Jumat, November 15, 2013

Habib Rizieq siap bermubahalah

Oleh Hartono Ahmad Jaiz

Ada berita santer tentang tantangan mubahalah dari Habieb Rizieq Syihab. Berita itu cepat sekali tersebar, inti beritanya seperti ini :

SOLO, MUSLIMDAILY.NET - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Muhammad Rizieq Syihab menyayangkan berbagai tudingan yang menyebut dirinya adalah penganut sekte Syi’ah. Dia menuntut kepada siapapun yang menyebarkan tudingan itu untuk menunjukkan bukti tentang tuduhannya tersebut.

Bahkan, Habib Rizieq siap bermubahalah. Hal itu disampaikannya dalam acara tabligh akbar bertajuk “Menggalang ukhuwah Islamiyah dalam rangka menghadapi era globalisasi sesuai syari’ah” yang diselenggarakan di komplek Gedung Syari’ah dan Masjid Mujahidin, Banyuanyar, Solo, Ahad (10/11/2013).

Menurut Habib Rizieq, tudingan itu terlalu mengada-ada dan sangat berbahaya karena dapat memunculkan sikap saling curiga diantara umat Islam.

Ia curiga semua isu ini sengaja disebarkan oleh intelijen untuk mengoyak persatuan umat Islam.

“Jadi yang buat isu itu suruh datang ke saya, siapapun dia, mau profesor, mau doktor, mau jenderal, suruh datang. Buktikan! Anda mengatakan saya Syi’ah, itu buktikan! Syi’ah Saya di mana? Jangan ngomong di belakang menggunakan internet, sebar fitnah sana, sebar fitnah sini. Saya curiga orang yang menyebar fitnah ini agen intelijen yang memang dibayar untuk mengobok-obok persatuan umat Islam,” tuturnya dengan nada tinggi. http://www.nahimunkar.com/habib-rizieq-instruksikan-lagi-bakar-mimbar-yang-untuk-cacimaki-sahabat-nabi/

Tantangan yang begitu lantangnya itu disambut dengan gegap gempita bahkan bagai kemaruk oleh orang-orang dengan menulis berbagai komentar di facebook, web dan lainnya. Mereka jelas-jelas menulis nama saya (Hartono Ahmad Jaiz) sebagai sasaran tantangan itu dengan aneka celoteh dan ungkapan-ungkapan yang kadang sampai  tidak patut. Padahal, Habib Rizieq sendiri tidak menyebut nama, walau mengancam dengan mengemukakan, kalau dia nantinya sampai menyebut nama, maka harap diketahui bahwa itu adalah bagai instruksi untuk FPI di mana saja.

Pidato tantangan mubahalah itu bertepatan dengan sedang ramainya Umat Islam Indonesia menghadapi bahaya syiah yang semakin nyata karena mereka sudah berani terang-terangan mengadakan aksi bahkan caci maki terhadap sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahkan sampai diadakan perayaan caci maki sahabat dengan sebutan Idul Ghadir oleh Syiah IJABI di Jakarta, Sabtu 26/10 2013. Juga menghangatnya suasana akan dilangsungkannya perayaan Karbala, Asyura Syiah secara nasional di berbagai kota yang tidak jauh dari sekitar mengecam sahabat Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam dalam acara bersedih bersama. Qadarullah, acara itu diprotes oleh Umat Islam, hingga di Surabaya dibatalkan dan tidak diberi izin oleh Polisi Surabaya. Di kota lain juga diprotes oleh Umat Islam beramai-ramai.

Ditambah lagi, sepinya reaksi Habieb Rizieq Syihab bersama FPI-nya terhadap acara Idul Ghadir Syiah dalam rangka caci maki sahabat Nabi shallalhu ‘alaihi wa sallam di Jakarta itu. Sejumlah pertanyaan pun beredar di aneka sarana komunikasi, kenapa Habieb Rizieq mlempem dalam hal ini, ada apa?

Dalam kondisi seperti itu, begitu mereka mendengar ada tantangan mubahalah dari Habib Rizieq untuk siapa saja yang menuduhnya syiah ; maka bermunculan lah komentar-komentar di f b, web  dan sebagainya, bagai kodok kebanyon (mendapatkan genangan air) hingga ngorek sesuka-sukanya. Dan yang jadi sasaran di antaranya adalah saya (Hartono Ahmad Jaiz).

Kenapa mereka begitu? Itu suka-suka mereka saja. Sedang Habib Rizieq pun belum (tidak) menginstruksikan ke FPInya dalam pidato itu bahwa yang dituju adalah nama saya.

Menghadapi reaksi kemaruk  semacam itu, biasa sajalah. Tatakan (cawan) biasanya memang lebih panas daripada gelasnya.

Kalau memang mereka menghubungkan tantangan mubahalah itu kepada saya, maka kini saya tunjukkan cuplikan tulisan di nahimunkar.com berikut ini. Coba disimak baik-baik. Benarkah saya menuduh beliau syiah (kalau toh tulisan itu ditimpakan kepada saya tanggung jawabnya, karena memang nahimunkar.com itu saya yang memimpin). Mari kita simak berikut ini.
Dalam artikel nahimunkar.com ada judul: Habib RS Cenderung Syi’ah?
(Added on 5 April 2012).
Komentarku ( Mahrus ali ):
Mubahalah itu jangan sesama muslim, salah alamat, tidak tepat, salah sekali,  bukan begitu. Tapi mubahalah itu muslim sama kafir, lihat mubahalah di al Quran  sbb:
Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi AllAh, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.
( 60 )   (Apa yang telah Kami ceritakan itu), itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu.
( 61 )   Siapa yang membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu (yang meyakinkan kamu), maka katakanlah (kepadanya): "Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, isteri-isteri kami dan isteri-isteri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta. Ali imran
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan