Jumat, Desember 30, 2011

Penipuan sarkub com

Tawassul Imam Abu Hanifah Kepada Rasulullah SAW

December 10th, 2011 Luqman Firmansyah



Qasidah ini berisi tawassul Imam Abu Hanifah dengan Rasulullah. Beliau mencurahkan puji-pujian, rasa rindu, dan kecintaan yang suci kepada Rasulullah.
توسل الإمام أبي حنيفة رضي الله عنه بالنبي الحبيب محمد صلى الله عليه وسلم

يـا سيـد السـادات جئـتـك قـاصـدا أرجــو رضــاك و أحتـمـي بحمـاكـا
و الله يـاخـيـر الـخـلائـق ان لـــي قـلـبـا مـشـوقـا لا يـــروم سـواكــا


و بـحـق جـاهــك انـنــي بـــك مـغــرم و الله يـعـلـم أنـنــي أهـواكــا
أنـت الـذي لــولاك مــا خـلـق امــرؤ كــلا و لا خـلـق الــورى لـولاكـا

أنت الذي من نـورك البـدر اكتسـى و الشمـس مشرقـة بنـور بهاكـا
أنت الذي لمـا رفعـت الـى السمـا بـك قـد سمـت و تزينـت لسراكـا

أانــت الــذى نــا داك ربــك مرحـبـا ولـقـد دعــاك لقـربـه وحـبــا كـــا
أنـت الـذى فيـنـا سـالـت شفـاعـة نــاداك ربــك لــم تـكـن لسـواكـا

أ نــت الــذى لـمـا تـوسـل آدم مـــن زلـــة بـــك فـــاز وهـــوأ بـاكــا
وبــك الخلـيـل دعــا فـعـادت نــاره بــردا وقــد خـمـدت بـنـور سنـاكـا

ودعــاك أ يــوب لـضــر مـســه فـأزيــل عـنــه الـضــر حـيــن دعـاكــا
وبـك المسيـح أتـى بشيـرا مخبـرا بصـفـات حسـنـك مـادحـا لعـلاكـا

وكـذاك موسـى لـم يـزل متوسـلا بـك فـى القيامـة محـتـم بحمـاكـا
والأ نبيـاء وكـل خلـق فـى الـورى والرسـل والأ مـلاك تحـت لــوا كــا

لـك معجـزات أعجـزت كـل الـورى وفضائـل جلـت فلـيـس تـحـا كــى
نـطـق الــذراع بسِـمـه لــك معلـنـا والـضـب قــد لـبـاك حـيـن أتـاكــا

والـذئـب جــاءك والغـزالـة قـدأتـت بــك تستجـيـر وتحتـمـى بحمـاكـا
وكذا الوحوش أ تـت إليـك وسلمـت وشكـى البعيـر إليـك حيـن رآكـا

ودعـوت أشـجـارا أتـتـك مطيـعـة وسمـعـت إلـيـك مجيـبـة لـنـدا كــا
والمـاء فـاض براحتيـك وسبحـت صـم الحصـى بالفضـل فـى يمنـاكـا

وعليك ظللـت الغمامـة فـى الـورى والجـذع حـن إلـى كريـم لقـا كـا
وكـذاك لا أثـر لمشيـك فـى الثـرى والصخـر قـد غاصـت بـه قدمـا كـا

وشفيـت ذا العاهـات مـن أمراضـه ومـلات كــل الارض مــن جـدواكـا
ورددت عيـن قتـادة بـعـد العـمـى وابــن الحصـيـن شفيـتـه بشفـاكـا

وكــذا حبـيـب وابــن عـفـر بعـدمـا جـرحـا شفيتهـمـا بلـمـس يـداكـا
و علـي مـن رمـد بــه داويـتـه فــي خيـبـر فشـفـى بطبـيـب لمـاكـا

وسألـت ربـك فـي ابـن جـابـر بعـدمـا أن مــات أحـيـاه وقــد أرضـاكـا
و مسست شاة لأم معبد بعدما ما نشفت فدرت من شفاكـا رقياكـا

و دعوت عـام القحـط ربـك معلنـا فانهـال قطـر السحـب حيـن دعاكـا
ودعـوت كـل الخلـق فانقـادوا الــى دعــواك طـوعـا سامعـيـن نـداكـا

و خفضت دين الكفـر يـا علـم الهـدى ورفعـت دينـك فاستقـام هناكـا
أعداك عادو في القليب بجمعهـم صرعـى وقـد حرمـوا الرضـا بجفاكـا

فــي يــوم بــدر قــد أتـتـك مـلائـك مــن عـنـد ربــك قاتـلـت أعـداكـا
و الفتـح جـاءك يـوم فتحـك مكـة و النصـر فـي الأحــزاب قــد وافـاكـا

هـود و يونـس مـن بهـاك تجمـلا و جمـال يوسـف مـن ضيـاء سناكـا
قــد فـقـت يــا طــه جمـيـع الأنبـيـا طــرا فسبـحـان الــذي أسـراكــا

و الله يـا يسيـن مثلـك لـم يكـن فــي العالمـيـن و حــق مــن نبـاكـا
عـن وصفـك الشعـراء يـا مدثـر عـجـزوا و كـلـوا عــن صـفـات عـلاكـا

انجيل عيسـى قـد أتـى بـك مخبـرا و لنـا الكتـاب أتـى بمـدح حلاكـا
مـاذا يقـول المادحـون ومـا عسـى أن تجمـع الكتَـاب مــن معنـاكـا؟!

و الله لــو أنَ الـبـحـار مـدادهــم و الـشـعـب أقـــلام جـعـلـن لـذاكــا
لــم تـقـدر الثـقـلان تجـمـع نــزره أبــدا و مــا اسطـاعـوا لــه ادراكــا

بــك لــي فــؤاد مـغـرم يــا سـيـدي و حشـاشـة محـشـوة بـهـواكـا
فــاذا سـكـتُ ففـيـك صمـتـي كـلـه و اذا نـطـقـت فـمـادحـا علـيـاكـا

و اذا سـمـعـت فـعـنـك قـــولا طـيـبـا و اذا نـظــرت فـمــا أرى الاَكـــا
يـا مالكـي كـن شافعـي فـي فاقتـي انـيِ فقيـر فـي الـورى لغنـاكـا

يـا أكـرم الثقليـن يـا كنـز الغنـى جـد لـي بجـودك و ارضنـي برضـاكـا
أنـا طامـع بالجـود منـك و لـم يكـن لأبـي حنيفـة فـي الأنـام سـواكـا
 فعسـاك تشفـع فـيـه عـنـد حسـابـه فلـقـد غــدا متمسـكـا بعـراكـا
فلأنـت أكـرم شافـع و مشـفـع ومــن التـجـى بحـمـاك نــال رضـاكـا

فاجعل قراى شفاعة لي في غد فعسى أرى في الحشر تحت لواكا
صلـى عليـك الله يـا علـم الـهـدى مــا حــنَ مشـتـاق الــى مثـواكـا

و علـى صحابتـك الـكـرام جميعـهـم و التَابعـيـن و كــلَ مــن والاكــا


كتب أبو حنيفه هذه القصيدة ليتقرب بها من رسول الله صلى الله عليه و سلم، و لينشدها بين يديه في أثناء زيارته ، و لم يطلع عليها أحد.
فلما وصل الى المدينة المنورة، سمع المؤذن ينشدها على المئذنة،! فعجب من ذلك و انتظر المؤذن.
فسأله: لمن هذه القصيدة؟!.
قال:لأبي حنيفة.
قال: أتعرفه؟.
قال: لا.
قال: و عمن أخذتها؟!.
قال: في رؤياي أنشدها بين يدي المصطفى صلى الله عليه و سلم، فحفظتها و ناجيته بها على المئذنة.
فدمعت عينا أبي حنيفة

Berikut terjemahan tulisan bagian akhir:

Qasidah ini ditulis oleh Imam Abu Hanifah untuk mendekatkan diri kepada Rasulullah (artinya untuk mengungkapkan kerinduan, kecintaan, dan pujian terhadap Rasulullah), ia berniat hendak membacakan bait-bait syair tersebut di hadapan makam Rasulullah di tengah ziarah kepadanya nanti, dan bait-bait syair ini sebelumnya tidak pernah diketahui oleh siapapun.
Kemudian, ketika Imam Abu Hanifah sampai di Madinah al Munawwarah tiba-tiba beliau mendengar seorang mu’adzin melantunkan bait-bait syair tersebut. Sang Imam sangat heran, lalu beliau menunggu mu’adzin tersebut selesai. Setelah selesai Imam Abu Hanifah bertanya: “Siapakah pemilik qasidah yang engkau lantunkan itu?”
Mua’dzin menjawab: “Itu adalah qasidah milik Abu Hanifah”.
Sang Imam bertanya: “Apakah engkau kenal dengan Abu Hanifah?”
Mu’adzin berkata: “Tidak”.
Sang Imam: “Lalu dari siapa engkau mendapatkan qasidah tersebut?”
Mu’adzin: “Aku mendapatkannya di dalam mimpiku, aku mendendangkan qasidah tersebut di hadapan Rasulullah hingga aku menjadi hafal, maka aku jadikan qasidah ini untuk meminta pertolongan kepada Rasulullah di atas tempat adzan ini”.
Mendengar penjelasan ini Imam Abu Hanifah meneteskan air matanya….

“Semoga anda yang memperjuangkan aqidah Rasulullah yang telah diperjuangkan oleh Imam Abu Hanifah kelak dapat melihat Rasulullah dalam mimpi; bahkan dalam keadaan jaga dan meninggal dalam keadaan iman yang sempurna dan khusnul khatimah. Amiin.”


Komentarku ( Mahrus ali ):
  Itulah mode kedustaan, bukan kejujuran Tim Sarkub bukan Tim penulis LBMNU Jember. Sudah berapa kali, dan masih banyak yang belum mereka bikin kedustaan kepada publik. Sy`air – syair itu bukan karya Abu Hanifah, bukan dia pembacanya, lalu  Tim Sarkub bisa mengklaim bahwa Syair itu karya Abu Hanifah.
Mana refrensinya, tidak disebutkan. Loh kok bisa di katakan: Kasidah  Abu Hanifah itu dari mana asal usulnya. Dan kapan kasidah itu mulai di ciptakan, tanpa di sebutkan. Lalu di klaim bahwa Abu Hanifah melakukan tawassul dengan dalih kasidah itu ciptaannya.

 
الشريف الشافعي
04-14-2007, 08:36 AM
بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

قد يقال: هذه القصيدة جننتني...
إسلوب القصيدة ليس إسلوب هذا القرن الثاني الهجري في نظم
الشعر.. لكن أجد البعض قد ذكر أنها للإمام أبو حنيفة،
Kadang di katakana: Metode kasidah ini bukan uslub abad dua hijriyah ini dalam menyusun syair. Tapi aku menjumpai sebagian orang menyebut  ini kasidah Imam Abu Hanifah.

Komentarku ( Mahrus ali ):
    Syarif Syafii menyebutkan ia di sebutkan karya Imam Abu Hanifah adalah perkataan tanpa refrensi, tanpa rujukan sama sekali. Mestinya ada rujukan yang akurat untuk menetapkan bahwa kasidah itu milik Imam Abu Hanifah.


وبعض أبياتها موجوده في كتاب "التحفة المرضية في الأخبار القدسية"، والأبيات مذكورة كلها في كتاب "جواهر الأشعار والأخبار" للشيخ عبد القادر المليباري، وهي اشتهرت باسم القصيدة النعمانية،
Sebagian bait syairnya  terdapat dalam kitab al tuhfah al matdhiyah fil akhbar al qudsiyah. Bait  tersebut seluruhnya di cantumkan dalam  kitab “ Jawahir al asy`ar wal akhbar “ karya  Syaikh Abd Qadir al Malibari . Ia terkenal dengan nama Kasidah an nu`maniyah.

Komentarku ( Mahrus ali ):
  Apakah kitab Jawahir al asy`ar itu yang di maksud kitab sbb:

Informasi bibliografi


Judul
جواهر الاشعار وغرائب الحكايات والاخبار
Penulis
Penerbit
مكتبة الملك فهد الوطنية - الرياض, 1939



 Memang kurang jelas di situ, kemana mengarah pernyataan Syarif Syafii .


 وذكر بيتين منها أبو محمد الويلتوري في "ابتغاء الوصول لحب الله بمدح الرسول" ص89 وعزاها إلي كتاب "التحفة المرضية في الأخبار القدسية" والبيتان الذي ذكرهما هما:
Abu Muhammad al wilturi menyebutkan dua bait dalam kitab Ibtihgoul wushul lihubbillah bimadhir rasul “. Hal 89 , lalu di nisbatkan kepada kitab al tuhfah al murdhiyah fil akhbar al qudsiyah ,.   Dua bait tsb sbb:


أنت الذي لولاك ما خلق امرؤ كلا ولا خلق الوري لولاك
أنت الذي لما توسل آدم من زلة بك فاز وهو أباك
Engkau adalah orang yang bila engkau tidak di ciptakan, maka tiada orang yang di ciptakan, bahkan seluruh manusia………… seandainya  engkau tidak ada.
  Engkau adalah orang yang Adam bertawassul kepadamu karena ada kesa;ahan lalu dia bahagia sedang dia adalah ayahmu.

Komentarku ( Mahrus ali ):
  Tentang nabi Adam bertawassul itu memang ada hadisnya tapi lemah sekali. Bacalah lagi disini:
27 Jun 2011
Untuk Nabi Adam bertawassul itu landasannya lemah dan tidak usah di gubris , begitu juga Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan tawassul pada mayat . Para sahabatpun mengikuti Rasulullah SAW dan tidak pernah ...
22 Apr 2011
Hadis tentang Nabi Adam bertawassul dengan Muhammad di riwayatkan oleh Al Hakim dalam kitab Mustadrak 4278 , hal 672/2 lemah karena ada perawi Abd rahman bin zaid bin Aslam lemah kata Ibnu hajar dan Dzahabi ...


لكن لما رجعت إلي كتاب "المستطرف لكل فن مستظرف" للأشبيهي المتوفي 854 هجرياً تحديداً الجزء الأول من كتابة صحيفة 491 عندما كان يتحدث عمن مدحوا سيدنا النبي صلَّى الله عليه وآله وسلم
 Tapi ketika aku merujuk ke kitab al mustathraf likulli fannin mustadhraf  karya al asybihi, wafat 854 H pada juz pertama  hal 491 ketika berbicara tentang orang – orang yang memuji  sayyidina Nabi SAW.
وذكر بعضهم وبعض أشعارهم، وجدته أنه نسب القصيدة للسان الدين ابن الخطيب، وقوله بالنص كالتالي:
Dia menyebut sebagian mereka dan sebagian syairnya. Saya jumpai dia menyebutkan bahwa Kasidah  di atas karya Lisanuddin Ibn Khathib. Perkataan beliau sedemikian:
ولما حججت وزرته تطفلت على جنابه المعظم وامتداحته بأبيات مطولة وأنشدتها بين يديه بالحجرة الشريفة تجاه الصندوق الشريف وأنا مكشوف الرأس وأبكى من جملتها:

  Ketika aku menjalankan haji lalu aku berkunjung kepada Nabi , aku ikut memuji beliau dengan beberapa bait yang panjang. Aku nyanyikan di muka beliau di kamar yang mulia dimuka peti yang mulia. Saya saat itu tidak mengenakan tutup kepala dan aku juga menangis di antara  syairnya …………………………( sebagaimana yang di cantumkan di atas).

KOmentarku ( Mahrus ali )
 Siapakah Lisanuddin Ibn Khathib, kita lihat dalam keterangan sbb:
   إنباء الغمر بأبناء العمر - (ج 1 / ص 31)
محمد بن عبد الله بن سعيد بن عبد الله بن سعيد بن أحمد بن علي السلماني اللوشي الأصل الغرناطي الأندلسي، لسان الدين بن الخطيب، كان أبوه يخدم بني الأحمر على مخازن الطعام، وكان بارعاً فاضلاً، مات سنة إحدى وأربعين وسبعمائة،
Dia bernama Muhammad bin Abdillah bin Sa`id bin Abdillah bin Sa`id bin Ahmad bin Ali assalmani allausyi  Al Ghurnathi al andalusi – Lisanuddin bin Al Khathib. Ayahnya melayani banul ahmmar di toko makanan.  
Dia berbudi luhur, terampil, ia meninggal pada tahun tujuh ratus empat puluh satu. [1]

  Untuk Imam Abu Hanifah, maka ada keterangan sbb:
التاريخ الكبير - (ج 8 / ص 81)
قال أبو نعيم مات أبو حنيفة سنة خمسين ومائة
   Abu Nuaim berkata” Abu Hanifah meninggal dunia pada tahun 150 H.   At tarikh al kabir 81/8

   Jadi antara lisanuddin dan Abu Hanifah sekitar jarak  591 tahun. Bukan jarak yang dekat, bukan hanya seratus tahun, tapi hampir enam ratus tahun, Dari sini jelas Sarkub tidak mengetahui sejarah syair itu , lalu bagaimanakah bisa di katakana bahwa syair itu karya Imam Abu Hanifah? Tiada jawabannya kecuali ngawur, atau meniru kesalahan atau mengutip saja tanpa di kaji ulang.  Apalagi kisah di atas tambah kedustaan yang harus di hilangkan, bukan kejujuran yang harus disebarkan, Syair tersebut banyak kesyirikan di dalamnya dan akan saya bahas pada suatu saat…………………bersambung.




[1] Inba`ul umur bi abnail umur  31/1
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan