Sabtu, Desember 10, 2011

Telah pulang ke laknat Allah bukan rahmatNya

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Jerry Robinson, komikus kawakan yang menciptakan sosok Robin dan The Joker dalam serial komik terkenal Batman, meninggal dunia dalam usia 89 tahun. Keterangan keluarganya menyebutkan Robinson wafat di sebuah rumah sakit di New York pada Rabu (7/12) waktu setempat.
Pimpinan penerbit komik Batman 'DC Entertainment', Jim Lee mengatakan penggemar komik - utamanya komik Batman - harus berterimakasih kepada sosok Robinson. Setiap orang di dunia yang mencintai komik itu mestinya berhutang budi pada mendiang Jerry Robinson yang telah mewariskan karya-karyanya.
Robinson yang mulai serius menggambar komik saat usia 17 tahun itu disebut-sebut sebagai inovator dan pelopor dalam bercerita. Awal karier komikusnya diwarnai dengan cemohan terhadap karakter Joker yang dinilai konyol oleh komikus lain akibat penampilannya.

"Nama 'Joker' yang pertama kali muncul di pikiran. Selanjutnya, saya teringat permainan kartu,'' katanya dalam sebuah wawancara dengan BBC News.
Selain sosok Robin dan The Joker, Robinson ikut berperan dalam melukis tokoh-tokoh lain dalam serial Batman seperti Alfred yang dikenal sebagai pelayan setia sang jutawan Bruce Wayne. Sebelum meninggal, Robinson setia menjalani pekerjaannya sebagai pembuat kartun politik dan kartun editorial. Dia juga telah menerbitkan biografinya berjudul 'Jerry Robinson, Duta Besar Komik.'

Setelah meninggalkan aktivitas membuat komik serial Batman di awal 1940-an, Robinson menciptakan karakter komik lainnya. Pada 1950, dia menggambar komik dan kartun untuk poster pertunjukan teater Broadway.

Belakangan, Robinson sempat mengajar di Sekolah Seni Rupa New York. Robinson meninggalkan dua orang anak dan dua cucu.


Redaktur: Didi Purwadi
Reporter: Ani Nursalikah/Meiliani Fauziah

Dalam http://techno.okezone.com/read/2011/12/10/326/540614/pencipta-tokoh-robin-joker-di-komik-batman-wafat terdapat keterangan sbb:

Pencipta Tokoh Robin & Joker di Komik Batman Wafat

Susetyo Dwi Prihadi - Okezone
Sabtu, 10 Desember 2011 17:44 wib
 22  7Email0
detail berita
Jerry Robinson (Foto: IGN)
NEW YORK - Komikus yang menciptakan tokoh Robin dan Joker di komik legendari Batman, Jerry Robinson, meninggal dunia. Dia meninggal dunia pada usia 89 tahun, di rumahnya, New York, Amerika Serikat.

Pencinta komik Batman pasti mengenal dengan baik si partner Robin Wonder Boy yang terkenal sebagai partner Batman, dan di antara musuh bebuyutan Manusia Kelalawar ini, Joker merupakan musuh paling dikenal. Namun mungkin hanya segelintir orang yang mengetahui Jerry Robinson, sebagai penciptanya.

Menurut kolega Robinson, Charles Kochman, Robinson berbeda dari seniman lainnya, dia bekerja untuk setiap jenis genre komik, mulai dari kartun politik hingga ilustrasi teater.

"Jerry membawa realisme untuk komik dengan sentuhan rasa humor," kata Kochman, seperti dilansir Yahoo News, Sabtu (10/12/2011).

Robinson meninggal dalam tidurnya Rabu di sebuah rumah di New York di mana ia tinggal. Dia diajak kerja sama oleh Bob Kane, pencipta Batman, saat usianya masih 17 tahun. Keduanya bertemu secara tidak sengaja di sebuah resor di Pegunungan Catskill, di mana Robinson sedang melakukan pekerjaan musim panas menjual es krim. Kane memperhatikan Robinson karena ia mengenakan jaket putih dihiasi dengan gambar ilustrasi sendiri.

Joker sendiri pernah dikatakan oleh Robinson terinspirasi saat dia melihat kartu Joker di kartu remi.

"Dia melihat nilai komik sebagai seni. Dedikasinya terhadap seni, begitu tinggi," terang Kochman.

"Jerry Robinson diilustrasikan dalam beberapa gambar mendefinisikan ikon budaya pop terbesar," kata Jim Lee , dari DC Comics, penerbit yang mempublikasikan Batman dan Superman.

"Tidak mungkin untuk bekerja di DC Entertaiment tanpa merasakan dampak dari kontribusi Jerry Robinson untuk industri. Pengaruhnya terus bergema hari ini," kata Bob Harras , DC Comics 'Editor-in-Chief. (tyo)
Komentarku ( Mahrus ali ):
Jerry Robinson  manusia yang berjasa, bukan berbahaya, berguna untuk pendidikan menurut pandangan orang Amirika bukan menurut pandangan muslim yang selalu konsis kepada al qurannya. Dia lama menikmati hidupnya tanpa terkendali dengan ajaran agama Islam atau tanpa berpegangan kepada al quran, mungkin berpegangan kepada Injilnya.  Dia pulang ke laknat Allah bukan rahmatNya. Ingat ayat:
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.   Surat 3 – Ali imran, ayat 110.



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan