Bacaan salat Maghrib
وعن مروان قال قَالَ لِي زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ مَالِي أَرَاكَ تَقْرَأُ
فِي الصَّلَاةِ بِقِصَارِالْمُفَصَّلِ وَلَقَدْرَأَيْتُ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ باِلطُّوْلَيَيْنِ قُلْتُ وَمَا الطُّوْلَيَيْنِ
قال الَأْعْرَافُ وَيُوْنُسُ
Dari Marwan berkata : “
Zaid bin Tsabit berkata kepadaku : “ Mengapa aku melihatmu membaca surat
Al Mufasshol yang pendek. Sunggguh aku melihat Rasulullah saw membaca dua surat panjang.
Aku berkata: Apakah dua surat panjang
itu?
Dia berkata: “ Al
a`raf dan Yunus.
قلت هو في الصحيح خلا سورة يونس رواه الطبراني في الكبير ورجاله رجال
الصحيح
Aku (Ali bin Abu Bakar Al
Haitami , wafat 807 ) berkata : Hadis tsb terdapat dalam sahih
Bukhori selain surat Yunus.Ia diriwayatkan oleh Thobroni
dalam mu`jam kabir , perawi –perawinya perawi sahih Bukhori[1]
وعن زيد بن ثابت كَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ
مِنَ الْمَغْرِبِ بسورة الأنفال رواه الطبراني في الكبير ورجاله رجال الصحيح
Dari zaid bin Tsabit
berkata:” Nabi saw membaca dalam dua rakaat Maghrib surat
Al anfal. HR Thobroni dalam al kabir dan perawi – perawinya perawi sahih
Bukhori.Ia juga diriwayatkan dari Abu Ayyub.
وعن ابن عمر أن النبي صلى
الله عليه وسلم كَانَ يَقْرَأُ بِهِمْ فِي
المْغَرْبِ الذِيْنَ كَفَرُوا وَصَدُّوا عَنْ سَبِيْلِ الله رواه الطبراني في
الثلاثة ورجاله رجال الصحيح
Dari Ibnu Umar ra , sesungguhnya Nabi saw membaca dalam
salat Maghrib surat Muhammad, HR Thobroni dalam tiga mu`jamnya .Perawi –
perawinya perawi sahih Bukhori
وعن عبد الله بن يزيد أَنَّ
النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَرَأَ فِي الْمَغْرِبِ وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِ
رواه الطبراني في الكبير وفيه جابر الجعفي وثقه شعبة وسفيان وضعفه بقية الأئمة
Dari Abdullah bin Yazid, sesungguhnya Nabi saw membaca
wattini wazzaitun dalam salat maghrib. HR Thobroni dalam al kabir.namun
terdapat Jabir Al
Ju`fi yang dipercaya oleh Syu`bah dan Sofyan
dan dilemahkan oleh imam – imam lain. [2]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّ أُمَّ الْفَضْلِ بِنْتَ الْحَارِثِ سَمِعَتْهُ وَهُوَ
يَقْرَأُ وَالْمُرْسَلَاتِ عُرْفًا فَقَالَتْ يَا بُنَيَّ لَقَدْ ذَكَّرْتَنِي
بِقِرَاءَتِكَ هَذِهِ السُّورَةَ إِنَّهَا لَآخِرُ مَا سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِهَا فِي الْمَغْرِبِ *
Dari Ibnu Abbas
r.a katanya: Bahwa Ummu al-Fadli binti al-Haris mendengar Ibnu Abbas membaca
وَالْمُرْسَلَاتِ عُرْفًا
Lalu Ummu
al-Fadli berkata: Wahai anakku, bacaanmu
pada surat ini mengingatkan aku tentang surat terakhir yang aku
dengar dibaca oleh Rasulullah s.a.w ketika salat Maghrib[3]
Ummul fadhel
mendengar Rasulullah saw membaca
walmursalat waktu salat Maghrib
menunjukkan bahwa beliau membacanya dengan suara sedang . Kalau di amati kalimat hadis
menggunakan kalimat يَقْرَأُ ( membaca )
sama dengan يَقْرَأُ
dalam hadis untuk salat lohor dan Asar. Tapi anehnya bacaan al Quran
dalam salat lohor dan Asar di pelankan seperti orang berbisik dan di salat
Maghrib di keraskan. Lihat hadis untuk salat lohor sbb:
Abu
Qatadah ra berkata:
كَانَ
النَّبِيُّ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ
الْأُولَيَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ يُطَوِّلُ
فِي الْأُولَى وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ وَيُسْمِعُ الْآيَةَ أَحْيَانًا
وَكَانَ يَقْرَأُ فِي الْعَصْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ وَكَانَ
يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنْ
صَلَاةِ الصُّبْحِ وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ
Nabi saw, membaca
dalam dua rakaat pertama salat
lohor dengan surat
Fatihah dan dua surat.
Beliau memanjangkan rakaat pertama dan yang kedua lebih pendek, terkadang
kita mendengar ayatnya. Beliau juga membaca dalam salat Asar dengan fatihah dan dua surat. Rakaat pertama
beliau panjang dan beliau juga
memanjangkan rakaat pertama salat Subuh dan rakaat keduanya agak pendek [4]
عَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقْرَأُ بِالطُّورِ فِي الْمَغْرِبِ *
Dari Jubair bin
Mut'im r.a katanya: Aku mendengar
Rasulullah s.a.w membaca surat Ath-Thur ketika salat
Maghrib[5]
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan