Pedoman orang yang membaca
dengan pelan waktu lohor
عَنْ أَبِي مَعْمَرٍ قَالَ قُلْنَا لِخَبَّابٍ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ قَالَ نَعَمْ قُلْنَا بِمَ كُنْتُمْ
تَعْرِفُونَ ذَاكَ قَالَ بِاضْطِرَابِ لِحْيَتِهِ *
Dari
Abu Ma`mar berkata : Kami bertanya
kepada Khobbab, apakah Rasulullah saw membaca surat dalam salat lohor dan Asar
?
Beliau
menjawab :” Ya “.
Kami
bertanya :” Dengan apa kamu mengetahui hal itu ? “.
Beliau
menjawab : Dengan geraknya jenggot “. [1]
Ahmad
bin Amar bin Abd Kholiq Al Bazzar, lahir 215, wafat 292 berkata :
وهذا الحديث لا نعلم
له طريقاً عن خباب إلا هذا الطريق ولا نعلم روى أبو معمر عن خباب إلا هذا الحديث
Kami
tidak mengethui jalur hadis tsb dari Khobbab
kecuali jalur itu . dan kami tidak mengetahui Abu Ma`mar
meriwayatkan hadis dari Khobbab kecuali
hadis itu [2]
Imam
Thohawi berkata : Membaca disitu masih mungkin membaca tasbih, doa atau dzikir hingga jenggot Rasulullah saw bergerak .
Aku
( ( Mahrus ali ) ) berkata : Hadis tersebut nyeleneh dan bertentangan dengan hadis muttafaq alaih yang
menyatakan Rasulullah saw membaca surat
waktu lohor sebagaimana di jelaskan tadi.
Ada
hadis lagi sbb :
3581 أَخْبَرَنَا
حُمَيْدُ بْنُ مَسْعَدَةَ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَبِي جَهْضَمٍ عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كُنْتُ عِنْدَ ابْنِ
عَبَّاسٍ فَسَأَلَهُ رَجُلٌ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ
وَالْعَصْرِ قَالَ لَا قَالَ فَلَعَلَّهُ كَانَ يَقْرَأُ فِي نَفْسِهِ قَالَ
خَمْشًا هَذِهِ شَرٌّ مِنَ الْأُولَى
Dari Abdullah bin Ubaidillah bin Abbas
berkata :” Aku disisi Ibnu Abbas,lalu seorang
lelaki bertanya :” Apakah Rasulullah saw membaca dalam salat lohor dan Asar ? “.
Beliau menjawab :Tidak “.
Lelaki itu berkata :” Barang kali beliau membaca di hati “.
Beliau berkata :” Cakarilah
dirimu ( kalimat untuk mencela ) .Ini
lebih jelek dari pada yang pertama “. ……………….[3]
لا أعلم أن ابن عباس رضي الله عنه كان يشك في
القراءة في السرية تارة وينفيها أخرى وربما أثبتها أما نفيه ففي هذه الرواية وأما شكه ففي
الرواية الآتية وأما إثباتها فما رواه أيوب عن أبي العالية البراء قال سألت ابن
عباس أقرأ في الظهر والعصر قال هو إمامك أقرأ منه
بأقل أو أكثر أخرجه ابن المنذر والطحاوي وغيرهما وقد أثبت قراءته فيهما خباب وأبو قتادة
فروايتهم مقدمة على من نفى فضلا على من شك
Aku tidak mengerti Ibnu Abbas ra terkadang ragu tentang bacaan dalam
salat sirriyah, terkadang menyatakan
tidak membaca .Kadang menyatakan
membaca. Untuk yang menyatakan tidak membaca al Quran, maka
dalam riwayat tsb . Untuk yang Ibnu Abbas ragu dalam riwayat berikutnya
. Untuk yang menyatakan Rasulullah saw membaca al Quran, maka diriwayatkan
oleh Ayyub dari Abul aliyah al bara` berkata : “
Aku bertanya kepada Ibnu Abbas
apakah Rasulullah saw membaca Al quran dalam lohor dan Asar ?
Beliau menjawab : Dia adalah imammu, lebih bisa membaca al Qur an
sedikit atau banyak .
Hadis riwayat Ibnul Mundzir dan Thohawi dll .
Sungguh Khobbab dan Abu Qatadah telah menyatakan Rasulullah saw membaca al Quran
dalam salat lohor dan Asar, jadi
riwayat mereka lebih didahulukan dari pada
yang menyatakan tidak membaca
apalagi yang meragukan [4]
Jadi riwayat Ibnu Abbas dalam hal bacaan al Quran dalam salat lohor
dan Asar masih kabur .
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan