Sabtu, Agustus 27, 2011

Bebas Hukum Gantung Husein Pulang Kampung


Husein Sitorus lolos dari hukuman gantung di Malaysia
KUALA LUMPUR I SURYA Online - Husein Sitorus (60), warga Negara Indonesia yang dua hari lalu divonis bebas hukuman gantung oleh majelis hakim di pengadilan banding Putrajaya, Malaysia, akhirnya bisa kembali ke Tanah Air untuk berhari raya Idul Fitri 1432 Hijriah.
“Saya bisa pulang kampung dan berlebaran dengan keluarga di kampung,” kata Husein saat dihubungi menjelang keberangkatannya di  Kuala Lumpur International Airport (KLIA) menuju ke Sumatera Utara, Sabtu (27/8/2011).
Setelah tujuh tahun dirinya di penjara membuat hasrat untuk bisa bertemu dengan keluarganya di kampung halamannya, yaitu di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara, ini sangat besar. “Saya senang bisa pulang dan sudah tak sabar untuk bertemu dengan mereka,” ungkapnya.
Bahkan untuk memperlancar proses kepulangan Husein, pihak Pemerintah Kabupaten Batu Bara juga mengirimkan perwakilannya untuk membawanya pulang.
Husein, kembali ke kampung halamannya menggunakan maskapai penerbangan AirAsia dengan nomor penerbangan AK 454 pada Sabtu pukul 17.00. Turut mendampingi kepulangan Husein, pejabat dari Pemerintah Kabupaten Batu Bara yang juga hadir saat pembacaan vonis bebas Husein.
Kabag Pemerintahan Pemkab Batu Bara Alia Ghani mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan KBRI di Kuala Lumpur menguruskan kepulangan Husein ke Imigrasi Malaysia.
Menurut dia, Pemkab Batu Bara juga membayar biaya jasa pengacara Sebastian Cha yang mendampingi Husein sejak awal kasus sebesar  35.000 Ringgit (Rp100 juta), termasuk membayarkan tiket kepulangan Husein Sitorus.
“Alhamdulillah bisa cepat selesai sehingga Husein bisa berlebaran dengan keluarganya di kampung,” katanya.
Kasus Husein Sitorus ini bermula pada 22 Oktober 2004, saat ia ditangkap Kepolisian Laut Diraja Malaysia ketika memasuki Pelabuhan Klang, Malaysia. Dia dituduh membawa 147 kilogram ganja yang disembunyikan dalam delapan kardus mi instan. Pada 28 Juli 2009, Pengadilan Tinggi Shah Alam menjatuhkan hukuman gantung sampai mati.
Namun majelis hakim yang diketuai Datuk Ramly Ali meragukan kalau ganja itu milik Husein . Selain itu terdakwa, yang didampingi pengacara Sebastian Cha dan Rosli Kamaruddin, dapat meyakinkan majelis bahwa Husein adalah nakhoda perahu.
Selain itu, ujar Rosli lagi, ada tiga penumpang lain di dalam perahu yang dikemudikan oleh Husein. Namun pihak jaksa penuntut umum tidak bisa menghadirkan ketiganya ke pengadilan, padahal mereka adalah saksi kunci.
“Setelah mendengar argumen dari pihak pembela dan jaksa, maka pengadilan memutuskan membebaskan Husein Sitorus dari segala tuduhan,” kata hakim Datuk Ramly Ali.
Komentarku ( Mahrus ali )
Bila benar dia itu membawa ganja yang akan di masukkan ke Malaisia , maka  dia akan di hukum gantung  sesuai dengan ayat :
إِنَّمَا جَزَاءُ الَّذِينَ يُحَارِبُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا أَنْ يُقَتَّلُوا أَوْ يُصَلَّبُوا أَوْ تُقَطَّعَ أَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ مِنْ خِلَافٍ أَوْ يُنْفَوْا مِنَ الْأَرْضِ ذَلِكَ لَهُمْ خِزْيٌ فِي الدُّنْيَا وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ(33)
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar, Maidah  33.
Berhubung bukti kurang lengkap , maka dia di bebaskan dan tidak boleh di penjara lagi. Dan ayat ini layak untuk dia dan sesamanya :
وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا
وَإِثْمًا مُبِينًا
Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu'min dan mu'minat
 tanpa kesalahan yang mereka perbuat, sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata. [1]
Bacalah di artikel berikut ini juga .
20 Agt 2011
06 Agt 2011
06 Agt 2011


[1] Al ahzab 58
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan