
أخرجه
أحمد 6/44 قال: حدثنا أبو معاوبة. قال: حدثنا الاعمش، عن شقيق. وفي 6/174 قال:
حدثنا محمد بن جعفر. قال: حدثنا شُعبة، عن الاشعث بن سليم، عن ابيه. وفي 6/205
قال: حدثنا وكيع. قال: حدثنا الاعمش، عن ابي وائل. و"البُخَارِي" 2/123
قال: حدثنا عَبْدان. قال: اخبرني ابي، عن شُعبة. قال: سمعت الاشعث، عن ابيه. وفي
8/97 قال: حدثنا عثمان بن ابي شَيْبة. قال: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل.
و"مسلم" 2/92 قال: حدثنا زهُير بن حرب واسحاق بن إبراهيم، كلاهما عن
جرير. قال زهير: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل (ح) وحدثنا هنَّاد بن السري.
قال: حدثنا أبو الاحوص، عن اشعث، عن ابيه و"النَّسائي" 3/56. وفي
"الكبرى" (1145) قال: اخبرنا محمد بن بشار، عن محمد. قال: حدثنا شُعبة،
عن اشعث، عن ابيه. وفي 4/155 قال: اخبرنا هنَّاد، عن ابي معاوية، عن الاعمش، عن
شقيق (ح) واخبرنا محمد بن قدامة. قال: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل.
كلاهما
(شقيق أبو وائل، وابو الشعثاء سليم بن اسود والد اشعث) عن مسروق، فذكره.
Intinya hadis
tsb dr seorang perawi bernama Masruq
bukan orang lain. Dia bukan
Medinah tp perawi dr Irak . Lihat
identitasnya :
ــ
مسروق بن الأجدع بن مالك بن أمية بن عبد الله الهمدانى الوادعى ، أبو عائشة
الكوفى
المولد :
الطبقة : 2 : من كبار التابعين
الوفاة : 62 , و يقال :63 هـ بـ السلسلة
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : أحد الأعلام
mausuah ruwatil hadis 6601
Kemarin telah dijelaskan sbb:
Dalam majalah Buhus Islamiyah terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن
الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk
melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah
tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum (seperti hadis masalah Bilal
tadi).
Majalah buhus Islamiyah.
Syaikh Muhammad Hasan Abd Ghaffar menyatakan :
تعريف الحديث المنكر
تطلق النكارة عند المتقدمين على التفرد حتى ولو كان من
الثقات، وأحمد كان يرى انفراد الثقة نكارة، وكان بعض المتقدمين يرى الانفراد من
الضعيف نكارة.
http://audio.islamweb.net/audio/Fulltxt.php?audioid=179908
Devinisi
hadis munkar .
Istilah
hadis munkar menurut pakar hadis dulu
bisa di katakana kpd hadis yg di
riwayatkan oleh perawi tunggal
sekalipun dia termasuk perawi tsiqah ( terpercaya )
Imam Ahmad
jg berpandangan sedemikian. Sebagian
kalangan ahali hadis dulu
berpandangan hadis munkar itu dr
perawi lemah yg tunggal.
Mayoritas dan tabiin sampai mati tdk kenal kisah itu . Kita lebih mengenal dr mereka.
Mayat dlm
kuburan adalah tidur , dan nanti pd hari kiamat baru dibangkitkan. Ada ayat sbb:
لَعَلِّي
أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا
ۖ وَمِن وَرَائِهِم بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ
( 100 ) agar
aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak.
Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka
ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.
Al mukminun . 100.
Jadi masa di barzah / kuburan adalah masa tidur bukan
masa kebangkitan . Masa kebangkitan
setelah alam barzakh - yakni setelah
tidur di kuburan. Bila di kuburan
pr mayat di siksa, mk tdk bisa
tidur dan tdk perlu dibangkitkan lagi.
أَمْوَاتٌ
غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
( 21 ) (Berhala-berhala
itu atau mayat - mayat yg di mintai ) mati tidak hidup, dan
mereka tidak mengetahui bilakah
penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai tdk mengerti kapan di bangkitkan.
Di kuburan bukan
tempat kebangkitan. Hari kebangkitan ada sendiri bukan di kuburan. Hari
kebangkitan adalah hari sbgmn di jlskan dlm surat
Yasin 51.
تحقيق الآيات
البينات في عدم سماع الأموات (ص: 81)
نعم إن بعض
العلماء ذهب إلى عدم إعادة الروح إلى البدن وقت السؤال وأن السؤال للروح فقط وكذا
التعذيب أو التنعيم ومنهم أبو محمد بن حزم الظاهري الشهير فإنه قال في كتابه
" الملل والنحل (3 ") من كلام طويل ما لفظه:
وأيضا فإن جسد
كل إنسان لا بد له من العود إلى التراب يوما كما قال عز وجل: {منها خلقناكم وفيها
نعيدكم ومنها نخرجكم تارة أخرى} فكل من ذكرنا من مصلوب أو غريق أو محرق أو أكيل
سبع أو دابة بحر أو
Intinya . Sebagian ulama
berpendapat bahwa siksa kubur dan kenikmatannya hanya pd roh sj sbgmn syaikh Ibn Hazem .
Komentarku: Jd mirip
orang bernimpi waktu tidur ,
mimpi enak atau tdk . Hal ini mirip api Neraka di tampakkan pd
Firaun dan pendukungnya. Dan mrk blum di siksa di Neraka. Bgmn mrk di siksa, hisab sj
blm.
Apa mungkin siksaan di berikan sedang hisap dan timbangan amal
perbuatannya blm. Dan blm diketahui mn
yg berat kebaikan atau kejelekannya , lalu kok sdh di siksa. Ini yg tdk
ada dalilnya.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan