Bacaan para sahabat
2679 عبد الرزاق عن معمر عن قتادة عن مورق العجلي قال كان ابن عمر يصلي
فيقرأ في الظهر بقاف واقتربت قال معمر فأخبرني شيخ لنا عن مورق العجلي قلنا من أين
علمت قال ربما سمعت منه الآية
……….. Dari Muwarriq al
ajali berkata: Ibnu Umar menjalankan salat lohor lalu membaca surat Qaf dan Iqtarobat. Ma`mar berkata:
Seorang syekh memberitahu aku dari Muwarriq , kami berkata:” Dari mana kamu
tahu “. Dia menjawab : “Sering aku mendengar ayat dari padanya ( ketika menjadi imam ) “. [1]
Komentarku ( Mahrus ali):
Bila imam berbisik dalam membaca ayat, maka sudah tentu makmum tidak akan tahu bahwa Imamnya membaca surat
qaf. Sudah jelas, tanpa ragu lagi, bacaan imam
dikeraskan sebagaimana salat
Maghrib dan Isya`.
2681
عبد الرزاق عن عبد الله بن عمر عن
نافع عن ابن عمر أنه كان يقرأ في الظهر الذين كفروا وفي إنا فتحنا لك
………………….. Dari Ibnu Umar, sesungguhnya dia membaca dalam salat
lohor Al ladzina kafaru dan Inna
fatahnaa [2]
Komentarku (
Mahrus ali):
Maksudnya surat Muhammad dan Inna
fatahnaa. ( al fath ).
قال عمر
بن الخطاب أشبه صلاة الليل صلاة الهجير
Salat malam mirip dengan salat lohor , kata Umar bin Al Khotthob [3]
2685 عبد الرزاق عن معمر عن قتادة أن ابن عمر كان يقرأ في الركعة
الأولى من الظهر والذاريات
……………….Qatadah berkata:Sesungguhnya Ibnu Umar membaca dalam rakaat
pertama salat lohor dengan waddzariyat [4]
Komentarku (
Mahrus ali):
Bila bacaan Ibn Umar berbisik – bisik, maka sudah tentu
tidak diketahui suratnya sebagaimana
kita tidak tahu bacaan Imam dalam salat lohor dan Asar yang membaca dengan berbisik.
Abd Razzaq bin Hammam As
son`ani, lahir 126, wafat 211 berkata:
باب
القراءة في العصر
Bab bacaan dalam salat Asar
[5]
Komentarku (
Mahrus ali):
Membaca itu bukan berbisik – bisik yang dilarang oleh
Allah dalam ayat 110 Al Isra`
2686
عبد الرزاق عن ابن جريج قال عن عطاء قد كانت العصر تجعل أخف من الظهر في القراءة
……….Atho`berkata: “ Bacaan dalam salat Asar lebih cepat daripada
salat lohor “. [6]
828 حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ حَكِيمٍ حَدَّثَنَا أَبُو
دَاوُدَ الطَّيَالِسِيُّ حَدَّثَنَا الْمَسْعُودِيُّ حَدَّثَنَا زَيْدٌ
الْعَمِّيُّ عَنْ أَبِي نَضْرَةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ اجْتَمَعَ
ثَلَاثُونَ بَدْرِيًّا مِنْ أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا تَعَالَوْا
حَتَّى نَقِيسَ قِرَاءَةَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيمَا لَمْ يَجْهَرْ فِيهِ
مِنَ الصَّلَاةِ فَمَا اخْتَلَفَ مِنْهُمْ رَجُلَانِ فَقَاسُوا قِرَاءَتَهُ فِي
الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنَ الظُّهْرِ بِقَدْرِ ثَلَاثِينَ آيَةً وَفِي
الرَّكْعَةِ الْأُخْرَى قَدْرَ النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ وَقَاسُوا ذَلِكَ فِي
صَلَاةِ الْعَصْرِ عَلَى قَدْرِ النِّصْفِ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ الْأُخْرَيَيْنِ
مِنَ الظُّهْرِ *
Abu said Al Khudri ra berkata: Tiga puluh sahabat badar berkumpul, lalu
berkata: Mari kita ukur bacaan
Rasulullah saw dalam salat sirriyah, tiada dua orang yang berbeda pendapat.Mereka
mengukur bacaan Rasulullah saw dalam
rakaat pertama salat lohor sekitar tiga
puluh ayat dan rakaat lainnya sekitar separohnya.Mereka mengukur dalam salat
Asar sekitar separoh dari dua rakaat
terahir salat lohor [7]
Lemah karena perawi Zaid Aslami yang
lemah, Al mas`udi yang kabur hapalannya menjelang kematian dan Abu Dawud
Atthoyalisi yang kabur hapalannya dan sering keliru dalam menyampaikan hadis.
Mau
nanya hubungi kami:
088803080803.(
Smartfren) 081935056529 ( XL )
Dengarkan pengajian - pengajianku
Alamat
rumah: Tambak sumur 36 RT 1 RW1 Waru Sidoarjo. Jatim.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan