Kajian hadis siksa kubur ke 18
Weny menulis :
Bagaimana dengan ini ustadz?:
و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ
أَنَّهُ قَالَ سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ الْمُسَيَّبِ يَقُولُ
صَلَّيْتُ وَرَاءَ أَبِي هُرَيْرَةَ
عَلَى صَبِيٍّ لَمْ يَعْمَلْ خَطِيئَةً قَطُّ فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ اللَّهُمَّ
أَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ
Telah menceritakan kepadaku dari [Malik] dari [Yahya bin
Said] bahwa dia berkata, aku telah mendengar [Sa'id bin Musayyab] berkata, "Aku
shalat di belakang [Abu Hurairah] ketika menshalati seorang anak kecil yang
belum melakukan suatu kesalahan pun. Aku mendengar dia membaca: 'Ya Allah, lindungilah
dia dari adzab kubur'." [Malik 480]
Semua perawinya hidup di Madinah dan ketiganya (Yahya, Sa’id
dan Abu Hurairah) merupakan perawi-perawi yang terpercaya yang juga merupa 18.kan
perawi Bukhari-Muslim. Bila adzab kubur tidak ada, lalu kenapa sahabat Abu
Hurairah memintakan perlindungan adzab kubur?.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Setahu sy murid Abu
Hurairah itu banyak, sy bisa menjumpai data muridnya sebanyak 337 orang / perawi
hadisnya. Namun dlm masalah doa Abu
Hurairah yg meminta perlindungan untuk anak kecil yg meninggal dunia dr siksa kubur ini hanya di riwayatkan
oleh satu orang yaitu Said bin Al
Musayyab. Liht jumlah murid Abu
Hurairah dan namanya sbb
1. إبراهيم بن إسماعيل ( د ق )
2. إبراهيم بن عبد الله بن حنين ( بخ ق )
3. إبراهيم بن عبد الله بن قارظ ( م س ) ( و يقال : )
4. عبد الله بن إبراهيم بن قارظ الزهرى ( م س )
5. إسحاق بن عبد الله مولى زائدة ( ر م د س )
6. الأسود بن هلال المحاربى ( س )
7. الأغر بن سليك ( س )
8. الأغر أبو مسلم ( بخ م د ت س ق )
9. أنس بن حكيم الضبى ( د ق )
10. أنس بن مالك ( خ م )
11. أوس بن خالد ( ت ق ) و هو ابن أبى أوس
12. بسر بن سعيد ( خ د ت س ق )
13. بشير بن نهيك ( خ م د ت س ق )
14. بشير بن كعب العدوى ( د ت ق )
15. بعجة بن عبد الله بن بدر الجهنى ( م س ق )
16. بكير بن فيروز الرهاوى ( ت )
17. ثابت بن عياض الأحنف ( خ م د س )
18. ثابت بن قيس الزرقى ( بخ د سى ق )
19. ثور بن عفير السدوسى ( س )
20. جابر بن عبد الله ( م )
21. جبر بن عبيدة الشاعر ( س )
22. جعفر بن عياض ( س ق )
23. جمهان مولى الأسلميين ( ق )
24. الجلاس ( سى ) ( على خلاف فيه )
25. الحارث بن مخلد الزرقى ( د س ق )
26. حريث بن قبيصة ( ت سى ) ( و يقال : )
27. قبيصة بن حريث
28. حريث العذرى ( ت ق )
29. الحسن البصرى ( خ د ت س ق )
30. حصين بن اللجلاج ( س ) ( و يقال : )
31. خالد بن اللجلاج ( س ) ( و يقال : )
32. القعقاع بن اللجلاج ( بخ س ) ( و يقال : )
33. أبو العلاء بن اللجلاج ( س )
34. حصين بن مصعب ( بخ )
35. حفص بن عاصم بن عمر بن الخطاب ( خ م د ت س ق )
36. حفص بن عبيد الله بن أنس بن مالك ( ق )
37. الحكم بن ميناء ( م )
38. أبو تحيا حكيم بن سعد الكوفى ( س )
39. حميد بن عبد الرحمن بن عوف ( خ م د ت س ق )
40. حميد بن عبد الرحمن الحميرى ( م د ت س ق )
41. حميد بن مالك بن خثيم ( بخ )
42. حنظلة بن على الأسلمى ( بخ م كن ق )
43. حيان بن بسطام الهذلى ( ق ) ( والد سليم بن حيان )
44. خالد بن عبد الله بن حسين الدمشقى ( د س ق )
45. أبو حسان خالد بن غلاق ( بخ م قد )
46. خباب المدنى ( م د ) ( صاحب المقصورة )
47. خلاس الهجرى ( خ ت س ق )
48. خيثمة بن عبد الرحمن بن أبى سبرة الكوفى ( ت )
49. ذهيل بن عوف بن شماخ الطهوى ( ق )
50. ربيعة الجرشى ( د )
51. رميح الجذامى ( ت )
52. زرارة بن أوفى ( خ م د ت س ق )
53. زفر بن صعصعة بن مالك ( س ) ( على خلاف فيه )
54. زياد بن ثويب ( سى ق )
55. أبو قيس زياد بن رياح القيسى ( م س ق )
56. زياد بن قيس المدنى ( س )
57. زياد الطائى ( ت )
58. زيد بن أسلم ( ت ) ( و قيل : لم يسمع منه )
59. زيد بن أبى عتاب ( بخ د ق )
60. سالم بن أبى الجعد ( س ق )
61. سالم بن عبد الله بن عمر ( خ م س )
62. سالم أبو الغيث مولى ابن مطيع ( خ م د ت س ق )
63. سالم مولى شداد بن الهاد ( م د ق ) و يقال مولى النصريين
64. سحيم مولى زهرة ( س )
65. سعد بن هشام بن عامر الأنصارى ( ق )
66. سعيد بن الحارث الأنصارى ( خت ت )
67. سعيد بن أبى الحسن البصرى ( ت س )
68. سعيد بن حيان ( والد أبى حيان التيمى )
69. سعيد بن أبى سعيد المقبرى
70. سعيد بن سمعان المدنى ( ر د ت س ) مولى الزبرقيين
71. سعيد بن عمرو بن سعيد بن العاص القرشى الأموى ( خ م ت س )
72. سعيد بن مرجانة
73. سعيد بن المسيب ( خ م د ت س ق )
74. سعيد بن أبى هند ( بخ د )
75. أبو الحباب سعيد بن يسار ( خ م د ت س ق )
76. سلمان الأغر ( خ م د ت س ق )
77. سلمة بن الأزرق ( س ق )
78. سلمة الليثى ( د ق )
79. سليمان بن حبيب المحاربى ( ق ) ( قاضى دمشق )
80. سليمان بن سنان المدنى ( س )
81. سليمان بن يسار ( خ م د ت س ق )
82. سنان بن أبى سنان الدؤلى ( م )
83. شتير ( د ) و يقال : سمير بن نهار العبدى
84. شداد أبو عمار الدمشقى ( ت ق )
85. شريح بن هانىء الحارثى
86. شفى بن ماتع الأصبحى المصرى ( عخ ت س )
87. أبو وائل شقيق بن سلمة ( د )
88. شهر بن حوشب ( د ت س ق )
89. صالح بن درهم الباهلى ( د )
90. صالح بن أبى صالح ( ت ) مولى عمرو بن حريث
91. صالح بن نبهان مولى التوأمة ( د ت ق )
92. صعصعة بن مالك ( د ) ( والد زفر بن صعصعة ) ( على خلاف فيه )
93. صهيب العتوارى ( س )
94. الضحاك بن شرحبيل ( د )
95. الضحاك بن عبد الرحمن بن عرزب ( ت )
96. ضمضم بن جوس الهفانى اليمامى ( د ت س ق )
97. طارق بن مخاشن ( د سى )
98. طاووس بن كيسان ( خ م د ت س ق )
99. عامر بن سعد بن أبى وقاص ( م )
100. عامر بن سعد البجلى ( د س )
101. عامر بن شراحيل الشعبى ( خ م د ت س ق )
102. عباد بن أبى سعيد المقبرى ( د س ق )
103. عباس الجشمى ( د ت س ق )
104. عبد الله بن ثعلبة بن صعير العذرى ( س )
105. أبو الوليد عبد الله بن الحارث البصرى ( م ت ) ( نسيب ابن سيرين )
106. عبد الله بن رافع مولى أم سلمة
107. أبو سلمة عبد الله بن رافع الحضرمى المصرى ( بخ )
108. عبد الله بن رباح الأنصارى ( م د س )
109. عبد الله بن سعد مولى عائشة ( بخ )
110. عبد الله بن أبى سليمان ( بخ )
111. عبد الله بن شقيق ( بخ م ت س )
112. عبد الله بن ضمرة السلولى ( ت ق )
113. عبد الله بن عباس ( خ م د ت س ق )
114. عبد الله بن عمر بن الخطاب ( س ) و قيل عبيد الله ( س )
115. عبد الله بن عبد الرحمن بن الحارث بن سعد بن أبى ذباب الدوسى ( د ت س )
116. عبد الله بن عتبة بن مسعود ( د )
117. عبد الله بن عمرو بن عبد القارى ( س ق )
118. عبد الله بن فروخ مولى عائشة ( م د )
119. عبد الله بن يامين الطائفى ( ق )
120. عبد الحميد بن سالم ( ق )
121. عبد الرحمن بن آدم مولى أم برثن ( صاحب السقاية ) ( د )
122. عبد الرحمن بن أذينة ( ق ) ( قاضى البصرة )
123. عبد الرحمن بن الحارث بن هشام ( س )
124. عبد الرحمن بن حجيرة الخولانى المصرى ( د ت سى ق )
125. عبد الرحمن بن أبى حدرد الأسلمى ( د )
126. عبد الرحمن بن خالد بن ميسرة ( س ) ( جد أسباط بن محمد القرشى )
127. عبد الرحمن بن سعد مولى الأسود بن سفيان ( د ق )
128. عبد الرحمن بن سعد المقعد ( م )
129. عبد الرحمن بن الصامت ( د س ) و يقال : ابن الهضاض و يقال : ابن
الهضهاض الدوسى
130. ( بخ ) ( ابن عم أبى هريرة ، و يقال : ابن أخيه )
131. عبد الرحمن بن عبد الله بن كعب بن مالك ( خد س )
132. عبد الرحمن بن أبى عمرة الأنصارى ( خ م س )
133. عبد الرحمن بن غنم الأشعرى ( س )
134. عبد الرحمن بن أبى كريمة ( د ت ) ( والد إسماعيل السدى )
135. عبد الرحمن بن مهران مولى أبى هريرة ( م س )
136. عبد الرحمن بن أبى نعم البجلى ( خ م د ت س ق )
137. عبد الرحمن بن هرمز الأعرج ( خ م د ت س ق )
138. عبد الرحمن بن يعقوب مولى الحرقة ( ر م د ت س ق )
139. عبد العزيز بن مروان بن الحكم ( د ) ( والد عمر بن عبد العزيز )
140. عبد الملك بن أبى بكر بن عبد الرحمن بن الحارث بن هشام ( سى ) ( على
خلاف فيه )
141. عبد الملك بن يسار ( س ) مولى ميمونة زوج النبى صلى الله عليه وسلم
142. عبيد الله بن أبى رافع ( م د ت س ق ) مولى النبى صلى الله عليه وسلم
143. عبيد الله بن عبد الله بن عتبة بن مسعود ( خ م د ت س ق )
144. أبو يحيى عبيد الله بن عبد الله بن موهب التيمى ( بخ د ت عس ق )
145. عبيد بن حنين ( خ ت س )
146. عبيد بن سلمان الطابخى ( ق )
147. عبيد بن أبى عبيد ( د ق ) مولى أبى رهم
148. عبيد بن عمير الليثى ( م )
149. عبيدة بن سفيان الحضرمى ( م س ق )
150. عثمان بن أبى سودة الشامى ( بخ ت ق )
151. عثمان بن شماس ( سى ) ( على خلاف فيه )
152. عثمان بن عبد الله بن موهب التيمى ( تم )
153. عجلان مولى فاطمة بنت عتبة بن ربيعة ( خت م د ت س ق ) ( والد محمد بن
عجلان )
154. عجلان مولى المشمعل ( س )
155. عراك بن مالك ( خ م د ت س ق )
156. عروة بن الزبير ( خ م د ت سى )
157. عزرة بن تميم ( س )
158. عطاء بن أبى رباح ( خ م د ت س ق )
159. عطاء بن أبى علقمة بن الحارث بن نوفل ( سى )
160. عطاء بن أبى مسلم الخراسانى ( ق )
161. عطاء بن ميناء مولى ابن أبى ذباب ( خ م د ت س ق )
162. عطاء بن يزيد الليثى ( خ م س ق )
163. عطاء بن يسار ( خ م د ت س ق )
164. عطاء مولى ابن أبى أحمد ( ت س ق )
165. عطاء مولى أم صبية الجهنية ( س )
166. عطاء الزيات ( س ) ( إن كان محفوظا )
167. عكرمة بن خالد المخزومى ( ت )
168. عكرمة مولى ابن عباس ( خ د ت س ق )
169. علقمة بن بجالة بن الزبرقان ( بخ )
170. على بن الحسين بن على بن أبى طالب ( س )
171. على بن رباح اللخمى ( د س )
172. على بن شماخ السلمى ( د سى ) ( على خلاف فيه )
173. عمار بن أبى عمار مولى بنى هاشم ( د ت س )
174. عمارة و يقال : عمرو بن أكيمة الليثى ( ر د ت س ق )
175. عمر بن الحكم بن ثوبان ( خت )
176. عمر بن الحكم بن رافع الأنصارى ( خت م ت س )
177. عمر بن خلدة الزرقى ( د ق ) ( قاضى المدينة )
178. عمرو بن دينار ( ق )
179. عمرو بن أبى سفيان بن أسيد بن جارية الثقفى ( خ م د س )
180. عمرو بن سليم الزرقى ( سى )
181. عمرو بن عاصم بن سفيان بن عبد الله الثقفى ( بخ د ت س )
182. عمرو بن عمير ( د )
183. عمرو بن قهيد بن مطرف ( س ) ( و يقال : )
184. قهيد بن مطرف ( س )
185. عمرو بن ميمون الأودى ( سى )
186. عمير بن الأسود العنسى ( ق )
187. عمير بن هانىء العنسى ( د )
188. عنبسة بن سعيد بن العاص ( خ د )
189. عوف بن الحارث بن الطفيل ( د س ) ( رضيع عائشة )
190. العلاء بن زياد العدوى ( ق )
191. عيسى بن طلحة بن عبيد الله ( خ م د ت س ق )
192. القاسم بن محمد بن أبى بكر الصديق ( ت )
193. قبيصة بن ذؤيب الخزاعى ( خ م د ت س )
194. قسامة بن زهير المازنى ( س )
195. القعقاع بن حكيم ( س ) ( مرسل )
196. قيس بن أبى حازم البجلى ( خ م ت )
197. كثير بن مرة الحضرمى ( ق )
198. كعب المدنى ( ت )
199. كليب بن شهاب الجرمى ( د ت س ) ( والد عاصم بن كليب )
200. كميل بن زياد النخعى ( سى )
201. كنانة مولى صفية ( بخ )
202. مالك بن أبى عامر الأصبحى ( خ م ت س ق )
203. مجاهد بن جبر المكى ( خ م د ت س ق )
204. المحرر بن أبى هريرة ( ابنه ) ( س ق )
205. محمد بن إياس بن البكير الليثى ( د )
206. محمد بن ثابت ( ت ق )
207. محمد بن زياد الجمحى ( خ م د ت س ق )
208. محمد بن سيرين ( خ م د ت س ق )
209. محمد بن شرحبيل العبدرى ( بخ )
210. محمد بن أبى عائشة المدنى ( م د س ق )
211. محمد بن عباد بن جعفر المخزومى ( عخ م ت س ق )
212. محمد بن عبد الرحمن بن ثوبان ( م ت س ق )
213. محمد بن عبد الرحمن ( س ) ( يقال : ابن أبى ذباب )
214. محمد بن عمار بن سعد القرظ ( ت )
215. محمد بن عمرو بن عطاء العامرى ( ق ) ( على خلاف فيه )
216. محمد بن عمير ( س )
217. محمد بن قيس بن مخرمة القرشى ( م ت س )
218. محمد بن كعب القرظى ( بخ د ق )
219. محمد بن مسلم بن شهاب الزهرى ( ت ) ( و لم يسمع منه )
220. محمد بن المنكدر ( د )
221. مروان بن الحكم بن أبى العاص الأموى ( د س )
222. مضارب بن حزن التميمى ( ق )
223. المطلب بن عبد الله بن حنطب ( س ق )
224. المطوس ( د ق ) ( و يقال : )
225. أبو المطوس ( و يقال : )
226. والد أبى المطوس ( د ت س ق )
227. معبد بن عبد الله بن هشام القرشى ( ق ) ( والد زهرة بن معبد )
228. المغيرة بن أبى بردة العبدرى ( د ت س ق )
229. مكحول الشامى ( د ت ) ( مرسل )
230. المنذر بن مالك العبدى ( مرسل )
231. موسى بن طلحة بن عبيد الله المدنى ( م ت س )
232. موسى بن وردان القرشى ( بخ د ت سى ق )
233. موسى بن يسار المطلبى مولى قيس بن مخرمة ( خت م د س ق )
234. ميمون بن مهران الجزرى ( ق )
235. ميناء بن أبى ميناء مولى عبد الرحمن بن عوف ( ت )
236. نافع بن جبير بن مطعم ( خ م س ق )
237. نافع بن عباس مولى أبى قتادة ( خ م د )
238. نافع بن أبى نافع البزاز مولى أبى أحمد ( د ت س )
239. نافع مولى عبد الله بن عمر ( خ م )
240. النضر بن سفيان الدؤلى ( س )
241. نعيم بن عبد الله المجمر ( خ م د س )
242. همام بن منبه ( خ م د ت س ق )
243. هلال بن أبى هلال ( بخ د س ق ) ( والد محمد بن هلال المدنى )
244. الهيثم بن أبى سنان ( خ )
245. واثلة بن الأسقع ( ق )
246. الوليد بن رباح ( بخ د ت ق )
247. يحيى بن جعدة بن هبيرة المخزومى ( د )
248. أبو الحباب يحيى بن أبى صالح ( ت )
249. يحيى بن النضر الأنصارى ( بخ ق )
250. يحيى بن يعمر البصرى ( د س )
251. يزيد بن الأصم ( بخ م د ت س ق )
252. يزيد بن رومان ( ق ) ( مرسل )
253. أبو العلاء يزيد بن عبد الله بن الشخير ( ق )
254. يزيد بن عبد الله بن قسيط ( بخ د )
255. يزيد بن عبد الرحمن الأودى ( بخ ت ق ) ( والد إدريس بن يزيد )
256. يزيد بن هرمز ( م سى )
257. يزيد مولى المنبعث ( ت )
258. يعلى بن عقبة ( س )
259. أبو مرة يعلى بن مرة الكوفى ( بخ )
260. يوسف بن ماهك ( د ت ق )
261. أبو إدريس الخولانى ( خ م س ق )
262. أبو إسحاق مولى عبد الله بن الحارث بن نوفل ( سى )
263. أبو أمامة بن سهل بن حنيف ( م س ق )
264. أبو أيوب المراغى ( م )
265. أبو بكر بن سليمان بن أبى حثمة ( س )
266. أبو بكر بن عبد الرحمن بن الحارث بن هشام ( خ م د ت س ق )
267. أبو تميمة الهجيمى ( د ت س ق )
268. أبو ثور الأزدى ( ت )
269. أبو جعفر المدنى ( بخ د ت سى ق ) ( يقال : إنه محمد بن على بن الحسين )
270. أبو الجوزاء الربعى ( س )
271. أبو حازم الأشجعى ( خ م د ت س ق )
272. أبو الحكم البجلى ( ت ) ( و ليس بعبد الرحمن بن أبى نعم فيما قيل )
273. أبو الحكم مولى بنى ليث ( س ق )
274. أبو حميد مولى مسافع ( ق ) ( يقال : إنه عبد الرحمن بن سعد المقعد )
275. أبو حى المؤذن ( د )
276. أبو خالد البجلى ( بخ ت ق ) ( والد إسماعيل بن أبى خالد )
277. أبو خالد الوالبى ( د ت ق )
278. أبو خالد مولى آل جعدة بن هبيرة ( د )
279. أبو رافع الصائغ ( خ م د ت س ق )
280. أبو الربيع المدنى ( بخ ت )
281. أبو رزين الأسدى ( بخ م د س ق )
282. أبو زرعة بن عمرو بن جرير ( خ م د ت س ق )
283. أبو زيد ( س )
284. أبو السائب مولى هشام بن زهرة ( ر م د ت س ق )
285. أبو سعد الخير الحمصى ( د ق ) و يقال أبو سعيد
286. أبو سعيد بن أبى المعلى المدنى ( ت )
287. أبو سعيد الأزدى الشنائى ( د )
288. أبو سعيد المقبرى ( خ م د ت س ق )
289. أبو سعيد مولى عبد الله بن عامر بن كريز ( م س ق )
290. أبو سفيان مولى ابن أبى أحمد ( خ م د ت س ق )
291. أبو سلمة بن عبد الرحمن ( خ م د ت س ق )
292. أبو السليل القيسى ( ت )
293. أبو سهم ( ق ) ( و هو وهم و الصواب أبو سلمة )
294. أبو الشعثاء المحاربى ( م د ت س ق ) ( والد أشعث بن أبى الشعثاء )
295. أبو صالح الأشعرى ( ق )
296. أبو صالح الحنفى ( سى )
297. أبو صالح الخوزى ( بخ ت ق )
298. أبو صالح السمان ( خ م د ت س ق )
299. أبو صالح مولى ضباعة ( ت )
300. أبو الصلت ( ق )
301. أبو الضحاك ( فق )
302. أبو العالية الرياحى ( ت )
303. أبو عبد الله الدوسى ( د ق ) ( ابن عم أبى هريرة )
304. أبو عبد الله القراظ ( م س )
305. أبو عبد الله المدنى ( س ) ( مولى الجندعيين )
306. أبو عبد العزيز ( بخ )
307. أبو عبد الملك مولى أم مسكين بنت عاصم بن عمر بن الخطاب ( بخ )
308. أبو عبيد مولى ابن أزهر ( خ م د ت س ق )
309. أبو عثمان التبان ( خت م د س )
310. أبو عثمان الطنبذى ( بخ مق د ت ق )
311. أبو عثمان النهدى ( خ م د ت س ق )
312. أبو عثمان ( آخر ) ( ت )
313. أبو علقمة مولى بنى هاشم ( ر م د س )
314. أبو عمر الغدانى ( د س )
315. أبو غطفان بن طريف المرى ( م د )
316. أبو قلابة الجرمى ( س )
317. أبو كباش العيشى ( ت )
318. أبو كثير السحيمى ( بخ م د ت س ق )
319. أبو المتوكل الناجى ( س )
320. أبو مدلة مولى عائشة ( أم المؤمنين ) ( ت ق )
321. أبو مرة مولى عقيل بن أبى طالب ( بخ )
322. أبو مريم الأنصارى ( بخ د ت )
323. أبو مزاحم المدنى ( ت )
324. أبو مزرد ( بخ )
325. أبو المهزم البصرى ( د ت ق )
326. أبو ميمونة المدنى ( د ت س ق )
327. أبو هاشم الدوسى ( د ) ( ابن عم أبى هريرة )
328. أبو الوليد مولى عمرو بن حريث
329. أبو يحيى مولى آل جعدة بن هبيرة ( بخ م ق )
330. أبو يحيى ( عخ د س ق ) ( يقال : إنه الأسلمى )
331. أبو يونس مولى أبى هريرة ( بخ م د ت )
332. ابن حسنة الجهنى ( بخ )
333. ابن سيلان ( د )
334. ابن مكرز الشامى ( د )
335. ابن وثيمة النصرى ( ت ق )
336. كريمة بنت الحسحاس المزنية ( عخ )
337. أم الدرداء الصغرى ( ق ) .
Jadi atsar itu mulai tingkat sahabat yaitu Abu Hurairah sampai
pd Imam Malik 150 tahun stlah Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam wafat trus menerus masih hanya
satu orang yg tahu – yakni perawi tunggal . Jadi tafarrudnya sampai beberapa
tingkat, bukan hanya satu tingkat. Di tingkat sahabat hanya Abu Hurairah ………. ,
sampai masa atbaut tabiin --------- bukan tabiinnya tp pengikut tabiin sekitar
150 th H lebih kisah itu masih diriwayatkan oleh perawi tunggal. Yakni
mayoritas sahabat , tabiin dan atba` mrk sampai mati tdk kenal kisah itu.
Walau imam Malik dr
penduduk Madinah, tp kalau sedemikian
caranya ttp apa yg di kisahkan adalah gharib. Apalagi ia bukan hadis tp
sekedar atsar yg boleh di ambil atau di buang.
Imam Malik berkata :
إنَّمَا أَنَا بَشَرٌ أُصِيبُ وَأُخْطِئُ فَاعْرِضُوا
قَوْلِي عَلَى الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ
Aku hanyalah
manusia , terkadang pendapatku benar , di lain waktu kadang salah . Karena itu ,
cocokkan perkataanku ini dengan kitabullah dan hadis Rasulullah .
Imam Syafii sbb:
أَجْمَعَ الْمُسْلِمُونَ عَلىَ أَنَّ مَنِ اسْتَبَانَ
لَهُ سُنَّةٌ عَنْ رَسُولِ اللهِ لَمْ يَحِلَّ لَهُ أَنْ يَدَعَهَا لِقَوْلِ
أَحَدٍ
“Kaum muslimin sepakat bahwa siapa saja yang telah jelas
baginya sebuah sunnah (ajaran) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka
tak halal baginya untuk meninggalkan sunnah itu karena mengikuti pendapat siapa
pun.” I’lamul Muwaqi’in, 2: 282.
Dlm satu kitab Mustholah karya al Malibari dinyatakan :
فإذا ما أعل النقاد المتقدمون حديثاً تفرد به ثقة أو صدوق
بحجة تفرده به ، أو إذا أعلوا ما زاده على الآخرين بحجة عدم وجود المتابعة له ،
يرفضونه بمنتهى البساطة لخروجه من حدود منهجهم الذي يؤسس على ظواهر الإسناد وأحوال
الرواة ،وأحياناً يعللون ذلك بقولهم :" كما هو مقرر في كتب المصطلح" !
([66]) انظر نظرات جديدة في مصطلح
الحديث ، الميليباري ص64
Intinya : Kalangan ulama ahli hadis dulu menyatakan
cacat terhadap hadis
yg di riwayatkan oleh satu perawi
tsiqah – terpercaya atau perawi
tunggal yg suka berkata benar …………….. tp di tolak oleh ahli hadis belakangan
karena tdk sesuai dengan manhaj mrk yg hanya memandang kpd zahirnya
sanad dan perawi belaka. Kadang mrk menolak
hadis yg telah di katakan
cacat oleh pakar ahli hadis dulu
karena perawi tunggal tadi hanya
dengan kalimat “ sbgmn
telah di tentukan dlm ilmu
musthalah” .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Al Malibari mengeritik
tehnis ulama ahli hadis belakangan yg hanya menfokuskan pd sanad
bukan pd materi pembahasan dlm
hadis , cocok dg al Qur an atau tidak. Sanadnya sahih bg mrk
ya hadis itu sahih. Kebanyakan
mrk tdk bgt memandang kpd sanad.
الدكتور عبد القادر المحمدي
ثم جاءت بعض النصوص التي فصلت الإسناد عن المتن ، فقد يصح
الحديث سنداً ولا يصح متناً ثم تطلق عبارة التصحيح هكذا ( إسناده صحيح ، ورجاله
ثقات ) ، فتعكّز عليها بعض المتأخرين ، وخاصة من المعاصرين ليصححوا مئات ، بل آلاف
الأحاديث المعلولة تحت هذا الغطاء :" إسناده صحيح
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=95826
Intinya; Sebagian
ulama ahli hadis belakangan ini dg mudah mensahihkan hadis dengan kalimat : Sanadnya sahih dan perawi –
perawinya terpercaya “.
Kalimat spt itu di buat landasan bg ulama belakangan
ini untuk mensahihkan ratusan bahkan ribuan hadis
yg cacat, lalu di bilang : Sanadnya sahih.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hal itu terjadi karena ulama
belakangan ini dlm rangka menyatakan hadis sahih dan lemah hanya memandang sanadnya tanpa memandang
redaksi hadis ini beda dengan ayat atau tidak , beda dengan hadis yg lebih sahih
apa tidak.
Tinggalkanlah manhaj
spt itu dan ikutilah manhaj pakar hadis
dahulu yg menilai hadis dengan
sangat cermat , mulai dari sanadnya sampai dg matannya .
Muhammad bin Abdullah
al Qannash menulis :
2- أن المتأمل في الأحكام على
الأحاديث يجد كثرة الأحاديث التي صححها من جاء بعد الأئمة المتقدمين وقد حكم عليها
الأئمة المتقدمون بالضعف والنكارة وربما بالبطلان أو الوضع،
Sesungguhnya orang yang mau merenungi tentang penilaian
hadis – hadis akan menjumpai banyak hadis yang di sahihkan oleh ulama belakangan ( setelah ahli hadis yang dulu _). Pada hal hadis – hadis itu telah di nyatakan lemah, munkar, kadang batil atau palsu oleh
ulama ahli hadis yang dulu.
http://islamselect.net/print/80788
Kisah Abu Hurairah tsb munkar, nyeleneh sekali, tdk bisa di
buat pegangan atau boleh di amalkan
Imam Abu Hanifah menyatakan
sinyal kelemahan hadis adalah perawi secara sendirian meriwayatkan hadis bukan sahabat yg lain .
3ـ ألا يكون فيما تعم به البلوى
العلمية أو العملية، أي أن المحدث يتفرد بحديث في حين سائر الصحابة لا يعلمون مع
أنه من الأمور العلمية العامة
1. Agar tidak
termasuk musibah ilmiyah atau amaliyah yg umum – yaitu seorang perawi hadis menyampaikan hadis secara
sendirian. Pada hal sahabat yg
lain tidak mengetahui. Dan ia termasuk
masalah ilmiyah yg umum.
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
Di kalangan sahabat tiada yg menjalankan spt itu kecuali Abu
Hurairah.
Ia sekedar
perbuatan sahabat , apalagi satu sahabat
, bukan hujjah. Bila dibuat hujjah kita akan menyelisihi ayat 51 – 53 yg menyatakan mayat tidur bukan
disiksa.
Jenazah anak kecil
yg tdk berdosa sdh dimintakan perlindungan dr siksa kubur, apalagi yg sdh dewasa atau sudah tua. Untungnya kisah itu munkar. Seandainya
sahih, ia sekedar perbuatan orang yg bukan Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam . Bila umar ra kadang keliru apalagi Abu Hurairah.
Ikuti sj ayat ini :
إِلَيْهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا وَعْدَ اللَّهِ حَقًّا
إِنَّهُ يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ لِيَجْزِيَ الَّذِينَ آمَنُوا
وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ بِالْقِسْطِ وَالَّذِينَ كَفَرُوا لَهُمْ شَرَابٌ مِنْ
حَمِيمٍ وَعَذَابٌ أَلِيمٌ بِمَا كَانُوا يَكْفُرُونَ(4).يونس.
Hanya kepada-Nya-lah kamu semuanya akan kembali; sebagai
janji yang benar daripada Allah, sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada
permulaannya kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali (sesudah
berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan
yang mengerjakan amal saleh dengan adil. Dan untuk orang-orang kafir disediakan
minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka. Yunus 4.
Jd siksaan , balasan kenikmatan akan diberikan setelah manusia di bangkitkan
bukan ketika dlm kuburan.
Bersambung …………………
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan