Selasa, Agustus 02, 2011

Cuka diharamkan

Di tulis oleh Mahrus ali

 Cuka dari khamar ,hindarilah karena  taat kepada Rasulullah S.A.W. dalam hadisnya  :
      Jabir bin  Abdillah ra  berkata  :” Rasulullah SAW waktu  penaklukan kota Mekkah  bersabda  :
َ إِنَّ اللهَ  وَرَسُولَهُ حَرَّمَ بَيْعَ الْخَمْرِ وَالْمَيْتَةِ وَالْخِنْزِيرِ وَاْلأَصْنَامِ فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ   أَرَأَيْتَ شُحُومَ الْمَيْتَةِ فَإِنَّهَا يُطْلَى بِهَا السُّفُنُ وَيُدْهَنُ بِهَا الْجُلُودُ وَيَسْتَصْبِحُ بِهَا النَّاسُ فَقَالَ لاَهُوَ حَرَامٌ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللهِ   صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ     عِنْدَ ذَلِكَ قَاتَلَ اللهُ  الْيَهُودَ إِنَّ اللهَ  لَمَّا حَرَّمَ شُحُومَهَا جَمَلُوهُ ثُمَّ بَاعُوهُ فَأَكَلُوا ثَمَنَهُ
Sesungguhnya Allah dan rasulNya  telah mengharamkan  jual beli khomer, bangkai, babi  dan berhala. Di katakan : “  Wahai Rasulullah !  Bagaimana pendapatmu tentang  lemak  bangkai .Ia di pakai untuk mengecat sampan – sampan  , meminyaki kulit –kulit lalu dibuat  lampu. Rasulullah SAW  bersabda : “ Ia  haram “. Lalu beliau bersabda saat itu :” Semoga  Allah melaknat orang – orang Yahudi , sesungguhnya Allah mengharam kan lemak  bangkai ,lalu mereka hiasi,lalu dijual lalu uangnya di makan . [1]
Ada hadis sbb :
2051 حَدَّثَنِي عَبْدُ اللهِ   بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلاَ لٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ نِعْمَ اْلأُ دُمُ أَوِ اْلإِدَامُ الْخَلُّ
……………. Dari Aisyah ra , sesungguhnya Nabi S.A.W.  bersabda :” sebaik- baik bumbu adalah cuka  atau bumbu adalah cuka “. [2]  Ia juga diriwayatkan oleh Tirmizi [3]
قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ لاَنَعْرِفُهُ مِنْ حَدِيثِ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ إِلاَّ مِنْ حَدِيثِ سُلَيْمَانَ بْنِ بِلاَ لٍ *
Abu isa ( Imam Tirmizi ) berkata  Itu hadis hasan sahih ghorib (nyeleneh ) dari jalur ini ,kami tidak mengetahui hadis tsb dari hadis Hisyam bin Urwah kecuali dari hadis Sulaiman bin Bilal [4]
Ada juga hadis sbb :
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ   أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  سَأَلَ أَهْلَهُ اْلأُ دُمَ فَقَالُوا مَا عِنْدَنَا إِلاَّ خَلٌّ فَدَعَا بِهِ فَجَعَلَ يَأْكُلُ بِهِ وَيَقُولُ نِعْمَ اْلأُ دُمُ الْخَلُّ نِعْمَ اْلأُ دُمُ الْخَلُّ
Dari Jabir bin Abdillah , sesungguhnya Nabi S.A.W.  bertanya kepada keluarganya tentang bumbu ,lalu mereka menjawab : “ Kami tidak memiliki sesuatu kecuali cuka ,beliau memintanya ,lalu makan dengannya dan berkata :” Bumbu terbaik adalah cuka – bumbu terbaik adalah cuka “. [5]
Aku ( penulis ) berkata : Hadis tsb juga ghorib ( nyeleneh )
Imam Nawawi berkata :
          وَقَالَ فِي النِّهَايَةِ اَلإِدَامُ بِاْلكَسْرِ وَاْلأُدْمُ بِالضَّمِّ مَا يُؤْكَلُ مَعَ اْلُخبْزِ أَيُّ شَيْءٍ كَانَ اِنْتَهَى  

Dalam kitab annihayah di jelaskan : اَلإِدَامُ بِاْلكَسْرِ ( Al idam  dengan  hamzah di kasrah ) وَاْلأُدْمُ بِالضَّمِّ   ( al udmu dengan hamzah di dhommah ) apa yang di makan bersama rati [6]
Hadis tsb bertentangan  dengan hadis sahih sbb :
عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  سُئِلَ عَنِ الْخَمْرِ تُتَّخَذُ خَلًّا فَقَالَ لاَ*
Dari Anas , sesungguhnya Nabi S.A.W.  di tanya tentang khamar yang di gunakan untuk bikin cuka “. Beliau bersabda :  “ Tidak boleh “. [7]
قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ *
Abu isa ( Imam Tirmizi ) berkata  Itu hadis hasan sahih . [8]
Hadis sahih tersebut di dukung dengan hadis sbb :
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ أَبَا طَلْحَةَ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  عَنْ أَيْتَامٍ وَرِثُوا خَمْرًا قَالَ أَهْرِقْهَا قَالَ أَفَلاَأَجْعَلُهَا خَلًّا قَالَ لاَ*
Dari Anas bin Malik  , sesungguhnya Abu Tholhah ( ayah tiri Anas ra  ) bertanya kepada Nabi S.A.W.  tentang  yatim – yatim yang punya warisan khamar “.
Rasulullah S.A.W. menjawab : “Tumpahkan “.
Abu Tholhah  bertanya :” Apakah tidak kita bikin cuka ? “.
Rasulullah S.A.W. bersabda :” Tidak boleh “. [9] ( sahih )
Imam Tirmizi membikin bab sbb:

بَاب النَّهْيِ أَنْ يُتَّخَذَ الْخَمْرُ خَلًّا *
Bab larangan membikin cuka dari khamar [10]
Ada hadis sbb :
جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللهِ   يَقُولُ أَخَذَ رَسُولُ اللهِ   صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  بِيَدِي ذَاتَ يَوْمٍ إِلَى مَنْزِلِهِ فَأَخْرَجَ إِلَيْهِ فِلَقًا مِنْ خُبْزٍ فَقَالَ مَا مِنْ أُدُمٍ فَقَالُوا لاَإِلاَّ شَيْءٌ مِنْ خَلٍّ قَالَ فَإِنَّ الْخَلَّ نِعْمَ اْلأُ دُمُ قَالَ جَابِرٌ فَمَا زِلْتُ أُحِبُّ الْخَلَّ مُنْذُ سَمِعْتُهَا مِنْ نَبِيِّ اللهِ   صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  و قَالَ طَلْحَةُ مَا زِلْتُ أُحِبُّ الْخَلَّ مُنْذُ سَمِعْتُهَا مِنْ جَابِرٍ
Jabir bin Abdillah ra berkata : Pada suatu hari Rasulullah S.A.W. memegang tanganku untuk pergi ke rumahnya ,lalu beliau mengeluarkan beberapa keping rati  , lalu beliau minta  bumbu  ( lalapnya- bhs jawa) , Mereka ( keluarganya  ) menjawab :” Tidak ada  kecuali cuka sedikit “.
Rasulullah S.A.W. bersabda : Sesungguhnya cuka lalap terbaik “.
Jabir berkata : Aku selalu suka cuka sejak mendengarnya dari Nabi S.A.W. .
Tholhah berkata :” Aku juga senang cuka sejak mendengar dari Jabir [11]
Hadis dengan kisah seperti itu tidak diriwayatkan oleh Imam Bukhori ,Tirmizi , Nasai dan Abu Dawud .
5636 أَخْبَرَنَا سُوَيْدٌ قَالَ أَنْبَأَنَا عَبْدُ اللهِ   عَنْ عَوْنِ بْنِ صَالِحٍ الْبَارِقيِّ عَنْ زَيْنَبَ بِنْتِ نَصْرٍ وَجُمَيْلَةَ بِنْتِ عَبَّادٍ أَنَّهُمَا سَمِعَتَا عَائِشَةَ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ   صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  يَنْهَى عَنْ شَرَابٍ صُنِعَ فِي دُبَّاءٍ أَوْ حَنْتَمٍ أَوْ مُزَفَّتٍ لاَيَكُونُ زَيْتًا أَوْ خَلًّا *
Aisyah ra berkata : “ Aku mendengar Rasulullah S.A.W. melarang minuman yang di buat di bejana dari labu  atau bejana dari tanah , rambut dan darah, bejana  yang di cat dengan tér atau gala – gala ( kayu yang direkatkan dengan lem ) ,selain minyak atau cuka .[12]
  Aku berkata : “Menurut riwayat Bukhori tanpa menyebut cuka  sbb :
قُلْتُ يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ عَمَّ نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ     أَنْ يُنْتَبَذَ فِيهِ قَالَتْ نَهَانَا فِي ذَلِكَ أَهْلَ الْبَيْتِ أَنْ نَنْتَبِذَ فِي الدُّبَّاءِ وَالْمُزَفَّتِ قُلْتُ أَمَا ذَكَرَتِ الْجَرَّ وَالْحَنْتَمَ قَالَ إِنَّمَا أُحَدِّثُكَ مَا سَمِعْتُ أَفَأُحَدِّثُ مَا لَمْ أَسْمَعْ *
Al aswad berkata :   Aku berkata : Wahai Ummul mukminin ! Tentang minuman buah yang mana dilarang oleh Rasulullah S.A.W .
Aisyah  berkata : “ Rasulullah S.A.W. melarang kita ahlul bait untuk minum rendaman buah dalam labu atau bejana yang di cat dengan ter atau gala – gala .
Aku ( Ibrahim ) berkata :” Apakah anda tidak menyebut bejana guci  atau bejana dari tanah , rambut dan darah “>
Al aswad berkata : Sesungguhnya aku berbicara kepadamu apa yang ku dengar ,apakah aku berkata tentang apa yang tidak ku dengar “. [13]
Riwayat Muslimpun tanpa menyebut cuka sbb :
1995 و حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَمْرٍو اْلأَشْعَثِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْثَرٌ عَنِ اْلأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنِ اْلأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ     نَهَى عَنِ الدُّبَّاءِ وَالْمُزَفَّت
………………….. dari Aisyah ra , sesungguhnya Nabi S.A.W.  melarang minuman yang di rendam dalam labu atau yang di cat dengan ter. [14]
Jadi hadis yang muttafaq alaih tanpa menyebut cuka .
Fairuz berkata :

قَدِمْتُ عَلَى رَسُولِ اللهِ   صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ   إِنَّا أَصْحَابُ كَرْمٍ وَقَدْ أَنْزَلَ اللهُ  عَزَّ وَجَلَّ تَحْرِيمَ الْخَمْرِ فَمَاذَا نَصْنَعُ قَالَ تَتَّخِذُونَهُ زَبِيبًا قُلْتُ فَنَصْنَعُ بِالزَّبِيبِ مَاذَا قَالَ تُنْقِعُونَهُ عَلَى غَدَائِكُمْ وَتَشْرَبُونَهُ عَلَى عَشَائِكُمْ وَتُنْقِعُونَهُ عَلَى عَشَائِكُمْ وَتَشْرَبُونَهُ عَلَى غَدَائِكُمْ قُلْتُ أَفَلاَ نُؤَخِّرُهُ حَتَّى يَشْتَدَّ قَالَ لاَ تَجْعَلُوهُ فِي الْقُلَلِ وَاجْعَلُوهُ فِي الشِّنَانِ فَإِنَّهُ إِنْ تَأَخَّرَ صَارَ خَلًّا *
Aku datang kepada Rasulullah S.A.W. ,aku berkata :Wahai Rasulullah !  Sesungguhnya kami petani anggur  , dan Allah azza wajal telah menurunkan ayat tentang pelarangan khamar , lalu apa yang kita buat ?
Rasulullah S.A.W. bersabda : “ Bikinlah zabib dari anggur  “.
Aku berkata : “ Setelah jadi zabib kita bikin untuk apa ?
Rasulullah S.A.W. menjawab  :” Kamu rendam waktu pagi lalu kamu minum waktu makan malammu . Kamu rendam waktu makan malam  untuk  kamu minum waktu santapan pagimu “.
Aku berkata : Apakah tidak kita tunda lagi hingga keras “.
Rasulullah S.A.W. bersabda : Jangan  di rendam di guci , tapi di griba saja . Sebab  bila terlambat  akan menjadi cuka “. [15]
Ada hadis sbb :
1842 حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلاَ ءِ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ أَبِي حَمْزَةَ الثُّمَالِيِّ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ أُمِّ هَانِئٍ بِنْتِ أَبِي طَالِبٍ قَالَتْ دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ   صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ فَقُلْتُ لاَ إِلاَّ كِسَرٌ يَابِسَةٌ وَخَلٌّ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَرِّبِيهِ فَمَا أَقْفَرَ بَيْتٌ مِنْ أُدْمٍ فِيهِ خَلٌّ
…………..  Dari Ummu Hani` binti Abu Tholib  berkata :  Rasulullah S.A.W. masuk kepadaku ,lalu berkata : Apakah  kamu punya sesuatu ?
Aku berkata : Tidak punya kecuali rati kering dan cuka “.
Nabi S.A.W.  bersabda : Bawalah kesini  ,suatu rumah tidak akan kering selama punya  cuka “. [16]
 قَالَ أَبو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ لاَ نَعْرِفُهُ مِنْ حَدِيثِ أُمِّ هَانِئٍ إِلاَّ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ
Abu isa ( Imam Tirmizi ) berkata : Itu hadis hasan nyeleneh dari jalur ini ,kami tidak mengetahuinya dari hadis Ummu  Hani` kecuali dari jalur ini .
وَسَأَلْتُ مُحَمَّدًا عَنْ هَذَا الْحَدِيثِ قَالَ لاَ أَعْرِفُ لِلشَّعْبِيِّ سَمَاعًا مِنْ أُمِّ هَانِئٍ
Aku bertanya kepada Imam Bukhori tentang hadis tsb ,lalu beliau berkata :” Aku tidak mengetahui Assya`bi mendengar dari Ummu Hani` .[17]
  Jadi hadis tsb tidak bisa di buat pegangan  yang kokoh .  Menurut  kitab majmauz zawaid ada keterangan sbb : Rasulullah S.A.W. bersabda :
هَلُمِّي بِهِنَّ فَكَسَّرَهُنَّ فِي مَاءٍ وَجَاءَتْ بِمِلْحٍ فَقَالَ هَلْ مِنْ  إِدَامٍ فَقَالَتْ مَا عِنْدِي يَا رَسُوْلَ اللهِ إِلاَّ شَيْءٌ مِنْ خَلٍّّ فَقَالَ هَلُمِّيَة فَصَبَّبَهُ عَلَى الطَّعَامِ فَاكَلَ مِنْهُ ثُمَّ حَمِدَ اللهَ ثُمَّ قَالَ نِعْمَ اْلاِدَامُ   الْخَلُّ  يَا أُمَّ هَانِىٍء لاَ يَفْقَرُ بَيْتٌ فِيْهِ خَلٌّ رَوَاهُ الطَّبْرَانِي فِي الصَّغِيْرِ وَفِيْهِ سَعْدَانُ بْنُ اْلوَلِيْدِ وَلَمْ أَعْرِفْهُ  
Bawalah ratimu kesini lalu di pecah – pecah, dan di masukkan ke dalam air .Ummu Hani` datang dengan membawa  garam .
Rasulullah S.A.W. bersabda :” Bawalah kesini  , lalu di tuangkan ke dalam makanan . Rasulullah S.A.W. memakannya , lalu memuji kepada Allah dan bersabda : “ Lalap terbaik adalah cuka  wahai Ummu Hani`  , Rumah yang ada  cukanya tidak akan fakir .  HR Thobroni dalam kitab Asshoghir , sanadnya terdapat Sa`dan bin Al Walid ,aku tidak kenal kepadanya .[18]
Ada hadis lagi sbb :
3318 حَدَّثَنَا الْعَبَّاسُ بْنُ عُثْمَانَ الدِّمَشْقِيُّ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا عَنْبَسَةُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ زَاذَانَ أَنَّهُ حَدَّثَهُ قَالَ حَدَّثَتْنِي أُمُّ سَعْدٍ قَالَتْ دَخَلَ رَسُولُ اللهِ   صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  عَلَى عَائِشَةَ وَأَنَا عِنْدَهَا فَقَالَ هَلْ مِنْ غَدَاءٍ قَالَتْ عِنْدَنَا خُبْزٌ وَتَمْرٌ وَخَلٌّ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ   صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  نِعْمَ اْلإِدَامُ الْخَلُّ اللهُ مَّ بَارِكْ فِي الْخَلِّ فَإِنَّهُ كَانَ إِدَامَ اْلأَنْبِيَاءِ قَبْلِي وَلَمْ يَفْتَقِرْ بَيْتٌ فِيهِ خَلٌّ *
…………… Ummu Sa`ad berkata :  Rasulullah S.A.W. masuk kepada Aisyah dan aku disisinya ,lalu bertanya : “ Apakah ada makanan siang ?
Aisyah menjawab : “ Kami punya kurma , Rati dan cuka “.
Rasulullah S.A.W. bersabda :” Lalap terbaik adalah cuka , ya Allah berilah berkah kepada cuka  , ia adalah  lalap para nabi sebelumku , dan rumah yang ada cukanya tidak akan fakir [19]
  Hadis tsb lemah karena perawi bernama  Muhammad bin Zadzan  yang ditinggalkan ulama,Anbasah bin Abd Rahman yang  ditinggalkan oleh para ulama  hadis  . Abu Hatim menyatakan Dia pemalsu hadis . Al Walid bin Muslim perawi terpercaya yang suka menyelinapkan perawi lemah . Al abbas yang sering keliru .

 Cuka adalah barang cair yang dibuat dari aira dsb.
Menurut bahasa  kimia  cuka adalah zat cair yang mengandung 3-6% asam asetat  diperoleh pada oksidasi etanol karena tindakan bakterium pada anggur dan bir .
Muhammad bin Mukrim  bin Mandhur al ifriqi  Al masri , lahir 630 H  - wafat 711  berkata :
 الـخَـلُّ:   مَعْرُوْفٌ؛ قَالَ ابْنُ سَيِّدَه:  الـخَـلُّ   مَا حَمُضَ مِنْ عَصِيْرِ اْلعِنَبِ وَغَيْرِهِ؛ قَالَ ابْنُ دُرَيْدٍ: هُوَ عَرَبـِيٌُّ صَحِيْحٌ. ؛
Cuka sudah populer .Ibnu sayyidih berkata :  Cuka adalah  Minuman peresan anggur atau lainnya yang sudah masam .Ibnu Duraid berkata :  Al khol ( الخَلْ  ) adalah bahasa arab yang benar .
Abu Ziyad berkata :
لِلْـخَمْرِ أُمُّ  الـخَـلّ؛   قَالَ: رَمَيْتُ بأُمِّ  الـخَـلِّ   حَبَّةَ قَلْبِهِ، فَلَـمْ يَنْتَعِشْ مِنْهَا ثَلاثَ لَـيَالٍ وَ اْلـخَـلَّةُ: اَلْـخَمْرُ عَامَّةً، وَقِـيْلَ:  اَلْـخَـلُّ   اَلْـخَمْرَةُ اْلـحَامِضَةُ، وَهُوَ اْلقِـَياسُ.
Intinya  khamar adalah cuka . Ada orang berkata  :  Saya melempar hati seseorang dengan inti khamar ,lalu tidak bangun sampai tiga malam .
الـخَـلَّة  ( cuka ) adalah khamar secara umum .   Di katakan : Cuka adalah khamar yang masam  itulah kiyasnya . [20]
اَلـْخَـلِّ   مِنْ عَصِيْرِ الْعِنَبِ وَالتَّمْرِ؛ قَالَ أََبوُ مَنْصُوْرٍ: َلـْم أََسْمَعْ لِغَيْرِهِ أََنَّهُ يُقَالُ اِخْتَلَّ الْعَصِيْرُ إِذَا صَارَ خَلاًّ،
Cuka adalah dari peresan anggur dan kurma . Abu Mansur berkata : Aku tidak mendengar selain cuka bila ada orang berkata : اخْتَلَّ العصيرُ   bila peresan tsb menjadi cuka .
وَكَلاَمُهُمْ اَلْـجَيِّدُ: خَـلَّلَ شَرَابُ فُلاَنٍ إِذاَ فَسَدَ وَصَارَ خَلاًّ.
Perkataan bangsa arab  yang baik : Minuman fulan telah menjadi cuka  bila telah rusak .
وَكَذَلِكَ كُلُّ مَا حَمُضَ مِنَ اْلأَشْرِبَةِ يُقَالُ لَهُ قَدْ خَـلَّلَ.
Begitu juga seluruh minuman yang telah masam di beri nama  cuka  .
وَحَكىَ ابْنُ اْلأَعْرَابِـي: اَلْـخَـلَّةُ اْلـخَمْرَةُ اْلـحَامِضَةُ،
Ibnul a`rabi berkisah : “ Cuka adalah khamar yang sudah masam “. [21]
Abu Hafes Umar Al ghoznawi Al hanafi , wafat 773 berkata :
  حُجَّةُ الشَّافِعِي رَحِمَهُ اللهُ مِنْ وَجْهَيْنِ      اْلأَوَّلُ أَنَّ اللهَ تَعَالَى أَمَرَ بِاجْتِنَابِ الْخَمْرِ بِقَوْلِهِ تَعَالَى فَاجْتَنِبُوْهُ وَفِي التَّخْلِيْلِ اِقْتِرَابٌ مِنَ الْخَمْرِ فَيَحْرُمُ.
Landasan Imam Syafii dari dua  jalur .Pertama : Sesungguhnya Allah taala memerintah untuk menjauhi khamar  dalam firmanNya فَاجْتَنِبُوْهُ  , bila menjadi cuka maka mendekati khamar dan diharamkan . [22]
  اَلثَّانِي أَنَّ أَباَ طَلْحَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّىاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  عَنْ تَحْلِيْلِ خَمْرِ اْليَتَامَى فَأَمَرَهُ بِاِرَاقَتِهَا فَلَوْ كَانَ التَّخْلِيْلُ جَائِزًا َلأَمَرَهُ بِهِ فِي حَقِّ الْيَتَامَى
Kedua : Sesungguhnya Abu Tholhah ra bertanya  tentang cuka dari khamar milik anak – anak yatim , lalu di perintah agar di tumpahkan .Seandainya   cuka di perkenankan ,akan di perintah untuk hak anak yatim . [23]
وَقَالَ بِهَذَا بَعْضُ أَهْلِ اْلعِلْمِ وَكَرِهُوا أَنْ يُتَّخَذَ الْخَمْرُ خَلاًّ
Sebagian ulama ` menyatakan tidak suka  khamar di jadikan cuka .
Muhammad  Abd rahman bin Abd Rahim Al Mubarkafuri ,lahir 1283 H.  Wafat 1353 H.  berkata :
قَالَ الْخَطَّابِي فِي اْلمَعَالِمِ تَحْتَ حَدِيْثِ أَنَسٍ فِي هَذَا بَيَانٌ وَاضِحٌ أَنَّ مُعَالَجَةَ الْخَمْرِ حَتَّى تَصِيْرَ جَاِئزًا      وَلَوْ كَانَ إِلَى ذَلِكَ سَبِيْلٌ لَكَانَ مَالُ اْليَتِيْمِ أَوْلَى اْلأَمْوَالِ بِهِ لِمَا يَجِبُ مِنْ حِفْظِهِ وتثمِيْرِهِ وَالْحِيْطَةِ عَلَيْهِ وَقَدْ كَانَ نَهَى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّىاللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  عَنْ إِضَاعَةِ الْمَالِ فَعُلِمَ أَنَّ مُعَالَجَتَهُ لاَ تُطَهِّرُهُ وَلاَ تَرُدُّهُ إِلَى الْماَلِيَّةِ بِحَالٍ      اِنْتَهَى
Dalam kitab al ma`aalim al khotthobi berkata  di bawah hadis Anas tersebut bahwa memeroses khamar menjadi cuka tidak di perkenankan . Bila boleh,maka harta anak yatim lebih berhak untuk dipelihara dan di kembangkan atau berhati – hati padanya . Rasulullah S.A.W. juga melarang menyiakan harta . Jelas khamar di jadikan  cuka tidak bisa di katakan  suci Atau boleh di jadikan harta .[24]
وَعَنْ مَالِكٍ ثَلاَثُ رِوَايَاتٍ أَصَحُّهَا عَنْهُ أَنَّ التَّخْلِيْلِ حَرَامٌ فَلَوْ خَلَّلَهَا عَصَى وَطَهُرَتْ
Menurut Imam Malik ada tiga riwayat , paling sahih menjadikan cuka tidak diperkenankan . Bila di jadikannya  termasuk durhaka dan bisa suci . [25]
Aku berkata : Pernyataan Imam Malik cuka suci perlu dalil dan  aku belum menjumpainya .   Khamar adalah kotor , Allah berfirman :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَاْلأَنْصَابُ وَاْلأَزْلاَ مُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.[26]
   Diktat ini kami tulis pada tgl  9 Robi ustsani 1426 H dan seluruh keterangan  atau tulisan kami yang menyatakan cuka  halal  telah kami cabut .



[1] HR  Bukhori 2236
[2] HR Muslim 2051
[3] Sunan Tirmizi  1841
[4] Sunan Tirmizi  1841

[5] HR Muslim 2052
[6] .Tuhfatul ahwazi 465/5
[7] HR Muslim 1983  ,Tirmizi 1294
[8] Sunan Tirmizi 1294
[9] HR Abu Dawud  3675
[10] Sunan Tirmizi .
[11] HR Muslim 2052
[12] HR Nasai 5636
[13] HR Bukhori 5595
[14] HR Muslim 1995ِ

[15] HR Nasai 5735

[16] HR Tirmizi  1842
[17] Sunan Tirmizi
[18] majmauz zawaid 176/6

[19]  HR Ibnu Majah 3318 Tuhfatul ahwadzi 466/5
[20] Lisanularab 11/ 211
[21] Lisanul arab 11/212
[22] Al ghurroh al munifah 1/99
[23] Al ghurroh  almunifah 99/1
[24] Tuhfatul ahwadzi 398/4
[25] Tuhfatulahwadzi 399/4
[26] Al maidah
Artikel Terkait

7 komentar:

  1. alasan / pesan dari hadits yang 'mengharamkan' cuka karena asalnya dari khamer sementara cuka (asam asetat) umumnya sekarang (75%) tidak lagi dibuat dari khamer kyai...
    asam asetat dibuat dari karbonilasi methanol atau dari oksidasi asetaldehid...

    BalasHapus
  2. Cuka telah dikenal manusia sejak dahulu kala. Cuka dihasilkan oleh berbagai bakteria penghasil asam asetat, dan asam asetat merupakan hasil samping dari pembuatan bir atau anggur.Dengan bagaimanapun cuka dari khamer , seluruh imam Madzhab empat menyatakan haramnya cuka. Hanya syafii yang menyatakan , khamer bila menjadi cuka dengan sendirinya maka halal dan bila di campuri sesuatu haram. Ini sekedar pendapat tanpa dalil.

    BalasHapus
  3. methanol dan asetaldehide yang dipakai sebagai bahan baku cuka/asam asetat dewasa ini bukan khamer kyai...

    BalasHapus
  4. assalamu'alaikum

    Kami belum menemukan satupun ulama ahlusunnah (salafi) masa kini yang mengharamkan cuka.
    Mungkin bapak bisa membantu?

    Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, suatu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta lauk kepada salah seorang istrinya, lalu sang istri mengatakan, “Kami tidaklah punya lauk kecuali cuka.” Nabi lantas minta diambilkan cuka tersebut. Nabi mengatakan sambil memulai menyantap dengan lauk cuka, “Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka.” (HR Muslim no 2052)

    Syekh Muhammad al-Utsaimin mengatakan, “Khol (cuka) adalah sejenis cairan. Jika kurma dimasukkan ke dalamnya, cairan tersebut akan terasa manis sehingga bisa diminum. Perkataan Nabi dalam hadits di atas merupakan sanjungan terhadap makanan, meskipun sebenarnya cuka adalah minuman. Akan tetapi minuman boleh disebut tha’am (makanan) mengingat firman Allah dalam surat al-Baqarah: 249.
    http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/adab-adab-makan-seorang-muslim-5.html

    BalasHapus
  5. Hadis Muslim itu sudah di komentari oleh Imam Tirmidzi sebagai hadis nyeleneh. Imam Malik dan Syafii serta Khatthobi mengharamkan cuka . Mana dalilmu lagi bahwa cuka yang dari khamer halal ?

    BalasHapus
  6. bagaimana dengan keringat ketek yang bau dan bercuka masam kiayi? berarti orang@ tiap hari bawa barang haram dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa yg mau makan keringat ketiakmu hingga perlu di halalkan. cc Make U Happy

      Hapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan