iwanbudiarso mengatakan... sbb:
Bila anda dari Jakarta ke Surabaya , maka berhentilah sekiranya waktu salat tiba dan jangan di teruskan anda duduk di kendaraan tanpa salat . Dan jangan di jamak karena saya telah meneliti seluruh dalilnya lemah . Ikutilah jamak salat menurut Imam Bukhari yaitu melakukan waktu lohor di akhir waktu dan melakukan salat Asar di awal waktu . Jamak salat bertentangan dengan ayat 103 Nisa` tadi .
mhn penjelasan pak kyai ni da dalil2 ttg sholat jamak..pa ni selurhnya lemah???? seprti perkataan anda diatas????:
"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa menjamak antara zuhur dan ashar jika sedang dalam perjalanan. Beliau juga menjamak antara maghrib dan isya.” (HR. Al-Bukhari no. 1107)
ku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika beliau tergesa-gesa dalam perjalanan, beliau menangguhkan shalat maghrib dan menggabungkannya bersama shalat isya”.
Salim (anak Ibnu Umar) berkata, “Dan Abdullah bin Umar radhiallahu anhu juga mengerjakannya seperti itu bila beliau tergesa-gesa dalam perjalanan. Beliau mengumandangkan iqamah untuk shalat maghrib lalu mengerjakannya sebanyak tiga raka’at kemudian salam. Kemudian beliau diam sejenak lalu segera mengumandangkan iqamah untuk shalat isya, kemudian beliau mengerjakannya sebanyak dua rakaat kemudian salam. Beliau tidak menyelingi di antara keduanya (kedua shalat yang dijamak) dengan shalat sunnah satu rakaatpun, dan beliau juga tidak shalat sunnah satu rakaatpun setelah isya hingga beliau bangun di pertengahan malam (untuk shalat malam).” (HR. Al-Bukhari no. 1109)
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada perang Tabuk, ketika matahari telah tergelincir sebelum beliau berangkat, maka beliau menjamak antara shalat zuhur dan ashar (jamak taqdim). Dan jika beliau berangkat sebelum matahari tergelincir, maka beliau mengundurkan shalat zuhur sehingga beliau singgah untuk shalat Ashar (lalu mengerjakan keduanya dengan jamak ta`khir). Demikian pula ketika shalat maghrib, apabila matahari terbenam sebelum beliau berangkat, maka beliau menjamak antara maghrib dan isya (dengan jamak taqdim), dan jika beliau berangkat sebelum matahari terbenam maka beliau mengakhirkan shalat maghrib hingga beliau singgah pada untuk shalat isya, kemudian beliau menjamak keduanya (dengan jamak ta`khir).” (HR. Abu Daud no. 1220, At-Tirmizi no. 553, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Al-Misykah no. 1344
mhn penjelasan pak kyai ni da dalil2 ttg sholat jamak..pa ni selurhnya lemah???? seprti perkataan anda diatas????:
"Rasulullah shallallahu alaihi wasallam biasa menjamak antara zuhur dan ashar jika sedang dalam perjalanan. Beliau juga menjamak antara maghrib dan isya.” (HR. Al-Bukhari no. 1107)
ku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika beliau tergesa-gesa dalam perjalanan, beliau menangguhkan shalat maghrib dan menggabungkannya bersama shalat isya”.
Salim (anak Ibnu Umar) berkata, “Dan Abdullah bin Umar radhiallahu anhu juga mengerjakannya seperti itu bila beliau tergesa-gesa dalam perjalanan. Beliau mengumandangkan iqamah untuk shalat maghrib lalu mengerjakannya sebanyak tiga raka’at kemudian salam. Kemudian beliau diam sejenak lalu segera mengumandangkan iqamah untuk shalat isya, kemudian beliau mengerjakannya sebanyak dua rakaat kemudian salam. Beliau tidak menyelingi di antara keduanya (kedua shalat yang dijamak) dengan shalat sunnah satu rakaatpun, dan beliau juga tidak shalat sunnah satu rakaatpun setelah isya hingga beliau bangun di pertengahan malam (untuk shalat malam).” (HR. Al-Bukhari no. 1109)
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pada perang Tabuk, ketika matahari telah tergelincir sebelum beliau berangkat, maka beliau menjamak antara shalat zuhur dan ashar (jamak taqdim). Dan jika beliau berangkat sebelum matahari tergelincir, maka beliau mengundurkan shalat zuhur sehingga beliau singgah untuk shalat Ashar (lalu mengerjakan keduanya dengan jamak ta`khir). Demikian pula ketika shalat maghrib, apabila matahari terbenam sebelum beliau berangkat, maka beliau menjamak antara maghrib dan isya (dengan jamak taqdim), dan jika beliau berangkat sebelum matahari terbenam maka beliau mengakhirkan shalat maghrib hingga beliau singgah pada untuk shalat isya, kemudian beliau menjamak keduanya (dengan jamak ta`khir).” (HR. Abu Daud no. 1220, At-Tirmizi no. 553, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Al-Misykah no. 1344
Lihat di Jumat, Agustus 26, 2011
Mudik yang dosa besar
Komentarku ( Mahrus ali ):
Tentang salat Jamak di Tabuk tsb, lihat komentar Tirmidzi sbb:
وَحَدِيثُ مُعَاذٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ تَفَرَّدَ بِهِ قُتَيْبَةُ لَا نَعْرِفُ أَحَدًا رَوَاهُ عَنْ اللَّيْثِ غَيْرَهُ
Hadis Mu`adz adalah hasan nyeleneh, Qutaibah sendiri yang meriwayatkannya. Kami tidak mengerti yang meriwayatkan hadis tsb dari Al laits selain dia.
Tentang hadis ghorib ( nyeleneh ) lihat komentar para ulama sbb:
Dalam Al baiquniah di jelaskan sbb :
وَقَالَ بَعْضُهُم فِي تَعْرِيْفِ الْمُنْكَرِ: هُوَ مَا انْفَرَدَ بِهِ وَاحِدٌ لاَ يَحْتَمِلُ قَبُوْلُهُ إِذَا تَفَرَّدَ0
إِذَا هُو الْغَرْيِبُ إِذَا كَانَ رَاوِيْهِ ضَعِيْفاً، وَعَلَى هَذَا الْتَّعْرِيْفِ وَهُو الََّذِي مَشَى عَلَيْه الْمُؤَلِّفُ فَيَكُوْنَ الْمُنْكَرُ هُوَ الْغَرْيِبَ، وَهُوَ مَرْدُوْدٌ حَتَّى لَو فُرِضَ أََنَّ لَهُ شَوَاهِدَ مِِنْ جِنْسِهِ، فَإِنَّهُ لاَ يَرْتَقِي إِلَى دَرَجَةِ الْحَسَنِ، وَذَلِكَ لِأَن الضَّعِيْفَ فِيْهِ مُتَنَاهِي،
إِذَا هُو الْغَرْيِبُ إِذَا كَانَ رَاوِيْهِ ضَعِيْفاً، وَعَلَى هَذَا الْتَّعْرِيْفِ وَهُو الََّذِي مَشَى عَلَيْه الْمُؤَلِّفُ فَيَكُوْنَ الْمُنْكَرُ هُوَ الْغَرْيِبَ، وَهُوَ مَرْدُوْدٌ حَتَّى لَو فُرِضَ أََنَّ لَهُ شَوَاهِدَ مِِنْ جِنْسِهِ، فَإِنَّهُ لاَ يَرْتَقِي إِلَى دَرَجَةِ الْحَسَنِ، وَذَلِكَ لِأَن الضَّعِيْفَ فِيْهِ مُتَنَاهِي،
Beberapa dari ulama mengatakan dalam definisi hadis mungkar : Hadis yang di riwayatkan oleh seorang perawi secara sendirian dan belum bisa di terima bila dia sendirian
Jika perawinya lemah maka hadis di katakan gharib, dan ini adalah definisi yang cocok dengan penulis . Jadi hadis mungkar adalah hadis yang gharib ia tertolak sekalipun ada kemungkian memiiliki pendukung yang sejenis .Ia tidak mengangkat ke tingkat yang hasan , karena sangat lemah,. Al Baiqunia 72/1
الْمُنْكَرُ : هُوَ مَا انْفَرَدَ بِهِ وَاحِدٌ لاَ يَحْتَمِلُ قَبُوْلُهُ إِذَا تَفَرَّدَ
Hadis mungkar adalah hadis yang di riwayatkan oleh seorang perawi yang tidak bisa di terima bila dia seorang diri meriwayatkannya . Al Baiquniyah 72/1
Maksud jamak itu hendaknya mengikuti perkataan Sofyan bin Amar dalam sahih bUkhari sbb:
صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَمَانِيًا جَمِيعًا وَسَبْعًا جَمِيعًا قُلْتُ يَا أَبَا الشَّعْثَاءِ أَظُنُّهُ أَخَّرَ الظُّهْرَ وَعَجَّلَ الْعَصْرَ وَعَجَّلَ الْعِشَاءَ وَأَخَّرَ الْمَغْرِبَ قَالَ وَأَنَا أَظُنُّهُ *
Aku melakukan salat jama` bersama Rasulullah SAW 8 rakat atau 7 rakaat . Aku ( Sofyan bin Amar ) berkata :” Wahai Abus sya`sta` : “ Aku kira beliau meng ahirkan Lohor , lalu melakukan salat Asar pada awal waktunya dan melakukan salat Isya` pada awal waktu dan meng ahirkan salat Maghrib [1] Aisyah ra berkata : Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan 4 rakaat sebelum Lohor dan dua rakaat sunah fajar [2]
Tapi bila meletakkan salat lohor di waktu salat Asar atau kebalikannya, maka bertentangan dengan ayat:
إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا
Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. [3]
Baca lagi di sini:
14 Agt 2011
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan