Pedoman
orang yang membaca dengan pelan waktu lohor
عَنْ أَبِي مَعْمَرٍ قَالَ قُلْنَا لِخَبَّابٍ أَكَانَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ قَالَ نَعَمْ قُلْنَا بِمَ كُنْتُمْ
تَعْرِفُونَ ذَاكَ قَالَ بِاضْطِرَابِ لِحْيَتِهِ *
Dari Abu Ma`mar berkata:
Kami bertanya kepada Khobbab , apakah Rasulullah saw membaca surat dalam salat lohor dan Asar?
Beliau menjawab:” Ya “.
Kami bertanya :” Dengan apa
kamu mengetahui hal itu? “.
Beliau menjawab: Dengan geraknya jenggot “. [1]
Ahmad bin Amar bin Abd Kholiq Al Bazzar , lahir 215, wafat 292 berkata:
وهذا
الحديث لا نعلم له طريقاً عن خباب إلا هذا الطريق ولا نعلم روى أبو معمر عن خباب
إلا هذا الحديث
Kami tidak mengethui jalur hadis tsb dari Khobbab kecuali jalur itu. dan kami tidak mengetahui
Abu Ma`mar meriwayatkan hadis dari
Khobbab kecuali hadis itu [2]
Kalimat sedemikian ini biasanya bila di kaji dengan
teliti akan menjadikannya lemah bukan sahih atau hasan dan tidak bisa di buat
pegangan tapi lepaskan saja.
Imam Thohawi berkata: Membaca disitu masih mungkin membaca tasbih,
doa atau dzikir hingga jenggot Rasulullah saw bergerak.
Aku ( penulis ) berkata: Hadis tersebut nyeleneh dan
bertentangan dengan hadis muttafaq alaih
yang menyatakan Rasulullah saw membaca surat waktu lohor
sebagaimana di jelaskan tadi.
Ada
hadis lagi sbb:
3581
أَخْبَرَنَا حُمَيْدُ بْنُ
مَسْعَدَةَ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ أَبِي جَهْضَمٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ
بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كُنْتُ عِنْدَ ابْنِ عَبَّاسٍ
فَسَأَلَهُ رَجُلٌ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ
وَالْعَصْرِ قَالَ لَا قَالَ فَلَعَلَّهُ كَانَ يَقْرَأُ فِي نَفْسِهِ قَالَ
خَمْشًا هَذِهِ شَرٌّ مِنَ الْأُولَى
Dari Abdullah bin Ubaidillah bin Abbas berkata :”
Aku disisi Ibnu Abbas, lalu seorang lelaki bertanya:”
Apakah Rasulullah saw membaca dalam
salat lohor dan Asar ? “. Beliau
menjawab :Tidak “.
Lelaki itu berkata:” Barang kali beliau membaca di
hati “.
Beliau berkata:”
Cakarilah dirimu ( kalimat untuk mencela ) .Ini lebih jelek dari pada
yang pertama “. ……………….[3]
لا أعلم أن ابن عباس رضي الله عنه
كان يشك في القراءة في السرية تارة وينفيها أخرى وربما أثبتها أما نفيه ففي هذه الرواية وأما شكه ففي
الرواية الآتية وأما إثباتها فما رواه أيوب عن أبي العالية البراء قال سألت ابن
عباس أقرأ في الظهر والعصر قال هو إمامك أقرأ منه
بأقل أو أكثر أخرجه ابن المنذر والطحاوي وغيرهما وقد أثبت قراءته فيهما خباب وأبو قتادة
فروايتهم مقدمة على من نفى فضلا على من شك
Aku tidak mengerti Ibnu Abbas ra terkadang ragu tentang
bacaan dalam salat sirriyah, terkadang
menyatakan tidak membaca.Kadang menyatakan
membaca. Untuk yang menyatakan tidak membaca al Quran , maka
dalam riwayat tsb. Untuk yang Ibnu Abbas ragu dalam riwayat berikutnya.
Untuk yang menyatakan Rasulullah saw membaca al Quran , maka diriwayatkan
oleh Ayyub dari Abul aliyah al bara` berkata : “ Aku bertanya kepada Ibnu Abbas apakah Rasulullah saw membaca Al quran dalam
lohor dan Asar?
Beliau menjawab: Dia adalah imammu, lebih bisa membaca al
Qur an sedikit atau banyak.
Hadis riwayat Ibnul Mundzir dan Thohawi dll.
Sungguh Khobbab dan Abu Qatadah telah menyatakan Rasulullah saw membaca al Quran
dalam salat lohor dan Asar, jadi
riwayat mereka lebih didahulukan dari pada
yang menyatakan tidak membaca
apalagi yang meragukan [4]
Jadi riwayat Ibnu
Abbas dalam hal bacaan al Quran dalam
salat lohor dan Asar masih kabur.
Mau
nanya hubungi kami:
088803080803.(
Smartfren) 081935056529 ( XL )
Dengarkan pengajian - pengajianku
Alamat
rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1 Waru Sidoarjo. Jatim.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan