Jumat, Desember 02, 2016

Kajian hadis siksa kubur ke 4

Kajian Hadis – hadis siksa kubur ke 4
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
دَخَلَتْ عَلَيَّ عَجُوزَانِ مِنْ عُجُزِ يَهُودِ الْمَدِينَةِ فَقَالَتَا لِي إِنَّ أَهْلَ الْقُبُورِ يُعَذَّبُونَ فِي قُبُورِهِمْ فَكَذَّبْتُهُمَا وَلَمْ أُنْعِمْ أَنْ أُصَدِّقَهُمَا فَخَرَجَتَا وَدَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ لَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ عَجُوزَيْنِ وَذَكَرْتُ لَهُ فَقَالَ صَدَقَتَا إِنَّهُمْ يُعَذَّبُونَ عَذَابًا تَسْمَعُهُ الْبَهَائِمُ كُلُّهَا فَمَا رَأَيْتُهُ بَعْدُ فِي صَلَاةٍ إِلَّا تَعَوَّذَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ
(BUKHARI - 5889) : Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur dari Abu Wa`il dari Masruq dari Aisyah dia berkata; "Dua orang wanita tua dari Yahudi Madinah datang kepadaku, lalu keduanya berkata kepadaku; "Sesungguhnya penghuni kubur dsiksa  di kubur mereka." Namun aku mengingkarinya bahkan aku  tidak bisa  untuk mempercayai keduanya, sesaat kemudian Nabi Shallallahu 'alahi wasallam masuk menemuiku, lalu aku  berkata  dan  beritahukan kepada beliau perihal ucapan dua wanita tua tersebut, maka beliau bersabda: "Mereka berdua benar, sesungguhnya orang-orang disiksa (dalam kuburnya) yang dapat di dengar oleh setiap binatang." Setelah itu aku tidak pernah melihat beliau melainkan selalu memohon perlindungan dari siksa kubur dlm shalat."

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis  tsb muttafaq alaih.
Cacat dlm hadis  tsb karena tafarrud kpd Masruq dlm sanadnya. Perawi bernama  Masruq adalah perawi Irak , bukan perawi Medinah . Dan hanya  satu orang Irak yg bercerita  spt itu . liht keterangan sbb:




المسند الجامع (19/ 546)
أخرجه أحمد 6/44 قال: حدثنا أبو معاوبة. قال: حدثنا الاعمش، عن شقيق. وفي 6/174 قال: حدثنا محمد بن جعفر. قال: حدثنا شُعبة، عن الاشعث بن سليم، عن ابيه. وفي 6/205 قال: حدثنا وكيع. قال: حدثنا الاعمش، عن ابي وائل. و"البُخَارِي" 2/123 قال: حدثنا عَبْدان. قال: اخبرني ابي، عن شُعبة. قال: سمعت الاشعث، عن ابيه. وفي 8/97 قال: حدثنا عثمان بن ابي شَيْبة. قال: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل. و"مسلم" 2/92 قال: حدثنا زهُير بن حرب واسحاق بن إبراهيم، كلاهما عن جرير. قال زهير: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل (ح) وحدثنا هنَّاد بن السري. قال: حدثنا أبو الاحوص، عن اشعث، عن ابيه و"النَّسائي" 3/56. وفي "الكبرى" (1145) قال: اخبرنا محمد بن بشار، عن محمد. قال: حدثنا شُعبة، عن اشعث، عن ابيه. وفي 4/155 قال: اخبرنا هنَّاد، عن ابي معاوية، عن الاعمش، عن شقيق (ح) واخبرنا محمد بن قدامة. قال: حدثنا جرير، عن منصور، عن ابي وائل.
كلاهما (شقيق أبو وائل، وابو الشعثاء سليم بن اسود والد اشعث) عن مسروق، فذكره.
Intinya  hadis  tsb dr seorang perawi bernama Masruq  bukan orang lain. Dia  bukan Medinah  tp perawi dr Irak . Lihat identitasnya :

  ــ  مسروق بن الأجدع بن مالك بن أمية بن عبد الله الهمدانى الوادعى ، أبو عائشة الكوفى

المولد  :
الطبقة : 2  : من كبار التابعين
الوفاة : 62 , و يقال :‏63 هـ بـ السلسلة
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : أحد الأعلام
mausuah ruwatil hadis 6601
Kemarin telah dijelaskan sbb:
Dalam majalah Buhus Islamiyah  terdapat keterangan:

ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية

Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum (seperti hadis masalah Bilal tadi).
Majalah buhus Islamiyah.
Syaikh Muhammad Hasan Abd Ghaffar menyatakan :
تعريف الحديث المنكر
تطلق النكارة عند المتقدمين على التفرد حتى ولو كان من الثقات، وأحمد كان يرى انفراد الثقة نكارة، وكان بعض المتقدمين يرى الانفراد من الضعيف نكارة.
http://audio.islamweb.net/audio/Fulltxt.php?audioid=179908
Devinisi hadis munkar .
Istilah hadis  munkar menurut pakar hadis  dulu  bisa di katakana kpd hadis  yg di riwayatkan oleh perawi  tunggal sekalipun  dia  termasuk perawi tsiqah ( terpercaya )
Imam Ahmad jg berpandangan  sedemikian. Sebagian kalangan ahali hadis  dulu berpandangan  hadis munkar  itu dr  perawi  lemah yg tunggal. Mayoritas dan  tabiin  sampai mati tdk kenal kisah itu . Kita  lebih mengenal  dr mereka.

Mayat dlm kuburan adalah tidur , dan nanti pd hari kiamat baru dibangkitkan. Ada ayat  sbb:
لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِن وَرَائِهِم بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ
( 100 )   agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan.  Al mukminun . 100.
  Jadi masa  di barzah / kuburan adalah masa tidur bukan masa kebangkitan . Masa kebangkitan  setelah alam barzakh  - yakni  setelah  tidur di kuburan. Bila  di kuburan pr mayat  di siksa, mk tdk bisa tidur  dan  tdk perlu dibangkitkan lagi.
Ada  ayat lg.

أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
( 21 )   (Berhala-berhala itu atau mayat  - mayat  yg di mintai ) mati tidak hidup, dan mereka  tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai  tdk mengerti kapan di bangkitkan.

Di kuburan bukan  tempat kebangkitan. Hari kebangkitan ada sendiri bukan di kuburan. Hari kebangkitan  adalah  hari sbgmn di jlskan  dlm surat Yasin 51.

تحقيق الآيات البينات في عدم سماع الأموات (ص: 81)
نعم إن بعض العلماء ذهب إلى عدم إعادة الروح إلى البدن وقت السؤال وأن السؤال للروح فقط وكذا التعذيب أو التنعيم ومنهم أبو محمد بن حزم الظاهري الشهير فإنه قال في كتابه " الملل والنحل (3 ") من كلام طويل ما لفظه:
وأيضا فإن جسد كل إنسان لا بد له من العود إلى التراب يوما كما قال عز وجل: {منها خلقناكم وفيها نعيدكم ومنها نخرجكم تارة أخرى} فكل من ذكرنا من مصلوب أو غريق أو محرق أو أكيل سبع أو دابة بحر أو

Intinya . Sebagian ulama berpendapat bahwa siksa kubur dan kenikmatannya hanya  pd roh sj sbgmn  syaikh Ibn Hazem .

Komentarku:  Jd mirip  orang bernimpi  waktu tidur , mimpi enak  atau tdk .  Hal ini mirip api Neraka di tampakkan pd Firaun dan  pendukungnya.  Dan mrk blum di  siksa di Neraka. Bgmn mrk di siksa, hisab sj blm.
Apa mungkin siksaan  di berikan sedang hisap dan timbangan amal perbuatannya blm. Dan blm diketahui  mn yg berat kebaikan atau kejelekannya , lalu kok sdh di siksa. Ini yg tdk ada  dalilnya.




Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan