Minggu, September 09, 2012

Jasad dan kain kafan Gusdur masih utuh?

MENGANALISIS KEJANGGALAN BERITA MISTIS AMBLESNYA TANAH DI MAKAM GUS DUR

Entri ini dipublikasikan pada Februari 21, 2011Perdana Akhmad S.Psi, dalam topik Anak Indigo, MACAM PRILAKU SYIRIK, MEMBANTAH BERITA HOAX dan kait kata gus dur, makam keramat.
Dikaji Oleh : Perdana Akhmad, S.Psi
Sebagian masyarakat kita ada yang cenderung lebih percaya kepada cerita-cerita irasional seperti kisah makam Gud Dur yang penuh mistis dan bermuatan syirik, serta lebih banyak bermuatan unsur pembodohan yang justru merugikan masyarakat. Gus Dur yang selama hidupnya banyak berbuat kerusakan dimuka bumi dianggap wali Allah yang punya banyak karomah yang celakanya dibesar-besarkan oleh insan pers. Rekan-rekan sekalian, kecerdasan suatu bangsa juga bisa dilihat dari sikap insan pers yang berkiprah di tengah-tengah bangsa tersebut. Bila insan pers lebih gandrung pada cerita-cerita mistis bernuansa pembodohan dibalik amblesnya makam Gus Dur ketimbang membahas fenomena amblesnya makan Gur Dur dari sisi Ilmiah, maka tidak bisa dielakkan adanya kesan bahwa insan pers kita masih belum maksimal menjalankan fungsi mencerdaskan bangsa.
Sebelum membahasnya lebih jauh mari kita baca bersama dahulu berita seputar amblesnya makam Gus dur dengan beragam cerita mistisnya :
Subhanallah! Makam Ambles, Jasad Gus Dur Utuh
Nasional – Jumat, 18 Februari 2011 | 13:03 WIB
INILAH.COM, Jombang – Hujan deras yang mengguyur kota santri Jombang membuat makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ponpes Tebuireng, Jombang, ambles. Yang lebih mengagetkan, jasad presiden keempat itu masih utuh. Kain kafan yang membungkus jasad Gus Dur masih utuh dan putih.
Zainul, salah satu petugas keamanan pondok mengatakan, amblesnya makam Gus Dur terjadi tiga hari lalu. Saat itu pengunjung makam Gus Dur sedang tinggi-tingginya. Sudah begitu, hujan deras terus mengguyur kawasan Tebuireng. AKibatnya, makam mantan Ketua PBNU tersebut ambles.
Praktis, kejadian itu membuat penghuni Tebuireng kalang kabut. Mereka beramai-ramai melihat kejadian aneh tersebut. Sebuah lubang akibat gerusan air menganga lebar sehingga menampakkan kain kafan pembungkus tubuh tokoh yang dikenal dengan berbagai anekdotnya ini. “Subhanallah, kain kafan Gus Dur masih utuh. Putih bersih seperti baru,” kata Zainul, Jumat (18/2/2011).
Dia menambahkan, kejadian itu pertama diketahui oleh pedagang asongan yang biasa menjual VCD tentang Gus Dur. Pedagang asongan itu bernama Waldi. “Namanya pak Waldi, ia melaporkan kejadian itu ke saya yang kebetulan sedang berjaga di pos utara (pos pintu keluar masuk para peziarah),” tambah Zainul. Zainul menerangkan seketika ia berlari menuju areal makam.
Dalam hitungan detik lubang di pusara Gus Dur ini pun segera ditutupi dengan pasir ala kadarnya. Baik penjaga dan pengurus pondok langsung membuat barisan blokade untuk menutupi lubang di pusara Gus Dur. Hal ini dimaksudkan agar peziarah tidak sampai mengambil gambar. Pasalnya, jasad Gus Dur yang sudah setahun lebih dimakamkan masih tetap utuh. Hanya saja, kabar fenomena langka tersebut terkesan disembunyikan oleh pengurus pondok lainnya. Salah satunya M.Hasan, salah satu penjaga pos utama pondok pesantren Tebu ireng. Bapak kandung dari Zainul, penjaga yang kali pertama menerima laporan amblesnya makam Gus Dur ini menceritakan, dirinya juga ikut menutupi lubang dimakam Gus Dur tersebut.
Di bawah guyuran hujan itu dia mengaku bersama empat orang yang lain termasuk anaknya Zainul, melihat sesuatu yang ganjil. “Tapi saya nggak berani cerita, itu bukan wewenang saya,” kilah Hasan. Hingga saat ini di lokasi makam Gus Dur sudah diberi pembatas. Hal itu dilakukan agar pengunjung tidak menerobos masuk. Selain itu makam yang ambles tersebut sudah di tutup pasir. Bahkan, segunduk pasir masih tersedia di samping makam tersebut
http://nasional.inilah.com/read/deta…d-gus-dur-utuh
Di Balik Amblesnya Makam Gus Dur
Selain Tetap Utuh, Jasad Gus Dur Juga Bersinar
Jum’at, 18 Februari 2011 14:16:24 WIB
Jombang (beritajatim.com) – Pasca amblesnya makam KH.Abdurahman Wahid atau Gus dur, keluarga besar almarhum tokoh pluralis langsung menggelar rapat internal. Tidak ada yang tahu isi pembahasan rapat bani Hasyim tersebut. Namun dipastikan rapat ini tidak lepas dari amblesnya makam Gus Dur yang berakibat terlihatnya kain kafan yang masih bersih serta utuhnya jasad Presiden RI ke IV tersebut.
Salah satu orang dekat keluarga besar bani Hasyim, Sholahul Am Notobuwono (Gus Aam) membenarkan jika fenomena langka itu sedang dalam pembahasan internal keluarga. “Saya sekarang lagi di Jakarta dan keluarga sedang bahas masalah amblesnya makam Gus Dur,” terang Gus Aam yang juga pengasuh ponpes Tambakberas ini, Jumat (18/2/2011).
Gus Aam yang dihubungi via telepon ini juga mengatakan, permasalahan itu sengaja disembunyikan guna mencegah membludaknya kembali para peziarah ke makam pendiri NU itu. Tidak hanya itu, amblesnya makam Gus Dur yang bertepatan dengan peringatan maulid nabi, Selasa (15/2) lalu, menurut ketua PC.GP.Ansor Jombang ini sebenarnya telah direspon langsung dua putri Gus Dur.
Inayah dan Alissa telah melihat mendatangi pondok pesantren Tebuireng beberapa jam pasca amblesnya makam Gus Dur tersebut. “Mbak Inayah sudah datang ke Jombang, disusul Mbak Alissa,” tambah Aam mengakhiri pembicaraan.
Kabar tentang kondisi jasad utuh serta kain kafan yang masih putih bersih ternyata telah tersebar ke se antero wilayah. Di kalangan Gusdurian (pengagum Gus Dur) meski masih sedikit terselubung, diakui jika fenomena yang menunjukkan sifat kewalian Gus Dur benar adanya.
“Kami mendengar jika jasad mendiang Gus Dur tidak hanya itu, malah saat ambles, nampak sinar terang muncul dari dalam tanah yang memancar dari jasad beliau (Gus Dur). Dan satu lagi kabar ini sudah menjadi perbincangan hangat di Jakarta,” tutur Munasir Huda salah satu Gusdurian yang tinggal di wilayah Diwek ini.
Namun bagi Huda, hal tersebut bukanlah satu kebohongan belaka jika melihat sepak terjang dan perjuangan Gus Dur selama ini. Ditambah kejadian amblesnya makam hingga terlihatnya jasad Gus Dur yang masih utuh bertepatan dengan peringatan maulid nabi. “Tuhan itu Maha Besar, kalau Tuhan berkehendak apa yang tidak mungkin bisa saja terjadi. Ini menunjukkan sifat kewalian Gus Dur kian kentara,” jelas Huda menambahkan. [
http://www.beritajatim.com/detailnew..._Juga_Bersinar

Tanggapan :
Info dari Juru Kunci Makam Gus Dur menjelaskan bahwa sudah 5 kali makam Gus Dur ini ambles, sebenernya ini fenomena biasa sebab waktu Gus Dur  dikuburkan lagi musim hujan hingga tanahnya gembur , tidak bisa padat dan lama keringnya. Ini adalah peristiwa biasa saja. Adapun kesaksian yang menyatakan Amblesnya makam Gus Dur hingga dasar kubur yang mengakibatkan kain kafannya terlihat haruslah kita kaji dari sisi logika dahulu benarkah info ini atau sekedar berita hoax saja.Lihat foto kubur Gus Dur dibawah ini :

Kejanggalan 1 :
Biasanya jasad itu di kuburkan pada kedalaman lebih dari 1,5m ditutup papan. Jika dilihat dari gambar diatas apa mungkin air hujan dapat menggerus tanah hingga kedalaman 1,5 m hingga kain kafan dan jasadnya kelihatan? Tidak akan masuk diakal jika dilogika, aliran air hujan di kontur tanah yang datar hanya akan dapat menghanyutkan gundukan tanah paling atas dari makam dan tidak akan mungkin dapat melobangi makam hingga kedalaman 1.5 meter.  Liang lahat bisa saja benar-benar hilang tanahnya sampai dasar lubang makam jika tidak pernah ditimbun sama sekali dan terus-menerus terkena terpaan gerusan air, dan ini mustahil sebab ada penjaga makam yang tentunya akan selalu memperbaiki dan menambah tanah yang tergerus air hujan.
Info yang saya dapat dari Okezone bahwa Kubur Gus Dur cuma ambles 20 cm lihat di sini , lalu apakah masuk diakal sudah terlihat kain kafan Gus Dur??? apa Gus Du cuma dikubur sedalam 30 cm saja???? dalam berita lain okezone disini dikatakan:
Makam KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur ambles pada Jumat dini hari. Amblesnya tanah makam tersebut dikabarkan hingga menyentuh bagian dasar makam. Benarkah jasad Gus Dur terlihat?
Terlihat berita amblesnya makam Gus Dur tidak konsisten sama sekali,jika tidak konsisten maka sangat tidak layak berita ini dijadikan sebuah fakta ilmiah sebab tidak teruji kebenarannya.
Kejanggalan 2 :
Praktis, kejadian itu membuat penghuni Tebuireng kalang kabut. Mereka beramai-ramai melihat kejadian aneh tersebut. Sebuah lubang akibat gerusan air menganga lebar sehingga menampakkan kain kafan pembungkus tubuh tokoh yang dikenal dengan berbagai anekdotnya ini. “Subhanallah, kain kafan Gus Dur masih utuh. Putih bersih seperti baru,” kata Zainul, Jumat (18/2/2011).
Biasanya setelah setahun, kayu yang menutupi mayit sudah lapuk sehingga patah. Dan krn ada ruang kosong antara mayit dgn penutup kayu tsb, saat kayu tsb patah, maka tanahnya ikut turun.Kalo kain kafan masih kelihatan utuh ya karena sebelumnya kayu itu yang menahan tanah.Namun ini hanya terjadi pada kondisi tanah kering, jika dikatakan tergerus karena air hujan maka mustahil air bercampur Lumpur tidak bisa menyentuh kain kafan Gus dur
Kejanggalan 3 :
Dalam hitungan detik lubang di pusara Gus Dur ini pun segera ditutupi dengan pasir ala kadarnya. Baik penjaga dan pengurus pondok langsung membuat barisan blokade untuk menutupi lubang di pusara Gus Dur. Hal ini dimaksudkan agar peziarah tidak sampai mengambil gambar. Pasalnya, jasad Gus Dur yang sudah setahun lebih dimakamkan masih tetap utuh.
kejanggalannya, jika memang jasad Gus Dur masih utuh , mengapa penjaga makam cepat-cepat menutup dengan pasir. sepertinya ada sesuatu yang disembunyikan.dan bukan kebiasaan orang NU untuk menyembunyikan karomah orang-orang  yang dianggap wali oleh mereka. karena orang NU gemar sekali menceritakan kesaktian kyai-kyainya mereka supaya orang banyak kagum dan mau ikut golongan mereka. Jika jenazahnya masih utuh makabisa dipastikan banyak dari para peziarah yang akan mengabadikannya memakai kamera / HP dan akan dijadikan bukti kewalian gus Dur.
Kejanggalan 4 :
“Kami mendengar jika jasad mendiang Gus Dur tidak hanya itu, malah saat ambles, nampak sinar terang muncul dari dalam tanah yang memancar dari jasad beliau (Gus Dur). Dan satu lagi kabar ini sudah menjadi perbincangan hangat di Jakarta,” tutur Munasir Huda salah satu Gusdurian yang tinggal di wilayah Diwek ini.
Tidak ada satupun bukti foto/rekaman video  sinar yang memancar dari kubur Gus Dur dan tidak mungkin para peziarah yang sangat banyak itu tidak ada satupun yang tidak sempat mengabadikan fenomena sinar yang memancar dari kubur Gus Dur?  Orang-orang yang ghuluw (lebay/berlebihan) suka menambah-nambahi cerita hingga terkesan mistis dan ujung-jujungnya para penyembah kubur akan semakin mengkultuskan Gus Dur yang berujung pada kesyirikan
Kejanggalan 5:
Pasca amblesnya makam KH.Abdurahman Wahid atau Gus dur, keluarga besar almarhum tokoh pluralis langsung menggelar rapat internal. Tidak ada yang tahu isi pembahasan rapat bani Hasyim tersebut. Namun dipastikan rapat ini tidak lepas dari amblesnya makam Gus Dur yang berakibat terlihatnya kain kafan yang masih bersih serta utuhnya jasad Presiden RI ke IV tersebut.
Salah satu orang dekat keluarga besar bani Hasyim, Sholahul Am Notobuwono (Gus Aam) membenarkan jika fenomena langka itu sedang dalam pembahasan internal keluarga. “Saya sekarang lagi di Jakarta dan keluarga sedang bahas masalah amblesnya makam Gus Dur,” terang Gus Aam yang juga pengasuh ponpes Tambakberas ini, Jumat (18/2/2011).
Dari sisi mana bisa diketahui kain kafan gus dur yang bersih berarti jasadnya masih utuh ??? logika mana yang dapat diambil yang memastikan jasad Gus Dur masih utuh ketika Cuma melihat kain kafan saja?
Logika mana yang bisa dijadikan sandaran ketika kain kafan yang berumur kurang dari 1 tahun masih utuh lalu dikatakan bentuk karomah? Saya ketika membangun rumah sempat membongkar tempat pembuangan sampah, ada banyak sampah non organic seperti plastic, besi, kain yang umurnya sudah bertahun-tahun tidak hancur, hal ini disebabkan karena jasad renik/organisme pengurai tidak dapat mengurai sampah non organic tersebut.
Pantaskah Gus Dur jadi Wali Allah ?
Masih banyak umat Islam yang tidak paham dengan Islam-nya, tapi sangat loyal dengan ulama su’ (jahad), bahkan walaupun mereka tidak tahu bahwa kyai ataupun ulamanya seperti Gus Dur ini telah menjadi korban cuci otak pihak barat dan menyerang Islam dari dalam, mereka akan membelanya habis-habisan, walaupun cara berpikirnya jelas-jelas menentang Al-Quran dan Al-Hadits. Bahkan ada yang sampai mau diadu domba antara sesama Islam (lihat kumpulan kesalahan fatal Gus Dur dari “orang dalam”  di sini .)   Itulah krisis Taqlid Buta sudah merajalela kemana-mana. Umat Islam lebih sakit ketika ulamanya yang dihina, habibnya yang dihina, syekhnya yang dihina, Nabinya yang dihina, ketimbang Islam-nya yang dihina dan Al-Quran-nya yang dihina. Padahal Rasulullah SAW, ketika dirinya yang mendapat hinaan beliau tak terlalu pedulikan, tapi ketika Islam-nya yang dihina dan Al Quran-nya yang dihina Beliau akan sangat marah.
Banyaknya gusdurian (pecinta gus dur) yang berdatangan menziarahi kuburan dan makam Gus Dur yang dikeramatkan lalu membuat kisah-kisah palsu untuk mendewakan Gus Dur sebagai thogut baru. Kalau cuma sekedar ziarah dan mendoakan jenazah Gus Dur sih tak masalah, tapi ini mendoakan diri sendiri kepada Allah melalui perantara Gus dur yang diyakini wali ini jadi masalah serius dalam hal syirik (apalagi sampai berbohong mengatakan jasad gus dur masih utuh lalu ada cahaya dimakamnya dan berbagai kisah bohong lainnya), Ini tak ada bedanya dengan Penduduk Mekkah zaman Jahilliyah yang menyembah Patung Latta dan Uzza, dengan dalih menyembah kepada Allah SWT melalui perantara patung Latta dan Uzza (Latta dan Uzza adalah Alim Ulama yang hidup sebelum zaman Rasulullah SAW), cuma bedanya yang satu patung yang satu lagi makam keramat. Padahal Rasulullah SAW sendiri melarang umatnya membuat makam keramat diatas kuburannya. Allahumusta’an!!!!!!!!!

Komentarku ( Mahrus ali): 
   Ulasan tsb rasional sekali, bukan hurofat, hayalan atau taklid buta, bukan emosional.
Boleh and abaca lagi disini:
31 Des 2011
07 Mei 2011
12 Apr 2011
Pergilah ke blog kedua www.mantankyainu2.blogspot.com


Artikel Terkait

47 komentar:

  1. Maha Suci ALLAH dengan segala kebesarannya, berbicara tentang sepak terjang Gus Dur diwaktu masih hidup dan setelah mati saya rasa tidak ada habis-habisnya, dan bagi saya ajaran Gus Dur banyak mudloratnya daripada manfaat (baiknya) tapi secara umum dia dipuja, dimulikan sebagai wali ini merupakan kelemahan bangsa Indonesia pada umumnya dan ini atas andil dia bangsa Indonesia jadi begini kalau secara kuantitas nomor satu di dunia, namun secara kualitas terjadi sebaliknya adalah paling buruk di dunia karena islamnya hanya katanya pak kiyai. Saya tidak habis pikir orang seperti itu kok bisa dikagumi, dimuliakan, sampai masuk kubur masih dipuja-puja justeru sebenarnya dialah yang merusak bangsa Indonesia itu dengan dalih pluralisme sampai-sampai sadar atau tidak dia tahun 2003 pernah dibapthis paderi kristiani jelas itu adalah MUNAFIK sesuai ajaran islam, tapi semua orang masih taklik sama dia, inilah menggambarkan betapa rendahnya pemahaman agama Islam bangsa Indonesia pada umumnya.

    BalasHapus
  2. BUMI DATAR???

    Teori Bumi Datar adalah penemuan spektakuler sepanjang abad modern oleh seorang jenius ulama Arab Saudi, Grand Mufti Ibn Baz. ia meraih penghargaan Service to Islam dari Raja Faisal, dan ditunjuk sebagai Grand Mufti pada tahun 1994 oleh Raja Fahd.
    Ia menulis sejumlah buku yg berguna bagi umat manusia. Penemuan paling terkenalnya ditulisnya sesuai dengan judul bukunya, “Bukti bahwa Bumi Tidak Bergerak.” Riset sains ini diterbitkan oleh Islamic University of Medina, Saudi, tahun 1974. Pada halaman 23, ia berbicara tentang penemuan brilyannya ini dan merujuk pada ayat-ayat Al-Quran dan Al-hadist. Ia dengan yakin menentang kepercayaan kuno bahwa bumi berputar. Ini kutipannya:

    “Kalau bumi berputar (rotasi) seperti yang mereka katakan, maka negara – negara, pegunungan, pohon – pohon, sungai- sungai dan samudera- samudra tidak memiliki dasar dan orang akan melihat negara-negara di timur bergerak ke barat dan negara- negara barat bergerak ke timur.”

    Parvez Hoodbhoy dalam bukunya “Islam and Science: Religious Orthodoxy and the Battle for Rationality”. Pada halaman 49, ia menulis:

    ”.. The Sheikh (Abdul Aziz Ibn Baz) menulis … sebuah buku dlm bahasa Arab berjudul Jiryan Al-Shams Wa Al-Qammar Wa-Sukoon Al-Arz. Artinya : Pergerakan Matahari dan Bulan dan Tidak Bergeraknya Bumi … Dlm buku sebelumnya, ia mengancam para penantang dgn fatwa keras atau ‘takfir’ (alias kafir), tetapi tidak mengulanginya dlm versi yg lebih baru.”

    Lagi-lagi tahun 1993, otak jenius encer itu mulai lagi bekerja overtime. Suatu pagi hari, sang jenius membuka Qurannya dan menoleh sejumlah mukjizat ilmiah dan sampai pada penemuan baru bahwa “Bentuk Bumi adalah Datar”. Ini direkam oleh Carl Sagan dlm bukunya “The Demon-haunted World: Science as a Candle in the Dark”. Sagan menulis:

    “Th 1993, otoritas religius tertinggi Saudi, Sheik Abdel-Aziz ibn Baaz, mengeluarkan fatwa, menyatakan bahwa bumi adalah datar. Siapapun yg menolak dianggap tidak percaya Allah dan harus dihukum. ”

    Namun lagi-lagi, sang jenius Ibn Baz berubah pikiran seperti sebelumnya. Ia membantah bahwa ia pernah menyusun teori Bumi Datar. Tidak diketahui mengapa ia meninggalkan kesimpulan ilmiah yang begitu hebat itu. Mungkin inilah karakteristik seorang jenius.
    Sumber link: http://sunnah-hasanah.blogspot.com/2012/03/teori-bumi-datar-penemuan-brilian-ulama.html

    BalasHapus
  3. km komentar hanya berdasarkan logika, sedangkan karomah tidak bisa dianalisa dg logika.

    BalasHapus
  4. Untuk gus hamdan
    Kalau dia waktu hidupnya bela sunnah rasul bukan kebid`ahan, bela kebaikan bukan bela Inul yang ngebor, saya percaya itu karomah. Dan saya percaya karomah dan mu`jizat bukan mendustakannya. Ingat ini, jangan dilupakan

    BalasHapus
  5. apa makna kullu bidatin dholalah? ingat anda alumni langitan, pastinya perna belajar ilmu alat. tp knp anda menafikan Bid'ah hasanah, sebagaimana telah diajarkan oleh para KIai salafus shalikh. tunjukkan kaidah dari alfiyah, manthik, balagha dlL, yg menyatakan kullu fi hadis kullu bidatin bimakna semua.

    BalasHapus
  6. Untuk gus hamdan
    BIla bid`ah di bagi dua, hasanah dan sayyiah, mana bid`ah sayyi`ahnya? tunjukkan!

    BalasHapus
  7. mantan kyai NU yang keblinger ditanya malah nanya
    kebanyakan makan dodol antum

    BalasHapus
  8. Untuk bu LOLA
    maklum orang ndeso Jakarta, senanganya tasawwuf - kebatinan, buku favoritmu saja Ihya` ulumuddin, buku itu banyak mendapat keritikan dari ulama ahli hadis. Saya tahu jawaban kullu bid`atin itu artinya seluruh bid`ah sesat, tiada bid`ah hasanah, makanya saya tanyakan langsung, tunjukkan bid`ah dholalah itu yang mana , kalau seluruh bid`ah di katakan hasanah, tahlil, tingkepan hasanah, loh yang sayyiah yang mana? Tunjukkan saya tunggu sampai mati.

    BalasHapus
  9. Pak Mahrus..
    Saya org awan dan cuman bisa komentar
    TIDAK BANYAK ORG YG PUNYA KEMAMPUAN DAN KEBERANIAN SEPERTI ANDA..
    LANJUT PANTANG MUNDUR...

    BalasHapus
  10. gus,berarti waktu aku masih SMP dulu kan sering diceritain orang2 yang ngaji datang ke masjid sampai 3 hari, seminggu.cerita ttg hal aneh yang terjadi waktu perang mujahidin dg unisovyet.juga baca buku2 hal aneh dimedan perang jihad afgannistan.apa itu bohong jika dikaitkan dg logika ya? jangan2 tu bohong semua...

    BalasHapus
  11. Untuk belajar islam
    Kisah aneh- aneh di Afghanistan ada yang benar, juga ada yang salah, terimalah sebagai tambahan pengalaman. Keramat itu ada untuk kekasihnya bukan untuk musuhNya. Tentang jasad gusdur yang utuh ini bukan realita tapi bikinan belaka.

    BalasHapus
  12. wahabi ya wahabi.!.yaa namanya juga wahabi,yaa tetap tolol kayak nenek moyangnya si baduwi itu..pendirinya saja berdarah baduwi..tpi kok ikuti ya?

    BalasHapus
  13. Untuk Mohedy ma'ruf
    Aneh sekali bila di bilangi sungguhan, kamu katakan wahabi, bila di dustai, di kasih cerita hurofat, kamu bilang ahlussunnah wal jamaah. Itulah contoh orang yang hati dan pikirannya tertutup, nentang tuntunan senang kebid`ahan

    BalasHapus
  14. Maklum pak Mahrus, islam di Indonesia ini banyak yg "warisan" dari orang tua, jadi wajar kalo banyak yg celaka gara2 "merasa" sudah cukup islamnya gak perlu belajar lagi, akibatnya ya gini banyak amalan2 baru yg muncul dan pastinya sesat...
    Lebih baik sederhana dalam sunnah daripada sungguh2 dalam bid'ah...

    BalasHapus
  15. Maklum pak Mahrus, islam di Indonesia ini banyak yg "warisan" dari orang tua, jadi wajar kalo banyak yg celaka gara2 "merasa" sudah cukup islamnya gak perlu belajar lagi, akibatnya ya gini banyak amalan2 baru yg muncul dan pastinya sesat...
    Lebih baik sederhana dalam sunnah daripada sungguh2 dalam bid'ah...

    BalasHapus
  16. assalamu alaikum
    kullu bid`atin dholaalah.
    semua hal baru(bukan sarana baru seperti kompor, lampu,sikat gigi,sabun mandi,korek api,internet setrika,mobil,sepeda,rumah mewah,odol,TV hand phone,dan alat2 lainnya) dalam agama itu sesat
    teruskan perjuanganmu ustad..
    kami ingin cari keselamatan bukan kesenangan
    yg kecanduan bid`ah paling sulit menerima sunnah
    yg ngoceh2 ngomong wahabi tidak pernah menganggap orang lain benar
    apakah kalian tidak ingin mencari ilmu setelah mendapat ilmu..?

    BalasHapus
  17. para mubtadi memang kaya gitu,dibilang sesat eh nyalain wahabi, penyembah thogut memang begitulah gk mau sadar2!!!

    BalasHapus
  18. penyembah thagut memang kaya gitu, mau benar sendiri, dibilang ahli bid,ah eh malah ngatain wahabi, sungguh keji prasangka para mubtadi!!!

    BalasHapus
  19. pak mahrus klo diundang debat sama kok gag pernah hadir yaaaa,,,,kemana aj se

    BalasHapus
  20. Untuk abu naum
    Bacalah disini:
    http://mantankyainu.blogspot.com/2011/07/ayo-diskusi-dengan-saya-satu-persatu.html
    Ayo diskusi dengan saya satu persatu

    BalasHapus
  21. saya bukan wahabi tp saya ga setuju klo gusdur dibilang wali..... wali kok menghina quran??!!

    BalasHapus
  22. tolong jwab dg juju2 P.mahrus.."berapakali dalam seminggu/sebulan p.mahrus bermipi/didatangi Rosululloh?"..

    BalasHapus
  23. Untuk Sang Musafir
    Waktu saya menjadi ahli bid`ah dan syirik , saya sering bermimpi bertemu dengan nabi, Umar, Nabi Ibrahim . Sekarang saya jarang. Dan sekarang ini yang sering bermimpi bertemu dengan Rasul ahli bid`ah dan syirik. Pada hal tiada keterangan Abu bakar, Umar , Usman dan Ali, Istri - istri rasul atau Fathimah sendiri bermimpi bertemu dengan Rasul. Coba cari dikitab mana ada keterangan seperti itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. astaghfirullah,,
      cm bisa diam,
      Kalo anda benar akan mendapat surga,
      kalo seblaiknya anda akan mendapat neraka.
      bersabarlah menunggu ajal.

      Hapus
    2. Kebenaran dan kekeliruan sudah dijelaskan dalam al Quran dan hadis, jangan bingung, r

      Hapus
    3. saya hanya seorang hamba,sedang mencari jati diri dalam Tauhid yang hakiki.
      Kebenaran hanya milik Allah,yang semua petunjuknya sudah ada diadalam Al qur'an karim.

      Hapus
    4. hadits nabi tentang mimpi bertemu rosulullah
      sebuah hadis riwayat Muslim dan Abû Dâwûd melalui jalur Abû Hurairah ra. Berikut teks hadis tersebut:
      مَنْ رَآنِى فِى الْمَنَامِ فَسَيَرَانِى فِى الْيَقَظَةِ أَوْ لَكَأَنَّمَا رَآنِى فِى الْيَقَظَةِ لاَ يَتَمَثَّلُ الشَّيْطَانُ بِى
      “Siapa yang melihatku saat mimpi, maka ia akan melihatku dalam keadaan sadar atau seakan-akan ia telah melihatku. Dan syetan tidak bisa menyerupai diriku.”
      kenapa pak kiyai mantan nu ini ga bermimpi rosulullah???kaya nya tanda tanya nie.....hmmm ada apa dengan dirimu pak mahrus..?

      Hapus
    5. maaf Yth pk mantan kiyai NU, saya setuju dan al qur'an dan hadits sudah djelaskan tetapi saya khawatir penjelasannya tidak sesuai dengan pemahaman apa yang diajarkan rosulullah melihat msalah ini saya jdi berpikir berarti tergantung kita belajar al qur'an dan hadits dari siapa.... atau siapakah gurumu yang kira2 dpat bertanggung jwab smpai diakhirat.... jdi intinya saya hanya ingin tahu guru anda... yng sanadnya smpai rosululloh,,, tlong sebutkan semuanya dengan urut... karena ini penting bagi kita semua..... yang mencari kebenaran...
      :)

      Hapus
    6. Saya ini pernah mengaji sanad pada Syaikh Yasin al padangi , sanad yang bersambung sampai kepada Rasul. Tanyakan kepada orang yang pernah di Mekkah yang semasa dengan saya. Setiap hadis yang saya keluarkan saya punya sanadnya sampai ke rasul. Lihat di majalah Aula pernah saya katakan. Mana dalilnya dari hadis atau al Quran yang mengharuskan punya sanad itu? Apakah hadis Bukhari yang kita sampaikan tidak bisa dipercaya dan harus didustakan karena tidak ada sanadnya yang sampai pada Rasul mulai dari orang yang mengatakan sampai rasul.

      Hapus
  24. Hadis tentang mimpi Nabi itu kalau kamu teliti seluruh jalurnya , redaksinya kacau. Jadi tidak bisa dibuat oegangan. Siapakah yang pernah melihat Rasul dalam keadaan berjaga

    BalasHapus
  25. baru mampir kali ini pak mahruz...
    saya salut dengan keberanian bapak yang menggunakan istilah "Mantankyainu" dan mengungkapkan hal-hal yang bisa bikin nahdhiyyin naik pitam. jangan-jangan bapak bisa jadi target BANSER.
    Tapi apa yang bapak sampaikan diblog ini setidaknya sudah merupakan upaya untuk memberikan pencerahan kepada orang-orang yang ingin mencari jalan yang lurus. sebenarnya sangat banyak diantara kaum muslimin yang tidak memiliki pengetahuan agama memadai selain hanya sekedar mengikuti ajaran-ajaran pemuka agama mereka dan mereka sendiri tidak tahu apakah yang diajarkan itu sesuai dengan alquran dan sunnah atau tidak. Mereka semata-mata taqlid.
    Sebenarnya manusia sudah dibekali dengan akal yang dapat digunakan berfikir dan menganalisa serta membandingkan ajaran suatu kelompok dengan kelompok lainnya. cuma barangkali karena kemalasan berpikir akhirnya semua dipercayai begitu saja tanpa mau bersusah payah untuk mencerna.
    terus berjuang pak ....

    BalasHapus
  26. rosul di utus untuk menyempurnakan akhlak,,,,tp kenapa dai nya kok kyk gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mna yang salah, dan apa yang membikinmu tidak enak, tunjukkan

      Hapus
  27. Silahkan kalian berpecah belah...
    maka kami akan tertawa diatas kehancuran kailan.....
    (jarene wong_wong kafir)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lalu kita diam terhadap kesalahan agar orang kafir muram? terus amar ma`rufnya dimana?

      Hapus
  28. sama" muslim kok saling bertengkar to,, klau debat disini gak akan ada habiznya,, pasti semua akan mempertahankan keyakinanya masing-masing...
    sudah tidak usah bertikai,, saling menghormati keyakinan satu sama lain.
    jalin ukhuwah islami yang kokoh,, jadikan tauhid sebagai landasan pondasi kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menunjukkan kesalahan itu penting agar dimengerti orang banyak, jangan diartikan bertengkar. Apakah kesalahan tidak boleh dijelaskan agar rukun dengan ahli bid`ah dan ahlus sunnah? lalu bgmn amar ma`rufnya?

      Hapus
  29. Masalahnya terletak pada individu itu sendiri ketika bukti2 telah dipaparkan...
    Repot memang...
    Kadang kaidah pokok yang sangat fundamental dilupakan...
    Beriman, berilmu dulu, baru beramal...
    Ketika hal ini sudah terjadi maka akan membuka peluang untuk taqlid, nah ketika seorang individu sudah memasuki fase taqlid buta ini yang lebih repot lagi...
    Akan muncul fenomena baru yakni "menuhankan kyai" sebagaimana dilakukan oleh yahudi dan nasrani dulu kala...

    BalasHapus
  30. untuk saudara Tafaul Nawawi yang mengutip hadist

    مَنْ رَآنِى فِى الْمَنَامِ فَسَيَرَانِى فِى الْيَقَظَةِ أَوْ لَكَأَنَّمَا رَآنِى فِى الْيَقَظَةِ لاَ يَتَمَثَّلُ الشَّيْطَانُ بِى
    “Siapa yang melihatku saat mimpi, maka ia akan melihatku dalam keadaan sadar atau seakan-akan ia telah melihatku. Dan syetan tidak bisa menyerupai diriku.”

    masalah hadist di atas, kalaupun kata mereka itu memang shohih ,utk org yg pernah bermimpi bertemu dgn rosulullah d zaman sekarang ,dan mereka mengatakan apa yang di lihatnya itu benar2 rosulullah.. serta mengatakan itu ''ADA DALILNYA''.
    Pertanyaan Nya.. ''apakah mereka pernah melihat wajah rosulullah YANG SEBENARNYA semasa hidup beliau''?........... ini tidak mungkin yang di lihatnya itu benar2 rosulullah,karna syetan pun bisa jadi menyerupai manusia, dan mengaku2 rosulullah ...
    Akan tetapi lain halnya apabila para sahabat yang memang hidup di masa beliau ,pernah bermimpi bertemu dengan nabi,hal itu bisa di katakan ''BENAR'', karena mereka mengetahui ciri2 fisik dari rosulullah..
    tetapi memang tidak ada satupun riwayat yg menyatakan sahabat pernah melihat rosul di dalam mimpinya
    waulahuallam...

    BalasHapus
  31. semua hal jangan di lihat dri sisi ilmiyah. lau g percaya u kerumah disini banyak orang di bacok tp tidak mampan. apakah u akan menilai dri sisi ilmiyah ???? kun fayakun ketika alloh berkehendak pasti terjadi kehendaknya....

    BalasHapus
  32. Tapi masalah kain kafan dan jasad gusdur masih utuh, tiada bukti yang tampak, hanya hurofat

    BalasHapus
  33. Hidayah memang tidak mudah didapat.
    Tapi, siapa pun dia. Dan kalaupun itu sudah jadi kehendakNYA, Siapapun tak akan bisa melihat suatu kebenaran sekalipun seribu bahkan berjuta bukti nyata yang engkau tunjukkan.

    BalasHapus
  34. sekedar menumpahkan rasa,,, di akherat nanti akan tahu,,, banyak orang yang di anggap seperti bersalah dan berdosa besar,, padahal dia memiliki hati yang suci

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di dunia jelek menurut al Quran, maka di akhirat juga jelek dan tidak akan berobah menjadi baik, lalu yang baik menurut al Quran berobah menjadi jelek di akhirat ? Ini hurofat bukan berlandaskan sariat.

      Hapus
    2. penting masuk islam...mlebu surga...debat terus durung karwan masuk surgo.

      Hapus
  35. khurofat nu sulit dihapus....krn taklid

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan