Rabu, Juli 16, 2014

Dapatkah ISIS Mengelola Sistem Pemerintahan Khilafah?



Dapatkah ISIS Mengelola Sistem Pemerintahan Khilafah?
MOSUL (voa-islam.com) - Dunia seperti  tersentak saat mendengar deklarasi Khilafah. Seperti dentuman meriam yang sangat menggetarkan setiap telinga yang mendengarkannya. ISIS mendeklarasikan sebagai bentuk 'Khilafah' yang membentang dari Irak sampai Suriah, namun para analis mempertanyakan berapa lama ISIS mampu mempertahankan hegemoni kekuasaannya?
Masyarakat internasional sangat terkejut sesudah ISIS berhasil menguasai kota terbesar kedua Irak Mosul pada awal Juni. Keberhasilan ISIS menguasai Mosul memberikan dasar pijakan sebagai kekuatan dan politik mendirikan pemerintahan Islam.
Sejauh ini ISIS sebagian besar harus dihadapkan persoalan yang sangat pelik, dan komplek tentang pembebasan wilayah-wilayah yang masih dikuasai oleh rezim Syi'ah dibawah Nuri al-Maliki. Sekalipun ISIS mendapatkan keuntungan dengan sentimen golongan Sunni yang terdzalimi oleh al-Maliki. Inilah salah faktor yang membuat begitu cepatnya Mosul jatuh ke tangan ISIS.
Mereka yang tinggal di kekhalifahan sekarang dapat memperoleh paspor negara Islamiyah, dan membuat surat kabar dan online dalam berbagai bahasa.
Komitmen ISIS sebuah pemerintahan yang Islami dan terorganisir, dan menghapus segala ancaman keamanan, dan membuka jalan, memulihkan jaringan listrik dan membayar pegawai pemerintah.
Abu Bakr al-Baghdadi - j dikenal sebagai Khalifah Ibrahim - ISIS mempertahankan para pegawai secara penuh, di mana  sekitar 1.000 komandan lapangan tingkat atas yang terlibat dalam pengelolaan negara. Mereka semua bertanggungjawab atas kelangsungan pemerintahan Khilafah Islam.
Gaji bulanan berkisar dari $ 300 dollar sampai $ 2.000 dollar, dan  ini dipandang cukup, mengingat bahwa pekerja pemerintah Irak tahun lalu hanya $ 400 dollar. ISIS juga membayar semua pejuang di semua tingkatan, bahkan di tingkat (level) yang paling rendah
Namun, menjaga tidak menjaga kelangsungan kota-kota yang sudah dikausainya bisa berjalan lancar tidak mudah, dan ini bisa menghambat keberadaannya,  karena mengelola pemerintahan setiap kota memberlukan biaya besar, terutama  mempertahankan kekhalifahan, kata seorang pakar.
Anggaran yang sangat dibutuhkan mengelola pemerintahan, dan biaya operasional, dibayai dengan  menjual minyak mentah dari ladang minyak di bawah kekuasaannya. ISIS akan sangat mampu membiayai pemerintahan, karena ISIS menguasi ladang minyak terbesar di Irak.
Setiap harinya bissa menghasilkan 2 juta barrel, dan sekarang harga minyak mentah di pasaran internasional $ 114 perbarel. Ini sudah sangat cukup dengan 2 juta barel. ISIS sekarang juga mengendalikan bank-bank yang ada, dan menarik pajak terhadap truk yang melintasi wilayah perbatasan.
Namun, ISIS tidak mungkin memiliki sumber daya yang cukup, terus beroperasi memprluas wilayahnya , kata Charles Ries, mantan duta besar AS yang mjabat sebagai wakil presiden di think-thank Rand Corp.
"Saya tidak melihat situasi yang seperti berkelanjutan dari sudut pandang ekonomi," kata Ries, saluran AS CNBC melaporkan. Namun, segalanya tetap berlangsung. Tanpa dipengaruhi situasi yang ada. Bahkan, pejuang ISIS berhasil merebut kota Tikrit kembali dari tangan pasukan pemerintah Irak.
Kemungkinan untuk mencukupi keuangannya, ISIS  akan mencoba  mengambil alih ladang minyak lebih luas sekitar Irak, kata David Ottaway, seorang peneliti senior di Woodrow Wilson Center, dan mantan koresponden Washington Post, di Timur Tengah.
"Mereka akan membutuhkan lebih banyak uang daripada yang mereka sudah dapatkan sejauh ini," kata Ottaway Al Arabiya News. Dalam pencarian minyak, dan menyebabkan konflik berkepanjangan dengan Kurdi, tambahnya.
Mungkin penentu lainnya bagi masa depan depan kekhalifahan adalah respon dan sikap dari masyarakat internasional dan regional.  Negara-negara Arab Teluk yang berbatasan dengan Irak sejauh ini mengambil sikap defensif.
Presiden AS Barack Obama menyerukan "kewaspadaan" atas ancaman kepentingan Amerika, dan  ia tidak membuat komitmen apapun, yang bertujuan memberantas ISIS. Meskipun, AS memberikan bantuan senjata besar-besaran kepada Presiden Irak Nuri al Maliki.
"Apa yang kita tidak akan lakukan adalah berpikir bahwa kita hanya akan mengirim pasukan AS yang terbatas. Kita akan mengambil tindakan terhadap kekuatan yang menduduki sebuah negara mana pun, atau  organisasi-organisasi ini muncul dan menjadi ancamaN," kata Obama saluran TV Amerika CBS bulan lalu.
Sementara itu,  akhir Juni, Raja Saudi Abdullah bin Abdul Aziz memerintahkan "semua langkah yang diperlukan" untuk melindungi negaranya dari ancaman terorisme.
Arab Saudi sudah mensiagakan sekitar 30.000 tentara  ke perbatasan dengan Irak, Al Arabiya News Channel melaporkan pada awal Juli. Seorang juru bicara pemerintah Yordania mengatakan pada Juni bahwa pembangunan militer di perbatasan Irak hanyalah "pencegahan," seperti dilaporkan AFP.
Kalangan pemimpin negara-negara Arab, melihat ancaman yang serius bisa datang dari ISIS, atau datang dari Syiah yang dipimpin Iran, kata Ottaway. 
Teheran terus-menerus memperbesar kekuatan militer Nuri al-Maliki, dan mengirimkan pasukan ke Irak, yang digunakan menopang rezim Maliki, yang paling baru Iran mengirimkan  jet tempur buatan Rusia yang khusus ditujukan melawan ISIS. Timur Tengah berada dalam dilema antara ISIS dan Syi'ah. Wallahu'alam
Komentarku ( Mahrus ali ):
Pasukan yang turut  serta dalam peperangan untuk menegakkan ajaran Allah dan menumpas ajaran setan   akan mendapat salah satu  dari dua keuntungan , mati syahid atau harta rampasan. Di saat mereka pasukan kebatilan akan mendapat kerugian  fatal atau  harta rampasa juga. Mereka akan mati sangit atau mendapat harta rampasan.
Ingatlah  firmanNya:
قُلْ هَلْ تَرَبَّصُونَ بِنَا إِلَّا إِحْدَى الْحُسْنَيَيْنِ ۖ وَنَحْنُ نَتَرَبَّصُ بِكُمْ أَن يُصِيبَكُمُ اللَّهُ بِعَذَابٍ مِّنْ عِندِهِ أَوْ بِأَيْدِينَا ۖ فَتَرَبَّصُوا إِنَّا مَعَكُم مُّتَرَبِّصُونَ
( 52 )   Katakanlah: "tidak ada yang kamu tunggu-tunggu bagi kami, kecuali salah satu dari dua kebaikan. Dan Kami menunggu-nunggu bagi kamu bahwa Allah akan menimpakan kepadamu azab (yang besar) dari sisi-Nya. Sebab itu tunggulah, sesungguhnya kami menunggu-nunggu bersamamu".". Tobat 52
Maksud  salah satu dari dua kebaikan  menurut Ibnu Abbas, Qatadah, Mujahid dll adalah mati sahid atau harta rampasan.
Ada  hadis sbb:
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ قَالَ حَدَّثَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ أَخْبَرَهُ أَنَّ أَبَا سُفْيَانَ بْنَ حَرْبٍ أَخْبَرَهُ
أَنَّ هِرَقْلَ قَالَ لَهُ سَأَلْتُكَ كَيْفَ كَانَ قِتَالُكُمْ إِيَّاهُ فَزَعَمْتَ أَنَّ الْحَرْبَ سِجَالٌ وَدُوَلٌ فَكَذَلِكَ الرُّسُلُ تُبْتَلَى ثُمَّ تَكُونُ لَهُمْ الْعَاقِبَةُ
Telah bercerita kepada kami Yahya bin Bukair telah bercerita kepada kami Al Laits berkata telah bercerita kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab dari ‘Ubaidulloh bin ‘Abdulloh bahwa ‘Abdulloh bin ‘Abbas radliallohu ‘anhu pernah mengabarkannya Abu Sufyan bin Harb mengabarkannya bahwa Heraklius berkata kepadanya: “Aku telah bertanya kepadamu bagaimana kesudahan peperangan antara kalian dengannya lalu kamu jawab bahwa peperangan yang terjadi bergantian saling mengalahkan. Begitulah adanya para rasul, dimana dia diuji kemudian akhirnya mereka mendapatkan kejayaan”.
دَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا يُكْلَمُ أَحَدٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَنْ يُكْلَمُ فِي سَبِيلِهِ إِلَّا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَاللَّوْنُ لَوْنُ الدَّمِ وَالرِّيحُ رِيحُ الْمِسْكِ
Telah bercerita kepada kami ‘Abdulloh biin Yusuf telah mengabarkan kepada kami Malik dari Abu Az Zanad dari Al A’raj dari Abu Hurairah radliallohu ‘anhu bahwa Rasululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seseorang terluka di jalan Alloh, dan Allohlah yang paling tahu siapa yang terluka di jalan-Nya, kecuali dia akan datang pada hari qiyamat dalam keadaan berwarna dengan warna darah dan wanginya adalah semerbak minyak kasturi”.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan