Senin, Oktober 17, 2011

Tifatul Sembiring: layanan sms premium di unreg

JAKARTA | SURYA Online - Menkominfo Tifatul Sembiring menyatakan, mulai Selasa (18/10/2011) ini pukul 00.00 WIB, semua bentuk layanan sms premium di unreg secara otomatis oleh seluruh operator telepon seluler.
Hal ini tertuang dalam surat edaran BRTI no 177/BRTI/X/2011 yang ditanda tangani oleh Ketua Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Syukri Batubara. Penghentian sementara seluruh sms premium ini, berkaitan dengan semakin maraknya praktik sedot pulsa illegal yang dilakukan oleh Content Provider (CP) yang nakal.
“Praktik sedot pulsa ini sudah meresahkan masyarakat, tanpa sadar para pengguna HP dipotong pulsanya. Ini tidak fair, harus segera dihentikan,” tegas Tifatul dalam siaran persnya pagi ini.
Beberapa modus pencurian pulsa, menurut Menkominfo antara lain pulsa prabayar yang baru dibeli Rp 50.000, namun setelah dicek ternyata isinya hanya Rp 36.000.
“Usut punya usut menurut customer service operator, bahwa itu langsung termasuk dengan paket RBT (ring back tone) yang ada didalam SIM card itu, padahal pelanggan tidak pernah memintanya. Atau semacam promosi awalnya gratis, tapi ketika pengguna HP lupa, mereka potong pulsanya dan cara-cara yang tidak fair lainnya,” papar Tifatul.
“Jadi kebijakan ini diambil adalah untuk menyetop praktek sedot pulsa ilegal, kita tidak bisa biarkan, ini sama dengan pencurian uang masyarakat secara besar-besaran,” tambahnya.
Disamping proses unreg/deaktivasi serentak tersebut, BRTI juga meminta seluruh operator untuk menghentikan semua penawaran sms broadcast/pop-screen/voice broadcast sampai batas waktu yg tidak ditentukan.
Menurut Tifatul, kebijakan ini tidak akan mematikan industri kreatif CP yang ada termasuk bisnis RBT. “Tidak sama sekali, karena begitu di-UNREG massal, maka semua CP dan operator dipersilakan langsung menawarkan Reg kembali. Bagi yg berminat silakan daftar, tentunya dengan kesadaran. Sehingga tidak ada yg merasa tertipu,” ujarnya.
BRTI juga mewajibkan seluruh operator merekapitulasi data pulsa pengguna yang telah terpotong, dan wajib melakukan pengembalian pulsa yang dipotong secara ilegal kepada pengguna. Operator harus melaporkan hal tersebut kepada BRTI pada Rabu (19/10/2011).
Sumber : kompas.com
Editor : Titis Jati Permata
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tindakan  Menkominfo Tifatul Sembiring termasuk nahi munkar yang tertuang dalam ayat sbb :
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
     Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.[1]
Untuk Ring Back Tone (RBT), maka menurut ajaran Islam yang saya ketahui , juga harus di sapu bersih bukan di anjurkan atau di biarkan , karena akan membikin banyak uang bukan sedikit uang tersedot untuk kemurkaan Allah bukan mencari ridaNya . Allah berfirman :
وَالشُّعَرَاءُ يَتَّبِعُهُمُ الْغَاوُونَ(224)أَلَمْ تَرَ أَنَّهُمْ فِي كُلِّ وَادٍ يَهِيمُونَ(225)وَأَنَّهُمْ يَقُولُونَ مَا لَا يَفْعَلُونَ(226)إِلَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَذَكَرُوا اللَّهَ كَثِيرًا وَانْتَصَرُوا مِنْ بَعْدِ مَا ظُلِمُوا وَسَيَعْلَمُ الَّذِينَ ظَلَمُوا أَيَّ مُنْقَلَبٍ يَنْقَلِبُونَ
Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat.Tidakkah kamu melihat bahwasanya mereka mengembara di tiap-tiap lembah, dan bahwasanya mereka suka mengatakan apa yang mereka sendiri tidak mengerjakan (nya)?,kecuali orang-orang (penyair-penyair) yang beriman dan beramal saleh dan banyak menyebut Allah dan mendapat kemenangan sesudah menderita kezaliman. Dan orang-orang yang zalim itu kelak akan mengetahui ke tempat mana mereka akan kembali.[2]
                    .
Mu`tamar NU ke 1 di Surabaya  pada tgl 13 Rabiuts tsani 1345 H – 20 Oktober 1925 . memutuskan segala macam alat alat orkes ( malahi )  seperti seruling  dll  adalah haram . Sumber hukum  mereka dari kitab Al Ithaf alal Ihya` takhrij Al Iraqi juz VI “. Dalam suatu hadis di jelaskan :.
 عَنْ أَبِي ماَلِك ،سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَيَكُونَنَّ مِنْ أُمَّتِي أَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّونَ الْحِرَ وَالْحَرِيرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ وَلَيَنْزِلَنَّ أَقْوَامٌ إِلَى جَنْبِ عَلَمٍ يَرُوحُ عَلَيْهِمْ بِسَارِحَةٍ لَهُمْ يَأْتِيهِمْ يَعْنِي الْفَقِيرَ لِحَاجَةٍ فَيَقُولُونَ ارْجِعْ إِلَيْنَا غَدًا فَيُبَيِّتُهُمُ اللَّهُ وَيَضَعُ الْعَلَمَ وَيَمْسَخُ آخَرِينَ قِرَدَةً وَخَنَازِيرَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ *
Dari Abu Malik  berkata  : Aku mendengar Nabi SAW  bersabda  : “ Sungguh  beberapa kaum  dari umatku akan menghalalkan  farji ( perzina an akan di resmikan  dan di perdakan ) , sutra  ( untuk lelaki ) , khomer ( miras akan di beri  izin ) dan musik . Sungguh  beberapa kaum akan  bertempat di dekat puncak gunung  ,lantas datang seorang fakir yang membutuhkan sesuatu  dengan  membawa domba  atau ternak milik mereka sendiri . Mereka berkata  : “ kemblilah . kepada kita besok saja )Lantas Allah memberikan sangsi kepada mereka , gunung pun lonsor , sedang lainnya  di jadikan babi dan kera  sampai hari kiamat . HR Bukhori
Baca lagi disini : 
19 Jul 2011
19 Jul 2011
22 Jul 2011
22 Jul 2011
08 Mei 2011
08 Mei 2011
19 Jul 2011
19 Jul 2011
06 Okt 2011
06 Okt 2011



[1] Ali imran 110.
[2] Syuara` 221- 227
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan