Jumat, November 04, 2011

Korban sapi tiada dalilnya.

SURABAYA | SURYA Online - Masjid Ulul Albab di IAIN Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur, Jumat (4/11/2011) menjadi pusat acara pembagian hewan Qurban dari program Qurban 1 Miliar Extra Joss untuk wilayah Jatim.
Seekor sapi Limousin diserahkan Extra Joss kepada perwakilan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu), Drs KH M Akhyar Msi, yang juga takmir di Masjid Ulul Albab.
Sapi Limousin sendiri merupakan satu tipe ternak sapi potong di Indonesia, yang memiliki bentuk tubuh besar, panjang, padat dan kompak. “Sapinya mantap, semoga bisa memberi manfaat,” kata Kyai Akhyar.
Rencananya sapi ini akan dipotong pada hari raya Idul Adha, Minggu (6/11/2011) setelah jam 14.00 WIB dan akan dibagikan secara bergiliran. Sedangkan penerimanya, panitia telah membagi 500 kupon. “Sedangkan pada pagi setelah sholat ied, masjid lebih dulu menyembelih dan membagikan daging qurban dari yang lainnya dulu,” jelas Kyai Akhyar.
Deni Estiardi, Area Manager Jatim I PT Bintang Toedjoe mengatakan, selain di Masjid Ulul Albab IAIN Sunan Ampel, untuk wilayah Jatim ada 16 titik masjid. Kerjasama dengan Lazisnu, merupakan pertama kalinya, selama 11 tahun menggelar kegiatan serupa. “Ini merupakan tahun ke 11 dan memang baru pertama ini kerjasma dengan Lazisnu. Bukannya apa-apa, tapi agar bisa memudahkan distribusinya,” jelas Deni.
Sementara itu, secara nasional, sapi Limousin yang dibagikan total senilai Rp 1 miliar dengan jumlah sapi ratusan ekor, yang dibagi di 90 titik masjid dan pesantren NU.
Sedangkan untuk delapan kota lain, sebagai pusat acara penyerahan yang digelar serentak usai sholat Jumat, meliputi Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makasar dan Banjarmasin.
Penulis : sri handi lestari
Editor : Adi Agus Santoso

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Masalah budaya yang keliru dalam berkorban adalah korban sapi atau lembu bukan kambing . Pada hal tuntunan dalam berkorban adalah kambing dan korban sapi tiada dalilnya . Ada dalil menurut ahli bid`ah yaitu qiyas . Dan dalil qiyas ini bukan dalil , tapi dalil – dalilan . Ikutilah tuntunan yaitu korban kambing sebagaimana tuntunan Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW. Baca lagi disini :
12 Apr 2011
12 Apr 2011
10 Mar 2011
07 Mar 2011
09 Mar 2011
Polemik dalam hal di atas mulai satu  sampai ke delapan insya Allah.
Artikel Terkait

4 komentar:

  1. نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ n بِالْحُدَيْبِيَّةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ

    “Kami pernah menyembelih bersama Rasulullah n pada waktu Hudaibiyyah seekor unta untuk 7 orang dan seekor sapi untuk 7 orang.” (HR. Muslim no. 1318, Abu Dawud no. 2809, At-Tirmidzi no. 1507)

    BalasHapus
  2. mediapenaku , hadis yang anda ketengahkan , komteknya untuk dam umrah bukan untuk korban

    BalasHapus
  3. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu beliau mengatakan,

    كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى سَفَرٍ فَحَضَرَ الأَضْحَى فَاشْتَرَكْنَا فِى الْبَقَرَةِ سَبْعَةً وَفِى الْبَعِيرِ عَشَرَةً

    ”Dahulu kami penah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor unta. Sedangkan untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang.”

    BalasHapus
  4. Kelemahan hadis itu sudah di terangkan dengan jelas , tidak samar lagi di Po;emik tentang korban sapi. Bacalah di sana.

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan